30 September 2011

Kapal Perang TNI AL Akan Ditambah Lagi

30 September 2011

Perusahaan Prancis ECA Robotics telah menawarkan kapal hidro oseanografi modern yang dapat diperlengkapi dengan UUV dan USV kepada TNI AL (photo : ECA)

Jurnas.com TENTARA Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan melakukan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) berupa kapal perang dalam rangka menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut Indonesia.

TNI AL telah melakukan penjajakan ke sejumlah negara untuk pengadaan kapal dan persenjataannya tersebut. "Kami sudah lakukan tinjauan ke Eropa untuk melihat langsung (alutsista yang akan dibeli)," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno usai menghadiri Gelar Hiburan Prajurit menyambut HUT TNI ke-66, 5 Oktober di Mabes AL Jakarta, Jumat (30/9).

Beberapa Angkatan Laut dunia membeli kapal tipe tallships untuk training ship pada galangan kapal dari Astilleros Celaya, Bilbao. Spanyol (photo : Astilleros Celaya S.A)

KSAL menuturkan, dirinya telah melakukan perjalanan selama 10 hari ke negara-negara Eropa untuk meninjau langsung lokasi produsen alutsista terkait pengadaan alutsista bagi AL. "Ke Inggris untuk kapal perang jenis fregate, Spanyol kapal layar latih, Perancis kapal oseanografi," katanya.

Kapal oseanografi ini diperuntukkan bagi dinas hidrografi untuk menunjang tugasnya seperti membuat peta wilayah laut Indonesia. Selama ini, dinas hidrografi minim perhatian, padahal memiliki fungsi penting untuk mengetahui batas-batas wilayah laut Indonesia.

Seiring pengurangan anggaran pertahanan, Inggris akan segera melakukan dekomisioning atas 4 fregat Type 22 batch 3 masing-masing HMS Cornwall, HMS Chatham, HMS Campbeltown, dan HMS Cumberland (photo : mer et marine).

Untuk pengadaan mesin kapal, KSAL menambahkan, dirinya telah meninjau produsen alutsista di Jerman, sedangkan persenjataan untuk melengkapi kapal perang AL nantinya, dia telah melakukan peninjauan ke Belanda.

Dia berharap, pengadaan alutsista sebagai alat dukung AL dalam melaksanakan tugasnya ini dapat berjalan lancar dengan waktu tidak terlalu lama.

1 komentar:

  1. indonesia sdh pernah diembargo oleh negara negara barat, kenapa kita masih membeli alusista dari barat? jangan tertipu lagi oleh rayuan TOT dari barat. nanti akan mempersulit kita sendir.

    BalasHapus