02 Agustus 2019

PT PAL Mulai Bangun 2 Kapal KCR-60M Pesanan TNI AL

03 Agustus 2019

Kapal akan dibangun dalam 7 (tujuh) rings yang nantinya akan menjadi 4 (empat) module dikerjakan secara paralel guna mempersingkat durasi pembangunan (photo : Kompas)

PT PAL Bangun 2 Kapal Perang Pesanan TNI AL Senilai Rp 1,6 Triliun

SURABAYA, KOMPAS.com - PT PAL Indonesia (Persero) kembali membangun dua kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) 60. Kapal perang yang bakal dibangun itu merupakan pesanan Tentara Nasional Angkatan Laut ( TNI AL). 

Direktur PT PAL (Persero) Budiman Saleh mengatakan, dua kapal tersebut adalah KCR 5 dan 6. Menurut rencana, dua kapal tersebut bakal rampung pada Mei 2022 mendatang. 

KCR 5 dan 6 yang dibangun dengan nilai investasi Rp 1,6 triliun itu, bakal dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya, KCR 1 hingga KCR 4. 

"Jadi kita improve stabilitasnya supaya lebih handal dibanding kapal-kapal sebelumnya. Apa yang sudah kita perbaiki di batch dua kita lanjutkan lagi," kata ujar Budiman dalam acara first steel cutting di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jumat (2/8/2019). 

Menurut Budiman, apabila KCR 1,2 dan 3 hanya memesan platform saja. Sementara itu, sewaco atau persenjataannya baru dilakukan setelah pembangunan kapal selesai. 

Namun, untuk KCR 5 dan 6 ini, kata dia, dipesan secara utuh dengan platform beserta sewaco. 

"Kita selalu improve tiap batch ini untuk menjadi kapal handal dalam pertempuran. Jadi kelebihan ini (KCR 5 dan 6) itu stabilitasnya makin baik," ujar dia.

Di samping itu, platform dan sewaco itu sekaligus pengadaan pertama kalinya dari Kementerian Pertahanan. 

Direktur Direktoran Produksi PT PAL Indonesia (Persero), Turitan Indaryo mengatakan, komponen produksi dalam negeri bakal mendominasi dalam pengadaan KRC 5 dan 6, yakni sebesar 60 persen. 

"Dalam negeri secara jumlah 60 persen lebih, tapi secara nilai komponen luar negeri tetap masih lebih 60 persen," kata Turitan. 

Untuk diketahui, KCR 5 dan 6 direncanakan bakal memiliki panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, tinggi 4,85 meter, sarat 2,60 meter dengan bobot 500 ton dan mampu berlayar hingga kecepatan 28 knots. 

Selain itu, KCR 5 dan 6 bakal dilengkapi dengan dengan sistem persenjataan seperti surveillance radar, IFF system, CMS (3 console), Main Gun 57 mm, peluncur surface to surface missile, secondary gun 20 mm, ESM system, serta Decoy Launching system ini mampu berlayar hingga lima hari memiliki fungsi pokok sebagai peperangan anti kapal permukaan, dan offshore patrols di perairan teritorial hingga Zona Ekonomi Ekslusif. 

Di sisi lain, kapal ini dapat melakukan aktivitas pengintaian serta search and resuce (SAR). 

KCR 5 dan 6 sudah dipesan TNI Angkatan Laut sejak penandatanganan kontrak pada 28 Desember 2018 di Jakarta. 

(Kompas)

303 komentar:

  1. mampu berlayar hingga lima hari ......??? 5 HARI...kamu serius.....HAHAHAHAHAHAHHAHAHA

    SAH PLAT BESI KUALITI RENDAH... kapal terbaru ni lagi singkat dilaut berbanding bot Ayam KFC sebelumnya 6-8 hari sahaja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubnya antara plat dengan waktu lama berlayar pur2...
      Tak paham pun ko pur gila😁

      Hapus
    2. Jealous ya pur...kapal nelayan LeMeS pun tak bisa bina.
      Pakai besi kualitas rendah langsung di china.

      Hapus
    3. Gempurwira = psychotic disoder, lahir dari perut babi, jadi kaya babi..coba dipecut pasti lari lurus2 macam babi. Dikasih masukan pun ga bs, jadi otak babi. Hati pun kotor macam tai babi.

      Hapus
    4. Malon jealous tak de kapal cem KCRπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„...LMS pun ompong tiada misil,tak de Taji πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Malon adanya KSC... Saudaranya KFC...😁😁😁

      Hapus
    6. @GEMPURWIRA HAHAHAHA HAHAHAHA MALAYDOG MALAYDOG BANGSA PEROGOL, WOI MELAYU BABI APA YANG KAO TAU,, HANYA ROGOL, CURI, SAMUN,, DADAH,,, ORANG CINA KATA MELAYU BANGSA BODOH PEMALAS,KALAU BENIAGA HANYA TAU JUAL AYAM GORENG, NASI LEMAK, JUAL AIR HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA

      Hapus
    7. LMS pemakai plat besi abal abal dari China, makanya ompong gampang bolong

      Hapus
  2. Baca ni INDON....wkwkwkwkwkwk

    Korea Selatan Tolak Opsi Pembayaran Iuran KFX Dengan Pesawat CN 235

    Diberitakan oleh Korea Times (2/8/2019) Pemerintah Korea bersikap serius namun berhati-hati untuk menanggapi permintaan renegosiasi pihak Indonesia terkait pendanaan KFX/IFX. "Diskusi sedang berlangsung antara kedua negara mengenai pembagian biaya, tetapi kami tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut tentang kemajuan negosiasi pada titik ini," kata Wakil Juru Bicara Kementerian Roh Jae-cheon.

    Sebelumnya Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan Indonesia tidak mempunyai anggaran untuk membiayai proyek jet tempur KFX/IFX karena Pemerintah saat ini fokus terhadap infrastruktur oleh karena itu Pemerintah Indonesia menawarkan Imbal Dagang (Barter) dengan menawarkan pesawat angkut buatan PTDI CN 235.

    Terkait dengan penawaran imbal dagang tersebut pihak Korea dengan tegas mengatakan Tidak! Menurut pejabat AU Korea Selatan (ROKAF) mengatakan “pihak AU Korea tidak membutuhkan pesawat kecil seperti CN 235, kami hanya membutuhkan pesawat angkut sekelas C 130 Hercules”

    Walaupun terjadi hambatan karena Indonesia kesulitan untuk membayar iuran KFX/IFX nampaknya mayoritas pengambil kebijakan di Korea Selatan tidak mau merusak hubungan persahabatannya dengan Indonesia, karena baru saja membeli kapal selam buatan Korea Selatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus masalahnya apa pur..
      Namanya juga negosiasi..
      Ishh..ishhh...rempong😁

      Hapus
    2. Link nya mana babi? Hoaks lg otak babi

      Hapus
    3. Ada Malon jealous dan iri hati kerana tidak di ajak Korea joint 😁😁

      Hapus
    4. Lah emang kenapa, biasalah penawaran sah sah aja juga barternya dengan pesawat bukan cem malon yg barter minyak goreng πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Terus kenapa pur???? Nama jg tawar menawar, mereka butuhnya pesawat angkut yg lebih besar seperti c130,,,gembul_oon pengen nyinyir tp tolol gk nyimak artikel πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    6. In Reality indonesia telah menambah lagi ilmuan dan engeneer penerbangan ke korea, dan dipastikan 1 prototipe IFX akan dikirim ke Indonesia pada 2021 untuk ayam ayamkan malon lembik supaya kejang kejang..😁

      Hapus
    7. @GEMPURWIRA WOI MELAYU BABI BANGSA PEROGOL HAHAHAHA HAHAHAHA DI NEGARA MALAYDOG APA YANG KERAJAAN KAO BELI LANGSUNG TAK ADA,, BELI KAPAL PON DARI CHINA ITU PUN PINJAM HAHAHAHA HAHAHAHA,,, MELAYU MALAYDOG BANGSA PENCURI PEROGOL, PENYAMUN, MELAYU BABI BODOH,,,, DI NEGARA KAO MELAYU BODOH TAK PERNAH BANGSA MELAYU JADI PM,, TUNGKU ABDUL RAHMAN ORANG BUGIS,, TUN RAZAK BUGIS, NAJIB RAZAK BUGIS,, PAK LA BUGIS, MAHATIR MAMAK INDIA,,, BODOH KAO MELAYU BABI

      Hapus
    8. Daripada MALON jauh jauh datang ke Russia berharap bisa barter sawit sama Yak-130. Malah dibilang ngimpi sama PM Putin

      Hapus
  3. SAMPAN nelayan pun boleh operasi seminggu di laut tanpa balik ke pangkalan.... wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama berlayar tuh tegantung perbekalan & kecepatan kapal...semakin cepat kapal...semakin singkat waktu berlayar paham tak pur..?

      Hapus
    2. @gempurwira: comment sumbang macam suara babi

      Hapus
    3. Karena tu la kapal ko tu kapal sampan nelayan

      Hapus
    4. LMS Malon ompong berlayar cicakpun tak takut kerana LMS malon tiada misil dan sensor 😁😁😁

      Hapus
    5. Kapal cepat mau lama lama di laut emang mau cari ikan lon.. KCR itu kapal penindakan bukan patroli makanya di kasih rudal dan main gun yang lumaya besar, tak cem LMs lembik malays sengaja endurens lama supaya multirol sebagai kapal nelayan... 😁😁

      Hapus
    6. @GEMPURWIRA WOI MELAYU BABI BANGSA PEROGOL HAHAHAHA HAHAHAHA SUDAH KA MELAYU KONGKE ANAK KANDUNGNYA,,, MELAYU MALAYDOG BANGSA PENCURI PEROGOL PENYAMUN, KASIHAN ORANG ORANG CINA BENIAGA BAYAR CIKAI KE KERAJAAN BODOH BARU UANG CUKAI BAGI MELAYU SEBAGAI BANTUAN BR1M SEBAB MELAYU MAYORITAS MISKIN MASIH JAUH TERTINGGAL DI BANDINGKAN BANGSA CINA, INDIA,, HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA MELAYU BABI BANGSA PEROGOL

      Hapus
    7. Benar sampai seminggu, karena bladenya kesangkut sama jaring Vietnam tunggu bantuan Paskal team gunting jaring

      Hapus
  4. Koq babi Aseng yang nongol baru seupil. 🐷🐷 Aseng lainnya pada kemana? Ayo para 🐷 Aseng pada semangat dong ngebully si Malon biar kalian dianggap cinta NKR.
    Ayo para 🐷 yang semangat, kalau kalian loyo entar kalian diusir dari bumi Pertiwi ini.Ha, ha, ha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lu TAI aseng...sesuai dengan namamu😁

      Hapus
    2. @liang tai babi: kau tai babi, babi jangan cakap babi, apalagi kasih emoticon babi

      Hapus
    3. Serpihan orang2 sakit hati dari pilpres kemarin ini πŸ˜‚

      Hapus
    4. Prabowo dah joint dengan pemerintah Seng.. Ente mah ditinggal...😁😁

      Hapus
    5. Babi Banci kaleng rombeng nongol lagi, gw kira mati karena HIV/Aids

      Hapus
  5. Apa la boleh dibuat kalau sekadar 5 hari operasi dilaut....Wkwkwkwkwkwkwkwkw tu la lain kali guna plat besi kualiti bagus jangan guna plat besi kualiti rendah..itu masalahnya ia tak mampu menahan ombak yang lama di laut...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otakmu yg kualitinya rendah pur😁

      Hapus
    2. Gempurwira otak babi, berpikir kaya babi. Ga tau apa2 comment sumbang kaya suara babi

      Hapus
    3. Apa hubnya plat dengan menahan ombak..benar2 grazy ko pur.
      Setiap kapal tu di rancang berdasarkan desain & ukuran kapal...
      Semakin tinggi lambung kapal & semakin besar ukuran kapal...maka sea state levelnya semakin besar menahan ombak...paham tak pur..?
      Yg jadi masalah kapal perang malon banyak ompong...ganti je jenisnya jadi kapal nelayan😁

      Hapus
    4. Mana si dani... Itu si gempur serumpun dan..😁😁

      Hapus
    5. Mana linknya gunakan besi quality rendah,aq ada linknya LMS ompong malon gunakan besi murah cina 😁😁

      Hapus
    6. Woi poor.. 😁😁

      Kapal cepat mau lama lama di laut emang mau cari ikan lon..

      KCR itu kapal penindakan bukan patroli makanya di kasih rudal dan main gun yang lumaya besar, tak cem LMs lembik malays sengaja endurens lama supaya multirol sebagai kapal nelayan... 😁😁

      Hapus
    7. Makanya kita buat banyak, yg satu balik ke markas yg satu nembak LMS sampai bolong dan tenggelam.... Bleebeeb, bleeebbep, blebebeeeb. Ngga sempat teriak SOS itu LMS

      Hapus
  6. Coba ko cerita poor tentang hely nury yg terhempas tu. Yg ko bilang setara hely apache. Pilot nury tu pake helm JHSDM ka poor...

    BalasHapus
  7. Ko baca tak poor KCR senjata lengkap poor, tak macam sundal ompong. Besar tapi lembab ompong pula

    BalasHapus
  8. Missile boat wajar lah 6 hari...
    LCS korang bisa 100 tahun,
    Tapi 100 tahun di dock 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  9. Maaf ini boat canggih yg mampu berperang...bukan kapal lemas yg mudah kena jaring

    BalasHapus
  10. Maaf ya...kapal ini sangat lengkap,aneka sensor,decoy dan senjata...bukan macam kapal ikan cakap kapal perang kah kah

    BalasHapus
  11. Lon itu kapal gerilya abis tembak maharogol terhempas kemudian balik lagi ke limbungan untul ngeload untuk tembak kedah balik lagi, dan begitu seterusnya sampe TLDM hantar bendera putih diatas menara Petronas.. 😁😁😁

    BalasHapus
  12. Raja hoax tuwir dan homo sex nich sampai belain bikin gambar photoshop segala��. Ujang Karejo Aku igt lg mase tu blog Shah Paskal jd tumpuan....xsilap korang dgn Gempurwira tu....photoshop gila bab....xblh terima akal.....kat forum lain ader yg ckp kalo amik OHP ni nk maintain susah....sbb kapal lama....baek teruskn dgn projek SGPV tu....

    Mohd Azim Aduh teringat masa tu blog mmp photoshop baik punya. Masa tu memang layan. Blog shah paskal pun masa tu tengah aktif

    BalasHapus
  13. LCS malon hanya bedi kosong je...hikhikhik

    BalasHapus
  14. Kcr selalu di improvisasi bro.....tak stag dlm pengembangan produksi ga seperti industri pertahanan malonyetπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azli Ahmad: 12 sebab Malaysia tak berminat pasal pertahanan
      1. Takde kickback
      2. Takde commission
      3. Takde duit kopi
      4. Takde masukkkn
      5. Takleh jadi jerung
      Lain2 boleh sambung

      Hapus
    2. Malon dgn rasuah ganas berpisah tiada bro 😁😁

      Hapus
  15. Dyard Dagang (Netizen malon) cakap macam nih.... Cuba check berapa billion dah kerajaan bayar pada Bousted utk setakat ‘ketul’ besi kosong ni.....hikhikhik
    Rupanya LCS hanya besi kosong je. Itupun besi buruk dr China....hikhikhik

    BalasHapus
  16. Dyard Dagang. (Netizen malon) cakap macam nih.... Masih ingat akhir tahun lepas Bousted keluar statement pasal brg dari US ni jd penyebab LCS xleh bwk utk LIMA19. Semua tu alasan memperbodohkan kerajaan je. Kalau basic construction mcm wiring dan piping pun sampai sekarang x masuk lagi,dia nak cerita pasal brg engine integration bagai?? Cukup2 la bousted duk menipu kerajaan dan rakyat malon....hikhikhik

    BalasHapus
  17. Gempurwaria bicara kualiti besi, LMS beli dari China fibuat dr besi buryk. LmS ompong tak diberi senjata oleh China. LMS dan LCS cuma besi kosong quality buruk je......hikhikhik

    BalasHapus
  18. Giman Man Zul Mia sahabat bercakap bertapa hebatnya semua kapal jenis OPV pekan yang masih utuh beroperasi dilaut...tapi sistem redio hancur..belum lagi dengan sistem persenjataan macam koboi..zaman 60an. HAHAHA

    BalasHapus
  19. LMS OMPONG MALON gunakan plat besi murah cina,fact kerana LMS malon di buat di kilang cina 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ada data jenis baja dan grade yg di gunakan kapal LeMaS karena sengaja di sembunyikan tuk menutupi kwalitas kapal Made in China tuπŸ˜€

      Hapus
    2. Pastilah baja LMS ini low quality bro,murah meriah cem HP murah merek cina yg dipasaran sekali beli beberapa bulan langsung rosak bro 😁😁

      Hapus
  20. https://www.sinarharian.com.my/article/41138/BERITA/Tragedi/Helikopter-Nuri-mendarat-cemas-di-Kem-Gubir-Kedah

    LINK BUAT LU NIH LON

    BalasHapus
  21. Tak henti hentinya artikel tentang shoping2 dan bina tempatan dari indonesia

    Malon idiot sudah bina apa?? Shoping apa?? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  22. Kapal OPV coast guard Malon KM PEKAN sistem radionya hancur dan punya persenjataan zaman koboi tahun 60-an πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasal ini belum ada statement dari gempurwaria. Wkwkwkwk...

      Hapus
    2. Belom lagi yang kena jaring pasukan nguyen πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ tertawaan dunia

      Hapus
    3. Mbut Reng @ kalo baca berita nih gempur gila pura2 dungu dan bego bro 😁😁

      Hapus
    4. Unknown@ KM Pekan ini kan yg kemarin rosak kena jaring Nguyen bro πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  23. LCS malon satu2nya di dunia selepas pelancaran dgn balon kuning masuk limbungan lagi guna di bongkar,dimana2 di dunia selepas pelancaran kapal tuh langsung sea trial beberapa bulan di laut baru di hantar ke owner,ini tak selepas pelancaran LCS KD MERAJALELA malon masuk limbungan lg guna di bongkar,lawaknye jer πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwkw.....KD Maharogolela takut kena jaring om pit

      Hapus
    2. Karena belum mampu beli propeller apalagi engine kapal LCS. Yg penting pamer dulu, propaganda ke rakyat nya biar di kata punya kilang kapal yg haibat dan bereputasi internasional. Faktanya krik krik.....

      Hapus
    3. Mat ...gempurwaria langsung termenong, setress..baru minggu lalu KCR60 KRI.Kerambit berOperasi...eeh sudah tambah 2 Kapal KCR lagi...HAHAHAHA POOR MALINGSIA

      Hapus
    4. Unknown & mbut Reng @ Patutlah LCS malon takut cecah air kerana takut kena jaring Nguyen dan tak de propeller dan ditunjukkan kepada rakyat supaya dianggap bousted tuh nampak ada kerja tapi sebenarnya tin kosong πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Meneer@ gempur gila itu sebenarnya iri lihat aset militer Indonesia bertambah terus sementara 1 biji LCSnya tak selesai2 dari tahun 2015 πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    6. Maharogol pakai besi buruk..plat besi murahan jadi takut sama air😁

      Hapus
    7. Betul bro...iri, malon aetakat ini hanya bisa ambil brosur dan rfi spesialis...

      Hapus
  24. PT.PAL KCR60 LENGHT 60m,SPEED 28 Knots,WITH MISSILE 4xC705 (120 Km) , CANNON 57mm, 2x20mm,500ton, endurance bisa 5-7 harilah, kapal Tanker/PANGKALAN TNI-AL BANYAK, HARGA USD.56 MILLIONS...(included weapons missile,sewaco,radar etc)

    LMS KD.SUNDAL 100% Made in China,Lenght 68m,700tons,speed 22Knots, CANNON 30mm + 12,7mm..????,endurance 14 days PRICE USD.66 millions...??? 100% NAJIB N ROSMAH RASUAH BERJAMAAH...kapal slow speed,senjata...HAHAHAHAHA BUAT KAPAL MACAM INI PON BAUSTEAD TAK MAMPU....

    BalasHapus
    Balasan
    1. LMS Malon fact lembab,ompong tiada misil dan sensor,habis tuh costnya mahal kerana Najib n Rosmah dapat Wang kopi2 πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Uhhh Serem..ada kapal Sundal Bolong 😁😁😁

      Hapus
  25. Gempurwaria manusia berotak raja babi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raja soto sop tersohor di forum militer Malon guna tipu- tipu dan girang diriπŸ˜€

      Hapus
    2. Gempur gila itu raja penipu yg penuh wet dream 😁😁

      Hapus
    3. Jangan terlalu menghina si gempoor bro, orang tua itu...😁😁

      Dia hanya cari makan sebatas wang kopi dr junjungannya UMnO...😁😁

      Hapus
  26. Gempul_oon ni baru kapal perang lengkap dan ngebut, kapal lemes malon loyo dan ompong' yg anehnya harga kapal lemes malon mencekik leher,,,malon tu emang tolol akut πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  27. LCS itu kamu tunggu ajahh.. Jgn jealous don.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ditunggu sampai cap_sendal2055 πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜›πŸ˜œ
      Malon_tolol

      Hapus
    2. Jealous dgn LCS lembab,ompong dan rosak selalu di limbungan,dari tahun 2015 sampe tahun 2019 tak finish2,sementara gowind Egypt dah 2 biji yg finish sementara gowind malon cuma tin kosong sampe sekarang 😁😁

      Hapus
    3. Tunggu ajah sampai cat terkelupas dan body rusty parah. Wkwkwkwk...

      Hapus
    4. Tunggu aja smapai Najib kembali kribo alias mustahil sentuh air πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Sedang punya Singapura sudah 8 yg operasional je. Tak malu dgn negara ex satu federasi dahulu kalaπŸ˜€

      Hapus
    6. Kita Jealous sama LCS congek takut air?? Otak lu dimana?? Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    7. Haahaaay...tunggu LCS...dari tahun 2015..1 bijik pun tak de yg sentuh air laut..lawak je.

      Dulu pun gitu AKAN...tunggu Kedah class akan ada missile.
      Dari tahun 2006 lon..sekarang sudah 2019..Kedah class ko pun still OMPONG 😁😁😁

      Hapus
    8. Jom kita tunggu sambil terus bina kapal kapal tempatan..😁😁

      Hapus
  28. Logika idiot orang malon beli kapal LMS dari Cina hutang nya dari Cina untuk lawan penceroboh Cina πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nelayan cina pun tak takut dengan LMS malon sudah sedia jamming remote dan jaring pukat wkwkwkwkwkwkwwkkw πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...Malon memang lawak beli LMSpun ke cina musuh malon sendiri 😁😁

      Hapus
    2. Yup makanya negerinya bergelar darul kelakar...😁😁😁

      Hapus
  29. Kalau kapal dari kilang Cina pastilah besinya pun besi Cina
    Sistem dagang cina jual semahal mahalnya dengan kwalitas seadanya apalagi dengan cara hutang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tiada penting bro hakekatnya ttg body LeMaS. yg penting besar nya uwang komisi dan Wang kopi tuk kroni dan orang atas. Xixixixi

      Hapus
    2. Biar gunakan plat besi murah cina yg penting dapat Wang kopi2 bro 😁😁

      Hapus
    3. SPRM malon tak ada telor bro, dapet jatah 2 singgit 2 singgit pun diam wkwkwkwkwkkwwk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Lembik ga seperti KPK nan sadis...

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Kita disuruh nunggu LCS besi kosong malon katanya....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelamaan nunggu LCSnya pun nanti dah berkaratan di makan rayap bro

      Hapus
    2. Oke oceh aja tukar dengan sampah plastik kitaπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Rayap gak doyan LCS malon broo....besinya dr china, besi buruk......hikhikhik

      Hapus
    4. Konon plat besi yg di pakai LMS oleh kilang china tak kuat tahan air laut...😁😁

      Hapus
  32. Di rantau ASEAN nih hanya malon satu2nya tak de frigate terbaharu yg lebih modern,tengok Singapore dah de frigate formidabel class,pilipina dah de frigate Jose Rizal class,Myanmar dah de kyan sittha class,Indonesia dgn Martadinata class,
    Thailand dgn Bhumibol class,
    Vietnam dgn gepard class sementara malon cuma ada merajalela class yg tak selesai2 dari tahun 2015 sampai sekarang tak cecah air,malu dong lon,ko sembang mendunia tapi nak selesaikan 1 ekor kapal je pun tak selesai2 dari tahun 2015 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pon gempur klaim Grade A konon dan tak terima Cabaran mat sabu ATM paling teruk sekawasan...😁😁

      Hapus
    2. Gempur gila penipu pula nak dipercaya 30 juta rakyat malon wkwkwk...gempur gila tuh raja penipu dan penuh delusi/wet dream bro 😁😁

      Hapus
    3. Malon seluruh aset cuma 2 bijik kapal je yg ada missile...ishh..isshh..teruknya itupun missile umur 27 tahun😁😁

      Hapus
    4. Betulah ucap mat sabu malon terlemah ASEAN dengan fakta2 aset militer dan ucapan menhan malon πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Si gempoor itu sebenarnya ada bakat sebagai seniman abstrak... Tp sayang dia lebih suka jadi tukang sebar Hoax dan propaganda UMNO...😁😁😁

      Wang kopinnya cukup untuk makan hari hari (fikir gempoor)

      Hidup UMNO kata gempoor...😁😁😁

      Hapus
    6. Tupez @ jom kita kumpul coin guna belikan malon kapal baru bro 😁😁

      Unknown @ mat sabu itu orang jujur bro tapi forumer malon tuh tak suka sama dia sehingga saat mat sabu dedahkan pertahanan malon paling rendah di ASEAN banyak rakyat malon tak terima hakikat itu bro πŸ˜†πŸ˜†

      Gempur itu ahli Photoshop yg kerjanya tipu2 rakyat Malon selalu dgn wet dreamnya bro πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    7. Jangan kumpul koin om pit..
      Kita kasih 🍌🍌🍌 je..
      Betooll...betoll...

      Hapus
    8. Salah satu orang malon yg paling kita percaya Mat Sabu
      Hidup abang mat..

      Hapus
    9. Pisang πŸ‘πŸ‘πŸ‘ saya suka itu kata beruk malon bro 😁😁

      Hapus
  33. Cuma 2 ekor je kapal perang malon yg bisa lancarkan misil,itupun misilnya Exocet block II lapok dah berumur 27 tahun πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas Viet dan Singapoor bahakan KKP yg notabene kapal sipil berani ayam ayam kan TLDM di sepadan Jiran...😁😁

      Hapus
    2. Yoi bro,walaupun sering di ayam2kan dan di buli nelayan cina,viet dan KKP INDONESIA tapi malon nih tetap je sembang mendunia dan sok jaguh bro 😁😁

      Hapus
  34. Kedah class dari mula dilancarkan sampe sekarang tak de misil dan sensor 😁😁...malunye jer 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantas saja CCG sudah sampai sepandan pantai sejauh 5 kilo dr pantai tapi tak de kapal TLDM yg berani usir, walau warga pantai sudah pada teriak tolong tolong...😁😁😁

      Hapus
    2. TLDM tak berani usir CCG kerana TLDM tuh tak de telor takut sama kapal gergasi ( raksasa) CCG bro 😁😁

      Hapus
    3. Dari tahun 2006 om pit
      Sampai sekarang 2019
      Tak de missile & sensor
      Kedah class..apa dijadikan kapal nelayan je 😁

      Hapus
  35. CCG kepada Nelayan Cina "tak perlu risau bila masuk perairan Malaysia, mereka sudah tergadai hutang pada cina, ambilah ikan sebanyak banyaknya" πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... fact,Malon diayam2kan dan diberakin sama CCG & Nelayan cina 😁😁

      Hapus
  36. CCG kemarin salam pada APMM TLDM di cariin pada ngumpet, padahal cuma mau kasih wang kopi terimakasih atas pura pura buta dan tuli nya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... terima je lah lon Wang kopi2 dari CCG tuh,jgn risau dan takutlah, keamanan mu terjamin kok lon πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwkkwkk....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  37. Muhamad Affizi. (Netizen malon) cakap macam nih....Msa dockyard dlu ok tukar boustead jahanam terus..duit bnyak msuk kocek sndri.....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk kocek Najib & the gank 😁😁

      Hapus
  38. Gempur gila jadi stress dan iri tak bisa menerima kenyataan 2 KCR dibangun lagi padahal belum ada seminggu KCR KERAMBIT sudah dilancarkan,belum lg 2 PKR yg dah sign akan lakukan keel laying dan steel cutting...dengar berita cem nih gempur gila makin stress dan iri hati tak bisa menerima kenyataan sehingga hantar berita basi kapal pesanan bakamla gunakan bahan murah cina dan tenggelam πŸ˜†πŸ˜†...Pur,Pur belum lagi nanti ko lihat Iver Indonesia sign kontrak dan keel laying dan steel cutting kurasa pun ko nantinya betul2 jadi gila kerana sangkin irinya 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul om pit, gempurgila udah mulai ketawa ketawa sendiri, gila kronis wkwkwkkwkw

      Hapus
  39. WOI TAHNIA PT PAL,, BUKAN MCM SYARIKAT MALAYDOG BODOH BUAT KAPAL, MELAYU LAHIR DARI CIBAI BABI ITULAH MELAYU SUKA ROGOL ANAKNYA,,, LEPAS ROGOL PERGI ISAP DADAH KALAU TAK ADA UANG PERGI MENCURI,, HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA MELAYU BABI BANGSA PEROGOL HAHAHAHA HAHAHAHA

    BalasHapus
  40. DUBUR WARIA ngak usah dikomentarin, dia itu ngak ngerti apa apa, ngertinya hanya iri dan dengki lihat kemajuan Indonesia, Malonte memang begitu dia orang ngak ngerti Spesifikasi teknis dari topik.....malonte otak kosong hanya bisa mencela πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜‚

    BalasHapus
  41. Wow berita baru heli nuri jatuh lagi

    BalasHapus
  42. INDON SEMBANG...wkwkwkwkwkwkw

    ni bot KFC 60 yang versi terdahulu ketahanan dilaut selama 8 hari manakala yang terbaru ni hanya 5 hari maksudnya operasi bot Ayam KFC ini lebih singkat dari sebelumnya...

    apa boleh dibuat dalam 5 hari operasi...??? wkwkwkwkwkwkwkwkwkw bot kena kembali ke pangkalan untuk berapa hari sebelum sambung lagi 5 hari yang seterusnya... masa tu pihak lawan boleh ambil kelebihan ini untuk melaksanakan serangan balas.... kerana itu kebanyakan kapal tidak memilih jangkamasa singkat dilaut....

    BalasHapus
  43. wewww masi rame aja, tadi gempa lgs kabur guwe haha!🀩🀩🀩

    om super gimana tuch, yg dket sumber goyang geal geoll haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  44. jika dilihat jangkamasa operasi dilaut semakin singkat dari 8 kepada 5 hari ini menunjukkan berkemungkinan kualiti pembinaan kapal boleh diragui adakah mungkin menggunakan plat besi kapal yang berkualiti rendah yang tidak mampu bertahan lama di lautan... kerana itu ia perlu segera pulang kepangkalan untuk melaksanakan pemeriksaan body kapal...

    kerana terbukti seperti kes kapal BEKAMLAH kapal walaupun dalam posisi berlabuh masih terjadinya bencana karamnya kapal itu...dan dari maklumat pekerja pembina kapal itu sendiri mengakui kapal itu menggunakan PLAT BESI kualiti rendah...

    BalasHapus
  45. SALAM 5 HARI SAJA....wkwkwkwkwkwkwkw

    Kapal nelayan pun 2 minggu dilaut tangkap ikan... ini hanya 5 hari saja...wkwkwkwkwkwkwk Takut Ombak la tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Giman Man Zul Mia sahabat bercakap bertapa hebatnya semua kapal jenis OPV pekan yang masih utuh beroperasi dilaut...tapi sistem redio hancur..belum lagi dengan sistem persenjataan macam koboi..zaman 60an.

      Hapus
    2. Raja hoax tuwir dan homo sex nich sampai belain bikin gambar photoshop segala��. Ini barang buktinya: Ujang Karejo Aku igt lg mase tu blog Shah Paskal jd tumpuan....xsilap korang dgn Gempurwira tu....photoshop gila bab....xblh terima akal.....kat forum lain ader yg ckp kalo amik OHP ni nk maintain susah....sbb kapal lama....baek teruskn dgn projek SGPV tu....

      Mohd Azim Aduh teringat masa tu blog mmp photoshop baik punya. Masa tu memang layan. Blog shah paskal pun masa tu tengah aktif

      Hapus
    3. bro kapal KM PEKAN tu hanya satu je...apa hal pulak kamu katakan semua jenis...wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. KM Pekan baru tapi alatan lapok dan rosak semua 😁😁

      Hapus
  46. ini bermakna ketahanan operasi dilaut kapal nelayan lebih bagus berbanding bot Ayam KFC yang hanya 5 hari saja....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika pake mode kecepatan maximal memang segitu kalo mode jelajah ekonomis akan lebih panjang waktu operaionalnya. Gitu su !!!

      Hapus
  47. ada kapal tanker bisa isi bekal pulak, santai...situ gak punyak yak kesian haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  48. KASIHAAAANNNN gred a gak punyak tanker baru cem KRI 905 Tarakan super moderen haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    TNI AL Terima Kapal Bantu Cair Minyak Km Tarakan 905
    https://www.youtube.com/watch?v=xDjTXLtfgaw

    BalasHapus
  49. KASIHAAAANNNN gred a gak punyak tanker baru cem KRI 905 Tarakan super moderen haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    NET. JATIM - KRI TARAKAN 905 KAPAL PENGISI BBM KAPAL PERANG
    https://www.youtube.com/watch?v=ltBLB9x15XY

    BalasHapus
  50. Kata canggih dan hebat...rupanya 5 hari saja mampu bertahan...wkwkwkwkwkw

    LMS boleh operasi 15 hari dilaut 3 kali ganda dari bot ayam KFC....wkwkwkwkwkwk

    kerana itu saya katakapal nelayan lagi lama dilaut berbanding bot KFC...

    BalasHapus
  51. Bot KFC 60 (versi awal)_ketahanan dilaut hanya 8 HARI
    Bot KFC 60 (Versi Terbaru) ketahanan dilaut hanya 5 HARI
    Bot KFC 40 Ketahanan dilaut hanya 6 hari

    Kapal LMS ketahanan dilaut 15 HARI.

    boleh banding ketahanan hari operasi kapal ini dilaut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCR kelajuan super fast boleh tempuh ribuan kilometer dalam 1 hari berbanding LMS ompong lembab cem kura2 😁😁

      Hapus
  52. eeiittt KAPAL BCM(Kapal BANTU CAIR MINYAK) bisa bikin enduran super longgggg, KCR lebih tahan lama di ZEE uhuyyy haha!🀣🀣🀣

    KAPAL BCM terbaruw KRI Bontang 906 haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

    Keel Laying Ceremony Kapal Bantu Cair Minyak Milik TNI AL di PT. Batamec Shipyard
    https://www.youtube.com/watch?v=_8e9ViGlmss

    BalasHapus
  53. agak luar biasa sepatutnya ketahanan operasi dilaut semakin ditambah baik iaitu semakin lama yang sepatutnya 8 hari menjadi mungkin 12 hari atau 15 hari... tapi yang pelik ia semakin menurun mendadak dari 8 hari menjadi sangat singkat 5 hari sahaja...

    bot KFC 40 pun jumlah hari operasi dilaut selama 6 hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCR super fast boleh tempuh ribuan kilometer dalam 1 hari berbanding LMS ompong Malon lembab cem kura2 😁😁

      Hapus


  54. KAPAL BCM terbaruw KRI Bontang 907 haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“
    KRI BONTANG PANJANG 125,5 METER DAN TINGGI 30 METER

    besarrrr, panjang, gred a mana punyaaakk haha!🀣🀣🀣

    https://www.youtube.com/watch?v=ky05Gwbq4YM


    BalasHapus
  55. kapal KCR canggih uda pake BOFORs MK3 57mm, kita cuman pake dikapal kecil 60meter,
    gred a malah pake dikapal halimunan haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  56. makanya pakai tehnik kapal tanker buat perbekalan ulang tambah minyak..bisa lebih loooooooooonnnnggggg bila diperlukannn GRED A gak punya kapal perang BCM besar haha!🀣🀣🀣

    BalasHapus
  57. SALAM 5 HARI SAJA....wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  58. tuh dengeriiinn replenis at sea, gak perluw pulang ke pangkalan..bisa lebih lama 20 hariii wakkss kalah jau si LeMeS! haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    kapal yg biasa pulang 10 hari, gak perlu..

    demikian kata admiral bintang 4

    KRI BONTANG PANJANG 125,5 METER DAN TINGGI 30 METER

    https://www.youtube.com/watch?v=ky05Gwbq4YM

    BalasHapus
  59. salam gak punya tanker...bisa 30 hari nonstop belayar haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    sambil nyusuuiinn..
    klo si LeMeS minta pulang teruuuss kesiaann

    KRI BONTANG PANJANG 125,5 METER DAN TINGGI 30 METER
    https://www.youtube.com/watch?v=ky05Gwbq4YM

    BalasHapus
  60. INDON tak faham letak apapun senjata kalau sekadar 5 hari operasi kapal tu tak menggerunkan pun kerana kita dah boleh jangka berapa lama dia dilaut...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kecepatan super fast ribuan kilometer dapat di capai lon berbanding LMS ompong ko lembab cem kura2 😁😁

      Hapus
    2. Dari pada LSM Sundal.14 hari.tapi Low speed..weaponnya alakadarnya..30mm..wakakakakak.
      Harga nya mahal...malon kena tipu sama China...WAKAKAKA

      Hapus
  61. kesian yg tak punya kapal perang tanker BCM
    gak bisa RAS(replenis at sea)

    pulang ke pangkalan tehnik kuno haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    KRI BONTANG PANJANG 125,5 METER DAN TINGGI 30 METER

    https://www.youtube.com/watch?v=ky05Gwbq4YM

    BalasHapus
  62. laut Malaysia tak besar mana kapal Tanker bukan satu keutamaan ye...wkwkwkwkwkwk

    kapal tanker INDON berapa lama pula ketahanan operasi dilaut...4 atau 5 hari saja...?? wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aq tau pun makanya Malon butuhkan kapal tongkang cem LMS ompong tuh 😁😁

      Hapus
  63. kami punya 8 tanker raksasa, siap pasok minyak & perbekalan di ZEE hore haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    kesian si LeMeS cengen baru 15 hari minta pulang haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  64. Cannon KRI.Kerambit dst...pake Russian Burevesnik A220M 57mm..bukan Bofors.
    Tetap lebih powerful di banding LSM Negera sembang malon cuman 30mm..
    wakakakak

    BalasHapus
  65. cover le tu... dia ingat kapal ni balik kepangkalan hanya pasal nak isi minyak...

    balik kepangkalan kena selenggera kapal, tambah minyak dan bekalan makanan... faham ke tidak ni...wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. LMS ompong malon lembab cem kura2 😁😁

      Hapus
  66. nonton gred a, cara isi minyak dilautan, bisa 20-30 hari nonstop hore haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BEGINI KAPAL MENGISI BAHAN BAKAR DI TENGAH LAUT VIA KRI TARAKAN 905
    https://www.youtube.com/watch?v=EHkIYQWSFzE

    BalasHapus
  67. ok la tu sesuai dengan fungsinya Littoral mission ship...30mm sudah memadai..namun ia boleh operasi selama 15 hari tau lebih lama dari bot ayam KFC yang hanya 5 hari saja...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCR punya kelajuan super fast boleh tempuh ribuan kilometer dalam 1 hari berbanding LMS ompong Malon lembab cem kura2 😁😁

      Hapus
    2. ya tempuh ribuan kilometer... jadi kamu rasa kalau dah jauh betul sempat ke dia nak balik untuk kejar hanya 5 hari dilaut... takut ada bot yang hanyut kerana rosak ditengah laut...wkwkwkwkwk

      Kena faham ia hanya 5 hari saja tak boleh jalan jauh jauh sangat....

      Hapus
    3. 15 Hari KD.SUNDAL mau mancing kah...GEDE BOHONG...Kapal PC.40 KRI.ALBAKORA GUNAKAN 30mm + 2x12,7mm.

      missile pum bia di pasang, malon.punya kapal rasuah KD.Rosmah..wakakakaka

      Hapus
    4. Tak butuh 5 hari lon, dalam 1 hari pun semenanjung-sabah bisa pulang pergi lon berbanding LMS malon tempuh semenanjung-sabah butuhkan masa 6 hari kerana lembabnya πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  68. KRI tarakan 905 bisa buat RAS, bisa jadi kapal markas hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ada landing heli, tak cem LeMeS, cengeng 15 hari minta pulang haha!😭😭😭


    NET. JATIM - KRI TARAKAN 905 KAPAL PENGISI BBM KAPAL PERANG
    https://www.youtube.com/watch?v=ltBLB9x15XY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah tuh LMS Malon lembab(lambat) cem kura2 ompal 😁😁

      Hapus
  69. hahahahaha....kalau kapal tank tu boleh operasi 20-30 hari kapal yang lain tetap mengikut tahap keupayaan operasinya dilaut...

    Seperti yang saya kata bot KFC hanya mampu operasi 5 hari kerana ia kena balik kepangkalan untuk pemeriksaan/servis, minyak dan makanan... kapal tank bukan kapal yang dibina untuk servis kapal bro.... mahu tidak mahu bot yang masanya singkat tetap kena balik ke pangkalan darat untuk pemeriksaan dan tambahan bekalan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCR punya kelajuan super fast boleh tempuh ribuan kilometer dalam 1 hari berbanding LMS ompong Malon lembab cem kura2 😁😁...yg dibutuhkan sekarang tuh kapal super fast dan ada Taji lon bukan cem LMS malon dah ompong lembab lg 😁😁

      Hapus
  70. kesian gred a/KL gak punya kapal perang RAS baru,

    akibat kena baje kat 15-5: dongred kah? sila jawab sendiri haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    kita donk punya 8 kapal perang BCM besar2, senjata berat

    ada helipad, bisa kirim barang kemana2 haha!
    5500 BBM bisa isi kapal perang ditengah LAUT!
    biar tambah lama KCR, Korvet, Frigat...mantap lah suplai perbekalan bisa haha😊😊😊

    ada 2 pucuk 20mm
    ada 4 SMB
    bole diadu bodi ama si LeMeS klo berani haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    NET. JATIM - KRI TARAKAN 905 KAPAL PENGISI BBM KAPAL PERANG
    https://www.youtube.com/watch?v=ltBLB9x15XY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian LMS ompong ompal punya hakikat lembab dan digunakan untuk search rescue dan hidrografi 😁😁

      Hapus
  71. Gempa bumi kuat telah berlaku di Barat Daya Sumatera, Indonesia pada jam 8:03 malam, 2 Ogos 2019

    Koordinat : 7.6° Selatan dan 104.4° Timur
    Magnitud : 6.8 skala Richter
    Jarak : 263km Barat Daya dari Cilegon,Indonesia
    Kedalaman : 103 km

    Tiada ancaman tsunami kepada Malaysia.MMD.

    BalasHapus
  72. KCR gak perluw balik ke pangkalan berkat kapal tanker raksasa hore, bisa kirim perbekalan lewat heli ke korvet KCR ampe ke LPD haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    kesian gred a gak punya LPD jugak haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BEGINI KAPAL MENGISI BAHAN BAKAR DI TENGAH LAUT VIA KRI TARAKAN
    https://www.youtube.com/watch?v=EHkIYQWSFzE

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa ajar kamu kapal tanker boleh selenggara kapal dilaut....??? wkwkwkwkwkwkw isi minyak dilaut itu betul selenggara/servis kapal tidak...wkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    2. Malon ada tak kepakaran service kapal tak lon 😁😁

      Hapus
  73. SALAM dari 8 hari turun ke 5 hari saja...wkwkwkwkwkw ketahanan DOWN GRADE....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam LMS OMPONG LEMBAB cem kura bila tempuh semenanjung-sabah butuhkan masa 6 hari 😁😁

      Hapus
  74. wahhh limbungan gred a gagal loncing haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    blom apa2 uda kebalik, bleb .. bleee..bbleepp, kesian yak hahaa!🀧🀧🀧


    Malaysian Shipyard 387 launching failed
    https://www.youtube.com/watch?v=lKe8yUSt_Wo

    BalasHapus
    Balasan
    1. KD apa yg kebalik tuh ompal 😁😁

      Hapus
    2. kapal gred a pokonya om pit haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  75. TNI AL donk punya LPD terbanyak dikawasan

    bisa kirim BBM bisa isi perbekalan, bisa angkut tank banyak dech bisanya haha!πŸ˜‰πŸ˜‰

    satu, ukuran raksasa...LeMeS tenggelem sekali tabrak,, yach maklumlah kapal & besi buatan hongkong 100% haha!😁😁😁

    LPD kitaaaaa.....
    https://www.youtube.com/watch?v=YunasHcqIMY

    BalasHapus
    Balasan
    1. LMS platnya terbuat dari besi murah cina ompal 😁😁

      Hapus
  76. LMS ompong malon gunakan plat besi murah buatan cina 😁😁😁

    BalasHapus
  77. bot nelayan pun boleh tahan hingga 2 minggu dilaut....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  78. wahhh limbungan gred a gagal loncing haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    blom apa2 uda kebalik, bleb .. bleee..bbleepp, kesian yak hahaa!🀧🀧🀧

    epriting ander kontrol katenye glindiiing teruusszzz...haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Malaysian Shipyard 387 launching failed
    https://www.youtube.com/watch?v=lKe8yUSt_Wo

    BalasHapus