06 September 2011

F-16 TNI AU dan F-18 Australia Berlatih di Bali

06 September 2011

Latihan Elang Ausindo 2011 (photo : Pikiran rakyat)

DENPASAR, KOMPAS.com - Latihan bersama antara TNI Angkatan Udara dan Royal Australian Air Force (RAAF) dengan sandi Latma Elang Ausindo 2011 digelar di Pangkalan udara (Lanud) Ngurah Rai, Bali, Senin-Sabtu (5-10/9/2011).

Sebanyak 117 orang personel TNI AU dan 76 personel RAAF terlibat dalam latihan tersebut. Dinas Penerangan Lanud Ngurah Rai menjelaskan, Selasa (6/9) pada latihan tersebut TNI AU menggunakan 6 pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon sedangkan RAAF menggunakan 8 pesawat tempur jenis F-18 Hornet.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasau, Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Anom selaku Inspektur Upacara yang didampingi oleh Air Commodore Mel Hupfeld, Commander Air Combat Group di Appron Base Operasi Lanud Ngurah Rai.

Waasops Kasau mengatakan bahwa tujuan utama dari latihan ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat hubungan baik antara kedua negara, Indonesia dan Australia, serta secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel-personel yang terlibat dalam pengkayaan taktik dan teknik pada operasi udara.

Setelah melaksanakan upacara pembukaan dilanjutkan dengan acara foto bersama dengan latar belakang pesawat F-16 dan F-18 Hornet serta ramah tamah di Base Ops Lanud Ngurah Rai, disela-sela acara ramah tamah dilaksanakan pertukaran cindera mata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar