31 Agustus 2012

KRI Klewang 625 Diluncurkan

31 Agustus 2012

KRI Klewang 625 berhasil diluncurkan dari galangan kapal PT. Lundin Industry Invest. Kementerian Pertahanan memesan 4 kapal trimaran dengan harga per unit Rp 114 miliar (photos : Commando, Kaskus Militer, image : Lundin)

TNI AL Luncurkan Kapal Siluman Tercanggih

KBRN, Banyuwangi: Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran / KRI Klewang 625 yang merupakan kapal siluman pertama didunia, Jum'at (31/8) secara resmi diluncurkan.


Kapal yang memiliki panjang 63 meter buatan Banyuwangi tersebut diklaim sebagai kapal perang tercanggih didunia karena sulit terdeteksi oleh radar.


Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Pertama, Sayid Anwar, mengatakan peluncuran KRI Klewang merupakan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia karena merupakan kapal jenis combatan yang sulit dideteksi oleh radar karena dibuat dari bahan komposit yang ringan sehingga memiliki kecepatan sampai 35 knot.


"KRI Klewang ini sangat ringan sehingga memiliki kecepatan yang cocok untuk misi rahasia dan tempur," ujarnya.


KCR Trimaran merupakan kapal perang tercanggih yang dikembangkan sejak tahun 2009 oleh TNI AL dan PT. Lundin, akan dilengkapi  rudal jarak tembak 120 km membuat kapal ini menjadi kapal perang kebanggaan Indonesia.


"Kapal ini akan dilengkapi 4 rudal jenis C 705 produksi cina dan perlengkapan canggih lainnya," tambah Laksamana Pertama Sayid Anwar.


KRI Klewang tersebut akan diawaki oleh 27 ABK tersebut rencanya akan memperkuat Armatim TNI AL di Surabaya. (Sumarsono/DS/AKS)

(RRI)

11 komentar:

  1. Menarik sekali. Semoga sea trial berjalan lancar.
    Penasaran pingin tahu sistem radar, alkom, sistem tempur dan sensor yg akan dipakai nantinya.
    Sempat lihat foto2 di blog lain, kayanya proses pengerjaan banyak dilakukan o/ org bule ya? Apa ada teknik pengecatan khusus dg lapisan khusus yg mengurangai tampilan radar? Atau memang kapal berteknologi canggih ini masih dikerjakan oleh orang Swedia semua?

    BalasHapus
  2. kalo mau dipasang rudal cina brarti sistem tempur juga buatan timur dong?

    BalasHapus
  3. I wonder how heavy is the ship?

    Does it also carry torps? ECMs, Chaff/IR decoys, the electronic suites

    BalasHapus
  4. KRI Klewang-625 selamat bergabung mengamankan perairan Indonesia, dari rongrongan tetangga sebelah...

    BalasHapus
  5. ALHAMDULILAH YAAA.... SUSUATUU U POKOE

    BalasHapus
  6. mantabb, smg sitem persenjataan, navigasi, radar & semua faktor pendukung tempurnya jg canggih. selamat datang KRI Klewang 625.

    BalasHapus
  7. namanya juga kapal siluman, pasti spesifikasinya banyak yang dirahasiakan. kalaupun ada info yang dibuka untuk publik itu hanya yang info yang biasa2x saja.

    BalasHapus
  8. selamat untuk KRI Klewang,, semoga pertahanan laut indonesia terkuat di asia

    BalasHapus
  9. Ini membuktikan kalau kita memang berniat pasti bisa. jadi jangan belum apa-apa, maunya sudah import terus produk luar negeri.

    BalasHapus
  10. Gan Rudy kan mba lisa bicara ini kpl hasil dari colaborasi antara pihak tni au dan lundin,taukan lundin dari mana? ya jls pasti gaet jga org swedia

    BalasHapus
  11. wah...hari iniKRi Klewang 625 terbakar di Lanal Banyuwangi....korsleting listrik katanya ;-(

    BalasHapus