04 Juli 2022

Helikopter AW139 Perkukuh Keselamatan Maritim di Sabah, Sarawak

04 Juli 2022

Helikopter AW139 TLDM (photo : TLDM)

KOTA KINABALU – Perolehan tiga buah Helikopter AW139 yang kini dimiliki Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) akan membantu memperkukuhkan lagi pengawasan ruang udara di perairan maritim Sabah dan Sarawak.

Menteri Kanan Pertahanan, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein berkata, penambahan aset itu dilakukan bagi memenuhi keperluan TLDM untuk memiliki Helikopter Operasi Maritim (HOM) agar dapat meningkatkan lagi kekuatan inventori mereka di Armada Timur.

Beliau berkata, dengan adanya aset baharu HOM itu, ia membolehkan TLDM melakukan rondaan dan penguatkuasaan dengan lebih kerap di perairan maritim Sabah dan Sarawak yang berkeluasan 315,263 km persegi.

“Tambahan aset baharu TLDM itu juga akan meningkatkan keupayaan operasi TLDM terutama dalam memelihara keselamatan dan kedaulatan negeri Sabah. Kita akan sentiasa melipatgandakan usaha memelihara kedaulatan dan keselamatan Sabah.

“Secara keseluruhan, tiga buah Helikopter AW139 yang telah dibeli, namun hanya dua diterima dan diserahkan hari ini (semalam) manakala, sebuah lagi dijangka tiba pada September,” katanya semasa perasmian Stesen Udara Kota Kinabalu (SUKK) dan penyerahan Helikopter Operasi Maritim (HOM) di TLDM Sepanggar semalam.

Hishammuddin berkata, aset-aset tambahan sebegini penting bagi membolehkan kawalan keselamatan di perairan maritim dapat dipertingkatkan.

Helikopter AW139 TLDM (photo : Fabrizio Carpenti)

“Kementerian itu juga akan terus melihat keperluan-keperluan mendesak bagi mendapatkan perolehan aset bagi meningkatkan pengoperasian ATM.

“Sekiranya ada keperluan mendesak bagi mendapatkan perolehan aset, kita ada saluran kita iaitu antara ATM dan saya sendiri serta Majlis Keselamatan Negara (MKN) yang dipengerusikan oleh Perdana Menteri untuk membincangkannya.

“Setakat hari ini, keperluan aset semasa difahamkan telah mencukupi termasuk aset yang baharu dibekalkan,” katanya.

Mengulas lanjut, Hishammuddin berkata, penubuhan Skuadron 503 yang dilancarkan secara rasmi semalam akan meningkatkan kecekapan pengoperasian HOM kerana skuad itu akan bertanggungjawab memantau zon Maritim Malaysia serta Maritime Domain Awareness (MDA) dan over the horizon targeting (OTHT); menjalankan operasi pasukan khas; dan latihan krew udara dan warga kapal.

Di samping itu, Skuadron 503 juga akan melaksanakan tugas-tugas sekunder merangkumi tugas membantu operasi mencari dan menyelamat; membantu misi pemindahan perubatan (Medevac), pemindahan kematian (Casevac) dan membantu misi bantuan kemanusiaan dan bencana (HADR).

Di peringkat awal, Skuadron 503 ini akan beroperasi dengan kekuatan seramai 25 pegawai dan 92 anggota Lain-Lain Pangkat (LLP) yang akan ditugaskan di empat bahagian iaitu keselamatan penerbangan; operasi dan latihan; pentadbiran dan logistik; serta kejuruteraan udara.

(Kosmo)

75 komentar:

  1. Balasan
    1. Untuk tebar benih Sayur 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  2. "merangkumi tugas membantu operasi mencari dan menyelamat; membantu misi pemindahan perubatan (Medevac), pemindahan kematian (Casevac) dan membantu misi bantuan kemanusiaan dan bencana (HADR)."


    CATAT PURRR... itu AW hanya untuk mission "SAR" Bukan OPS-MILITER macam "COMBAT-SAR, ATTACK, apalagi ASW".

    Wakakakakakakkaakka.... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Sembang KENCANG HOME apalah... Taunya cuma HEKI buat evakuasi orang SAKIT,ORANG MATI dll

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. versi HOM=> Hutang OM haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
  4. puuurrr...tu heli apaan puuur....πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€‘

    BalasHapus
  5. Polri aja beli 11unit heli AW139.

    Heli AW139 TLDM cuma 3unit je dan gitu datangnya 1..1..1.. wkwkwkwkwk

    Heli 3unit digunakan kongsi merata 3 matra. wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Cuma 3 ekor saja keh..KePolisian INDONESIA beli 11 ekor..lebih byk mana 3 & 11 Pork wkwkwkkkkk🀣🀣🀣

    BalasHapus
  7. AIRSPACE-REVIEW.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membeli sembilan unit helikopter Leonardo (AgustaWestland) AW169 dan dua AW189. Ke sebelas armada helikopter baru ini akan tiba di Indonesia mulai tahun depan dan lengkap diterima pada 2021.

    Direktur Kepolisian Udara (Dirpoludara) Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat kepada Airspace Review mengatakan, penandatanganan kontrak pertama telah dilaksanakan pada Desember 2018 dan akan diikuti dengan kontrak efektif pada akhir tahun ini.
    Ditambahkan Anang, pembelian 11 helikopter buatan pabrik Leonardo Helicopters di Italia ini adalah untuk memodernisasi armada sayap putar Ditpoludara.Nantinya, lanjut Anang, sembilan heli AW169 akan disebar ke Kepolisian Daerah (Polda) besar seperti Polda Jateng, Jatim, Makassar, Medan, Palembang, Bali, Polda di Kalimantan, dan Polda Papua.


    AW189/Bristow
    Sementara AW189 akan ditempatkan di Jakarta yang sekaligus bisa mendukung kebutuhan di wilayah Polda terdekat seperti Polda Jabar.

    Melihat kebutuhan yang ada, lanjut alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini, sebenarnya jumlah 11 heli yang akan dibeli masih kurang.



    “Seperti diketahui, di Indonesia terdapat 34 Polda. Sebanyak 32 Polda butuh dukungan helikopter, sementara dua Polda butuh pesawat fixed wing,” jelasnya.

    BalasHapus
  8. 11 Biji aja masih Kurang..Masih akan Nambah lg Pork..itu baru Polri, apa lg untuk TNI pasti butuh lbh byk lg..tp untung kita Punya PT.DI, Syarikat BumiPutra INDONESIA yg punya ke pakaran..11 & 3 Banyakan Mana Pork wkwkwkkkkkkk🀣🀣🀣

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. "..Perolehan tiga buah Helikopter AW139 yang kini dimiliki Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM).."

    ====
    Ya ampuuuuunnn...3 bijik saja dikatakan ".. meningkatkan kekuatan...?"

    Wakakakkkkakakakakk

    Selain buat putar-putar & angkut, heli ini bisa apa guys..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helly sewa yang akan diayamkan oleh helly attack Pinky.lol

      Hapus
  11. "..Polri membeli sembilan helikopter Leonardo (AgustaWestland) AW169 dan dua AW189. Ke sebelas armada helikopter baru ini tiba di Indonesia dan lengkap diterima pada 2021.."

    =====

    Lebih banyak tapi kita rileks jee..
    Tak sembang "memperkukuh" macam KL..

    Wakakakakakkka

    BalasHapus
  12. 3 biji aja itupun sudah menunggu RMeK yg kesekian kali

    BalasHapus
  13. Ukraina ternyata tak titip pesan untuk putin.. Indon cakap bohong kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhahaha....malay syirik dan banyak cakap je!! Pengecut tak berani ke medan perang macam Presiden Jokowi.....negara Asia pertama yg ke medan perang membawa misi perdamaian.....negara jiran hanya tukang bual dan bodoh dan paling miskin di negara persemakmuran yg hanya jd budak England je......wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Paling miskin pula se ASEAN......wkwkwkwk

      Hapus
  14. Macam. Kebohongan indon osprey, Black Hawk, Chinook.. F15, mogami, kfx pon gerenti tak de wang produksi masal, kesian cuma dapat sebijik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwkwkw kadrun laga loe banyak bacot!!!! Pake otak dikit lah jangan taro di pantat🀣🀣🀣

      Hapus
  15. Sebijik kfx pon tak lunas, tunggak bayar.. Macam bohong minyak goreng, my pertamina.. Kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bodoh tu jangan disimpan di otak loe bro.....pesawat pun baru akan uji terbang bulan ini.....wkwkkwkwkwk dasar budak england bodoh sangat!!!

      Hapus
    2. Kadrun emang begonya minta ampun ya!!!!!

      Hapus
    3. Kadrun dasar otak bodoh kau pelihara namanya beli alutsista itu ada tahapanya gak seenak maunya drun,coba kau tengok maharogolmu itu memang benar2 cuma bual SDM tak memadai ,memang bangsa sodom bisanya dengki je

      Hapus
  16. Ekonomi menengah bawah indon sememangnya dalam bahaya besar bangkrap kemiskinan tegar kerena diperas pajak, inflasi tinggi dan digondolin dibohongi kah kah

    BalasHapus
  17. Setau guwe
    aw-139 versi sipil
    aw-149 versi militer sperti punyak thailen gaesz haha!😎😎😎

    artinya KL, kurang duwit buat beli versi militer
    fiks LOW Kualiti haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting di marking besar tulisan "NAVY" = Jaguh oom

      Wakqkakakkkkkqkkkkk

      Hapus
    2. ama tempel stiker HOM=> hutang ogah menyewa haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      yg laen gak ada om pedang si ANU doank yg punyak

      Hapus
    3. Padahal sewa sama beli mahalan sewa..
      Kok gak beli aja
      Kan sama rasuahnya
      😁

      Hapus
    4. HOM : Hutang Ogah Mbayar...

      Hapus

    5. pasti om kuy apalagi sewa jangka panjang itu mach lunasin tagihan cicilan skalian haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      wah bner jgk om komodo parah ituw haha!❌❌❌

      Hapus
  18. Indon ni ade ade saja, zelenky tak titip pesan, cakap pesan, bohong ajaran partai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan ,musim prank !
      Tapi mudah ²an (lebih cenderung pasti) budget esok musim alutsista & product riset Nasional lagi.
      Untuk penuhi kebutuhan nasional RI .

      Hapus
  19. Fremm pon indon kena prank, tak bayar uang muka.. Ko jangan malukan internasional don tak de wang sembang kencang

    BalasHapus
  20. cuman inpo aja gaesz
    heli panther=>versi militer✅
    heli aw-149=>versi militer✅
    mesin lebih power, dibuat spec khusus jgn disamaiin ama versi biasa yg murah haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹









    BalasHapus
  21. Min angkat britanya πŸ€£πŸ€£πŸ‘, biar semakin mendidih uhuuuuii πŸ˜‚πŸ˜‚


    https://www.airspace-review.com/2022/07/04/al-uni-emirat-arab-pesan-enam-lpd-163-dari-pt-pal/

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 bijik alamak jiran pengsan kapal kajiannya disikat negeri petrodollar aseli haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    2. 6 Biji? nyindir L C S yg mangkrak puluhan tahun?

      Hapus
    3. https://www.youtube.com/watch?v=Os6H8pOFy3o

      Hapus
    4. PT.PAL tdk menerima Barter Sawit burok, tdk menerima Derma..hanya menerima Cash keras

      Hapus
    5. Waduh definisi kebanjiran rezeki

      Hapus
  22. Malaysia has narrowed down on the Indian aircraft notwithstanding stiff competition from China’s JF-17 jet, South Korea’s FA-50 and Russia’s Mig-35 as well as the Yak-130

    As part of the package, India has offered to set up an MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) facility in Malaysia for its Russian-origin Su-30 fighter fleet as it is facing difficulties in procuring spares for the aircraft from Russia in view of Western sanctions against Moscow.

    “It (negotiation) is almost in the final stages. We are the only country which is offering them the support for their Su-30 aircraft as well as other than Russia, we are the only one who can support them to the extent that they require for that fleet,” Mr. Madhavan said.

    It is learnt that the Chinese JF-17 was cheaper but it could not match the technical parameters of the Tejas Mk-IA variant and the offer of maintenance of the Su-30 fleet as proposed by India

    https://www.thehindu.com/news/national/tejas-aircraft-emerges-as-top-choice-for-malaysias-fighter-jet-programme/article65595278.ece/amp/


    Barter sayur gaes,.. palm oil + musang king busok 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  23. Malon sembang jaguh, bikin gelak Pinoy, Thai and S.pore yg siap dengan aset canggihnya.

    BalasHapus
  24. Lah gak ada berita lain apa Malon. Sepi shopping sekawasan.

    BalasHapus
  25. Ternyata beli versi sipil ya. Kirain beli yg AW139M versi militer

    BalasHapus
  26. Sakitnya Gempork gak ada obat penawarnya. Makanya biarkan dia ngelawak di DS.wk.wk.wk

    BalasHapus
  27. Baca berita, PT PAL dalam waktu dekatini bakal sibuk sekaliπŸ‘ŒπŸ˜ŽπŸ’ͺ

    BalasHapus
  28. 11 & 3 banyakan mn Pork..11 Cash, kalau yg 3 Lender ya Pork

    BalasHapus
  29. SSV spek rikues KL 163 meter
    https://pbs.twimg.com/media/FWACzmtaIAAsNP7?format=jpg&name=large

    AL Uni Emirat Arab pesan enam LPD 163 dari PT PAL
    https://www.airspace-review.com/2022/07/04/al-uni-emirat-arab-pesan-enam-lpd-163-dari-pt-pal/

    —————————

    sama2 163 meter
    kajian jiran kesayangan disikat negerinya SHEIK MBZ hore haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    lgs 6 bijik

    BalasHapus
  30. Wkwkwkw.... Ada geng INDON KEPANASAN guys...

    BalasHapus
  31. Shoping heli mahal ya AW139 lengkap sistem optik dan sebagainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kah..kah..kah versi sipil yah purr...

      Hapus
    2. Cm 3 Tante masa kalah sama POLRI ......bisa merawat g tuh? Soal beli ok lah 3? Jgn2 g bisa maintenance grounded muda kayak pesawat latih lanjut dan pesawat tempur....

      Hapus
    3. Pork Korang sedang menyenangkan hari yah ...padahal hati lu koyak .. sudah sewa plus heli sipil.. Lawak memang negeri Malo tiap hari je πŸ˜€πŸ˜­πŸ€­

      Hapus
    4. Sistem sama optik memang lengkap drun klo kosong mana bisa terbang ,memang pala loe besar kayak ipin upin tpi dalemnya kosong kadrun malondog

      Hapus
  32. Pur kirain beli versi militer AW139M, ternyata versi sipil ya

    BalasHapus
  33. satu duniya tau ini heli murah bukan versi militer cem aw-149 haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  34. Coba yang versi AW139M pur, bisa bawa senjata lebih banyak dari heli capung pur. Ada 2 cantelan eksternal dan bisa juga 2 doorgun. Lumayan buat negara yg gak mampu beli heli attack

    BalasHapus
  35. https://m.antaranews.com/foto/2558097/perkuat-keamanan-polisi-udara-operasikan-helikopter-agusta-westland-aw-189-dan-aw-169

    BalasHapus
  36. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://sultra.antaranews.com/amp/berita/411993/tahun-ini-basarnas-ri-bakal-beli-tiga-helikopter-aw169-dari-italia&ved=2ahUKEwiulfTu0974AhWLTGwGHZb5DzAQFnoECBAQAQ&usg=AOvVaw0lSi0prbB5FeouslrkBYt5

    BalasHapus
  37. Helikopter AW139 Perkukuh Keselamatan Maritim.... sadar diri klo aset maritimnya usang, ompong n besi burok ya wkwkwkwkwk

    BalasHapus

  38. Thailen pake
    AH-6
    AW-149
    smua heli versi militer mantap haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    sementara tetangga kesayangan cukup heli
    md botol cupangz
    aw-139 hom(bikin singkatan sendiri) haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Botol cupang buat nebar pupuk dicam tentara jiran...om pal.


      Kan CAMP tentara KL segera jadi KEBON SAYUR.. Kaakakakakka

      Hapus
  39. RI harus mulai cicil produksi MBT RI (medium battle tank RI ) ,untuk penuhi kecukupan alutsista kav.tank RI .

    BalasHapus
  40. GEMPURWIRA 4 Juli 2022 13.42
    Shoping heli mahal ya AW139 lengkap sistem optik dan sebagainya..

    __________________________________
    MAHAL....?????

    The Leonardo AW139 costs between $5.5m and $9.652m, according to HeliValue$ data taken in spring 2021.


    Murah GUYS.... Tak mahal...


    Satu lagi itu HELI buat SAR

    "merangkumi tugas membantu operasi mencari dan menyelamat; membantu misi pemindahan perubatan (Medevac), pemindahan kematian (Casevac) dan membantu misi bantuan kemanusiaan dan bencana (HADR)."


    CATAT PURRR... itu AW hanya untuk mission "SAR" Bukan OPS-MILITER macam "COMBAT-SAR, ATTACK, apalagi ASW".

    Wakakakakakakkaakka.... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helly mahal kata Gempork maklum Malon lagi bangkrut takde wang dan anggaran ciput. Sepi shopping sekawasan, cukup sewa saja.lol

      Hapus
  41. Gantian pakai, sing akur yaaa, gak usah rebutan pakai

    BalasHapus
  42. Aset Kecik.......SALAM SABAH...

    =====Lon....sebaiknya dibayar dulu itu Sewa...baru beli aset....

    BalasHapus