04 Maret 2011

Fearless Class Akan Segera Digantikan

04 Maret 2011

Fearless class Patrol Vessel (photo : Nur Izuwan)

Angkatan Bersenjata Singapore (SAF) akan lebih berperan dalam operasi perdamaian di luar negeri dan meningkatkan pertahanan nasional dengan menambah beberapa alutsista.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Teo Chee Hean kemarin mengumumkan rencana tersebut selama pembahasan anggaran pertahanan dengan parlemen.

Prajurit SAF akan terlibat lebih dalam pada operasi mendukung perdamaian di luar negeri di bulan depan.

Di dalam negeri, SAF akan meningkatkan kemampuan sistem pertahanan udara, meningkatakan sistem penginderaan dan menambah alutsistanya.

Pembelian baru termasuk pesawat intai tanpa awak (UAV) Heron 1 dan sistem pertahanan udara Spyder-SR.

Akuisisi alutsista baru tersebut akan menggantikan alutsista sebelumnya yang telah dipakai oleh SAF dengan baik selama 20 sampai 30 tahun terakhir.

Angkatan Laut Singapore juga akan merancang kapal patroli baru untuk menggantikan kapal Fearless class yang sudah mengalami penuaan.

Pembelian alutsista baru ini merupakan bagian dari upaya untuk mengubah SAF menjadi kekuatan tempur generasi ketiga.

Angkatan Laut Singapore mengoperasikan 12 Fearless class Patrol Vessel (photo : Cyberpioneer)

Fearless class merupakan kapal patroli dengan panjang 55 meter, lebar 8,6 meter, serta bobot penuh 500 ton. Kapal ini dikembangkan oleh ST Marine (bagian dari Singapore Technologies Engineering) dan dibangun sebanyak 12 unit yang dioperasikan oleh Squadron 189 dan Squadron 182.

6 Kapal pada squadron 189 mulai bertugas pada tahun 1996 hingga 1997. Sedangkan squadron 182 mulai menerima kapal ini pada tahun 1998 hingga 1999.

Fearless class dilengkapi dengan peralatan canggih dari MTU yang berupa SCMMS Ship Control Monitoring and Management Systems (photo : Naval Technology).

Selain kanon utama super cepat OTO Melara 76mm kapal ini dapat digunakan untuk perang tri matra dengan perlengkapan torpedo anti kapal selam Whitehead, rudal pertahanan udara Mistral Simbad, dan rudal anti kapal permukaan Gabriel II.

Kapal yang dapat melaju dengan kecepatan 20 knot ini dilengkapi pula dengan peluncur decoy chaff sebagai pengelak dari serangan rudal lawan.

Untuk meningkatkan kemampuan manuver, kapal ini dilengkapi dengan waterjet kembar yang memungkinkan kapal bermanuver cepat dan dapat beroperasi di perairan dangkal.

Keduabelas Fearless class Patrol Vessel (image : oocities)

(Defense Studies)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar