25 Desember 2014

LAPAN Uji Coba Surveillance UAV di Pameungpeuk

25 Desember 2014

LAPAN LSU-05 (all photos : LAPAN) 

Pustekbang adakan “Pesta” Uji coba LSU di Pameungpeuk


Pameungpeuk (22-23/12) Pusat Teknologi Penerbangan mengadakan serangkaian acara uji coba Program LSU (Lapan Surveilance UAV) yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2014.


LAPAN LSU-01

Uji coba tersebut meliputi First Flight Test LSU-05, Pesawat ini merupakan desain baru yang dilakukan secara penuh dari hulu hingga hilir di Pusat Teknologi Penerbangan, kemudian uji coba paket program LSU-Han berupa uji launcher (catapult) LSU-02, Recovery Parachute LSU-02, dan Jaring LSU-02, juga dilaksanakan Uji terbang manual dan autonomous LSU-03.


LAPAN LSU-02

Selain itu juga diuji coba pemanfaatan LSU-01 untuk pengujian system sensor seeker IR, uji ini merupakan kerjasama Pustekbang, Kemhan, Pindad dan Cirnov UAD


LAPAN LSU-02

LSU-05, generasi kelima dari varian LSU memiliki bobot terbang 80 kg dengan bentang sayap 5,5 meter dan panjang 4 meter. Dalam sesi uji coba ini, pesawat mampu take off pada jarak sekitar 160 m dan terbang loiter selama 15 menit, hal ini sesuai dengan target uji coba dan menunjukkan kemampuan sesuai dengan desain yang direncanakan.

LAPAN LSU-02

Keberhasilan ini, sekaligus menuntaskan target fase I pengembangan LSU, yaitu penguasaan desain dan manufacture, fase berikutnya adalah membuat LSU menjadi produk teknologi yang sangat terkait dengan sertifikasi dan persyaratan safety flight.


LAPAN LSU-03

Sementara uji coba lainnya juga berjalan mulus, Launcher yang didesain para engineer muda Pustekbang juga menunjukkan performance yang bagus, demikian juga dengan uji jaring dan recovery parachute. 


LAPAN LSU-04

“Alhamdulillah, program LSU telah menunjukkan pencapaian yang bagus, dasar-dasar desain, manufacture, juga operasi telah kita kuasai, langkah selanjutnya adalah membuat semuanya menjadi standart operasi yang diterima oleh pasar dan regulasi” demikian ditambahkan Gunawan S Prabowo, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan.


LAPAN LSU-05

Uji terbang ini dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Dirgantara, Dr. Rika Andiarti, Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Afif Budiono, Sestama, Ignatius Loyola Arisdiyo, dan Mantan Kepala Lapan Bambang Tedjasukmana, Direktur Topografi Brigjen Dedi Hadria, Kolonel Andi Sutama dan rombangan dari Kemenhan, Prof Hariyadi dari UAD, serta para perekayasa, peneliti & teknisi di lingkungan Pusat Teknologi Penerbangan Lapan Rumpin Bogor.


(LAPAN)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar