21 April 2010

TNI AL Ajukan Rp 50 Miliar untuk Sistem Persenjataan

21 April 2010


KRI Pati Unus 384 - korvet Parchim class akan segera ditambah dengan rudal dari Russia (photo : TNI-AL)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut mengajukan dana sebesar Rp 50,2 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2010. Jumlah itu berasal dari APBN-Perubahan 2010 Kementerian Pertahanan sebesar Rp 2,7 triliun. Rencananya, Angkatan Laut akan menggunakan anggaran itu untuk meningkatkan kemampuan sistem persenjataan.

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono, dengan dana itu Angkatan Laut membuat rencana strategis yang akan terpenuhi dalam jangka waktu 15 tahun. “Seperti pengadaan kapal patroli, persenjataan pasukan khusus, dan stamper boat,” kata Agus di Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut, Rabu (21/4). Dana sebesar Rp 50,2 miliar tersebut, seluruhnya habis terserap untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan.

Pengefektifan APBN-P di sistem persenjataan itu, Agus melanjutkan, ditujukan untuk mencapai rencana TNI dalam menerapkan kekuatan pokok minimum atau zero growth. Pada kekuatan pokok minimum, Angkatan Laut mengefisienkan jumlah personil dan meningkatkan kemampuan persenjataan pasukan. “Karenanya, kami akan fokus pada pengadaan alutsista, peningkatan kemampuan alutsista, dan penghapusan kapal tidak yang produktif.

”Untuk pengadaan sistem persenjataan dan penghapusan kapal yang tidak produktif lagi, Agus tidak menjelaskannya. Namun untuk peningkatan kemampuan sistem persenjataan, Agus mencontohkan penambahan peluru kendali dari Rusia pada kapal Angkatan Laut yang berasal dari Jerman. Dan teknis penambahan kemampuan persenjataan kapal tersebut, Angkatan Laut akan melibatkan industri dalam negeri. “Pemasangan dan tansfer teknologinya menggunakan industri dalam negeri, agar ke depannya Indonesia bisa membuat sendiri,” ujar Agus.

Di kesempatan berbeda, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI I Wayan Midhio, mengatakan dari anggaran Rp 2,7 triliun itu, Kementerian Pertahanan membaginya berdasar prioritas peralatan yang akan dibeli.

Anggaran itu yakni untuk senjata dan perlengkapan amunisi sebesar Rp 739 miliar, anggaran kendaraan bermotor sejumlah Rp 179 miliar, anggaran suku cadang sebesar Rp 366 miliar, anggaran untuk peralatan khusus sebesar Rp 799 miliar, dana untuk alat perlengkapan khusus senilai Rp 101 miliar, dana alat kesehatan prajurit sebesar Rp Rp 119 miliar, alat komunikasi sejumlah Rp 173 miliar, anggaran kantor dan rumah dinas sejumlah Rp 224 miliar, serta dana untuk pengembangan sistem sejumlah Rp 20 miliar. “Alokasi alutsista jadi prioritas utama dalam APBN-P 2010,” kata Wayan.

Anggota Komisi I Bidang Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat Tubagus Hasanudin, mengatakan Dewan masih mempertimbangkan permintaan anggaran senilai Rp 2,7 triliun dari Kementerian Pertahanan itu. “Kami masih mempelajarinya, mungkin akhir bulan April baru ada keputusan.” Komisi I, lanjut Tubagus, masih memerlukan penjelasan serta penjabaran dari Kementerian Pertahanan mengenai rincian anggaran yang diminta itu. “Ada tiga yang kami lihat, nilai guna, transparansi penggunaan, kemampuan negara,” ujar Tubagus.

(Tempo Interaktif)

Baca Juga :

TNI AL Prioritaskan Peningkatan Alutsista
21 April 2010

JAKARTA (SI) – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengajukan Rp 50,2 miliar dalam anggaran pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2010.

Menurut rencana Angkatan Laut memfokuskan anggaran tersebut untuk peningkatan kemampuan alat utama sistem senjata (alutsista). Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono mengungkapkan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk peningkatan kemampuan alutsista, pengadaan kapal patroli, serta peningkatan persenjataan untuk pasukan khusus. “Kita mengajukan Rp50,2miliar yang seluruhnya habis terserap untuk perbaikan kemampuan persenjataan, pengadaan kapal patroli,dan persenjataan pasukan khusus,” kata Agus seusai menutup Forum Strategi AL di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Jakarta, kemarin. Peningkatan kemampuan alutsista tersebut, menurut Agus, merupakan salah satu bagian dari cetak biru perencanaan logistik yang dihasilkan dalam Forum Strategi AL 2010–2024.

Untuk peningkatan kemampuan sistem persenjataan, Agus mengatakan akan ada penggantian sistem kontrol kendali dan senjata pada kapal-kapal perang yang dimiliki TNI AL. Dia mencontohkan untuk kapal buatan Belanda diutamakan memiliki kemampuan perang permukaan. Adapun untuk buatan Jerman antikapal selam. “Sudah ada kapal yang kita lengkapi dengan rudal dari Rusia. Kemudian nantinya akan dipasang rudal dari Cina. Semuanya itu akan melibatkan industri dalam negeri untuk proses pemasangannya agar ada transfer teknologi,”katanya.

Secara terpisah,Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin menyampaikan bahwa Komisi I masih memerlukan penjelasan serta penjabaran dari Kemhan terkait perincian anggaran. “Sampai saat ini belum ada keputusan dari Komisi I. Kami ingin menilai dulu prioritas penggunaan,” ujarnya. Selain itu, lanjut Hasanudin, Komisi I meminta agar rencana anggaran tambahan tersebut disesuaikan dengan kondisi keuangan negara.

(Seputar Indonesia)

4 komentar:

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. rawe rawe rantas malang malang putung @ayo TNI beli rudal yang banyak biar aman damai INDONESIA

    BalasHapus
  3. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda City 2014

    BalasHapus