26 Oktober 2017

APBN 2018 Disahkan, Anggaran Kemhan Terbesar

26 Oktober 2017


Anggaran Kemhan tahun 2018 adalah Rp 107,4 triliun (photo : Koarmatim)

Ini Kementerian dan Lembaga dengan Anggaran Terbesar di 2018

Jakarta - Anggaran belanja untuk Kementerian/Lembaga pada tahun 2018 mencapai Rp 847,4 triliun. Angka ini naik Rp 33,4 triliun dibanding usulan RAPBN tahun 2018.

Dalam APBN 2018, Kementerian Pertahanan menjadi instansi yang mendapatkan alokasi terbesar, yakni Rp 107,7 triliun. Angka ini lebih besar dibanding RAPBN 2018 sebesar Rp 105,7 triliun. 

Sementara di posisi kedua, ditempati oleh Kementerian PUPR yang juga naik anggarannya dibanding RAPBN 2018 menjadi Rp 107,4 triliun.

"Alokasi terupdate, Kementerian Pertahanan Rp 107,71 triliun, itu paling tinggi. Kedua PU Rp 107,4 triliun. Kemudian yang lain tidak ada perubahan," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Anggaran tersebut akan berfokus pada perbaikan perencanaan dengan berbasis kinerja yang sejalan dengan prioritas pembangunan, lewat efisiensi belanja operasional, monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pelelangan yang lebih awal.

Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas belanjanya di antaranya dengan melakukan penajaman prioritas pembangunan yang mengacu kepada prioritas dalam RKP 2018, koordinasi antar kegiatan dan stakeholder serta penyelesaian proyek-proyek strategis. 

Pemerintah juga akan melakukan perbaikan pelaksanaan anggaran lewat pelelangan yang lebih awal, perencanaan penganggaran yang lebih matang dan monitoring serta evaluasi yang lebih ketat.

Berikut rinciannya:



(Detik)

45 komentar:

  1. P : 'Kurang?'
    T : 'Iya, banget!'
    P : 'Gampang, masih banyak yg mau kasih utang'
    T : 'Oke! Pir berangkat pir!'

    #Pergi belanja

    BalasHapus
  2. Kesian malon setiap tahun budget pertahanan kena cut alamat nuri,condor,sibmas,mig29,handalan class,KD bunga limas berkhidmat sampe 2100 Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kih kih kih...Cancel sampe 2100 bro

      Hapus
    2. Kerna malon gak beli senjata murahan bekas usang gurun downgrade dan utang..beli baru dan dgn lengkap paket senjata dan bisa digunakan ketika perang..bukan macam sebuah negara di asteng itu..beli tp bnyk gak layak digunakan..rabun,buta,tidur,grounded dll.

      Hapus
    3. Iyelah,kerana malon sangat kaya dan tak maju senjata murahan sehingga malon terima senjata hibah bekas cuma2 dari brunei,australia dan jepun Wkwkwk

      Hapus
  3. gak peduli....mau besar...kecil...yg penting shoping

    BalasHapus
  4. Wiw shoping terus lah.. kih kih kih

    BalasHapus
  5. Met pagi smua.. smoga ga ad kegaduhan hari ini, penasaran bgt saya, klo temen2 defense studies d kumpulkan, baik Indonesia maupun malay akan kaya apaa? berantemkah?? ato selfie2..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lemfar fisaankk haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. byk faktor om db kerna ini dunia maia. dan ada yg tujuannya bikin rusuh, yg kutu loncat, gak py bendera.

      model begini biasanya perna di tungcep ditrus sakit ati haha!

      sumbu pendek,iri hati dan kurang tratur napasnya haha!

      ato pihak yg adu domba, bisa sj dr negara a pengen b+c brantem ato anggota diluar asean. aplg yg tau bahasa macem2 begh, kita dibuat kursus dah haha!

      ato, ada pihak yg jalanin misi intelejen ato kepo2an. kyk spy nya king kju haha!

      ato, perusuh bneran..cem alay ama cabe2an baru pegang hape kuota tipiz uda seneng haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      tp ada jg yg baek. satu asean masa gak ada sich jentelmen?
      bagi guwe riak2 kcil itu hrs dibuat tidak hy mrintih tp mnangis bombayyy haha!🎊

      Hapus
    3. biasanya kalo di indo, tamu itu wajib lapor 1x24jam ke rt.
      ini tanpa basa basi lgs ba bi bu. hrs difentung pake gudemkuh ini haha! tung tung tungπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
    4. kumpul??? mat rempit itu supporter anwar & LGBT bro..awas ***** lu...kelmarin dia ngaku...hahahahah

      Hapus
  6. Indon anggaran besar habis buat perawatan alustisia dan bayar gaji prajurit. Beli senjata pakai hutang sahaja bisanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tak masalah nama nya ada progres emang tabu beli Alutsista ngutang apa?

      Hapus
    2. MD@ woles aja bro,wong waras ngalah sm yg dengki n jeolous,orang ini setaraf tentara kabur,gempur wira dan Iqram,banyak bacot,ngetroll dan suka asbun bro Wkwkwk

      Hapus
  7. anggaran kemhan 105,7t jadi 107,7t.
    guwe tau nich knp naik, kerna proyek IF-X jalan terrrrruuussss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘.

    jgn lupa realisasinya pada apbn-p bisa naik terus, seperti yg terjadi pada apbn-p 2017..uda apbnnya rekor thn ini namba lg haha!

    anggaran kepolisian(polri) 95t, ajegile ikutan naik teruuusss haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    sesuai info dr menhan bumi datar, penguatan polri smp 2019, dasyat meeennn.
    guwe uda bilang ini adalah slh satu faktor yg bikin iri kemana mana termasuk ke negeri seberang. jd wajar kalo kalo akhir2 ini institusi polri di usilin haha!😀😀

    beli yg banyak tuch sagl nya om, kalo perlu beli embiti ama pespur plus awacs ntar trus satelit, assiikk haha!🎯 oiya lupa ama s400 jg bole msk wizliz πŸ—ΌπŸ—ΌπŸ—Ό biar om antiembalgo seneng tuch haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangkan ang polri yg skrg aja 85T, jk dibanding anggaran pertahanan negara tetangga begh..ada tucch yg kena bajet kat, makanya formilernya hijrah ke defense studies haha!
      rusuh pulah cem pengungsi kurang jatah konsumsi haha!πŸ˜œπŸ˜œπŸ˜„πŸ˜„

      pis om2, seperti pepatah mengatakan, jgn memancing di air keruh, ntar di bomπŸ’£ loh ama kanjeng mamih susi haha!

      ape guwe bilang mana mungkin proyek if-x diatas 2 taon disetop/delay. pasti dibayar, walo ngos2an. tp ini kan mimpi kita smua, bkn segelintir org yg crewetnya minta ampun bknnya ngasi solusi haha!tp okelah kalo kritik.

      kita bs liat anggaran polisi aja naik, tp bs jg brubah bila sewaktu2 pos lain membutuhkan. jd pagu itu tetap fleksilble di taon berjalan. dan pagu itu hanya utk tau aliran penganggaran doank. kalo kt anggota dpr komisi satu, bila keadaan perang..maka smua pos anggaran brenti dan tertuju pd 1 sjπŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ

      demikian, tuk maksi uda siang negh⌚️

      Hapus
    2. Jgn cakap seperti itu om palu nanti ada yg jeolous dan dengki...ntar ada yg komen ngutang,ompong,dan usang om Wkwkwk

      Hapus
    3. uda ada yg absen tuch se ekor🍌
      kaum sumbu fendek biasanya jantung berdebar, tekanan darah meninggi, napas gak teratur. otomatis asupan o2 ke otak berkurang om pit. dan hal itu menyebabkan delusi ato mimpi. akibat yg fatal, bisa pingsanπŸ˜‡ haha! cem tentra bobo😴

      Hapus
  8. Indonesia dan Malaysia sama2 cari hutang untuk modernisasi militernya dan itu wajar buat negara2 asia. Yang berbahaya jangan sampai Indonesia dan Malaysia tidak sanggup untuk membayarnya. Jadi kalau beli alutsista dengan hutang why not ? Indonesia did, malaysia also did...

    Jadi bila teman2 Malaysia troll bahwa Indonesia beli alutsista dgn berhutang sebetulnya harus ikut berkaca. Indonesia dan Malaysia sama2 berhutang utk alusista.. naik atau turunnya jumlah hutang (refelct to budget pertahanan) adalah cerminan sanggup atau tidaknya kedua negara ini untuk membayar cicilan hutangnya.

    Represifnya justru bila ada agenda tersembunyi dari pihak2 lain yg memberi hutang kepada Indonesia dan Malaysia, jor jor an memberi hutang tapi jangan sampai ekonomi negara tergadaikan, ini yg harus dipegang teguh pemerintahan Indonesia dan Malaysia.

    See diz link, bisa jadi ada case yg mirip antara Indonesia dan Malaysia and also Philiphina maybe ?

    https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-07-31/chinese-money-pouring-into-malaysia-could-help-najib-razak-with-votes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya malon nih ngotot banget ngatain indonesia hutang beli senjata padahal negaranya jg ngutang beli senjata Wkwkwk...namanya jg beruk mn tahu guna cermin tuk berkaca Wkwkwk

      Hapus
    2. Supersta

      Sejak bila pula Malaysia berhutang dgn cina ataupun negara2 lain dlm pembelian senjata? Yes the payment were made in stages (bergantung kpd tahap kemajuan pesanan) tp tiada kredit diberikan oleh mana2 pihak. Jgn tertipu dgn isu hoax pnjaman 50 tahun pmbelian missile dari cina itu bro.

      Hapus
    3. Waduh om shed turun tangan xixixi

      Hapus
    4. Sorry bro Shed.. saya hanya baca di malaysian today.. maaf kalau saya salah..

      http://m.todayonline.com/world/asia/china-offer-malaysia-radar-rocket-launchers-based-johor

      Hapus
    5. beda, ini bkn om shed anuar kyknya haha!

      duh kemana sich om luqi & shed pada ngumpet pdhl mrk kan baek2.

      Hapus
  9. Tuhh tengok,, kita nak shopping lagi,,kemane nak tuju nih,, trump or putin,,, mana ajalah yg penting tambah lagi en lagi en lagi,, Bravo TNI

    BalasHapus
  10. Indonesia ini memang banyak kebutuhan dan personilnya, makanya kebutuhan dananya juga besar.

    Iseng iseng lihat angkanya kok agak kaget juga ya... Anggaran Pertahanan Malaysia (sudah termasuk tentara, polis, escom dll semuannya) adalah kurleb 99 Trilyun Rupiah sementara anggaran Kepolisian Indonesia saja sudah nembus 95 Trilyun Rupiah, diluar anggaran alutsista TNI yang ratusan Trilyun.

    Ini benarkah seperti ini ? Anggaran Kepolisian (only) Indonesia sama dengan anggaran pertahanan keseluruhan Malaysia ? mohon pencerahan karena agak kaget juga melihat besarnya angka yang dibudgetkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. What ?? 99 triliun untuk budget polis,ATM dan escom...cuma boleh bayar gaji sahaje,tak boleh beli senjata

      Hapus
    2. Sorry sy gak berniat bully Malaysia cuma kaget beneran apakah benar Polisi kita butuh budget sebesar itu ???? Atau saya yg salah ambil angkanya ? Cmiiw

      Hapus
    3. banyak amat 99t, bukannya sekitar kurang dr $4milyar. mknya uda dari bbrp taun lalu bajet mrk dibawah polisi kite haha!

      http://defense-studies.blogspot.com/2017/03/malaysian-defense-budget-hinders.html
      https://www.defensenews.com/air/2017/03/15/malaysian-defense-budget-hinders-military-asset-procurement/

      Hapus
    4. Ehh beneran yaa ? saya ingat ingat lupa angkanya kurleb RM 3.1 Bill atau RM 31 Bill. Maap lupa.

      Makanya shock juga kalau negara sebesar Malaysia budgetnya hanya setengah budget Polisi Indonesia ? Apakah benar seperti itu ? Jenis senjata atau tambahan alat bantu patroli apa yang akan dibeli kepolisian kita hingga lumayan besar budgetnya ?... any info ?

      Negara2 Asean memang sedang berat sekali ekonominya 4 tahun belakangan ini, Malaysia dan Brunei sbg penghasil Minyak pun rada kerepotan dengan iklim harga minyak dunia saat ini (semenjak dibuka penemuan Shale Oil oleh Amerika) dan Indonesia yang (justru) pengimpor minyak yang agak tertolong situasi ini, karena selain harga minyak relatif lebih murah ditambah subsidi pun berkurang

      Melihat data 2017 di GlobalFire memang betul angkanya sbb :

      - Malaysian Defense Budget $ 4.700.000.000
      - Eksternal Debt $ 213,900,000,000

      Dengan Hutang yg besar memang kondisinya tidak memungkinkan untuk menambah budget lagi, mudah2an perekomian dunia semakin bagus di Asia Tenggara dan Ekonomi Indonesia beserta negara2 tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Brunei, Thailand dan Philipina bisa recovery dan bangkit maju bersama demi kejayaan ASEAN. Amin

      Hapus
    5. Palu@ om palu dgn budget 4 milyar US untuk polis,ATM n escom,malon sok jaguh tetap songong om Wkwkwk

      Hapus
    6. yaa begitulah, setidaknya mrk skrg bisa lihat kenyataan.

      mari kita menahan diri, tp kalo dicolek yach kita ffentungin tuch om haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
    7. oiya om pit, dgn bajet segini aja blom smua warga taat bayar pajak.
      gimana ntar kalo 70% aja bayar pajak..begh 250T mah gak brasa haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    8. As big country and one of most populous, of course RI no wonder have big budget.

      Hapus
    9. betol bettool om dz.
      sebesar ini aja uda bikin iri dikawasan.

      ironisnya si upil, red dot yg dekat kita itu lbh banyak anggarannya haha!

      sungguh tak adil duniya haha!😬😬😬

      Hapus
  11. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    .
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya
    .
    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    .
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    BalasHapus
  12. Kenaikan anggarab dgn rasio inflasi bgmn y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia om tt, dollar makin kenceng haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      untungnya pengadaan alutsista baru banyakan digenjot dalam negeri, spt kapal2 LPD, LST, KCR sampe bakamla.

      sbnernya enakan kita blanja lokal dulu dlm pemenuhan mef. ntar bila keadaan ekonomi membaik, maka bole dech tuch shoping2 brg nato.

      kita liat aje, pembelian su35, itu uda bagus bgt, dollar yg kluar lbh sdikit dan barang ekspor kita mningkat.
      guwe prediksi kalo eropa barat gak mo nrima counter trade kita.

      maka pembeliaan alutsista pst akan berat ke rusia, turki, ceko, ukraina bahkan bulgaria. utk asia trio, rrc, jepang & korsel.

      ada yg bilang taun depan adalah "pesta rusia"/ russian party. hal ini bisa jadi kenyataanπŸ˜‡ oke ocehπŸ‘Œ

      Hapus
    2. So, the plan is on the right track? Gaining domestic industry?

      Hapus
    3. betol betooll..arah rencananya sich begitu. memberdayakan industri lokal dan mengurangi pembayaran dlm mata uang asing.

      kita perlu menyimpan cadangan devisa lbh besar. tetangga2 sebelah aja sedang hemat😊

      Hapus
  13. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus