18 Desember 2022

Mengenang Kebesaran TNI AU Lewat Pembom Ilyusin-28

18 Desember 2022

Pesawat pembom Ilyushin Il-28 "Beagle" (photo : TNI AU)

Pesawat pembom Ilyusin-28 memang hanya lima tahun dioperasikan AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) periode 1960-an sebelum dihibahkan ke ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) akhir 1964.

Meskipun hanya sebentar dioperasikan dalam satuan Skadron XXI, namun kaya cerita yang belum terungkap. Mulai pengiriman calon awak pesawat, pelatihan di luar negeri dan kesiagaan saat bergabung dalam Operasi Djajawidjaja dalam merebut Irian Barat.

Mereka para penerbang Il-28 yang dikelompokkan ke dalam Tjakra-I dan II, dilatih di Cekoslovakia untuk mengawaki pesawat ini.

Dalam buku sejarah TNI AU, pesawat pembom Il-28 terbang pertama kali di Indonesia pada 4 Oktober 1959 dari pangkalan udara Kemayoran, Jakarta.

Penerbangan perdana ini menyusul pengiriman lewat laut 8 unit Il-28 sebulan sebelumnya. Kala itu di Kemayoran telah ada pesawat tempur jet MiG-15 dan MiG-17 yang tergabung dalam Skadron XI, yang sebelumnya dinamai Kesatuan Pancar Gas (KPG).

Mengingat jenis pembom ini bermesin pancar gas, maka tidak salah bila digabungkan jadi satu di bawah badge Skadron XI dan berpangkalan di Kemayoran juga.

Baru pada 1 Juni 1960 diresmikan berdirinya Skadron XXI berdasar Keputusan Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara bernomor 432 tahun 1960 yang ditandatangani oleh Laksamana Udara Suryadi Suryadarma.

Dalam keputusannya terdapat dua penekanan yaitu pertama, tentang pemisahan dari induk sebelumnya Skadron XI dan kedua, penegasan berdirinya Skadron XXI yang berkedudukan di Kemayoran dan masuk Wing Operasional 3.

Dalam keputusan yang tertulis dalam ejaan lama ini juga masih menyebut istilah Pembom Pantjar Gas untuk pesawat pembom bermotor dua yang baru dimiliki AURI ini.

Pesawat pembom Ilyushin Il-28 "Beagle" versi latih (photo : TNI AU/Aviahistoria)

Sebagai komandan pertama ditunjuk Mayor Udara Cuk Surosohurip yang mantan pilot pembom B-26 Invader.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah pesawat yang dikirim Soviet ke Indonesia mencapai 20 unit. Terdiri dari empat jenis latih Il-28U, dua unit berkemampuan reconnaissance Il-28R dan 14 jenis pembom seri Il-28.

Belakangan juga dikirim jenis Il-28T berkemampuan torpedo sebanyak dua unit saat Operasi Djajawidjaja sedang gawat-gawatnya. Sehingga total Il-28 yang pernah berada di Indonesia sebanyak 22 unit.

Padahal kala itu pilot yang berkualifikasi baru segelintir, di antaranya Sujitno Soekirno, S. Ch. Lantang, Soetopo serta Sujitno dan tentunya komandan skadronnya.

Sedangkan navigator merangkap bombardir adalah Saleh Basarah, Aried Rijadi, Dasio, Madihardjo, Soekojo, Yuamardi, dan Iskandar. Mereka umumnya telah berpengalaman sebagai awak pesawat B-25/26 dari Skadron Pengebom 1. Mereka dididik di Indonesia oleh instruktur Soviet.

Baru pada pertengahan 1960 setelah Skadron XXI diresmikan, siswa penerbang Tjakra 1 yang didik di Cekoslowakia tiba sebagai calon pilot pembom pesawat jet. Mereka adalah Soeparman Natawikarta, Efendi Siagian, Oloan Silalahi, Wakidjan, dan Soedarto.

Sementara navigator adalah Aris Mertodipo, Noorkusadi, Soeharno, Hadi Poernomo, dan Willy Kahuripan. Mereka adalah sebagian dari 46 siswa AURI yang diberangkatkan ke Ceko pada 1958.

Sebagian dijuruskan ke pesawat pemburu yang disebut Tjakra A-1, pembom disebut Tjakra 1-B dan navigator sebagai Tjakra 1-C.

Para kadet dari Indonesia ini awalnya dilatih di kota Stichovice pada Czechoslovak Military Flying College pimpinan Kapten Horky mantan pilot Perang Dunia II dibantu Kapten Blaha dan Kapten Dolezal. Untuk latihan fase advance mereka dididik di Hradec Kralove wilayah Bohemia dan Prerov di wilayah Moravia.

Sekembalinya di tanah air mereka harus melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan brevet sebagai pilot sebelum masuk pendidikan transisi sesuai jurusan.

Bagi Tjakra 1-A mereka melanjutkan pendidikan di Skadron XI dengan pesawat MiG-15 UTI Midget sebelum terbang ke pesaway MiG-17 Fresco. Sedang Tjakra 1-B jurusan pembom jet masuk ke Skadron XXI untuk terbang di Il-28 sejenis yang digunakan di Ceko.

Baru di Indonesia para calon pilot mengenal adanya x-helmet untuk pilot. Sebelumnya selama pendidikan di Ceko, baik instruktur ataupun siswa, semua memakai tutup kepala yang dilengkapi throat mike layaknya pilot zaman PD II.

Skadron pesawat pembom Ilyushin Il-28 "Beagle" (photo : LIFE)

Perlengkapan perorangan juga dibagi mulai dari sepatu, gloves, night bag hingga coverall berwarna abu-abu.  Hanya pilot senior dan test pilot yang berhak memakai coverall jingga.

Pelatihan terbang yang berlaku di Ceko dan di Indonesia sama kecuali penerapan looging jam terbang. Saat di Ceko yang dimaksud jam terbang adalah waktu terbang antara saat tingal landas dan saat mendarat, sedang di Indonesia jam terbang dihitung mulai saat taxi out hingga taxi in dan lebih dikenal dengan istilah block on block off.

Perhitungan jam terbang dengan sistem block on block off ini masih digunakan TNI AU hingga kini. Sedangkan para siswa Tjakra 1 semenjak dididik sebagai pilot selalu menulis jam terbang di log-book dengan sistem take of landing.

Dengan demikian jam terbang yang didapat di Ceko rata-rata 200 jam terbang merupakan jam terbang yang telah cukup banyak bagi seorang siswa pilot.

Selama di Indonesia mereka diberi pangkat Sersan Mayor Kadet dan selanjutnya menjadi Letnan Moeda Oedara Kadet.

Setelah selesai transisi dan standarisasi di Indonesia, para calon pilot akhirnya dilantik sebagai Letnan Oedara II dan wing day pada 15 Juli 1961.

Dari 46 kadet Tjakra 1, masuk sebagai pilot pemburu jet sebanyak enam orang dari 17 siswa dan pembom jet lulus sembilan dari 15 siswa. Sisanya masuk ke skadron heli dan angkut. Beberapa mengulang untuk menjadi navigator atau teknisi.

Salah kalkulasi

Dari buku panduan Ilyushin-28 disebutkan bahwa pesawat dengan berat maksimum 21.200 kg dengan dua mesin jenis Klinov VK-1 turbojet ini mempunyai aksi radius 2.180 km.

Sebagai pilot muda mereka mempraktikkan kemampuan terbang ini guna menghadapi tugas yang akan dibebankan kepadanya pasca Trikora yang dikumandangkan Bung Karno di Yogyakarta.

Mereka mulai melatih diri untuk tugas operasi, meliputi latihan navigasi jarak jauh, bombing, terbang malam serta recce dengan foto. Dari latihan inilah diketahui bahwa performa Il-28 tidaklah sehebat yang tertulis di buku, terkait jarak jelajah.

Hal ini disebabkan pesawat diterbangkan di daerah tropis, padahal semua perhitungan rancang bangun dan uji coba dilakukan di negeri sub tropis.

Selain itu bila pesawat membawa beban penuh lepas landas (MTOW) seberat 21 ton maka diperlukan panjang landasan minimal 1.800 m.

Pesawat pembom Ilyushin Il-28 "Beagle" (photo : TNI AU/Aviahistoria)

Selain itu pesawat ini semuanya dikendalikan dengan mekanisme kontrol tanpa adanya servo, sehingga beban pilot sangatlah berat utamanya saat lepas landas dan mendarat.

Hanya pilot bernyali besar dan mempunyai feeling yang baiklah yang mampu menerbangkan pesawat ini. Saat itu para pilot Il-28 rata-rata berumur 24 tahun.

Selain itu dengan sistem pneumatik maka para teknisi sangatlah sulit menemukan kebocoran. Lain halnya pesawat yang dikendalikan dengan sistem hidrolik, setiap kebocoran akan terlihat dengan jelas.

Pesawat Il-28 diawaki oleh tiga orang terdiri dari pilot, navigator merangkap bombardier dan gunner yang ada di tail section.

Dengan senapan laras ganda kaliber 23 mm yang terletak di nose dan tail, Il-28 dirancang sebagai pesawat pembom taktis yang mandiri dalam arti kata mampu beroperasi tanpa lindungan pesawat tempur.

Kemampuan terbang tinggi (40.000 kaki) dengan kecepatan 900 km per jam serta wing loading sebesar 291 kg per meter dan thrust/weight ratio sebesar 1:3,2 menjadikan pesawat yang oleh NATO dijuluki Beagle ini hanya mampu disaingi oleh English Electric Canberra yang terbang perdana pada 21 April 1950.

Hingga akhir hayat pada 1990, pempom Ilyushin-28 telah diproduksi hampir 6.000 unit yang tersebar di 20 angkatan udara utamanya di belahan Timur.

Selain di Rusia, pesawat ini juga diproduksi di Cuba, Ceko dan China dengan merek dagang H-5 Harbin.  Tidak tanggung-tanggung China mengembangkan pesawat ini dalam 10 varian termasuk jenis Harbin H-5A yang dirancang mampu membawa bom nuklir.

Sedang untuk ekspor mereka memasarkan dengan nama Harbin BT-5 dan B-5 utamanya untuk Korea Utara.

Bagi pemuda Indonesia adanya pesawat Il-28 telah mempuyai arti sendiri, mengingat ini adalah pembom jet pertama di belahan Bumi Selatan. Dengan semangat menyala mereka berangkat ke Morotai untuk bergabung dengan Satgas Senopati.

Bersama MiG-17 dari Skadron 11, Satgas Senopati melaksanakan misi deception dalam rangka infiltrasi ke Irian Barat periode 1962. Dalam tugas ini sebuah Il-28 yang dipiloti LU II Wakidjan, LU II Hadi Poernomo/Navigator dan Gunner LMU I Jost Toisutta, jatuh di laut menjelang mendarat di Morotai.

Kejadian pada 14 Agustus 1962 pukul 03.00 pagi ini terjadi selepas Il-28 melakukan deception saat dua C-130 Hercules melaksanakan penerjunan di daerah Klamano, Sorong dengan hasil baik.

Kecelakaan juga menimpa Skadron 21 saat beroperasi dengan home base Patimura, Ambon.   Sebuah Il-28 jenis latih tail number M-848 mengalami bouncing dan hard landing yang berakibat total lost.

Untungnya semua awak termasuk pilot LU I Efendi Siagian selamat.

Selama tugas operasi Djajawidjaja, Il-28 yang semula dipangkalkan di Morotai dan Patimura untuk selanjutnya mulai Juni 1962 digeser ke Amahai untuk mendekati daerah operasi.

Di tempat inilah LU I Soeparman dengan Il-28 dan LU I Nursalim di MiG-17 menembak sebuah kapal asing di daerah yang telah dinyatakan sebagai restricted area. Tembakan dilakukan dari senapan laras ganda kaliber 23 mm baik yang ada di nose maupun tail gunner.

Bahkan menurut Soeparman, MiG pun ikut menembak. Meskipun sempat menjadi isu internasional karena pesawat militer menembak kapal sipil, belakangan diketahui bahwa kapal tersebut adalah kapal ikan milik Jepang.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa meskipun kapal akhirnya harus ditarik ke pelabuhan terdekat karena lumpuh.

Medio 1962 masuk gelombang pilot eks Tjakra 2 sebanyak 12 orang, di antaranya Bambang Sugeng, Jumalib, dan Intan Napitupulu serta empat navigator yaitu Mardjuki, Wahono, Syamsudin, Â dan Sardjan. Nanti pada 3 Maret 1964 pesawat Il-28 disiagakan di Medan dalam rangka operasi Dwikora.

Dalam penugasan ini pesawat menjadi satu kelompok dengan Tu-16 dan MiG-21, jenis pesawat terbaru yang dimiliki AURI. Kekuatan ini masuk dalam Komando Siaga dengan Panglima Laksamana Madya Omar Dani.

Diserahkan ke ALRI

Pasca operasi Dwikora, sisa Il-28 sebanyak 10 unit diserahkan ke ALRI dikarenakan AURI telah dilengkapi dengan 22 unit pembom jarak jauh Tu-16B di Skadron 41 dan Tu-16KS di Skadron 42.

Semuanya berpangkalan di Madiun. Dengan surat Keputusan Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara nomor: 110 tahun 1964 tertanggal 19 Desember 1964, Skadron 21 dilikuidasi. Keputusan ini diteken oleh Laksamana Madya Omad Dani.

Sejak itu berakhir pula kiprah Il-28 selama diterbangkan para pilot muda AURI, berakhir pula kejayaan Skadron 21 Pembom. Belakangan badge Skadron 21 digunakan oleh pesawat OV-10 Bronco periode 2005 sampai 2007.

Nantinya pada tahun 2012 badge ini akan dipakai oleh pesawat EMB-314 Super Tucano asal pabrikan Embraer dari Brasil sebagai pesawat COIN. Bergulir lagi kejayaan TNI AU dengan pesawat barunya untuk membela Tanah Air tercinta.

(MyLesat)

53 komentar:

  1. Hisar dan KHAN versi NGUTANG CZECH EXIMBANK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😋😋 iri kan mau shoping ngutang tp gabisa

      Hapus
  2. Dari bayar wang muka hingga PERAWATAN aset..... semua HUTANG... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😋😋😋malaysia emg gitu

      Hapus
    2. Pork lu meracau lagi sedang cakap negara lu yah Malon .. Hutang buat bayar sewa 😂🤭😀

      Hapus
    3. Yg cuma mau akan dan kaji akhirnya senyap karena takde wang dan tak ada negara yang percaya kasih hutang ke Malon karena sudah tak mampu bayar. No shopping sekawasan yah cuma Malon.

      Hapus
  3. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.. HUTANG.... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ye rus..sebelah bikin malunya rus...hutang sampe 70% dari GDP..sampe aset militerpun tak terbeli....TABAH PUASA SHOPPING



      Wkwkwkwkwwlkwkwkwkkqkwkwkkwkkwkwkwkkwk

      Hapus
  4. Saatnya MENGENANG .... mencoba untuk MENGULANG.....

    ====Malon mana ada bomber.....

    BalasHapus
  5. https://www.google.co.id/url?q=https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/18/122400382/-imf-peringatkan-malaysia-punya-utang-kedua-terbesar-di-asia-%3Fpage%3Dall&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAUQAg&usg=AOvVaw3fYekVjp5P9XqXjSV5Uaol


    IMF SUDAH PERINGATKAN MALON..HUTANGNYA TERBESAR KEDUA SETELAH SRILANGKA...NGERI


    Wkwkwkwwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkkwkkwekwkwkwkwkwkwkqkqkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si INDON lupa yang mereka negara ke 7 PENGUTANG TERBESAR DIDUNIA... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
    2. 2 sama 7 bagusan mana rus???



      Wkwkwkwlwkwkwkwkkkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Asia sama dunia mana lagi besar... TOLOL... WKWKKWKWKWKW

      Hapus
  6. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33
    Tampaknya MALAYSIA telah menghubungi pihak Kuwait.. Semoga berhasil..

    BalasHapus
  7. Semua asetnya HUTANG

    Rafale
    Hisar
    Khan
    Mirage bekas
    Kepal selam
    Kapal permukaan a400m
    Radar GM403

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang indo jadi rafale,frigate etc..laaaaah malon pinjam samurai bon malah duitnya d kasih elder brother buat byar hutang..hutang malon jadi KENTUT


      Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwk

      Hapus
    2. Gempork lupa Sama Hutangnya Malon yg tak bisa dibayar. Sampai takde wang buat ganti aset militer usang mangkrak dan grounded bikin gelak kawasan.

      Hapus
  8. Hutang besar..aset militer banyak yang usang


    Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. Hutang indo jadi rafale,frigate etc..laaaaah malon pinjam samurai bon malah duitnya d kasih elder brother buat byar hutang..hutang malon jadi KENTUT


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwkwkwk

    BalasHapus
  10. INDON negara ke 100 paling MISKIN di dunia.... Hebat... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon negara termiskin di ASEAN sampai takde Shopping aset baru dan mahal. Sewa aset receh.

      Hapus
  11. Wkwkwkwkw si INDON TAK tahu ke mereka juga ada bon samurai... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  12. Kabar Baik di Tengah Pandemi: Indonesia Berhasil Jual Samurai Bond Senilai 13,21 Triliun Rupiah di Jepang
    Monday, 24/May/2021


    ​Tokyo, Jepang (22 Mei 2021) - Pemerintah Republik Indonesia kembali sukses menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bonds) untuk kedua kalinya di masa pandemi sejak Juli 2020. Penerbitan Samurai Bonds ini berhasil mencetak benchmark size sebesar JPY 100 miliar (13,21 triliun rupiah) yang ketujuh kalinya sejak 2015. Ini adalah bukti kepercayaan atas kredibilitas ekonomi Indonesia. Walaupun di tengah state of emergency yang ketiga kalinya di Jepang, kehadiran Pemerintah Indonesia untuk menerbitkan Samurai Bonds di pasar Jepang merupakan momentum yang tepat dengan capaian yang sangat positif.

    Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi memastikan bahwa perkembangan positif perekonomian Indonesia terus dikomunikasikan Kedutaan Besar Republik Indonesia​ Tokyo kepada Pemerintah Jepang. Khususnya menyangkut pengelolaan investasi yang masuk untuk pembiayaan pembangunan di Indonesia.

    BalasHapus
  13. RI Masuk 10 Negara Pengutang Terbesar di Dunia Bank Dunia


    Laporan terbaru Bank Dunia mencatat Indonesia masuk ke dalam 10 negara berpenghasilan menengah rendah dengan utang terbesar di dunia.

    Indonesia menempati peringkat ketujuh dengan total utang luar negeri sebesar US$ 402,08 miliar pada 2019 dengan rasio sebesar 37% dari Pendapatan Nasional Bruto (PNB).

    BalasHapus
  14. Hutang d bayar dari ber hutang.....yaaaaaa ampuuuuuun


    Wkwwkwkwkwkwkkwkkkkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  15. Bukan pengutang terbesar Asia ya guys.. Sebelah sudah level DUNIA
    .. WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.google.co.id/url?q=https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/18/122400382/-imf-peringatkan-malaysia-punya-utang-kedua-terbesar-di-asia-%3Fpage%3Dall&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAUQAg&usg=AOvVaw3fYekVjp5P9XqXjSV5Uaol


      IMF SUDAH PERINGATKAN MALON..HUTANGNYA TERBESAR KEDUA SETELAH SRILANGKA...NGERI


      Wkwkwkwwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkkwkkwekwkwkwkwkwkwkqkqkwkwkw

      Hapus
  16. Malon sama srilangka negara kakak beradik..sama sama penghutang terbesar d asia


    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  17. Indo berhutang dapat aset militer...malon berhutang dapat KENTUT..


    Wkwkwkwwkwkwkkwkwwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwwk

    BalasHapus
  18. HUTANG...HUTANG...HUTANG......HUTANG MALON MAKIN MEROKET ..70% dari GDP GAES



    Wwkwkwkwkkwkkwwkwkwkwlwkwkwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwwk

    BalasHapus
  19. BANSOS ke rakyat saja pun HUTANG... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
  20. https://www.google.co.id/url?q=https://www.bisnisbandung.com/nasional/pr-3985441282/malaysia-terancam-bangkrut-simak-perbandingan-utang-indonesia-dan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAkQAg&usg=AOvVaw1_mAU_JLxZKOgGCqHUy


    PANTAS SAJA MAU BANGKRUT..MALON PENGHUTANG TERBESAR DI ASIA


    Wkwkwkkqkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  21. https://www.google.co.id/url?q=https://www.bisnisbandung.com/nasional/pr-3985441282/malaysia-terancam-bangkrut-simak-perbandingan-utang-indonesia-dan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAkQAg&usg=AOvVaw1_mAU_JLxZKOgGCqHUy


    PANTAS SAJA MAU BANGKRUT..MALON PENGHUTANG TERBESAR DI ASIA


    Wkwkwkkqkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  22. AKIBAT KUAT NGUTANG... WKWKKWKWKWKW



    Anggaran untuk pembayaran bunga utang bahkan setara dengan 14,5% dari total belanja negara 2023. Anggaran tersebut sudah melonjak 60% dibandingkan pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.

    Belanja pembayaran bunga utang juga tiga kali lipat lebih besar dibandingkan anggaran untuk bantuan sosial tang tercatat Rp 148.565,2

    Tahun depan, negara akan membayar bunga utang sebesar Rp 426,8 triliun untuk bunga utang dalam negeri dan Rp 14,6 triliun untuk bunga utang luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.google.co.id/url?q=https://www.bisnisbandung.com/nasional/pr-3985441282/malaysia-terancam-bangkrut-simak-perbandingan-utang-indonesia-dan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAkQAg&usg=AOvVaw1_mAU_JLxZKOgGCqHUy


      AKIBAT KUAT NGUTANG...


      Wkwkwkkqkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkk

      Hapus
    2. Akibat takde shopping sampai kerasukan bahas masalah hutang dan teroris. Dengkinya gak ada obatnya.

      Hapus
    3. Kampungnya gempur blm kenal pesawat pembom jaman tu, karena masih dijajah inggris blm punya pilot tempur ish 3x.

      Hapus
  23. https://www.google.co.id/url?q=https://www.bisnisbandung.com/nasional/pr-3985441282/malaysia-terancam-bangkrut-simak-perbandingan-utang-indonesia-dan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwj80IahwIL8AhVyTWwGHWifAXwQFnoECAkQAg&usg=AOvVaw1_mAU_JLxZKOgGCqHUy


    Akibat hutang di bayar dengan djit hutang


    Wkwkwkkqkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  24. Ya ampunnnn.... Bayaran bunga hutang sebelah 3 kali lipat berbanding wang bantuan ke rakyatnya.... Wkwkkwkwkwkw



    Baca guys

    Belanja pembayaran bunga utang juga tiga kali lipat lebih besar dibandingkan anggaran untuk bantuan sosial tang tercatat Rp 148.565,2

    BalasHapus
  25. Makanya jangan kuat berhutang looooon..malon mau bangkrut tuuuu..


    Wkwkwkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkwkwwkkwk

    BalasHapus
  26. Patutlah subsidi rakyat sebelah di potong ternyata buat bayar BUNGA HUTANG... WKWKKWKWKWKW

    Kesian rakyat sebelah...

    BalasHapus
  27. Sri Mulyani Sadis, Subsidi Rakyat Dikorbankan Demi Bayar Bunga Utang


    KedaiPena.Com – Pertumbuhan utang dari Mei 2018 ke Mei 2019 sebesar Rp402 triliun begitu fantastis.

    Artinya bila dibagi dengan 365 hari setiap harinya utang bertumbuh Rp 1,1 triliun. Pertumbuhan utang pemerintah tersebut sendiri adalah sebesar 9,6%, hampir dua kali lipat pertumbuhan ekonomi.

    “Saya kagum, ternyata semenjak masuk di Kabinet, Sri Mulyani secara konsisten sukses mempertahankan dua rekor,” kata peneliti Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR), Gede Sandra dalam keterangan yang diterima KedaiPena.Com, ditulis Selasa (25/6/2019).

    Rekor pertama adalah pertumbuhan utang pemerintah di atas Rp 1 triliun per hari. Yang kedua, pertumbuhan utang selalu melebihi pertumbuhan ekonomi.

    “Memang pas dinobatkan sebagai ratu utang, apalagi mengingat bunga utang yang diberikan Sri Mulyani adalah termasuk yang tertinggi di kawasan Asia,” lanjut Gede.

    Selain itu, ia juga melihat rincian belanja pemerintah pusat hingga Juni 2019 yang menyebutkan bahwa pembayaran bunga utang Rp 127,1 triliun yang tumbuh positif 13,0%. Dan sebaliknya, subsidi Rp 50,6 triliun, yang tumbuh negatif 17,0%.

    “Artinya subsidi yang menjadi hak untuk rakyat Indonesia (yang masih sulit hidupnya) dikorbankan Sri Mulyani untuk bayar bunga utang bagi para investor kaya raya,” kecewa Gede.

    BalasHapus
  28. Muantap ya dulu Soviet sekutu nya indonesia,

    10 tahun lagi kita ulangi lagi masa kejayaan AU.

    BalasHapus
  29. Kalo kita mau, hercules dan cn235 bisa juga jadi bomber. Caranya buat sistem rel, taruh di ruang cargo trus taruh aja bom bodoh 100 kg / 250 kg atau lpg 12 kg / 3 kg ke sistem rel itu. Pintu ramp door di bagian bawah diberi lapisan karet seperti ban berjalan. Saat pintu belakang / ramp door dibuka, rem penahan bom di rel diangkat, bomnya nggelinding ke belakang sampai ban di pintu itu lalu ditarik oleh ban berjalan ke belakang trus sesudah sampai ujung ban berjalan bom itu jatuh ke bawah.

    BalasHapus
  30. GEMPURWIRA 23 Desember 2021 12.33
    Nampaknya MALAYSIA sudah berhubung dengan pihak kuwait.. Semoga BERJAYA...

    Setahun yg lalu sdh terhubung Kuwait konon
    Berjaya BUALNYA

    😂😂😂😅😅😅😳🙄

    BalasHapus
  31. Ha...ha...ha...berita basi 2020 ha..ha..... Yg terbaru malon potong gaji

    BalasHapus
  32. Wow ada yg kepanasan sampai berasap kepalanya 🤣🤣🤣🤣🤣,pasti sakit ya Pur 😁😁😁,makanya TDK usah iri,dengki, sombong dan angkuh Pur gempur waria

    BalasHapus
  33. Kayanya disini discussion nya cuman ngehina sesama org yg nga beda jauh. Loe pada frustasi yah? Disini cuman satu2 tempat yg bisa keluarin all your insecurities? Just be real lah both korup dan dua2 nya juga nga pinter ngatur duit dan ironically both juga ego dan gengsinya hampir sama. Yg penting gaya dulu soal duit hutang aja turun temurun yg pusink Bukan generasi sekarang.

    BalasHapus
  34. jaman dimana kampungnya gempur cs masih blm kenal pesawat pembom dan blm punya pilot tempur,,Indonesia sdh kenyang pengalaman soal pesawat pembom merekq masih main dikebun sawit.😎

    BalasHapus