06 Oktober 2017

Tank Buatan Turki-Indonesia Dipamerkan di HUT TNI

06 Oktober 2017


Medium tank menjadi simbol industri pertahanan dalam negeri yang mampu membuat produk berteknologi tinggi (photo : bik)

Presiden RI Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyaksikan peluncuran prototipe medium tank hasil kolaborasi PT Pindad dengan perusahaan alutsista Turki FNSS Savunma Sistemleri pada defile perayaan HUT TNI ke-72 di Cilegon, Banten, Kamis.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan kehadiran medium tank ini menunjukkan bahwa industri pertahanan dalam negeri mampu menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi.

“Ini bukti industri pertahanan dalam negeri mampu bersaing dan berupaya memenuhi kebutuhan alutsista secara mandiri,” kata dia.

Memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti ranjau, medium tank ini dilengkapi kemampuan daya gempur dari perlindungan jarak dekat hingga bentrokan antar kendaraan tempur.

Tank medium Pindad-FNSS (photo : bik)

Berbobot maksimal 35 ton, medium tank ini berkekuatan 20 HP per ton dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Dengan kapasitas tiga kru, terdiri dari komandan, penembak dan pengemudi, serta dilengkapi senjata utama turret caliber 105 mm dengan daya hancur besar.

Dengan teknologi Battlefield Management System, medium tank dilengkapi alat self awarenes sehingga bisa memantau ancaman terhadap dirinya sendiri dan dilengkapi perlindungan terhadap ancaman level 5 NATO.

Turret medium tank juga memiliki mekanisme autoloader dengan 12 peluru di turret dan 30 butir peluru cadangan di dalam lambungnya.

Kedua perusahaan telah meneken kerja sama kolaborasi pembuatan medium tank ini pada 2015 lalu dan memulai perancangannya pada Februari 2016.

Di Turki, prototipe ini memiliki nama Kaplan MT dan FNSS telah meluncurkannya beberapa waktu lalu di Ankara.

Selain medium tank, Pindad juga menampilkan atraksi alutsista lain seperti Kendaraan Tempur Anoa, Panser Badak, Komodo Mistral, dan Anoa Amphibious. Kesemua kendaraan ini beratraksi manuver ke lautan bersama kendaraan amphibi lainnya.

(Anadolu)

32 komentar:

  1. tank ini tahun depan mau diledakkan buat uji ranjau.....produksi prototype kedua dipastikan akan beda...banyak penyempurnaan sana sini...itu kata pindad....mungkin moncong depan lebih landai...lebih rendah...sistem suspensi dan aneka pernak pernik design hull akan beda dengan prototype kedua

    BalasHapus
  2. kemarin pindad meminta pada user tni untuk aneka uji manuver dan kenyamanan interior...untuk perbaikan pada prototype kedua....prototype yg ini akan jalani uji ledak ranjau tahun depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben komene gak Jom Songlap atau Kesian Malaysie.. ? Ini pasti simbah sudah siuman gara2 minum combantrin semalem ?? :-)

      Hapus
    2. Belum apa apa pun dah angkuh ye... cibai...

      Hapus
    3. eeiitt ngomong perabotan awewe, anda melanggar dotkom, pg 13 dsini om deindeng...setor jidat dolo haha!🔨🔨🔨 tung tung tung

      Hapus
  3. Pokoke saran saya depan Hullnya harus dirubah dikit mas... dipanjangin yaa kurleb setengah meter lah buat nampung body wheel track biar rada panjang dikit supaya tampangnya tidak seperti traktor spt sekarang karena rodanya terlalu nongol keluar.

    Sukses buat Pindad... insyaallah laris manis produknya... amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuma urun saran bro.. dari segi aestetic sepertinya kurang match sedikit lagi... lagipula ini baru prototype one... pasti akan disempurnakan lagi kan ? Mudah2an Pindad berkenan merubah tampilannya biarpun sedikit tapi bagus dipandang dan proporsional seperti kita melihat Tank Abrams atau Leopard :-)

      Hapus
    2. Letak belalai cam gajah tu boleh bagi nama elephantank... :)

      Hapus
    3. Ini kan proses bro,...beda dengan di negara mu yang haibat saat ambil model Pars 8x8 yg dibuat Gempita.. tinggal copy paste langsung jadi.

      Kalau Tank Harimau ini benar2 masih ada ruang untuk redesign dan improvement... namanya juga proses belajar mandiri..

      Jadi gak masalah kalau dibilang elephant tank karena seperti terlihat turret jauh condong ke depan ketimbang bodynya... mudah2an Harimau prototype ke 2 sudah lebih okay dan ciamik dari yang sekarang.

      Hapus
  4. Bro kira2 kalo body kiri kanannya dikasih tambahan body pelindung keramik seperti leopard RI bakalan lebih kece kali yaa ? Melar ke samping..:-)

    BalasHapus
  5. Bro kira2 kalo body kiri kanannya dikasih tambahan body pelindung keramik seperti leopard RI bakalan lebih kece kali yaa ? Melar ke samping..:-)

    BalasHapus
  6. Baru tahu saya kenapa cannon 105 mm di pake yang jenis smoothbore karena pihak user tni ad ingin medium tank pindad punya 2 fungsi selain untuk perang anti tank juga bisa di gunakan sph / self propelled howitzer makay laras cannon 105 mm ini mampu di angkat dengan elevasi sampai 45°

    BalasHapus
    Balasan
    1. @doni

      Smoothbore....iku larasnya berulir alias rifled brur.

      Laras meriam artileri semua berulir/rifle spy tembakannya jauh tapi akurasinya tinggi...kalo lras smoothbore mengungggulkan daya gedornya, tapi konsekuensinya jarak optimmalnya cuma 2 km

      Hapus
    2. padahal baru marenan diomongin om smilikity.
      kok skrg 3105 jd smoothbore haha! cilaka sia 🔨🔨🔨 dach

      Hapus
  7. Ingat di youtube prabowo pernah bilang katay gini saya pernah ke malaysia seorang sopir taksi di malaysia sampai bilang orang indonesia itu orang bodoh, lah kita mah sudah biasa di bilang bodoh ingat saya waktu di blog MOM ketika komentar di balas oleh orang2 malaysia dasar indon bodoh, indon kurap, indon babu cuiiih katay, saya baca langsung kaget sebegitu rendahy orang indonesia di mata orang2 malaysia ya,karena banyaky tki jadi prt,kuli bangunan & pekerja kelapa sawit, tapi tak apalah kita legowo lah emang kita mah negara miskin dan bodoh yang sedang menuju kemandirian dalam bidang high tech,kami tidak mau menjadi negara maju karena negara maju lom tentu berkah dan kami ingin menjadi negara berkah, karena negara berkah sudah pasti maju peradabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya biarin aja dibilang gitu.
      Kita lihat ntar di tahun 2045 seperti apa. Pada doa aja deh umur nyampek taun segitu.

      Hapus
    2. Santai broh... Indonesia itu sedang dalam proses menjadi negara maju karena seperti china kita bonus demografi dan minyak bukan jadi produk andalan kita seperti negara2 lain yg sedang pusing saat ini spt Brunei yg 3 thn ini defisit terus incomenya. Bahkan arab saudi pun harus ambil pinjaman ke RRC.

      Kalo dibilang Indon bodoh, jangan berkecil hati bung, lha saya bulan kemaren ngajarin sktr 10 expats dari Thai, Viet dan Jepang selama 4 hari full dari jam 9 sampe jam 4 sore, gw ngajar sendirian lagi didalem kelas hahahaha... kalo indon bodoh mosok mereka jauh2 ke jakarta minta kita ngajarin mereka bung ?

      Moral of story : keep calm aja biarin dibilang Indon bodoh yang penting kita tetap istiqomah tawakkal dan bekerja, mereka2 yg merasa jaguh suatu saat akan tersadar betapa advance nya SDM Indonesia... wait for another ten years to come.. we ll show them who really we are.. :-)

      Hapus
    3. bro pedang..

      mengapa harus thn 2045 bro ??? ada yg special dgn tahun itu?? bisa share bro??

      Hapus
    4. Visi 100 tahun setelah merdeka, entah kelak tercapai atau gak. Tapi optimis/gak itu mencerminkan watak seseorang, jadi ya harus optimis.

      Hapus
  8. @doni

    gini aja bro..serahkan pada tuhan yg maha esa..tuhan tau apa yg harus dilakukan..

    kalau memang malaysia sebagai sebuah negara mmg angkuh,sombong,dan lain2 terhadap indonesia..pasti 1 hari malaysia akan mendapat balasan..

    tapi kalau sebaliknya itu adalah 1 tuduhan2 yg berlebih-lebihan terhadap malaysia..1 hari indonesia juga pasti akan dapat balasan....

    BalasHapus
  9. ya,setuju dgn ANAK PENEROKA..

    @doni

    nggak semualah rkyt malaysia seperti itu..biasalah rakyat malaysia dan indonesia mudah triggered dgn isu2 yg sengaja dicetuskn oleh media..ada pengadu domba yg cuba melaga2kn kedua dua buah negara...apa pun tahniah saya ucapkn atas kemajuan indonesia dlm bidang industri pertahanan..semoga kedepan nnti malaysia-indonesia blh bekerjasama yg lebih erat dlm industri pertahanan..buktikan pd dunia NUSANTARA juga bisa maju dlm industri pertahanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga maju bersama Malaysia juga...aamiin.

      Hapus
    2. Sebetulnya bisa lho Malaysia dan Indonesia itu bikin project military equipment bersama. Karena Indonesia sudah punya project kasel, kapal perang, heli, pesawat angkut, pespur, panser, tank, rudal dll dan Malaysia sudah ada project panser dan kapal maka salah satu opsinya bikin project yg belum ada di keduanya.. sepertinya project bikin truck militer bisa dipakai, meski dulu ada Mahesa yg gak ada kabarnya lagi, proton dan pindad bisa kerjasama bikin truck ini. Yang penting varian modelnya belum ada di kedua negara.

      Hapus
  10. Sebenar malaysia tidak peduli pun pasal indonesia ni..tapi media media berhaluan kanan dan kiri mereka menuduh malaysia dgn pelbagai kejian dan hinaan... malaysia kalau boleh inginkan asean menjadi rantau yg maju seperti di benua eropah... semua negara kaya dan saling bergantungan tetapi dgn isu isu yg kecil pun media indonesia akan mengapi apikan sehingga menjadi parah... nasib baik media massa malaysia tidak menceritakan sgt pasal pasal hubungan negatif antara negara jiran.. bila ada kes dgn sesebuah negata tetangga. Malaysia lebih suka guna ayat negara jiran.. dan bukannya spesifik...alasan utk jaga keharmonian

    BalasHapus
  11. Coba dipasang SMB dng camera dilengkapi infrared, penglihatan malam untuk bagian belakang tank, SMB dipasang tdk hanya di bagian depan, tank indonesia dilengkapi peluncur rudal anti tank, dan tempat untuk menyimpan jurigen bahan bakar cadangan. Lalu dipanjangin dipasang rak untuk menyimpan amunisi cadangan dengan demikian tank medium indonesia dapat menembakkan puluhan amunisi

    BalasHapus
  12. Di tiap batalyon tank, harus ada. Beberapa tank yang dilengkapi antena pemancar darurat untuk komunikasi antara tank dengan pesawat tempur, dengan helikopter, dengan pasukan infanteri, dengan kapal perang, dan dengan markas, jaga2 kalau menara telkomsel atau indosat atau menara milik perusahaan telekomunikasi lainnya hancur, atau dikuasai musuh, tank kita dilengkapi jammer dan anti kanker, serta dilengkapi dengan drone mini serta fasilitas monitor juga remote untuk kendali drone mini, dengan demikian tank kita punya mata dan informasi lebih dahulu dan muktahir dibandingkan intelijen kita jalan kaki menuju ke bagian depan atau bagian belakang musuh

    BalasHapus
  13. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128 / https://t.me/AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus