16 April 2010

AS dan Indonesia Awali Latihan COPE WEST 10

16 April 2010

C-130 Hercules dari 374th Airlift Wing (photo : USAF)

PANGKALAN AU HICKAM, HAWAII – Tiga pesawat Hercules C-130 milik AU AS dan sekitar 77 personel dari 374th Airlift Wing Lanud Yokota, Jepang, serta satu C-130 dari TNI-AU dijadwalkan turut serta dalam latihan Cope West 10 di Lanud Halim Perdanakusumah, Indonesia, mulai 19 hingga 23 April. Meskipun Indonesia menjadi tuan rumah Cope West 09 tahun lalu, latihan ini baru yang ke-dua kalinya diadakan bersama antara Indonesia dan AS sejak 1997 dan ini menunjukkan kerjasama militer yang makin meningkat antara kedua negara.

Cope West merupakan latihan pengangkutan udara taktis bilateral yang melibatkan angkatan udara AS dan Indonesia. Latihan ini dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan udara dan memungkinkan pertukaran teknik yang berkaitan dengan operasi pengangkutan, pendaratan dan penerjunan dari pesawat-pesawat Amerika Serikat dan Indonesia. Cope West juga mendukung stabilitas regional melalui kerjasama dan kesatuan tujuan.

Cope West meningkatkan kombinasi antara kesiapan dan interoperabilitas, memperkuat komitmen AS untuk wilayah Pasifik, dan menunjukkan kemampuan AS untuk melakukan operasi pengangkutan udara taktis dalam lingkungan bilateral.


(US Embassy)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar