14 Juli 2015

Ukraina Tawarkan Produksi Radar Bersama

14 Juli 2015


80K6M radar pertahanan udara terbaru dari Ukraina (photo : vk)

Konflik di Ukraina Tidak Mengganggu Hubungan RI – Ukraina

Jakarta, DMC – Meskipun situasi dalam negeri Ukraina sedang mengalami masalah atau konflik namun hal tersebut tidak mengganggu hubungan antara Indonesia dan Ukraina yang telah berjalan dengan baik. Project antara kedua negara tetap berjalan dengan baik. Demikian disampaikan Dubes Ukraina untuk Indonesia Mr. H.E. Volodymyr Pakhil saat melakukan kunjungan kepada Menhan Ryanizard Ryacudu, Jumat (10/7), di kantor Kemhan Jakarta.

Dalam kesempatan ini Dubes Ukraina mengatakan bahwa hubungan di bidang pertahanan dengan Indonesia telah berjalan dengan baik dan belum ditemukan masalah yang berarti selama ini. Untuk itu seperti disampaikan Dubes Ukraina bahwa  pemerintahnya menyampaikan keinginannya untuk memperluas kerjasama dengan Indonesia.

Dubes Ukraina meyakinkan bahwa Ukraina adalah negara bersahabat dan partner yang dapat dipercaya di bidang pertahanan. Banyak propaganda di Rusia yang menyudutkan Ukraina namun Ukraiana mendapat dukungan yang luas dari negara-negara di dunia termasuk dari Indonesia.

Saat ini di Kemhan terdapat draft memorandum kerjasama di bidang pertahanan yang sedang dilakukan pembahasan. Untuk itu Dubes Ukraina memomohon dukungan Menhan agar dilakukan pembahasan lebih lanjut dalam waktu dekat. Disampaikan juga bahwa perwakilan delegasi Indonesia beberapa kali melakukan kunjungan ke Ukraina untuk melanjutkan project-project yang sedang berjalan. Kerjasama yang telah berjalan diantaranya produksi bersama dengan PT Pindad di Bandung.

Ukraina menyatakan kesiapannya untuk merlakukan transfer teknlogi dalam memproduksi radar secara bersama-sama dimana 60 % diantaranya dapat diproduksi di Indonesia. Untuk kedepannya Ukraina dapat memberikan teknologi tentang radar secara penuh.

Disela-sela kunjungannya kepada Menhan, atas nama pemerintah dan rakyat Ukaina, Dubes menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU.

Menanggapi hal tersebut, Menhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Ukaina untuk simpatinya atas musibah jatuhnya pesawat Hercules TNI AU. Sementara itu di bidang pertahanan, Menhan menyetujui kerjasama yang telah dijalin kedua negara dan langkah-langkah yang telah dijalankan serta keinginan Ukraina untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Indonesia.  Semoga kedepannya hubungan kedua negara semakin baik.

(DMC)

2 komentar:

  1. kerja sama bikin radar dengan ukraina kabar bagus buat indonesia , loncatan tehnologi dirgantara itu butuh yali dan uang ...ukraina butuh uang dan punya tehnologi siap di obral ke indonesia sama 2 di untungkan buat masa panjang .

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus