05 Oktober 2017

TNI Unjuk Kekuatan Alutsista Terbaru

05 Oktober 2017

HUT ke 72 TNI di Cilegon (photo : tribun)

Cilegon, Banten  (ANTARA News) - TNI mengerahkan ratusan alat utama sistem senjata (alutsista), termasuk yang terbaru dan modern dalam memperingati HUT Ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis.

Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru dan modern dikerahkan dalam memeriahkan Upacara Peringatan HUT TNI itu, seperti Helikopter Apache dan Kapal Selam buatan Korea Selatan KRI Nagapasa 403, KRI RE Martadinata dan Helly Phanter yang merupakan helikopter antikapal selam.

Bahkan, dua unit helikopter Apache diterjunkan dalam demo udara, dengan menembakkan senjatanya ke arah sasaran yang berada di laut.

Tak hanya itu, alutsista lainnya, seperti Tank Arisgator, MRLS Astros H MK 6 dan Meriam 155 Caesar meluncurkan roketnya ke sasaran yang dianggap musuh.

Dalam demo udara pun, dua pesawat Sukhoi Su-27/30 dan dua pesawat F-16 A/B sweeper left turn menuju holding point untuk melakukan Bomb Burst dan high Speed past menggunakan flare.

Kapal selam baru KRI Nagapasa 403 (photo : Keris)

Selama kurang lebih 6 menit para hadirin akan disuguhi Demo Pertempuran Udara Air to Air atau Dog Fight antara dua unit pesawat F-16 A/B dengan dua unit pesawat Su-27/30 Sukhoi. 

Atraksi udara dan peluncuran roket membuat ribuan warga terpukau dan bertepuk tangan melihat kecanggihan alutsista yang dimiliki TNI.

Dalam upacara peringatan HUT TNI, yang dihadiri Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, diikuti sebanyak 5.932 prajurit pada parade dan defile. 

Adapun alutsista demo yang dikerahkan dari TNI AD yaitu (alusista defile) sembilan panser Anoa dan Tank M113 Al, sepuluh Tank Marder 2A1 dan Pandur II 8X8, tiga unit Tank Arisgator, sembilan unit Tank Leopard, sembilan unit Tank Tarantula, satu unit Panser Pandur 105 MM, satu unit Tank Kaplan, satu unit Panser Badak.

Selain itu, sembilan unit MRLS Astros H MK 6 dan Meriam 155 Caesar, serta Meriam 155 M109BE, enam unit Meriam 105 M105, Rudal Starstreak, dua unit Heli Colibri dan empat unit Apache AH 64-E.

Tank medium Pindad-FNSS (photo : hadimaulana)

Sedangkan, TNI AL terdiri dari Kapal selam Nagapasa 403, tiga unit SEA Rider, satu unit BMP 3F, satu unit BTR4, satu unit MLRS Norico.

Sementara dari TNI AU mengerahkan dua unit Rantis GPS Jammer, dua unit Rantis P6 Atav, satu unit P2 Comando, satu unit Rantis Jihandak, empat unit Truk Oerlikon, dua unit SMART Hunter. Termasuk demonstrasi berbagai jenis pencak silat yang ada di Indonesia yaitu Merpati Putih, Tapak Suci, Perisai Diri, Pagar Nusa, Ciung Wanara, dan lainnya.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Wuryanto mengemukakan unjuk kekuatan yang dilakukan oleh TNI dalam peringatan HUT Ke-72 dengan menampilkan alat utama sistem senjata atau alutsista terbaru dan canggih sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada Presiden dan rakyat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk laporan dan pertanggungjawaban TNI kepada pemerintah dan masyarakat," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Wuryanto.

Menurut Wuryanto, tema peringatan HUT Ke-72 TNI adalah Bersama Rakyat TNI Kuat. Maknanya adalah kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertindak bersama rakyat menjadi modal utama TNI di dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

BMP-3F dengan latar belakang KRI RE Martadinata 331 (photo : liputan6)

"Pesannya, pertama, mungkin ada prajurit-prajurit TNI yang masih melakukan tindakan kurang terpuji, kami atas nama seluruh prajurit TNI minta maaf dan kami berharap ada kepedulian, melaporkan jika ada prajurit yang nakal," kata dia.

Selain itu, pihaknya mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum.

"TNI tengah melawan dua agenda kriminal, yakni, korupsi dan narkoba. Tidak ada ampun bagi prajurit TNI apabila terlibat narkoba. Itu juga yang sedang diperangi pemerintah," ucapnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan, tema HUT Ke-72 TNI "Bersama Rakyat TNI Kuat" memiliki makna tentang perjuangan kemerdekaan RI yang direbut oleh rakyat.

Demo pertempuran udara (photo : Q-ops)

"Sejarah telah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan ini adalah rakyat, belum ada TNI," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Cilegon, Banten, Selasa (3/10).

Menurut dia, TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak pernah berjuang sendiri, melainkan dengan jerih payah rakyat Indonesia.

"Kemudian perjuangan memelihara kemerdekaan tidak pernah TNI berjuang sendiri, selalu bersama-sama dengan rakyat," katanya.

Ia menambahkan TNI telah terbukti selama 72 tahun melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Indonesia dan rakyat.


"Terbukti selama 72 tahun, TNI mampu melaksanakan tugasnya demi segenap tumpah darah persatuan dan kesatuan itu berama-sama dengan rakyat," ucap Jenderal bintang empat ini.

(Antara)

38 komentar:

  1. btr 4m pulang kandang malam ini, lewat jalan tol merak-jkt tanpa "gendong2an segala" haha!mantaappπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih kece BTR80 yang lama bung... modelnya legendaris.. BTR yg baru depannya mirip moncong crane hehehehe

      Setelah berkesempatan melihat langsung kemaren, Tank Harimau Hitam beneran deh depannya harus direvisi sedikit dibuat lebih landai kebawah dan lebih maju moncongnya dari track steel wheel nya.. kalo yg sekarang roda rantainya benar2 terlihat seperti tracktor alat berat.. tidak ada penutup roda yg kedepan alias terlalu terlihat rodanya... dari segi aestetic masih kurang match dikit kalo dari kacamata saya yg orang awam.

      Hapus
    2. guwe tiap liat btr 4m brasa ngeliat pnampakan helm darth vader, maka dari itu guwe anggep keren & mantappp ☠ haha!

      yach mungkin kerna guwe blm pernah pegang dan liat lgs btr 80 yg nun jau disana, jd sulit ngebandinginnye.

      Ini btr 4m guwe nemu pas tol perjalanan balik, doi ada jalur plng kanan iring2an terdepan setelah mobil pomal dgn laju ckp cepat. Dan gerobak guwe seperti biasa melaju di jalur ketiga alias jalur srobot haha!maklum sempit bingit jalannye & byk trek2 lambat jaya euy haha!

      Itu btr sempet guwe pidioin sich, gegara gelap hasilnya jlek, tp puas balap2 ama btr 4m macam fast furious haha!😁

      Hapus
    3. Kalo guwe sich uda ckp senang dgn disain tank HH. Dimensinya ckp apik dlm menggotong turet 3105, gak kebanting gt haha!

      Utk bagian dalam tank HH, cukup nyaman dilengkapi pendingin, dari turet bisa tembus ke pengendara.
      bag turet brasa dlm leo, moderen gt, guwe nyari tombol reload ama tembak gak ktemu2, sebla mana sich ada yg tau???haha! πŸ˜‚ πŸ˜‚ πŸ˜‚

      oiya pada slh satu web tetangga ada penampakan kabin pengendara, yg guwe liat kemarin itu beda, terutama stir, aslinya bentuknya W, letak peralatan dalamnya tidak sama tapi tetap modern dilengkapi bbrp monitor. Syg gak bole diabadikan, tp pegang2 boleh haha!

      Hapus
    4. Setelah guwe bandingin ama leo RI, taratantula & pandur2 yg mengelilingi HH, yg paling pendek itu leo RI, diikuti HH setelahnya.

      Jarak ketinggian hull depan HH dan leo, kira2 sejengkal tangan guwe.
      Posisi hull depan bag. atas HH emang gak securam pandur 2 & leo ri, miring halus gt haha!
      sedangken hull depan bagian bawah termasuk miring cadas mirip tarantula.
      Guwe tau, kok byk teman2 yg pgn disainnya sperti leo yg agak memanjang kerucut kedepan.

      Kerna awam jg, guwe mencoba menganalisa mcm ahli yg di tipi2 terutama komentator kesayangan om smilikity, jeung...haha!

      Hapus
    5. Pertama, Disain dull depan HH seperti itu ada kemungkinan utk mengatasi ketika melewati lobang parit (U) yg ekstrim panjang & dalam. Oleh kerna itu model roda rantainya lbh maju daripada body depan & tidak menggunakan penutup. supaya pas landing diseberang roda rantai langsung ngegrip, bukan body duluan.

      Kerna kalo body duluan mencium ujung parit, maka dijamin setop die haha!

      guwe perna liat latgab salah satu negara tetangga di yutub yg kontur daeranya mirip2lah, pas lg serbu ke arah pegunungan, kebetulan btr 3nya ada yg kejebak parit. gak bisa maju body depan uda nempel parit duluan, abis itu gak tau, kameranya ganti objek, gak nyorot kesitu lagi sich haha!

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. beberapa tank bag. tutup rantai depan dibuat dr bhn plastik,macam mud guard mobil. mungkin sengaja dibuat bgitu agar lbh fleksible, coba liat lagi bmp 3 f ato tank2 rusia lainnya mcm tank 72 fam.
      Kedua, agar lebih mudah mendaki perbukitan yg curam dan sempit, kalo moncongnya terlalu panjang mcm arisgator, wah bakalan refot gan, maju kena mundur kena ndro haha!πŸ˜…

      Hapus
    8. Yup kamis maren sempet lihat langsung arisgator dan sepertinya lebih fleksibel M113 nya untuk bergerak didalam hutan. Moncong arisgator bakalan ribet kalo dipake jungle war kecuali kalo maen di sungai2 atau danau2 di indonesia. Tapi kece juga sih Arisgator, seperti LVTP dikasih adik tiri baru... hahahahaha

      Hapus
    9. nah utk roda rantai HH, sama percis dgn lvt7 marinir kita, coba dech perhatikan.

      Jarak hull depan ke pengendara pun ckp jau, semeter lebih pun ada kyknya. posisi duduk pun tinggi, cmn korsinya kok tipis, kiraiin dikasi recaro haha!
      Demikian analisa gado2 alakadarnya haha! moga2 proyek pindad seperti ini jalan terus 😊

      Hapus
    10. Eh om super gak bilang2, sepanjang hotel PM, itu jalur berubah yach kalo malem2, zona tempur haha! mao kopiii ape syusyu haha! turis mcm om ap, om ben demen tuch haha!

      Soalnye gerobak gak gerak, jd guwe parkir disitu, tuk lanjutin jalan kaki, gegara sopir angkot bilang “presiden aje jalan kaki”, hati ini rasanya fanas, lgs berkobar semangat 45 long march ke pelabuhan haha!

      eiitt beruntung ada rombongan ojek, pada lanjut naik kuda besi mnerobos kemacetan, mlipir kekiri msk kampung nelayan tiba2 tembus pelabuhan, pas kita tengak tengok, mana kapal perangnye???lah ini mah beda lokasi. dikira turis mao nyebrang bakaheuni, ughh pengen guwe fentung dach bang ojeknye πŸ”¨ πŸ”¨ πŸ”¨ haha!

      utg ada indoma*et ngaso dolo sambil mimik yg dingin sejukk aahh diteriknya mataharee..abis tuw lanjutin longmarch bneran ampe tujuan, walaaa padatttt lautan manusiaaa & kereta wesi haha!
      Salam super om haha!

      πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰Dirgahayu TNI yg ke 72πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

      Hapus
    11. Hahahahaha... nonton juga mas ?

      Saya malemnya ngobrol2 ampe jam 1 pagi sama temenku di posko zeni, awalnya dia mau bawa M3 Ponton Truck made in Chekos Group, cuman gak ngerti akhirnya dicancel.

      Untung saya bawa motor mas.. tarok penitipan baru dah jalan sambil nenteng kamera dan aqua satu galon... busett panasnya edan plus umpek2a kayak orang mau ibadah haji... hahahahaha

      Dibanding 2 thn lalu jumlah alutsistanya banyakan yg dulu mas cuma kali ini variasinya lebih banyak. Dan lagipula hampir semua daerah ngadain HUT TNI jadinya alutsistanya dipakai defile dimana mana dari aceh sampai papua gak cuma terkonsentrasi di Cilegon saja. Makin Jaya TNI ku.. Hail !!!

      Hapus
    12. iya dari timur kmrn ane melambung balik ke jkt, nungguin 403 di ujung gak dapet, di indahkiat jg lewat haha!
      yg bikin seneng ane akhirnye bisa naek sang legen kri owa 354, begh yakun strooonkkkk beibehhπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸš€πŸš€πŸš€⚓️⚓️⚓️

      galonan dibawa aus ilang,encok iyah tuch om haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      tul yg skr lbh banyak yg baru, tp buat radar2 mobile gak lengkap lg nich, mungkin dipake smua trutama yg dicongot itu dah permanen yak haha!

      tiap parade mempunyai crita masing2, smoga peristiwa2 yg sekarang bakal dikenang sluruh pnonton cilegon & indonesiaaaaa ...

      sampai berjumpa di parade brikutnyaaaa

      Hapus
    13. eh pada yg pada gak kemana2 malming ini, geser tipi ente ke rtv ada ADU KUAT, hut tni ke 72...

      beghh presenternya dunks
      om smilikity, biarkan raisa lewaattt, muv on yuuk ke #angelaaaalorenzaaa....😍😍😍

      https://www.instagram.com/officialangelalorenza/

      Hapus
    14. pak nur slamat, juara adu kuat. tentara perkasa se tni🀘🀘🀘

      Hapus
    15. Ada kejadian lucu mas... saat astros diluncurkan dari sktr 8 unit truk yg parkir di dermaga, ada salah seorang penonton yg berdiri samping dermaga saking kagetnya sampai terjebur ke laut mas.. beruntung pak marinir segera terjun nolongin.. ngekek kalo liat kejadiannya hahahahaha

      Hapus
    16. yg boneng haha! lucu bgt tuch om haha!πŸ˜…

      untung ada marinir yak.
      dr bbrp parade sblomnya, sebnernya panitia uda ada yg patroli pake kapal boat, biasanya buat mencegah hil2 yg kyk gitu tuch om super.

      kalo gt, guwe gak bole dket2, soalnya kagetan juga sich haha!

      Hapus
    17. nach soal knp roda tank kita agak tonggos kedepan, silakan liat t72 family ini:
      seprti yg guwe tulis sblmnya, mudguard roda depan mrk dibuat dr bhn plastik yg bisa fleksible buka/tutup ato malah ilang haha!
      http://media.alalam.ir/news/image/855x495//2016/09/16/alalam_636096451720927526_25f_4x3.jpg

      nach di video ini, akan diperlihatkan bgm yg maksud diatas, knp roda rantai bagusnya maju kedepan dr bodi.

      demonstransi oleh tentara russia"giling"

      https://www.youtube.com/watch?v=OucKG_xAbfU

      cek menit 4:00, gunanya roda di depan & disain curam ke atas itu bisa untuk melibas hambatan tembok 90 drajat dgn ktinggian 1,2m

      dan parit(u) yg ekstrim serta perbukitan.

      moncong bentuknya begini aja uda kesusahan, apalagi yg model arisgator haha!

      demikian agar netizen mengerti knp disain HH kita dibuat begitu oleh om windu dkkπŸ‘

      Hapus
    18. cekidot jg..https://www.youtube.com/watch?v=yRpNd6ScQXw

      Hapus

    19. Live Stream HUT TNI Ke-72
      https://www.youtube.com/watch?v=AMxkMf3GR3w

      cekidot: menit 8:23, ada cici agnez mo, wuiiihh blonde cink
      https://www.instagram.com/p/BaDDWSkDPhl/?taken-by=agnezmo

      tau gt maren nebenk doi yach, hebat gak telat doi

      Hapus
  2. benar kan black hawk gak muncul...
    karena memang belum tanda tangan kontrak pembelian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas....

      Saya lihat dari kejauhan tidak ada BlackHawk... apa gak jadi diakuisi sekalian ya karena sifatnya angkut personel dan kita lumayan banyak punya heli angkut personel militer..?

      Kans Chinook jadi dibeli gak ? untuk angkut alutsista atau stick to Russian heli terbaru yg besar itu ?

      Hapus
    2. kalau menurut saya, blackhawk itu ga efisien karena kita sudah punya mi-35, karena mi-35 itu bisa angkut pasukan, sebagai heli tempur, tahan peluru makanya disebut tentara rusia sebagai tank terbang

      Hapus
    3. Kalau Blackhawk nggak jadi, Apache di pasangin bareng apa? Komposisi skadron serbu bukannya kombinasi heli serbu dan heli serang dengan perbandingan 3:1?

      Hapus
    4. Jangan samakan mi-35 dgn blackhawk. Untuk angkut aja mi-35 jelas kalah.

      Hapus
    5. Pamor Mi-35 sepertinya langsung redup setelah melihat Apache kemarin secara langsung. Saat demo tembakan Mi-35 terlihat muntahan pelurunya tidak secepat Apache.. seperti membandingkan grup heavy metal Metalica versus death metal Napalm Death.. kalah cepat..:-)

      Untuk misi selanjutnya mending stop beli Mi-35, kalo mau heli serbu mending yg full dedicated attack heli seperti penambahan Apache atau yg murah spt heli attack china. Gak perlu lagi ada heli tempur dan serbu dalam satu paket spt Mi-35 ini, dalam segi suara heli pun saya saksikan suara Mi35 menggelegar dari kejauhan beda dengan Apache yg lumayan senyap.

      Chinook dan Apache tambahan bisa jadi opsi selanjutnya.. untuk heli serbu tambahin heli Rusia aja biar gak sewot kita banyak beli produk mamarika :-)

      Hapus
  3. Blackhawk(S70i), chinook, Mi-26 AKAN dibeli. Ingat, AKAN beneran ini, bukan "akan" basa-basi, sabar aja wes.
    #ingat NASAMS hihihi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blekook ngk usah beli dah..mendingan banyakin MI-17..Mi-35 balikin aja..ganti sana Mi-17..Mi-26 jugs ngk usah..ngk efisien tuh barang operasionalnya..duitnya untuk nambah Chinook

      Hapus
    2. Maunya user seperti itu kok, bisa apa coba? Hihihi...
      Gak papa toh, banyakin isi showroom, ben gak kalah ama koleksi Thailand. :P

      Hapus
  4. MI35..sebenarnya tidak termasuk heavy heli serbu..soalnya masih angkut personil..belom terfokus seperti apache,viper,kamov dll,..tapi untuk negara dengan budget pas2an..sudah sangat mumpuni..sekali lagi dengan budget pas2an..saya juga lihat salvo tembakannya beda anatara apache dan MI 35.mungkin beda jenis senjatanya..kalo pengen kaliber 30 cepat..ambil sistem utk PSU(sistem penembakan nya)..pasti lebih cepat salvonya...tapi penembakan kemaren utk MI 35..keras suaranya..ntah utk bikin down musuh juga bisa,sambil turunin pasukan..kalo mau nambah MI35 bikin yg setingkat atau dibawah sedikit apache..misal bisa bawa rudal anti tank,rudal anti udara ringan,kan sudah ada yg spesialis sepeti apache,jadi pembantunya dibawahhya dikit tidak apa2...pendapat saya ini..

    BalasHapus
  5. Yang penting jan buat nembak tetangga jan buat nembak orang aceh dan jan tembak orang papua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus org lain selain org aceh, papua ama tetangga bole gitu ditembak hah???

      dsr gemblung, sini stor jidat dech, biar enaakk geleng2nya haha!πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ tung tung tung πŸ™ˆ

      Hapus
  6. Yang penting jan buat nembak tetangga jan buat nembak orang aceh dan jan tembak orang papua.

    BalasHapus
  7. Acheh kaya dengan minyak macam brunie. Jika jadi negara tentu paling maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow tentu itu. singapura lbh maju dari brunei, pdhl gak punya minyak & tanah terbatas, ee tanya knp? haha!πŸ’ΈπŸ’°πŸ’²

      Hapus