21 Juli 2017

Radar Weibel Dipasang di Satrad 215 Congot, Kulonprogo

21 Juli 2017


Radar PSR dan SSR dari sitem radar Weibel akan berfungsi bersamaan dan aktif selama 24 jam. (all photos : Tifando ZK)

Perkuat Pertahanan Udara, TNI AU Pasang Radar dengan Radius 550 Km

KULONPROGO - TNI Angkatan Udara akan mengganti radar yang terpasang di Satradar TNI AU 215, Congot, Kabupaten Kulonprogo. Peralatan militer tersebut nantinya akan diganti dengan radar Weibel buatan Denmar untuk mendukung sistem pertahanan nasional. 

“Radar baru ini akan mampu menjelajah hingga 550 kilometer, setara Solo-Jakarta,” kata Komandan Satradar TNI AU 215 Congot, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto, Kamis (20/7/2017).

Radar ini akan menjadi bagian dari alat utama sistem persenjataan (alutsista). Radar ini memiliki dua komponen besar yang terpisah, berupa primary surveillance radar (PSR) dan secondary surveillance radar (SSR).

"Radar ini sangat penting untuk mendukung tugas kita bidang Pertahanan Udara dan mengamankan perbatasan laut dan udara, mengingat di sebelah kita ada Australia,” ujarnya.



Radar ini akan mampu mendeteksi infiltirasi (pesawat dengan sengaja terbang melewati batas wilayah udara NKRI dengan mematikan transponder). PSR mampu menangkap dan mengidentifikasi target bergerak di wilayah udara tanpa transponder. Artinya bisa mendeteksi seluruh pesawat atau media yang terbang di udara dalam radius sekitar 300 kilometer. 

Sementara radar SSR, memantau media/wahana bergerak yang memakai transponder dengan radius sekitar 550 kilometer atau setara Solo-Jakarta. “Radar sudah dikirim dari Mako Kohanudnas Jakarta dengan pengawalan ketat TNI. Ini masih di perjalanan,” jelasnya. (SindoNews)

Pertama di Indonesia, Satradar 215 Congot Terima Alutsista Baru Buatan Denmark 

Temon,(kulonprogo.sorot.co)--Semenjak dioperasikan pertama kali pada tahun 1962, alat utama sistem pertahanan (alutsista) berupa radar milik Satuan Radar (Satradar) 215 Congot TNI AU belum pernah mendapatkan penggantian alat. Imbasnya, jarak pelacakan radar tersebut mengalami penurunan.



Pada awal difungsikan, radar tersebut mampu melacak keberadaan objek terbang di angkasa sepanjang 180 nautical mile atau sekitar 300 kilometer. Namun saat ini radar tersebut hanya mampu melacak dengan jarak sepanjang 90 nautical mile atau sekitar 150 kilometer.

Komandan Satradar 215 Congot TNI AU, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto menyebutkan bahwa hari ini pihaknya akan mendapatkan alat radar baru sebagai pengganti alat radar yang lama.


“Hari ini kami kedatangan radar baru berjenis Weibel buatan Denmark. Harganya sekitar Rp 190 miliar," ucap Joko, Kamis (20/07/2017).



Radar baru buatan Denmark tersebut diantar melalu jalan darat Pantai Selatan Jawa (Pansela) menggunakan 4 kontainer terpisah dari Markas Besar TNI AU di Jakarta. Rencananya, siang ini radar baru tersebut akan tiba di markas Satradar 215 Congot beserta dengan para teknisi dari Denmark.

Joko menambahkan bahwa radar tersebut merupakan radar baru dan Satradar 215 Congot menjadi satuan TNI AU pertama yang dipercaya mengoperasikan radar tersebut. Rencananya, selain Satradar 215 Congot, alat radar serupa juga akan dipasang di Pangkalan Militer TNI AU, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Kebetulan ketika tahun 2014 saya ikut mengambil radar Weibel itu. Setelah saya ditugaskan di Congot melihat kondisi radar yang lama, kemudian saya mengusulkan pembaharuan radar ketika ada kunjungan KASAU 10 Juli lalu karena memang ada radar baru dan ada di Indonesia," sambung Joko. (Sorot)

37 komentar:

  1. Makanannya si Growler nih.. :D

    BalasHapus
  2. weibel MFSR-2100,radar mantap!!!1000km๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    bisa 360', wah naikin ke herki bisa jadi awacs dong haha!๐Ÿ˜‡

    Multi Function and Multi Mission Radar :
    https://www.youtube.com/watch?v=t8Kt6lfedcQ



    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap kan om 212, siapa dolo dong yg pesen๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘

      Hapus
    2. Tetep agak meragukan buat gue...udah searching kemana2 kok belum nemu negara/AU yang mengandalkan radar ini sbg radar utama sistim hanud mereka, bahkan denmark malah mengandalkan radar TPS-77 sbg radar utamanya

      Hapus
    3. @PG

      Maksute...pak supli gitu yang beli? Ooh come en (dg gaya Lino)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. analisa guwe bgini
      pertama:mungkin radar ini dipake mrk secara "rahaaaaasssiaaahh"(gaya mas polo๐Ÿ˜‹)
      kerna portable om 212๐Ÿ˜—.

      kedua:masa pake radar LM di denmark mungkin masi panjang jd buat apa lgs diganti, kan mereka bukan negara parnoan, kyk para tetangge kite haha!๐Ÿ˜น

      ketiga:biarpun negara itu bisa bikin radar canggih, toh apa salahnya pake radar tetangga, mungkin secara biaya lbh murah drpd bikin baru yg ongkos R&D muahalll๐Ÿค‘

      contohnya:prancis aje pake smart s mark2 buat kapal induk mrk charles de gaulle pas refit baru2 ini.
      pdhl mrk uda py herakles yg tersohor ntu.

      apakah smart-s mk2 lbh okee drpd herakles???blom tentu khan.pst mrk punya perhitungan sendiri make radar py meneer๐Ÿ’ˆ

      https://www.youtube.com/watch?v=jEbQFMFDpCY

      ini radar bisa geser sana sini, apakah ada kemungkinan pnempatan di satrad 215 congot ini gak permanen??bisa jadi kali yach.

      guwe liat dari sisi strategisnya, kalo bisa dipindah2 slain buat nyeken, bisa utk hindari deteksi lawan yg py rudal anti radiasi, bgitu bkn bgitchu๐Ÿ™„

      Hapus
    6. emberrrr, babeh kalo beliin pasti barang hitech lhooo๐Ÿ‘ selereeraa spek tingggiii,jgn nanggung2 buat masa panjang demi adek2 junior๐Ÿ‘จ‍๐Ÿ‘จ‍๐Ÿ‘ฆ‍๐Ÿ‘ฆ.

      yippiee๐ŸŽ

      Hapus
    7. Radar tps-77, gm-400, master-T dll juga bersifat mobile toh...

      Hapus
    8. Ini dibeli jaman kasaunya pak putu dunia, sementara bapak yang itu beli jetski...iya jetski..wkwkwk

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. yg laen tentu portable jua, guwe kan gak bilang enggak haha!

      cuman yang ini bisa DOME coverage om 212 ๐Ÿ˜‹

      kalo ditonton si radar meliuk2 mantap.su27 om antiembalgo masuk intai radar wuii..gile jangkan ampe palembang kyknya tuch

      direncanakan tentu,tp yg tandatangan babeh om212,kan bliau aktif januari 2015.
      weibelscientific.dk/www.weibel.dk/press/weibel-news/index.html

      jd yg dibeli weibel,si neng awewe ama yetski yach om haha!๐Ÿ˜†

      Hapus
    11. Tuh diparagrap terakhir ada keterangan kapan radar ini dibeli...

      Argumen yang lain tar dulu, lg kn macet ni...

      Hapus
    12. Ada tiga tempat yang bakal pakai ini

      Hapus
    13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    14. yap,tentu dong guwe uda baca om 212, cmn stelah kroscek sana sini,guwe tetep percaya bhw pengadaan ini dibuat thn 2015.
      pak putu sendiri yg blng satu hari menjelang lengser dibulan januari 2015, radar weibel ini baru "akan/mau dibeli"
      nich britanya,
      http://www.thejakartapost.com/news/2015/01/08/outgoing-air-force-chief-reveals-2015-2019-modernization-plans.html

      makanya diatas guwe nulis"direncanakan tentu,tp yg tandatangan babeh".berikut link babeh kunjungan kesono.๐Ÿ˜†

      berkaitan dgn statemen pak mayor diatas,uda ngambil tahun 2014 bikin bingung,mmg kontras dng pernyataan mantan org nomer satu au pd saat ntu๐Ÿ™€

      trs ada jg tuch brita gambar di blog sebelah ttg tanda tangan mou radar ini didenmark 2015.lah kok bisa ktnya uda diambil 2014???๐Ÿ˜œ
      apakah radar ini slh satu alutsista goib au, 1000km boo haha!๐Ÿ‘ป

      Hapus
    15. Palu@di anggep aja yg 2014 beli seken, yang penting bisa nyala 7x24 itu udah syukur alhamdulilah

      Hapus
    16. @palugada

      Sayang ketiga analisa anda gak ada yang nyantol dihati, hhh

      Coba diperhatikan (bisa search digoogle)...lazimnya radar surveilan bekerja pd frekuensi/gel: C,S atau L. Pilihannya ditentukan oleh karakter cuaca masing2 negara dan kemampuan pendanaannya.

      Gelombang radar punya karakter, makin tinggi frekuensinya, makin baik resolusinya tapi makin tentan thd cuaca...sebaliknya makin rendah frekuensinya, kemampuan deteksinya makin jauh, tidak terlalu rentan thd cuaca tapi resolusinya tidak sebagus radar yang bekerja pdd frekuensi yang lebih tinggi...frekuensi(rendah~tinggi): L<S<C<X.

      Negara2 diwilayah yang iklimnya memiliki curah hujan rendah spt diafrika, arab, eropa selatan, aussy cenderung menggunakan radar dg frekuensi C (atau kalo pengen jarak deteksi yang jauh pake frek L)...sementara utk negara beriklim tropis yang memiliki curah hujan&kelembaban tinggi paling ideal menggunakan radar yang bekerja pd frekuensi S.

      Radar yang bekerja pd frekuensi X, resolusinya pd jarak pendek sangat bagus...namun pd jarak medium resolusinya akan mengalami penurunan paling tinggi (dibanding 3 frekuensi dibawahnya) ketika menghadapi hujan, apalagi menghadapi kelembaban udara yang tinggi.

      Makanya jarang sekali yang mengoperasikan radar berfrekuensi S sbg radar surveilan yang beroperasi 24 jam (silahkan dicek radar2 surveilan : tps-77, thales gm-400, trs-3d,giraffe 4a dll...tidak ada yang bekerja pd frekuensi X)

      Hapus
    17. om Z & om 212, ini radar guwe bisa pastiken barang baru. sesuai dugaan awal guwe jg ini dari pengadaan 2015.

      lgs saza nich

      NET YOGYA-Satradar 215 Congot Operasikan Radar Wibel MR II

      Cekidot: detik 37, tertulis dipeneng “baujahr”2015, yg artinya HFR trailer ini dibuat/produksi tahun 2015๐Ÿ“ก

      https://www.youtube.com/watch?v=JPwn1AlLK9w


      Hapus
    18. emang sich itu stempel di trailernya,tp kalo dibilang radar dateng 2014 trs trailer 2015 kan gak lucu, kerna uda satu paket tuch radar weibel & HFR trailer๐Ÿ˜†

      berkaitan pak mayor yg bilang ngambil tahun 2014,coba perhatikan lagi ini radar kan terdiri dari tandem PSR & SSR.

      setau guwe SSRnya emang uda ada 2014.
      guwe rasa yg dimaksud beliau itu MSSR 2000-I dari airbus.
      curiga,wartawannya salah kutip kali, sperti di media lain, mengatakan radar weibel buatan inglis.
      ada pula yg blng seken, lha?
      paling gegara ada kata secondary,jd dikira brg seken kali nich haha!

      Hapus
    19. jgn sampe nyantol om tar gondal gandul om 212 haha!
      ntu 3 analisa comot random om, masih byk lagi.lagian perusahaan denmark itu bikin radar ini tandem spy bisa saling melengkapi khan☺️☺️☺️

      radar x band emang bisa mendeteksi objek lebih kecil daripada s band,walopun hambatan cuaca ckp tinggi. tapi amrik tetep pake AN/TPY-2 buat radar daratnya, malah dilaut mrk py sbx-1,dan bbrp radar buatan therma bergabung di x band ini.

      guwe ngerti sich mksd om,tp kembali lagi ke tupoksi user. buat apa dipake dan reksiko pasti uda diitung.
      makanya buat indo ditandem sm mssr-i buatan airbus. jd ini x band radar gak berdiri sendirian.
      mungkin kita pake radar ini kerna dirasa ancaman bukan hanya pesawat saja, mlainkan misil,drone intai.
      lagian kalo curah hujan tinggi disertai petir dll,bakalan jd momok buat pesawat jg kok.makanya penerbang jg males, daripada kesamber petir mending ke maldives om 212 haha!

      radar x-band, AN/TPY-2,Sea-Based X-Band Radar-1(sbx-1),therma x-band radar

      http://www.raytheon.com/capabilities/products/antpy2/
      http://www.naval-technology.com/projects/sea-based-x-band-radar-1-sbx-1/

      Hapus
    20. Beda dong...radarnya raytheon segede gaban, power amplifiernya gede banget jd kalo menghadapi cuaca buruk powernya bisa digedein utk mengkompensasi anjloknya resolusi radar.

      FYI, singapura punya radar sejenis/MFR (walo beda: s band&aesa)..dsn fungsinya sbg radar tracking iron dome, bukan sbg radar surveilan

      Hapus
    21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    22. bah masi tubi kontinyu rupanyo, ambo tak mlihatnyo haha!

      radar kite emg beda ame ant/py2 yg blng same ntu sapa toh om?hihi!
      kan lg bicara soal radar x band.
      kok malah jd maen ukuran, bias om, haha!๐Ÿ˜ธ

      amrik pake radar x band ini jg buat ngetreking rudal balistik skalian ngeguide sistem rudal thaad.

      kalo weibel kita kan uda disebut radar multifungsi&multi misi.
      1.surveilan
      2.dome coverage
      3.verifikasi
      4.treking

      dgn kemampuan treking, sila di cek link
      youtube sblomnya menit 1:11,doi bilang radar terkoneksi dgn rudal anti udara(mksdnya aam x yak)utk menghentikan pergerakan musuh, jd misi gci gt(ground control intercept)

      jd weibel ini gak surveilan doang dong achh๐Ÿ˜†.

      pertanyaan sbrnye, kite pake rudal apaan buat intersep objek tsbt haha!

      berhubung blom py rudal pertahanan udara yg mumpuni, dgn penggunaan radar ini, minimal bisa dilihat au ada minat menggunakan rudal pertahanan udara yg lbh baik slain shorad. denger2 rudal jarak medium akan segra mengisi kekosongan tsbt om 212๐Ÿ˜†

      cek jg link yutub diatasan lg: 5:05

      Hapus
  3. Radar weibel dengan jarak deteksi sampai 1000 km lebih , kalo benar nanti di natuna bakal di pasang radar jenis tersebut wah saya sumringah, soaly bisa nyampe kualampur deteksi y, keliatan bangets itu nanti di monitor pesawat malaysia yang mau take of dan landing ,
    Setahu saya kita sudah beli ini radar 2 unit, 1 unit di t4 kan di selatan jawa dan satu lagi di daerah kalimantan kalo gak salah itu juga ,mungkin ini tambahan dari radar weibel sebelumnya yg sudah di miliki dan tni au merasa puas dengan kehandalan radar ini harga y juga tidak terlalu mahal di bawah 500 miliar doang ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar ini tidak seperti yang om doni bayangkan...ini bukan radar OTH yang bisa mendeteksi obyek yang terbang atau bahkan yang masih ada dipermukaan bumi.

      Radar ini bisa melakukan pengawasan ruang udara (PSR)dg merotasikan antenenya 360 drajat..jangkauannyapun sekitar 300km.

      Tapi dia bisa juga mendeteksi obyek sejauh 1000 km (kearah atas saja)..biasanya hal ini digunakan utk melacak lintasan peluncuran roket, latihan penembakan rudal balistik dll yang koordinat obyek yang diamati sudah diketahui sebelumnya (misal melacak peluncuran roket di cape canaveral). Jangkauan sejauh itu dicapai tidak dg merotasikan antenenya, tapi mempersempit bidang cakupan radarnya(beam) shg power yang tersedia bisa difokuskan pd lajur/beam yang sempit tsb...analoginya spy selang air yang dipencet ujungnya shg tekanan semburannya lebih kencang&jangkauannya lebih jauh.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Bumi itu bulat bukannya macam padang bola... yindon yindon...

      Hapus
    4. om deindeng jgn brisik dech, smua jg tau bumi bulat kayak tahu bulat๐Ÿ˜
      berhubung kamuh kan gak punya radar cantik gini, ude sana duduk maniez dipojokan ntar guwee janji lemparin pisankkk dech ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒhaha!

      Hapus
  4. Emang berapa jarak dari natuna ke malaysia utara coba tolong di suruh ukur sama si @dien, saya yakin paling juga jarak y kurang dari 500 km, yg pasti radar weibel jika jadi di pasang di natuna pesawat malaysia akan terlihat jelas di monitor , sampe monyet2 piaraan orang malaysia juga ke deteksi di monitor radar weibel yg lagi gelantungan di atas pohon rumah warga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doni@ kalau ente yakin,jangan masih ada kata paling dong,..
      Mau 500km tetep aja kebatas sama lengkung bumi,..kalau kisaran 300km ke tas masih lihat monyet,.gak mungkin ada yg namanya helikopter khusus yg mandu rudal,pesawat intai maritim dan awacs

      Hapus
  5. Kok Om Doni mahu kelihatan sama itu monyet Malaya. Yang jujur dan terbaik ialah berusaha bersama untuk membina dan berkarya, nah itu lebih pantas bagi orang intelektual seperti kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuma boleh ketawa saja dengan kata2 anda itu..

      Hapus
  6. Balasan
    1. dah puwas yach om maen2 ame si lemot haha!

      Hapus