08 Maret 2011

Pesawat C27J Ditawarkan ke TNI AU

08 maret 2011

C27J Spartan (photo : Alenia)

Ditawarkan ke TNI AU, Pesawat AU Italia Pamer di Halim

Jakarta - TNI Angkatan Udara (AU) ditawari pesawat buatan Spartan yang kini digunakan Angkatan Udara Italia. Pesawat C27J itu bakal mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma dan pamer di hadapan jajaran TNI Angkatan Udara, termasuk Kepala Staf Angkatan Udara.

"Besok informasinya bakal mendarat pukul 13.00 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma," kata Kadispen TNI AU Marsma Bambang Samoedro saat berbincang dengan detikcom, Selasa (8/3/2011).

Setelah tiba di Halim, pihak Italia akan mempersilakan jajaran TNI AU untuk melihat-lihat pesawat tersebut. Mereka akan melakukan static show agar TNI AU dapat melihat dengan jelas bagaimana pesawat tersebut.

"Jadi setelah tiba, kita akan melihat-lihat bagaimana kokpitnya, bagaimana kabinnya, jadi kita akan lihat besok," kata Bambang.

Bambang mengatakan, pesawat yang kini dipakai oleh Angkatan Udara sejumlah negara itu baru saja mengikuti airshow di Melbourne, Australia. Sebelum pulang ke Italia, pesawat akan mampir dan menginap di Halim.

"Jadi tanggal 9 Maret tiba, tanggal 10 akan kembali ke Italia," kata Bambang.

Bambang mengakui, pesawat tersebut memang merupakan salah satu pesawat yang ditawarkan kepada TNI AU. Namun hingga saat ini, belum ada kemajuan apakah TNI AU akan membeli pesawat tersebut atau tidak. Pesawat tersebut merupakan pesawat angkut, bukan pesawat tempur.

"Makanya mereka ke sini dan membuka agar bisa dilihat-lihat. Setelah itu baru kita bahas soal tawaran itu," kata Bambang yang mengaku belum mengetahui soal harga pesawat tersebut.(ken/asy)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar