22 September 2011

Anders Tampil dengan Kanon Cockerill 105mm

22 September 2011

Anders tank ringan buatan Polandia dengan kanon CT-CV kaliber 105mm buatan Cockerill (photos : Obrum)

Pabrikan OBRUM (BUMAR Group) di Gliwice, Polandia, telah menyiapkan versi lain dari platform Anders yang multiperan. Kali ini dengan kanon buatan CMI Belgia (Cockeril Cockerill Maintenance & Ingénieri) yaitu CT-CV kaliber 105 mm.

Umpan balik yang positif tentang teknologi kendaraan demonstrator Anders (termasuk dari mantan kepala tim pengembangan tank Merkava Israel - Kej Avigdor Klein) bahwa chassis prototipe kendaraan Anders produksi Obrum di Gliwice dapat dengan mudah diintegrasikan dengan perusahaan kanon CT-CV 105mm buatan CMI Belgia.


Pekerjaan tersebut dilakukan pada 12-14 September. Ini membuktikan bahwa Anders dengan platform universal telah dirancang dengan baik dan multi-tujuan dengan potensi pengembangan yang besar seperti yang digambarkan dalam program. Hal ini mengingat bahwa varian tersebut harus layak sebelum MSPO 2011 di Kielce (5-8 September) dimana spesialis Belgia telah berhasil menyelesaikan integrasi kanon CT-CV dengan kendaraan beroda rantai Anders.

Anders dengan kanon CTG-120mm buatan RUAG-Swiss (photos : Militaryphotos)

Di Kielce, pertama kali diumumkan ke publik bahwa dana penelitian dan pengembangan platform Anders dengan beberapa varian dapat mecapai lebih dari 50 mln zł (Menurut laporan MSPO angka ini malahan lebih dari 300 mln zł). Hal ini membuka kemungkinan untuk dibicarakan dengan mitra domestik dan asing. Juga sudah dapat dipastikan bahwa akan segera dibangun versi demonstrator yang lain, kemungkinan besar kendaraan akan diperbesar dan diperpanjang (dengan tambahan satu roda) untuk keperluan pembuatan prototipe versi infanteri tempur.


Kendaraan dengan kanon 105 mm ini belum dilakukan uji coba (pada tahun lalu Anders berhasil diuji dengan dilengkapi kanon kaliber 120-mm buatan RUAG Swiss di Kielce pada 22 Oktober 2010). Meskipun demikian terbukti bahwa semua mekanisme sistem kanon CT-CV Belgia dapat bekerja sama dengan chasis Polandia. Dalam catatan waktu lebih dari 12 bulan menunjukkan bahwa Anders dapat menjadi platform untuk tiga jenis system kanon yaitu 30 mm, 105 mm hingga 120 mm. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh calon pelanggan.


Anders yang diperlengkapi dengan kanon dari Belgia kaliber 51-105mm ini akan diuji dengan tes penebakan pada tahun depan.

(Altair)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar