31 Desember 2022

Panglima TNI Pastikan Kapal Pemburu Ranjau Pesanan Indonesia Segera Datang

31 Desember 2022

Suasana peluncuran KRI Pulau Fani MCMV (photo : TVRI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan kapal perang pemburu ranjau buatan Jerman segera tiba di Indonesia pada 2023. 

Hal itu diungkap Yudo usai acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Lapangan Trisila Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2022). 

"Ada kapal yang dari penyapu ranjau, yang dari Jerman, itu akan datang juga," ujar Yudo menjawab pertanyaan awak media soal alutsista yang akan datang pada 2023. 

Selain itu, ungkap Yudo, Kapal Rumah Sakit KRI Dokter Radjiman Wedyodiningrat-992 siap beroperasi. 

"Nanti AL (angkatan laut) ada kapal rumah sakit KRI Radjiman akan jadi," kata Yudo. Indonesia melalui Kementerian Pertahanan tengah memesan kapal perang pemburu ranjau buatan Jerman. 

Adapun kapal pemburu ranjau tersebut dikerjakan galangan kapal Jerman, Abeking & Rasmussen, sejak 2021.

“Seperti yang sekarang ini pengadaan Kemenhan kapal ranjau yang di Jerman. Kita kerjakan di sana sejak kontraknya tahun 2021 yang lalu,” kata Yudo yang saat itu masih menjabat KSAL, di Mabes AL, 23 Maret 2022. 

Dikutip man-es.com, RI memesan kapal perang pemburu ranjau dua unit yang menggunakan mesin buatan MAN tipe 12V175D-MM. 

Di sisi lain, pengadaan kapal perang dari galangan kapal luar negeri menjadi opsi lain ketika galangan dalam negeri tidak mampu membangun sebuah kapal yang diharapkan.

Kendati demikian, TNI AL berharap galangan kapal dalam negeri bisa mampu meningkatkan maupun mengembangkan kapal dari spesifikasi sebelumnya. 

Misalnya, kapal patroli cepat 40 meter (PC-40 M) yang kemudian dikembangkan menjadi PC-60 M. 

“Ini juga sebagai tantangan bagi galangan-galangan dalam negeri yang selama ini sudah mampu membangun PC 40 jangan 40 terus, kita kembangkan menjadi PC 60. Sehingga PC 60 ini mampu untuk beroperasi sampai di ZEE,” ungkap Yudo.

103 komentar:

  1. Wah Baruw Lagi donk haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    BalasHapus
    Balasan

    1. penghujung 2022 desember ini tambah lagi aset kita gaesz,

      ada Dassault Falkon 7x & 8x
      ada NC 212
      ada kapal bot HSC 32-03 utk BAKAMLA/Kosgard kita, mantap haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Jom salam shopping soping tim elit 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Thailand dan Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ


      sedangkan tetangga kesayangan KL
      lagi lagiii haluw akibat NOL ASEThaha!๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด
      contohnye para warganyet dibawah ini gaesz ⬇️ Kesian haha!๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด

      Hapus
    2. Om pal

      Kabarnya 8x mo ditambah dengan yang baru buka bungkus....

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Menhan Prabowo Tinjau Pesawat Interim Falcon 7X dan 8X TNI AU
      Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, meninjau pesawat interim Falcon 7X dan 8X TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/12). Pesawat ini merupakan bagian dari pembangunan kekuatan TNI melalui program-program pengadaan Alutsista yang canggih dan modern.
      Pada kesempatan ini Menhan Prabowo menjelaskan bahwa perkuatan atau tambahan untuk TNI AU dua pesawat Komando Pengendalian atau Pesawat Kodal yang diperuntukkan bagi unsur pimpinan yang diharapkan dapat dengan cepat bergerak, untuk melaksanakan fungsi kepemimpinannya, Markas Besar TNI dan Tiga Angkatan.
      “Jadi pimpinan TNI dapat lebih memiliki kecepatan bergerak. Ini adalah pesawat dari Prancis, Dassault, 7X dan 8X Falcon nantinya kedua pesawat akan menjadi 8X yang terbaru”, kata Menhan Prabowo.
      Menhan Prabowo menambahkan penjelasannya, bahwa Indonesia memerlukan TNI yang kuat sebagai negara besar negara. Indonesia sangat membutuhkan pertahanan udara yang sangat kuat sebagai negara kepulauan yang sangat luas, memiliki lautan dan daratan yang sangat luas.
      “Saya diberi tugas oleh Presiden RI untuk merencanakan dan membangun kekuatan TNI”, tegas Menhan Prabowo.
      Menhan Prabowo menjelaskan, bahwa di dunia pertahanan, ada sebuah peribahasa latin yaitu Si vis Pacem Para Bellum, yang berarti jika kita ingin damai maka kita harus bersiap untuk berperang. Terlebih lagi di masa sekarang ini, situasi dan kondisi sudah jauh berkembang pesat di segala bidang. Tak terkecuali perkembangan lingkungan strategis baik nasional, regional maupun global yang terus bergerak dinamis dan kompleks. Ini dapat memunculkan berbagai macam ancaman, baik militer, nonmiliter, maupun hibrida yang diprediksi masih akan mengancam kepentingan nasional kita di masa mendatang.
      “Negara Indonesia harus menjadi negara yang kuat karena Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya. Untuk itu, TNI harus menjadi komponen utama yang kuat agar dapat menjaga kekayaan kita dengan cara menyiapkan pesawat-pesawat tempur canggih maupun Alutsista yang modern. Oleh karenanya, keberadaan pesawat Falcon 7X dan 8X yang ada dihadapan kita sekalian merupakan langkah nyata Kemhan dalam menyiapkan itu semua”, tegas Menhan Prabowo.
      Menhan Prabowo menambahkan, pesawat Falcon 7X dan 8X merupakan sebagian dari materiil kontrak pada pengadaan Interim Multi Role Combat Aircraft (MRCA), dalam hal ini pesawat tempur Rafale. Kontrak MRCA terdiri atas 6 pesawat tempur Rafale, dan pesawat VIP Falcon 8X dimana kontrak ini merupakan bagian awal dari kontrak pengadaan 36 pesawat Rafale lainnya yang saat ini masih dalam fase penyiapan anggaran.

      Pesawat Falcon 7X dan 8X adalah upaya negosiasi Kemhan dengan Dassault Aviation, dimana selain mendapatkan pesawat tempur Rafale untuk TNI AU, namun juga mendapat tambahan pesawat angkut VIP. Pesawat Falcon 7X dan 8X memiliki keunggulan yaitu memiliki jangkauan tempuh yang jauh dan dapat landing dengan baik pada landasan pacu yang pendek.
      “Saya berharap, kehadiran pesawat-pesawat tersebut, harus dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia sehingga pesawat ini dapat dioperasikan dengan baik”, ujar Menhan Prabowo Subianto.
      Pengiriman pesawat Falcon 8X yang sesungguhnya akan dilakukan secara bertahap kurang lebih 1 (satu) tahun. Saat ini pesawat tersebut masih dalam proses produksi. Namun dengan adanya serah terima pesawat interim dalam kontrak pengadaan MRCA, kita sebagai user dapat menggunakan pesawat ini untuk keperluan operasi dan pelatihan baik pilot, mekanik dan kabin crew sehingga bila pesawat yang sebenarnya datang nantinya, TNI AU telah siap dan mampu menguasai pesawat ini dari aspek operasional dan pemeliharaannya. (Biro Humas Setjen Kemhan)
      https://www.kemhan.go.id/2022/12/28/menhan-prabowo-tinjau-pesawat-interim-falcon-7x-dan-8x-tni-au.html
      ----------------

      ini cerita aselinya, harusnya mimin maren setor yg ini ajah om acno haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
    5. pesawat VVIP aselinya kita beli 2 bijik full gresss baruw utk tipe dassault falkon 8x ajah

      kontraknya satu paket ama rafale 6 bijik laluw om acno...
      ini link ente bisa pake buat nimpuk jidat om tsotau yg maren protes mulu soal baruw bekas hore haha!๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      komen lanjutan guwe mao komeng lagi di artikel ini
      https://defense-studies.blogspot.com/2022/12/perkuat-skadron-udara-17-tni-au-prabowo.html

      Hapus
    6. DARI BERITA YANG BERKEMBANG ITU PESAWAT BEKAS PAKAI FALCON NYA , BUKAN FIRST HAND.
      SEPERTI AW 101 DAHULU MESKI NGAKUNYA JUGA DI NOTANYA BARU.

      Hapus
    7. Owh cuma pesawat interim... artinya cuma sementara nunggu yg baru siap produksi...ok lah mantab.
      Pantes kmrn ada yg bilang harganya 2 bijik 125 juta USD...ya wong baru pesawatnya ya segitu harganya.

      Hapus
    8. Sekalian aja Falcon yg interim nanti dijadikan hak milik sapa tau second nya murah...
      Toh juga yg pensiun Fokker 28 ada 4 unit.

      Hapus
    9. Pesawat nya Falcon 7x buatan 2015
      Yg 8x 2017...ya artinya pesawat second nya blm tua....masih lebih tua Falcon 900B Malon buatan thn 90an.

      Hapus
    10. lhaa yg baju merah masyuk perangkap gaesz haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      bukan kejang lagi tapi mendadak eror om acno haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      nyooihh om tupz, 2 falkon yg dateng ituw cuman interim alias sementara dipinjemin dassault, tujuannya uda ditulis diatas utk pelatihan pilot, mekanik dan kru dalam masa tunggu produksi pesawat yg diperkirakan datang bertahap mulai 2023 haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      nach yg bikin guwe heran, itu link dari kementrian pertahanan (kemhan) langsung dimana kurangnya coba? kok ampe ada yg gak mengerti judul tulisan interim haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      padahal di artikel sebelah ttg falkon uda guwe jawab jugak lanjutannya, dan temen2 laen uda tau jugak pesawat falkon yg datang ituw interim.
      kok cuman satuw mahluk ituw doank kagak ngarti...mungkin dia jugak didikan top 5 universitih haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Hapus
    11. TsetoW31 Desember 2022 pukul 11.21

      DARI BERITA YANG BERKEMBANG ITU PESAWAT BEKAS PAKAI FALCON NYA , BUKAN FIRST HAND.
      SEPERTI AW 101 DAHULU MESKI NGAKUNYA JUGA DI NOTANYA BARU.
      ---------------

      om tsotauw yg baek...guwe cuman mao nanya, ente tau gak arti kata "interim" gak??

      klo ente gak tau yaa...kite2 pengen tau ente sekola dimana sech, KL bukan? haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      klo om tsotauw merasa ngerti, yaa kita2 numpang ngakak guling2 dolo haha!๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿคช

      Hapus
    12. jangan lufa ke sini buat baca komeng guwe ttg falkon interim dan neng AWEWE101 haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      https://defense-studies.blogspot.com/2022/12/perkuat-skadron-udara-17-tni-au-prabowo.html?sc=1672456307032#c4162387028993979978

      Hapus
  2. Tahun 2023 akan ada serah terima kapal2 baru. Mantap.
    Semoga banyak kontrak baru juga ....

    BalasHapus
  3. Komen ini bukti HALU YANG MENGAGUMKAN . ..
    Mimpi kejayaan semenanjung yang dari sejarahnya tidak pernah tercapai

    BalasHapus
  4. Terbaik di dunia mengalahkan US Army hwehwehwe tp konflik dengan indonesia mengajak Kawan2 wkwkwk

    BalasHapus

  5. ada warganyet KL

    KEFANASAAN lagiiii kesian haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    KEFANASAAN lagiiii kesian haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    KEFANASAAN lagiiii kesian haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    2022 tak ada SHOPPING SOPING bajet ciput

    Coba kasi cara tutorial yg baik donk pada gmez nich haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus

  6. Deretan sewa tetangga kesayangan
    ๐Ÿ†˜heli sewa
    ๐Ÿ†˜motor BMW sewa
    ๐Ÿ†˜mobil VELLFIRE sewa
    ๐Ÿ†˜pesawat VIP sewa

    masa sewa dikata aset haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    ⛔️Dilarang iri ama TIM ELIT SHOPPING SOPING๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih fisank yang diatas beruk temannya otan om @palu gada

      Hapus
    2. nyoiih om pemburu guwe timfukin fisank dr jauuuh ajah haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ
      ogah jd polower warganyet beda LEPEL= beda KASTA haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    3. Guwe bawa selang air biru buat timfukin om @palu gada

      Hapus
    4. sosotttin om haha!๐Ÿคข๐Ÿคข๐Ÿคข

      Hapus
  7. Cukup sudah cerita aku pagi ini ...

    Jangan cemburu dan dengki setelah tahu betapa haibatnya kami ...

    Selamat Pagi...

    Salam Komando ... Malaysia Brjaya
    Sampai Jmpa Lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami taunya kerajaan2 di semenanjung malaysia dari dulu bahkan sampai kini selalu di bawah kekuasaan asing. Mulai dari vietnam, kamboja, china, sriwijaya, mataram kuno, singosari, melayu jambi, majapahit, portugal, belanda dan british

      Hapus
    2. Betul om @tukang dongan nunggu 999 tahun merdeka sepenuhnya.... otomatis para beruk meninggal dalam keadaan setengah merdeka

      Hapus
    3. Haaaah.....Cemburu dan dengkii dengan bangsa KUALITAS RENDAH ?......MANA MUNGKIIIIN !!!!!.....JIAHAHAHAHAHA......WHEEQ ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Cerita apa mimpi sih nih beruk yg belum dikasih pisang. Wk wk.wk

      Hapus
    5. Beruk LAPAR diberi DADAH tentu hasilnya begitu, beda kalau dikasih pisang akan tidur.....akibat Dadah jadi HALUUUUU ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

      Hapus
    6. Iya malon hebat. Pilih pemimpin aja yg LGBT ha ha ha

      Hapus
  8. DECEMBER 22, 2022 AT 6:20 PM
    Leasing = RM 342,500 per bike
    Outright buy from BMW MY = RM 142,500
    LOL! The paintwork and barely there mods must have cost them another 200k.
    —————-

    mahalan sewa drpd beli haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ
    kontak 5 tahun, stelah itu jual duitnya buat orang tengah lagiiii haha!๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด
    yaaa maklum hasil didikan top 5 universitih gaesz


    BalasHapus
  9. Geng MALON mulai KERASUKAN guys... Wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  10. HOOREYYYY... Aset baru mau datang lagi...

    Si MALON KEPANASAN.... WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  11. Kasihan si MALON mereka tak ada aset baru guys... Yang ada pun MANGKRAK PULUHAN TAHUN... WKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  12. Wkwkwkwkwkwk.... Sorry MALON ...INDONESIA dapat aset canggih baru lagi....

    BYE... BYE.... MALON MISKIN... Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  13. miring miringg...cantik
    last last gubrakk om haha!☠️☠️☠️

    BalasHapus
  14. Si MALON makin KERASUKAN....wkwkwkwkwkwkwkwk

    Mantab INDONESIA... Ada yang makin DENGKI dan SAKIT HATI... Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkekwk

    BalasHapus
  15. MALON yang BERHALUSINASI karena menghisap DADAH ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  16. MALON ini kenapa sih pagi pagi sudah pakai DADAH yaaa ?......FRUSTRASI melihat kemajuan NKRI ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  17. malon juga lagi buat kapal pemburu.....







    pemburu sedekah wkwkwkwkkwkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemburu SEDEKAH dan CEWEK ( AWEK ) ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿคญ

      Hapus
    2. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  18. JIAHAHAHAHAHA ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†......KOPASSUS dilatih Malooon ?......HALUSINASIIII PARAH ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคญ

    BalasHapus
  19. HEEEEAAAAA......beberapa hari lagi datang nih kapal......anggota TIM ELIT SHOPING MAHAL Joget dulu aaaah ๐Ÿ•บ๐Ÿ•บ๐Ÿ•บ......untuk TIM SULIT sana MINGGIIIIIR !!!!! ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  20. Mulai berdatangan aset mahal 1.1.1.1 beda sama sebelah 6 LCS mulai dibesituakan karena salah potong dan kelamaan kepanasan dan kehujanan di darat.ya ampun Pork.

    BalasHapus
  21. Kasihan si MALON makin KERASUKAN akibat INDONESIA terus berdatangan aset baru...

    Kalah lagi sama INDONESIA....WKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  22. IYALAH DIKELUARKAN MASA BERTUGAS DI ALAM GHOIB ?
    TAHUN BARU DENGAN KEKUATAN KAPAL PENYAPU RANJAU BARU .

    BalasHapus
  23. Malon goblok mendoniaaa...wkwkwk

    BalasHapus
  24. Joomm... Aset kapal baru segerah merapat..

    Nah kalap LCS si PEMBUAL mana guys ??..masa sign 2011 kalah sama yang sign 2021 ...

    MALU WOoiiii..... Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  25. "SELAMAT MENANTIKAN WAKTU PERGANTIAN TAHUN UNTUK SEMUA" .

    LEPAS SAMBUT TAHUN DARI 2022 KE 2023.
    ๐Ÿ“ฏTEEET TOOOOOOT TEEEET TOOOOOT
    ๐Ÿฅณ

    BalasHapus
  26. Wkwkwkwkwkwk.... Si MALON nih makin hari makin aneh..

    INDONESIA shopping kapal baru mereka pula KERASUKAN dan NGAMUK karena tak dapat terima kenyataan karena DENGKI... Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  27. Kapal pemburu ranjau masuk dalam aset canggih terbaru ya guys...

    Shooping lagi.. wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  28. Coba TNI AL juga beli heli penyapu ranjau, nanti adu mekanik pilot heli sama nahkoda kapal penyapu ranjau, yang menang dapat gaji tambahan.

    BalasHapus
  29. FREMM nya ditunggu ni!

    Jalasveva jayamahae
    Selamat tahun baru 2023.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bro KAMINGSUN

      https://www.facebook.com/181276675314017/posts/5403422579766041/

      Hapus
  30. KL = KEPANASAN LAGI

    ada malon yang KEPANASAN LAGI dengan FRAMING HALU kerajaan malon di masa sekarang yang penuh HOAX setelah GAGAL FRAMING atas HOAX sejarah masa lalu kerajaan malon.

    Lupakah si malon bahwa elit kerajaan malon lebih suka dibawah kaki PENJAJAHnya yaitu BRITISH SEJAK 1957 SELAMA 999 TAHUN.

    Bayar Sewa Kemerdekaan kepada British selama 999 tahun.

    Bayar sewa tanah Sabah kepada ahli waris Sultan Sulu saja kesulitan.

    Netizen INDONESIA TERTAWA LEPAS....
    WKWKWKWKWKWKWK....

    BalasHapus
  31. Jepang banzai! Udah luncurin mogami class ke 6 aja ni,
    Wuzz cuepett

    https://www.instagram.com/p/Cmzy81Vy8PV/?igshid=MzVlODdmYjc=

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Bappenas dan Kemenkeu segera menyetujui Proposal Jepang atas Penawaran Kapal Perang Mogami Class kepada Kemenhan

      Hapus
    2. BRO @KAMINGSUN
      BRO @BAKUL CERMIN


      MOGAMI DAH SIGN PERTAMA.... TINGGAL AKTIFASI KEDUA N KONTRAK EFEKTIF LAGI.


      TUNGGU KABAR BAIKNYA TAHUN DEPAN

      Hapus
  32. Ada malon kepanasan, stress lihat indonesia terus shoping ha ha ha

    BalasHapus
  33. Malon stress lihat tni terus shoping barang mahal

    BalasHapus
  34. Horre tahun baru dapat kapal baru lagi
    Yeee

    BalasHapus
  35. Shoping dong shoping... Kasihan ATM dikasih barang usang

    BalasHapus
  36. Berjaya dengan barang usang ? Ha ha ha

    BalasHapus
  37. Bapak Menteri Bappenas dan Ibu Menteri Keuangan untuk PSP project-project Kemenhan mohon di-ACC sehingga bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas TNI 3 Matra dalam menjaga dan melindungi kedaulatan NKRI sesuai dengan tupoksi masing masing sesuai arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional dengan hadirnya multiplier effect saat pelaksanaan ToT di dalam negeri.

    BalasHapus
  38. Semoga Bappenas dan Kemenkeu segera menyetujui Proposal Jepang atas Penawaran Kapal Perang Mogami Class kepada Kemenhan.

    BalasHapus
  39. Kasihan negaranya si @supremo....hanya bisa melihat sambil keluar air liur lihat Indo๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ dan negara² jiran shopping alutsista .

    SG.Batu bukan budaya Melayu...peninggaln Chola dan Thai....

    BalasHapus


  40. The Supremo31 Desember 2022 pukul 07.26
    TAMADUN TERTUA MELAYU - Sungai Batu, Kedah

    Situs ini membuktikan bahwa Tamadun di seluruh Alam Melayu Nusantara berawal dari sini ...

    Betol-betol mengagumkan kerana kamilah pewaris tamadun melayu sejati.... bukan Indon


    DASAR HALU ....
    tidak tau kah malon ini, sungai batu hanyalah pusat penambangan dan perdagangan biji besi, produknya hanyalah ingot.
    Sampai saat ini belum ada peninggalan yg menunjukkan sungai batu dan kedah tua merupakan peradaban besar yg menguasai nusantara. Bukti2 yg ada menunjukkan bahwa kerajaan kedah adalah bawahan sriwijaya pada abad ke7, setelah sebelumnya di bawah pengaruh kerajaan2 di kamboja, vietnam, thailand dan india

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ternyata selalu bawah kendali bangsa lain dari dulu dan merdeka cuma setengah.....

      Hapus
    2. Saat ini para peneliti malon sibuk mencari bukti tinggalan produk logam dari sungai batu. Meskipun ada temuan jutaan tuyere (alat tiup tungku peleburan logam), tidak ada satupun produk logam yg ditemukan kecuali ingot.
      Tidak ada pula temuan bangunan2 besar bukti sebagai pusat peradaban besar

      Hapus
    3. Betul om pemburu kerajaan2 di semenanjung malon selalu di bawah ketiak negara lain
      Makanya sekarang mereka klaim kebesaran tamadun malon jaman pra sejarah, dg kerajaan kedah tua nya dan sirus sungai batu

      Hapus
    4. Ambisi malon bisa menggeser peradaban dongson (vietnam) yang saat ini diakui dunia sebagai pusat industri logam (terutama perunggu) pada masanya (sebelum masehi)

      Hapus
    5. Sayangnya bukti2 yg ditemukan tidak mendukung hal itu

      Hapus
    6. Raja saja keturunan wilayah Sumatera logika itu wilayah bawahan karena seperti biasa wilayah bawah yang memimpin keturunan atau keluarga....

      Hapus
    7. Betul oom, orang Melayu semenanjung asal usulnya dari Sumatera

      Hapus
    8. Istilah Melayu pun pertama kali digunakan kerajaan Melayu Jambi

      Hapus
  41. Ah bangke, mules perut gw ngakak

    BalasHapus
  42. Situs megalitikum gunung padang itu 10rb tahun lebih tua daripada sungai batu, kurang literasi nih beruk, lebih cerdas simpanse

    BalasHapus
  43. jangan dibuka pur ntar kejang2 kau

    https://www.facebook.com/lembagakeris/photos/a.295458637229153/5405756842865948

    BalasHapus
  44. Ya...ya...ya itu adegan di film upin ipin kan....

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  45. The Supremo31 Desember 2022 pukul 07.10
    KISAH HEROIC TENTERA MALAYSIA SEBAGAI HERO DUNIA

    TIDAK SEMPAT MAKAN TENGAHARI BERSAMA KELUARGANYA SEMASA BERANGKAT KE SOMALIA

    https://www.youtube.com/watch?v=hMJNxtAdS6Y

    BUKTI KEGEMLANGAN YANG X TERKALAHKAN .. MENGAGUMKAN .....

    MALAYSIA BERBUAYA

    Ya...ya...ya...itu adegan di film upin ipin kan

    ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  46. Kapal versi NGUTANG... WKWKKWKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. IRI DENGKI nih yeee....karena tak ada Lender kasih hutang buat malon....


      HAHAHAHAHA....

      Hapus
    2. KAPAL DARAT YA PURRR.. LCS

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  47. https://www.facebook.com/lembagakeris/photos/a.295458637229153/5405756842865948

    JANGAN DIBUKA PURRR.. EMYARKAU MATI BUNUH DIRI


    2 FRIGATE BARU...
    8 FRIGATE BARU..
    3 KAPAL SELAM BARU
    DLL

    MANTAP

    BalasHapus
  48. Malon tak punya kapal ini nak hutang pun tak mampu lagi beli, gaji menteri saja dipotong 20%, kerajaan gagal wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  49. Apa aset yang tak di HUTANG sama sebelah..? WANG muka rafale saja pakai HUTANG.... WKWKKWKWKWKW

    Kerana tiada wang tu yang NGUTANG terus... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga dong pork tni al beli barang canggih. Bukan buatan china yg busok seperti punya malon

      Hapus
  50. Beban hutang turun ke rakyat... Kesian rakyat sebelah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Malon hutang pemerintah yg tanggung bukan rakyat Malon ya...yg tanggung rakyat planet namex ya...wkkkwkkkk

      Hapus
    2. kasihan...kasihan ...kasihan....rakyat malon selalu dibuat bodoh LOW IQ oleh partai yang berkuasa di kerajaan malon dengan membayar buzzer ringgit yang LOW IQ juga.

      ===============
      kalo INDONESIA membeli alutsista lewat skema Kredit Ekspor dari Negara Penjual maka PASTI MENJADI ASSET INDONESIA DAN BERMANFAAT SESUAI TUPOKSINYA.

      kalo malon dapat hutang dari 17 Lender project LCS gowind class 3.100 ton hasilnya adalah Kapal Darat yang tak pernah Jadi selama lebih 11 tahun.

      HAHAHAHAHAHA.....

      Hapus
    3. Hutang jadi barang. Bukan seperti malon yg hutang untuk bayar hutang. Bodoh

      Hapus
    4. Pork jangan panas ya pork. Bangga dong jiran mampu belu kspal canggih. Bujan sewa atau beli barang busok

      Hapus
  51. Mana ada bayar kapal di hutang .. kalau di hutang kapal tidak akan datang.... wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    Si MALON suka reka reka cerita.. wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  52. Singapura lawan Vietnam aja. Seri 0-0..

    Lah ini timnas MALON malah kalah 3-0 udah kaya ayam sayur.. wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  53. sok2an kau pur emang kapal LEMES beli cash ya pur malunya....

    BalasHapus
  54. si sperma & si gempork..
    dua malay bodoh, yang selalu dengki dengan indo...

    BalasHapus