30 September 2011

KSAU Resmikan Penggunaan Simulator Helikopter NAS-332

30 September 2011


Pengembangan simulator ini dilakukan atas kerja sama empat pihak yaitu PT Dirgantara Indonesia (perakitan, desain, instrumen avionik), DSL Inggris (pengerjaan sistem komputer avionik, visual sistem), Belanda ("motion system") dan Amerika Serikat (radar). (photo : Antara)

Jurnas.com KEPALA Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Imam Sufaat meresmikan penggunaan Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma yang dikelola Fasilitas Latihan (Faslat) Wing 4, Lanud Atang Senjaya, Bogor, Kamis (29/9).

Dalam siaran pers Kadispenau, Marsekal Pertama TNI Azman Yunus, yang diterima Jurnal Nasional, Kamis (29/9), KSAU mengatakan simulator NAS-332 Super Puma adalah full flight simulator jenis rotary wing pertama dimiliki TNI AU dan ditempatkan di Lanud Atang Sendjaja.

Menurutnya, pembuatan Simulator NAS-332 mengacu pada pesawat NAS-332 Super Puma type L1 konfigurasi VIP dari SkadronUdara 17.

Pesawat helicopter ini merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia, Bandung yang menggunakan engine Makila 1A1. Selain konfigurasi VIP ada penambahan fasilitas latihan dalam simulator yaitu berupa latihan hoist, sling, fast rope dan para troop yang merupakan kemampuan dari pesawat NAS-332 Super Puma type L1/C1 dengan konfigurasi tactical transport.

“Dengan adanya Simulator kita dapat mengurangi resiko kecelakaan dan efisiensi penggunaan jam terbang serta ekonomis,” kata KSAU.

Simulator NAS-332 mempunyai beberapa fungsi antara lain familirisasi konfigurasi cockpit pesawat NAS-332 Super Puma type L1/C1, familirisasi checklist normal dan emergency procedur mulai dari engine start sampai dengan engine shutdown, memberikan penerbangan dengan misi dan situasi tertentu, memberikan latihan navigasi serta memberikan latihan terbang instrument.

“Kemampuan lain dari simulator NAS-332 Super Puma adalah mampu mensimulasikan adanya kerusakan pada sistem atau komponen utama pada saat latihan penerbangan dilaksanakan,” katanya.

Full Flight simulator NAS-332 Super Puma merupakan peralatan elektronika yang terdiri dari hardware dan software yang bekerja secara integrasi untuk mengelola berbagai program data sehingga mensimulasikan performa pesawat NAS-332 Super Puma secara real time seperti instrument system, avionic system, visual system, motion system, aural cue system menyerupai performa pesawat yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar