20 Juni 2022

Pesawat Pertama CN-235 MSA ”Peninjau Maritim” TUDM Sudah Kembali

20 Juni 2022

M44-05 yang telah dilakukan upgrade (photo : GBP)

DSA -- Pada ketika ini, terdapat laporan mengatakan pesawat CN-235 pertama yang  diubahsuai pada varian Maritime Surveillance Aircraft (MSA) “Peninjau Maritim” milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) telah pun selamat mendarat di Pangkalan Udara Kuching.

Pesawat pertama CN-235 MSA pertama TUDM itu dikatakan selamat mendarat di Kuching pada jam 6 petang semalam, selepas hampir dua tahun menghabiskan masa di kemudahan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Bandung menjalani kerja-kerja ubahsuai itu.

Pihak TUDM menghantar tiga buah pesawat CN-235 ke kemudahan milik PTDI di Bandung itu untuk kerja-kerja ubahsuai kepada varian MSA,

Bagaimanapun, tarikh penyerahan dua lagi buah pesawat CN-235 yang dipercayai masih berada di Bandung itu masih belum diketahui setakat ini,walaupun laporan sebelum ini mengatakan ia akan diserahkan pada TUDM pada April dan Mei.

Keseluruhannya, TUDM memiliki tujuh buah pesawat CN-235 dalam varian pengangkut.

Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat.

M44-05 yang telah dilakukan upgrade (photo : Fahmun)

Laporan mengenai “kehadiran” sebuah pesawat CN-235 TUDM yang telah siap diubahsuai kepada varian MSA itu adalah selari dengan laporan Defence Security Asia April lepas yang mengatakan bahawa PTDI telah selesai menjalankan kerja-kerja pengubahsuaian (conversion)  satu daripada tiga pesawat pengangkut CN-235 milik TUDM kepada varian MSA.

Laporan pada April itu juga mengatakan bahawa PTDI telah menyerahkan Supplemental Type Certificate (STC) yang diperlukan untuk kerja-kerja pengubahsuaian pesawat pengangkut CN-235 kepada varian MSA kepada TUDM pada pameran DSA 2022.

STA adalah sijil yang dikeluarkan apabila pemohon telah menerima kelulusan daripada Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengubahsuai produk aeronautic daripada rekabentuk asalnya.

Kerjasama di antara Indonesia Defence Airworthiness Authority (IDAA), sebuah agensi di bawah Kementerian Pertahanan negara itu dengan pihak Directorate General Technical Airworthiness (DGTA) Kementerian Pertahanan Malaysia telah membantu dalam memperolehi STC untuk pesawat CN-235 TUDM itu.

PTDI bekerjasama dengan Integrated Surveillance and Defense, Inc (ISD) yang berpengkalan di Wilsonville, Oregon, Amerika Syarikat dalam membekalkan dan mengintegrasikan Mission Management Systems (MMS) untuk ketiga-tiga unit pesawat CN235-220 yang dimiliki oleh TUDM itu.

M44-05 upgrade ketika dilakukan ujicoba (photo : Abdiel IR)

Peralatan Mission Management Systems dipasang pada ketiga-tiga pesawat CN235-220 TUDM termasuk FLIR (Forward Looking Infra Red).

Belly Radome dimana Radar Dome dipasang di bawah pesawat atau “perut pesawat”  dilengkapi dengan Search Radar 360 Darjah yang berkemampuan untuk mengesan sasaran-sasaran kecil that sehingga 200 Batu Nautika (Nautical Mile).

Selain itu, ia juga akan dilengkapi dengan Automatic Identification System (AIS), automatic tracking system untuk mengenalpasti kapal-kapal , bagi membolehkan ia mengenalpasti kedudukan objek-objek yang mencurigakan.

Pelaksanaan program naik taraf pesawat CN-235 itu akan membolehkan ia berkemampuan untuk melaksanakan tugasan Intelligence, Surveillance And Reconaissance (ISR).

Dengan tiga buah pesawat CN-235 versi MSA itu, ia sekurang-kurangnya dapat menampung tugas-tugas yang sepatutnya dilakukan oleh Maritime Patrol Aircraft (MPA) yang dirancang diperolehi oleh TUDM.

TUDM merancang untuk memperolehi sehingga enam buah Pesawat Peronda Maritim (MPA), selaras dengan program CAP 55 (Capability 2055). 

(DSA)

117 komentar:

  1. Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat.


    Dicatat ya, ini masih MSA hibah dari amerika syarikat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betol, pesawat ni sedekah duit america, indon pon dapat duit hutang lender, lepas tu bayar guna peras kebajikan rakyat macam borobudur 750.000,minyak goreng, BPJS, macam macam

      Hapus
    2. Peninjau Maritim
      Bukan
      Peronda Maritim

      Hapus
    3. nyooiihh dikopi om fakta:
      MSA: menunggu sedekah amerika haha!🤠🤠🤠

      Hapus
  2. MSA ini lebih heIbat dari pada MPA, konon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak bila mpa lagi haibat banding msa? Cuma sama survey jer kesian indon

      Hapus
    2. Kesian kadun dukung Gempurwaria cuma di kasih fofo dan video pap gempur waria.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Peninjau Maritim (msa)
      Bukan
      Peronda Maritim (mpa)

      Hapus
    4. tentuw heibattt...gretong tralala trilili haha!🤑🤑🤑

      Hapus
  3. Balasan
    1. Lah kan yang bayar america? Bayar hutang tu peras rakyat, lepas tu duit habis kena gondolin partai kah kah

      Hapus
    2. bner donk bayaarrr...
      amrik kan bayar MSA doank,
      bensin balik kan belum om daruw haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  4. Habis up grade CN 235, sangat perlu meng up grade otak pur(wanti)

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah om, uda eror permanen makloum hasil didikan top 5 universitih haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. PT DI : upgrade 3 pesawat cuma 2 tahun je
    AIROD : upgrade 1 pesawat lembab cem siput semase 3 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoooiihhh..1 STC diserahkan bulan maret 2022 yg artinya

      1 pesawat 16 bulan sahaje, ituw pun kerna nunggu DSA haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  7. Electronic msa ni sememangnya haibat indon tak dapat bina, tapi Terima kaseh dah nak ikut pasang srew painting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaahhh... sok kalau mampu kenapa tidak dipasang sendiri di Airod??? kenapa pula mesti bawa ke PT.DI???
      Pasang peralatan baru tambahan memang macam pasang sofa??? tinggal set screw??? tidak begitu Ferguso... ini menyangkut titik berat, beban, posisi, power supply, fungsi dan banyak sekali hal yang berhubungan dengan kondisi penerbangan...
      Jangan samakan dengan Gempita yang memang hanya pasang puzle dan painting last tampal stiker...
      Ini barang terbang Ferguso...

      Hapus
    2. lagian apgred pesawat lama doank jiran om daruw

      coba lenkali beli yg BARUW cem CN-235 MPA angkatan laut om daruw kopkit uda full glass digital...
      ntuw hasil umkm eh buatan lokal lho haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    3. Ko ni nganjing saja komem ko .kenapa.ke koni dah kena virus Rohinya....maklum Rohinya sekarang berkuasa di tempat ko. Jgn memalukan diri kat Orang Indonesia lh.

      Hapus
  8. Kfx pon akan tunjukkan kehaibatan indon pasang screw painting

    BalasHapus
    Balasan
    1. KFX/IFX jelas levelnya sudah terlalu tinggi untuk dipahami kadroen dan Malon... apalagi Malon belum level untuk bina pesawat terbang sederhana sekalipun...
      Jejak sejara sudah membuktikan, Indonesia mampu melakukan maintenance dan bahkan naik taraf secara mandiri... sedang Malon justru retired besar2an yang menunjukan ketidak mampuan...
      Semakin anda berkomentar semakin menunjukan dimana level Malon sebenarnya... belajar dulu dari bina pesawat sederhana dari kertas, baru kemudian bina pesawat bermesin untuk mainan, baru naik taraf bina real pesawat terbang... levelnya terlalu jauh

      Hapus
    2. makloum "anunya" gak nyampe om paidi, OS kuno haha!🥸🥸🥸

      Hapus
    3. Dari pada korang .proton saja dh seer dgn cina..kasian sungguh hidup ko..air mineral aja kena bayar rm3...tinggal. tunggu sajalah woi

      Hapus
  9. Wwooiii dah bayar belum??? Bayar kaya siput ngutang!!!!!! 🤣 🤣 🤣 🤣 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon hutang bayar guna peras rakyat kecik kah kah

      Hapus
    2. Negara termiskin dikawasan sepi shopping, ada berita hasil sedekah. Lol

      Hapus
  10. Miskin, upgrade ubah suainya sedekah MSI US ngoahahaha

    BalasHapus
  11. 3 pesawat CN-235 dinaiktarafkan PT DI tdk sampai 2 tahun,kl AIRCROD yg di sebelah itu 1 ekor C-130 herky je pun butuhkan masa 3 tahun untuk maintenance ngoahahaha....lembab & low quality guys wkwkwk

    BalasHapus
  12. Percayalah indon tak akan pernah dapat alutsista tercanggih saat ni, hanya jadul langka tertinggi yg pernah Negara maju dah tak pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada dalam bahasa malon alutsista ndor ngoahahaha

      Hapus
    2. Sebenarnya objective target kadroen ini apa sih??? aneh...

      Hapus
  13. Lah ... Anak babi bilang pesennya MPA .. ha ..ha . Ha ... Malon memang raha lawak

    BalasHapus
  14. Parah.... baru dihantar...itu pun baru sebuah....2 buah lagi tak pasti bila mau siap....wkwkwkwkwkwkkw

    SLOW macam SIPUT....wkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca,2 tahun untuk 3 pesawat ngoahahaha

      Hapus
    2. Yang lebih parah itu Pork... mengapa dari US malah mempercayakan proses id PT.DI??? kenapa tidak di AIROD??? ada apa??? tiada kepakaran??? atau tidak mampu???
      Atau mungkin US kawatir nanti macam LCS yang berakir tiada akir...

      Hapus
    3. Hahahhaaha dapat derma dari US pun sombong kali ni kadrun malay wkwkwkwkw.....

      Hapus
  15. padahal hanya upgrade biasa.... bukan full MRO bongkar semua hingga enjin....wkwkwkwkk

    Upgrade TERLAMA DIDUNIA....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih susah upgrade TOLOL kerana untuk pasang radar Dome pesawat ko dibongkar dan dilobangi tolol,kl maintain tuh cuma ganti oli,bersih2 engine tuh je pekerjaan nya ngoahahaha

      Hapus
    2. Termiskin dikawasan, beritanya hasil sedekah.lol

      Hapus
    3. Benar sekali bung Rempit... upgrade penambahan alatan itu jelas jauh lebih rumit, karena mesti menentukan posisi dimana rangka yang kuat untuk dipasang peralatan tambahan, menghitung ulang titik berat pesawat, menghitung ulang power supply yang diguna, memastikan peralatan berfungsi dalam mode penerbangan... itu rumit guysss...
      MRO = Turun mesin, pasang lagi seperti semula dan Finish... jika ditemukan masalah engine ya ganti baru selesai...

      Hapus
    4. Jangan banyak cakap lah kalo upgrade kapalpun minta derma dari uncle sam!!! Malu ni se ASEAN negara jiran tak da wang tapi bualnya macam kaya raya je.....wkwkwjwkwk bodoh sangat

      Hapus
  16. Berharap dapat MPA, apa daya budget dan otak ciput

    BalasHapus
  17. Otak dan dompet masih belum mampu gunakan MPA. Upgrade dulu otak dan budget baru pesen MPA

    BalasHapus
  18. 2 buah lagi tu mau tunggu berapa tahun lagi woiiii.....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimanapun, tarikh penyerahan dua lagi buah pesawat CN-235 yang dipercayai masih berada di Bandung itu masih belum diketahui setakat ini,walaupun laporan sebelum ini mengatakan ia akan diserahkan pada TUDM pada April dan Mei.

      Hapus
    2. Maklum, tiada shopping makanya rewelnya setengah modar...

      Hapus
    3. Bayar dulu lah macam mana bual je tp negara jiran ni tak sanggup bayar!! Minta derma uncle sam pun bual macam orang kaya......wkwkwkkwkw dungu sangat

      Hapus
  19. wkwkwkwkwk....hantar.... 1....1.....1.... hingga kiamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 pesawat ambil masa 3 tahun NGERI wkwkwk

      Hapus
    2. Kalau hantar 3 bersamaan bisa pingsan korang Pork... 1 sudah OK jelas 2 lainya tinggal mengunggu kelulusan sertifikat saja... sederhana Pork, kecuali kalau 1st bermasalah maka 2 lainya pasti akan bermasalah juga...
      Makanya itu Airod naik taraf lah Pork, bina pesawat apa kek, pesawat kertas dulu juga tidak apa...

      Hapus
    3. Hahahaha kau sekolah lah yg pintar jangan jadi keledai dungu bodoh!!! Nanti langsung dikirim drunn puurr kita pakaikan cctv tuk security rumah je biar cepat....radarpun hanya tuk lihat selir raja yang sedang mandi je....pakai inipun warga jiran malay tak akan tahu karna dungu dan bodoh yg mereka bisa hanya minum di kedai kopi atau berjudi......wkwkwkwkwk

      Hapus
  20. padahal hanya upgrade je....wkwkwkwkwkwk

    lain la kalau FULL MRO....wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upgrade lebih sulit lah pork. Kok dungu x kau

      Hapus
  21. pesawat saiz kecil dan hanya upgrade je pun mau 2 tahun.....??? wkwkwkwkwkwkw

    SLOW......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma bersih2 engine dan service indikator oli butuh masa 3 tahun ngoahahaha...lembab low quality ngoahahaha

      Hapus
    2. 2 tahun 3 pesawat ya Pork... 1st plane finish secara langsung maka ke 2 dan ke 3 sudah pasti juga finish...
      LCS itu mestinya juga sama Pork, kalau 1st ship finish maka berikutnya tinggal copy paste... kalau 1st saja sudah gagal, berikutnya sudah pasti menyusul... Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  22. Lebih susah pekerjaan upgrade berbanding MRO...kl MRO pekerjaannya cuma bersih2 engine,service indikator oli,tak de pekerjaannya yg susah kl upgrade pekerjaannya bongkar body pesawat,buat lubang di bawah perut pesawat guna taruh alatan MSA,dah tuh check lg,uji terbang stabilizer pesawat,pokoknya sukar lah

    BalasHapus
  23. wkwkwkwk... geng INDON mula reka reka cerita...lagi susah konon pasang radar....

    woiiii FULL MRO bongkar body pesawat hingga bongkar enjin....dan pesawat bersaiz lagi besar... lagi lama woiiii....wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo easy kenapa tak AIRCROD yg pasang radar CN-235 ko pork ngoahahaha

      Hapus
    2. Wkwkwkwk kau dapet ilmu dari mana pork. MRO lebih sudah dari upgrade. Upgrade equipment di tower BTS aja harus dihitung ulang kekuatannya. Lha ini pesawat. Rajin belajar pork. Dungu jangan diambil semua.

      Hapus
  24. Kalo easily pasang radar kenapa AIRCROD sendiri yg pasang radar CN-235 ko pork,katanya AIRCROD syarikat terkenal antar bangsa ngoahahaha

    BalasHapus
  25. alhamdulilah masuk lagi aset baru.... geng INDON makin kerasukan....wkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pekerjaan easily kenapa tak AIRCROD yang pasang alatan MSA CN-235 ko pork,tak dijawablah tuh wkwkwk

      Hapus
  26. Kasihaaan Sebelah ingin dapat MPA dapatnya msa , itupun dapat derma dari US , terus malah bina tender MPA tipu tipu sampai sekarang senyap WKWKWK WKWKWK WKWKWK WKWKWK

    BalasHapus
  27. AIRCROD sekarang sudah tak mampu upgrade pesawat, tak de kepakaran dan banyak rasuah , US pun pilih PT. DI wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  28. Malon lagi berpikir siapa lagi negara yang mau derma untuk Malon wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk wkwkwkwkwkwk wkwkwk

    BalasHapus
  29. Sekejap guys gempork kalah debat sebentar lagi elak ke topik lain wkwkwk

    BalasHapus
  30. GEMPURWIRA14 Juni 2022 15.34
    1 Pesawat Selesai Konversi PTDI Serahkan Supplemental Type Certificate Kepada TUDM


    Penyerahan Sertifikat ini dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan perawatan pesawat CN235-220 Military Transport TUDM, dimana dari total sebanyak 3 (tiga) unit pesawat CN235-220 Military Transport yang dikonversi menjadi Maritime Patrol Aircraft (MPA), PTDI telah menyelesaikan sebanyak satu unit dan kedua unit lainnya ditargetkan penyelesaian dan delivery-nya pada bulan April dan Mei 2022.


    Ha...ha...ha.... Gank lawak memang malon yg satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharap diberi MPA, apadaya otak dan dompet hanya mampu MSA

      Hapus
  31. GEMPURWIRA14 Juni 2022 15.34
    1 Pesawat Selesai Konversi PTDI Serahkan Supplemental Type Certificate Kepada TUDM


    Penyerahan Sertifikat ini dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan perawatan pesawat CN235-220 Military Transport TUDM, dimana dari total sebanyak 3 (tiga) unit pesawat CN235-220 Military Transport yang dikonversi menjadi Maritime Patrol Aircraft (MPA), PTDI telah menyelesaikan sebanyak satu unit dan kedua unit lainnya ditargetkan penyelesaian dan delivery-nya pada bulan April dan Mei 2022.


    Maaf PT DI salah kirim. Harusnya kirim yg MPA. Ha.. ha. Ha... #GemporkLawak

    BalasHapus
  32. Ini pesawat lama yang si KL dulu belinya tak sanggup bayar, minta BARTER dengan ribuan Proton Saga yang di RI dijadikan TAKSI..

    Dipakai TAKSI pun, umurnya tak lama, langsung masuk junkyard...

    KL memang low quality...

    Wakakakakakakk

    BalasHapus
  33. GEMPURWIRA14 Juni 2022 15.34
    1 Pesawat Selesai Konversi PTDI Serahkan Supplemental Type Certificate Kepada TUDM


    Penyerahan Sertifikat ini dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan perawatan pesawat CN235-220 Military Transport TUDM, dimana dari total sebanyak 3 (tiga) unit pesawat CN235-220 Military Transport yang dikonversi menjadi Maritime Patrol Aircraft (MPA), PTDI telah menyelesaikan sebanyak satu unit dan kedua unit lainnya ditargetkan penyelesaian dan delivery-nya pada bulan April dan Mei 2022.

    PT DI salah kirim 😁😁😁

    BalasHapus
  34. Masih ada 2 lagi..
    Artinya belum ada wang haha

    BalasHapus
  35. GEMPURWIRA 20 Juni 2022 08.05
    wkwkwkwk... geng INDON mula reka reka cerita...lagi susah konon pasang radar....

    woiiii FULL MRO bongkar body pesawat hingga bongkar enjin....dan pesawat bersaiz lagi besar... lagi lama woiiii....wkwkwkkwkwk

    ________________________________
    PURR VAGINA MAMAK KAU MUDAH.

    Kau pikir ini pasang Lego..... Pesawat ko perlu dicek... System perlu diuji bukan asal pasang.

    1.BODY/FUSLAGE AIRCRAFT ko tuh kuat tak bawa RADAR OM-400.... ingat pesawat ko tuh pesawat produksi lama PT.DI(IAe). Pesawat tuh pesawat angkut yg diubah menjadi MSA... Jadi banyak yg harus dicek.

    2.ENJIN TUH KUAT tak dorong PESAWAT dengan tambahan RADAR,FLIRT, COMMAND CONTROLnya, termasuk komponen lain. Klau tak kuat enjin tuh perlu diupgrade

    3.PESAWAT tuh cek dulu ada yg perlu diperbaiki tak.... Mengubah pesawat role ANGKUT menjadi MSA bukan mudah... Klau upgarde role sejenis untuk ditingkatkan systemnya mudah, tapi itupun perlu diuji.


    4.setelah dipasang RADAR, FLIR, COMMAND CONTROL, dll PERLU DIUJI dulu... Sesuai tak atau ada masalah.

    BalasHapus
  36. Foto kedua itu AX-2345/P-8304 milik TNI AL. Tapi jdi menarik lihat perbedaan dengan punya Malaysia. Salah satunya, lokasi jendela observer. Entah kenapa yg punya Malaysia dimajuin kedepan. Sampai harus potong airframe. Padahal kalau ikut model TNI AL, tinggal ganti pintu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin konsol suit-nya yang bikin beda..

      Hapus
    2. KL: idung pinokio haha!🤥🤥🤥
      TNI AL: wing tip gaesz...haha!👍👍👍

      Hapus
    3. Setahuku konsol lebih mungkin nutupin jendela daripada pintu. Kalaupun konsol punya Malaysia lebih sedikit atau lebih kecil, tetap lebih gampang modif pintu daripada potong airframe.

      Hapus
  37. GEMPURWIRA 20 Juni 2022 08.10
    alhamdulilah masuk lagi aset baru.... geng INDON makin kerasukan....wkwkkwkwkw

    ___________________________________
    Maaf purrr... Kami beli MPA asli ditempat dari 0 sampai jadi ROLE MPA bukan ANGKUT mejadi MPA. Plus 2 HELIKOPTER ASW terbaru

    1 CN-235-220 (MPA)
    2 AS-565 MBe (ASW)
    2 PATROLI 60 METER
    3 FAST MISSILE BOAT
    dll

    DENGKI PURT

    BalasHapus
  38. Kalau dipindah jadi MSA berarti jumlah CN-235 versi angkut berkurang, CN-235 versi maritim bertambah.

    Bisa dibilang jumlah CN-235 Jiran tidak bertambah, melainkan cuma ganti role sahaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi akan..tunggu sedekah dri US 😃

      Hapus
    2. Tinggal tunggu, mereka ada duit buat maintenance/gak..

      Tau ndiri, hobinya mangkrak'in..

      Wakakakakkkakka

      Hapus
    3. Biaya konvert => tanggung US
      Biaya harwat => ngeri guys

      Wakakakakakakak

      Hapus
    4. Kayaknya CN235 transport mereka bakal dihapus. Mungkin sisa satu buat VIP. Kalau lihat CAP 55, transport mereka hanya C-130 + A400M. Paling hanya buat nyeberang lewat Natuna saja.

      Hapus
  39. Pork,bila pekerjaan upgrade CN-235 ko jadi MSA mudah kenapa tak dihantar ke AIRCROD je pork,katanya AIRCROD syarikat terkenal antar bangsa,jawab pork ngoahahaha

    BalasHapus
  40. Pork... Diem2 bae....
    Ngomong napa ? HA...HA...HA...HA...HA..
    HA...HA...HA....
    Udah pork jgn sedih. Terim nasib negara miskin salah urus... Ha . Ha . Ha .

    BalasHapus
  41. Bajet dibawah $4 milyar harap tunggu diluar grup DS haha!⛔️⛔️⛔️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal


      Itu CN milik KL... Dipotong AIRFRAMEnya ya... Keliatan agak pendek terus jendela observasi maju kedepan

      Hapus
    2. aiframenya emang beda seri tp gak dipotong spertinya haha!🧐🧐🧐

      tni-al ama tni-au beda jgk, jidat nononk haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  42. akhirnya pesawat MSA bisa BALIK KUCINK gaesz haha!😺😺😺

    BalasHapus
  43. Muantab....pesawat Buatan INDONESIA dan CASA....

    Sebelah udah bisa buat pesawat...?

    Update saya lupa... Bina kapal aja Samapi sekarang sudah 12 tahun tak satu pun jadi...MASIH GHOIB... Wkwkwk

    BalasHapus
  44. Terima kasih PT.DI sudah upgrade pesawat Malon CN235 MSA
    Terima kasih MSI sudah kasih sedekah dana upgrade nya.
    😀😃😄

    BalasHapus
  45. Buat MALU je...... Wkwkkwkwkwkw

    Dibiayai Amerika.... Budget MALON Ciput ya... Wkwkwkwk

    Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat

    BalasHapus
  46. Aset MALAYSIA berdatangan guys...

    manakala sebelah anggaran pertahanannya MEROKET TURUN....akibat kuat NGUTANG LENDER...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aset INDONESIA berdatangan guys...

      manakala sebelah anggaran pertahanannya MEROKET TURUN....akibat kuat NGUTANG LENDER...wkwkwkwkkw


      LIST yg dah datang

      -1 UNIT CN-235 MPA (unit ke 6).
      -2 UNIT NC-212 ( order 6 unit).
      -2 UNIT BELL-505 BATCH 1.
      -4 UNIT KT-1B.
      -9 UNIT NBELL-412.
      -2 UNIT AS-565 PANTHER ASW.
      -27 UNIT ANOA 6x6 +RCWS.
      -10 UNIT KOMODO 4x4.
      -7 UNIT KOMODO FSV
      -2 UNIT PATROLI CEPAT 60 M.
      -2 UNIT SAMPARI CLASS 60M.
      -1 UNIT GOLOK KCR 60.
      -27 UNIT MOBILE SATELIT COMMUNICATIONS.
      -2 BATERAI NASAMS 2 MRAD.
      -200 UNIT AIM-120C7 AMRAAM.
      Dll

      Masih banyak lagi

      Hapus
    2. Itu aset lama pork bukan aset baharu ngoahahaha

      Hapus
    3. Aset MALAYSIA berdatangan guys...

      manakala sebelah anggaran pertahanannya MEROKET TURUN....akibat kuat NGUTANG LENDER...wkwkwkwkkw

      Sodom juga ngutang

      Hapus
  47. geng INDON makin tersakiti guys....wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. geng MALASiya makin tersakiti guys....wkwkwkkwkw

      LIST ASET yg dah datang

      -1 UNIT CN-235 MPA (unit ke 6).
      -2 UNIT NC-212 ( order 6 unit).
      -2 UNIT BELL-505 BATCH 1.
      -4 UNIT KT-1B.
      -9 UNIT NBELL-412.
      -2 UNIT AS-565 PANTHER ASW.
      -27 UNIT ANOA 6x6 +RCWS.
      -10 UNIT KOMODO 4x4.
      -7 UNIT KOMODO FSV
      -2 UNIT PATROLI CEPAT 60 M.
      -2 UNIT SAMPARI CLASS 60M.
      -1 UNIT GOLOK KCR 60.
      -27 UNIT MOBILE SATELIT COMMUNICATIONS.
      -2 BATERAI NASAMS 2 MRAD.
      -200 UNIT AIM-120C7 AMRAAM.
      Dll

      Masih banyak lagi

      Hapus
    2. Aset itu baharu pork,kl aset lama terus di upgrade itu namanya bukan aset baharu pork ngoahahaha

      Hapus
  48. -bajet tinggi pasti SHOPPING SOPING sperti tim elit beli baruw MPA

    -bajet low dibawah $4 ituw uda pasti
    MSA: merengek sedekah amerika haha!🤠🤠🤠

    BalasHapus
  49. Gempur dan Kasrun pada bego ya MRO dan upgrade perangkat baru itu beda jauh upgrade itu banyak perubahan nya kalau lama sedikit wajar itu juga lama nya nunggu negara USA bayar ke Malon dan Malon bayar ke PT Di

    Bego dan tolol + idiot jangan permanen dong

    Pinter tuh yang harus nya permanen
    Hahahaha....

    BalasHapus
  50. Orang malingsial ndak punya otak, berharap hibah tapi merasa paling kaya. Padahal otak yg dipikir lubang tai

    BalasHapus
  51. GEMPURWIRA20 Juni 2022 08.05
    wkwkwkwk... geng INDON mula reka reka cerita...lagi susah konon pasang radar..

    Hahaha gempur yg reka cerita. Konon gampang konversi ke MSA

    Gempur bilang lama untuk upgrade MSA ini. Lama dari mana?
    Pertama liat dulu mulainya bulan apa? Jangan dihitung dari kedatangan pesawat, tapi dari kedatangan perangkat MSA ini beserta teknisi dari ISD. ISD bertanggung jawab untuk integrasi system, sedangkan PT Di untuk integrasi dg pesawat. Klo tdk salah karena covid teknisi nya baru bisa datang pada bulan maret 2021

    Pada awalnya PT DI menawarkan upgrade dg perangkat dari thales yg sdh jadi standar MSA/MPA cn235. Namun karena pake duit sumbangan MSI maka wajib pake perangkat dari ISD. Jadi karena baru pertama kali digunakan perlu wakru tambahan untuk ujicoba integrasi sistem dg kinerja pesawat sampai dapat sertifikat

    Faktor non teknis juga berpengaruh. Coba check kontraknya, bagaimana tanggungjawab para pihak, pembayaran dll

    Kesimpulannya gempur asal kpmen saja. Seperti biada membual dan melawak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulan singkatnya :
      Si 0,9cc lagi ngetroll, bro

      Ahahahahahahahahaah

      Hapus
    2. Yoi.
      Bualannya lucu2 bro, untuk hiburan

      Hapus
    3. Gempork mana paham soalan upgrade CN-235 malon jadi MSA bro wong nak maintenance bongkar pasang engine,check stabilizer oli C-130 pun AIRCROD butuh masa 3 tahun konon lg malon nak upgrade CN-235 jadi MSA,malon mana paham bro

      Hapus
    4. alat ISD dari AS...yang bayar Marinir AS .....
      Asyiiikkk....."Mata AS" berkeliaran di semenanjung dan laut china selatan.....

      ====kasian kamu Lon....jadi operator AS sahaja.....heheh

      Hapus
  52. MSA..sedekah dari US....kah..kah..kah

    BalasHapus
  53. STC diserahkan bulan maret 2022 artinya

    modifikasi + sertifikat STC 1 pesawat hanya memakan waktuw 16 bulan sahaje, ituw pun kerna nunggu DSA haha!🤭🤭🤭

    BALIK KUCHINK..total 20 bulan...

    SELAMAT bertugas di kuchink cn-235 MSA...miaaouwwww haha!😺😺😺

    BalasHapus
  54. eeiittt hampir ktinggalan...
    mAEROD ato firma laen disebelah
    djelas gak bisa pasang alat MSA, soalnya bukan TC holder cn-235 yg resmi gaesz haha!🧐🧐🧐

    fetedei emang ok haha!👍👍👍

    BalasHapus