09 Februari 2016

Menhan Akan Teken Pembelian Sukhoi SU-35 Bulan Depan

09 Februari 2016

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Vitaly V Kuzmin)

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berencana melakukan kunjungan kerja ke Moscow, Rusia, Maret mendatang. Ryamizard ke Rusia untuk memenuhi undangan sebagai pembicara dalam sebuah acara di Negeri Beruang Merah tersebut.

"Selain itu saya akan teken kontrak pembelian Sukhoi SU-35," kata Ryamizard usai mengikuti pertemuan dengan Sekretaris Pertahanan Rusia di kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, di Jakarta, Selasa, 9 Februari 2016.

Ryamizard mengatakan, sesuai rencana, pemerintah hanya akan membeli delapan hingga sepuluh unit Sukhoi SU-35 meski kebutuhan TNI AU adalah satu skuadron atau 14-16 unit pesawat. 

Ryamizard mengatakan, kebijakan ini diambil agar tak ketinggalan teknologi. "Begitu sudah jadi pesawatnya, ternyata ada (pesawat tempur) yang lebih canggih lagi. Jangan sampai kita tertinggal teknologinya," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu.

Ryamizard masih merahasiakan harga satu unit Sukhoi SU-35 dan besaran anggaran pemerintah. Namun menurut sejumlah situs pertahanan, harga satu unit Sukhoi SU-35 berkisar US$ 50-70 juta, atau antara Rp 680 miliar - 952 miliar dengan kurs Rp 13.600 per dolar AS.

Sukhoi SU-35 merupakan jenis pesawat tempur canggih buatan Rusia generasi 4,5 atau mendekati kemampuan siluman (antiradar). Pemerintah sepakat memilih Sukhoi SU-35 untuk menggantikan jet buru sergap F-5 Tiger TNI AU yang dinilai sudah uzur.

Jet tempur SU-35 ini berkursi tunggal, hasil pengembangan dari SU-27. Indonesia sudah mengoperasikan jet SU-27 sejak 2004 silam. Pemerintah memilih SU-35 lantaran memudahkan pilot dan teknisi TNI AU. Sebab pengoperasian dan perawatannya tak jauh berbeda dengan SU-27.

Sukhoi SU-35 dapat terbang dengan kecepatan maksimum 2.390 kilometer per jam. Pesawat ini dapat terbang sejauh 3.500-5.000 kilometer, memiliki 14 cantelan senjata yang bisa diisi dengan rudal, roket, dan bom.

(Tempo)

47 komentar:

  1. Ada yang nazar larbug gak kalo disini??? Semoga ga ada bantingan ditikungan menjelang tanda tangan kontrak. Btw, kali ini komplot dengan spidolnya gak ya?

    BalasHapus
  2. mahal dan boros bahan bakar. memang keuntungan SU adalah daya jelajah nya, ga ada matinye ... karena garis pantai Indo yg panjang mengharuskan punya pesawat sekelas SU atau F15. Sudah waktunya TNU AU milih mesin ganda. Kalo F16 harus selalu dekat pangkalan mengingat tankinya kecil.

    BalasHapus
  3. ada dulu yg yg menyarankan beli grippen. 100x bolak balik papua aceh pasti langsung heavy overhaul mesin.

    BalasHapus
  4. Sayang belinya cm 10 aj, ap menunggu pak fa?

    BalasHapus
  5. Sayang belinya cm 10 aj, ap menunggu pak fa?

    BalasHapus
  6. Menurut sumber Sukhoi 35 s baru di uji coba di medan tempur berkecamuk nya perang suriah mondar mandir memasuki kota istambul turki tampa di teksi radar ...bisa di bayangkan ratusan jet tempur f16 turki yaris tak berguna menhadapi ganas nya sukhoi 35 s bolak balik pangkalan tampa bantuan jps dan penuntun radar dari bawah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi 35 is not stealthy u troll..

      Hapus
    2. Om, ngomong apa si?
      Blm pernah di pake tu su 35 di suriah.
      Yg di pke tu su 24...

      Hapus
    3. Dont feed the troll pleasee....

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. 1. Su-35 is NOT stealthy.
      2. The turks do detect them.
      3. They don't go to Istanbul, they just passed through the border with Syria a little bit.
      4. It's called GPS not jps. And the russian version is GLONASS.
      5. You are the DUMBEST, RUDEST, MOST RACIST troll ever. You should go fuck yourself.

      Hapus
    6. Cyber war doesn't need stealth weapons.. Go ahead just continue with the war. Good luck all.!

      Hapus
    7. Tanpa bantuan jps...??? Hahahahaha... jaminan pengaman sosial maksudnyaaa.. hihihi...
      Top troller sepanjang masa memang si muarif bloon ini... hihihi..

      Hapus
    8. JPS adalah semacam format file seperti JPG... Huahahahahhaa

      Hapus
    9. tuh kan?
      dia itu sejenis mbah-mbah yg sok gaul ngomong dunia teknologi layknya gen-Y
      jadinya ya gitu.. blo'on tapi ga tau malu akan blo'on-nya
      nulis saja ga bener

      Hapus
  7. Su 35 sudah dipake di Syria. Btw itu muarif the hoaxer bin shameless belum pernah disembur pake buangan jet dr GE110. 132 ye

    BalasHapus
  8. mulai ada yg kemasukan setan lagi ni, btw jps? GPS kalee, jelas nda pakai GPS rusia pakai Glonass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksud muarif pilotnya ga perlu JPS krn dari golongan orang yg mampu.. jd ama ahok ga di kasih.

      Hapus
  9. Saya yakin pasti ada pembelian tahap kedua guna melengkapi sampai satu skuadron.

    Semoga lancar dan cepat terealisasi.

    #selanjutnyapakfa

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menhan sekarang itu yg merintahin dibuatin jalan inspeksi perbatasan indo-malaysia sepanjang 2700 km lebih dan minta dibuatin pos jaga setiap beberapa puluh kilometer. Sepanjang jalan itu juga dibuatkan beberapa helipad dan makeshift runway. Program serupa juga ada diperbatasan Indo-Timor dan Indo-PNG.

      Menhan itu mantan prajurit, kombatan aktif, yg pernah tugas di medan tempur di Aceh, Timor gak layak situ ngomentarin beliau yg sedang membangun nama baik Bangsa. Beliau seorang patriot, situ apaan?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. Hei Muarif mending kita tarung aja di dunia nyata jing. Biar gua sangkur mulut jahanammu itu jing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduhh megerikan broo ....main sangkur ...sangkur emang gua sawah main cangkull hahakwkw huoi huii ...

      Hapus
    2. Bro muarif tolong dong jelaskan maksud anda lapisan anti peluru utk rotor di thread ah64 apache itu apa ya? Bahannya apa gitu... teknik aplikasinya gimana gitu.. apa di oles kuas, di totol2 kapas, apa di sembur2.. pleaaaseee jelasiiin ya, masa anda yg katanya paling pinter di jagad maya ga bisa jelasin siiih.. malu aaaah, banyak omong ga bisa jelasiiin

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Follow Bro Bebei..
      Bro muarif tolong dong jelaskan maksud anda lapisan anti peluru utk rotor di thread ah64 apache itu apa ya? Bahannya apa gitu... teknik aplikasinya gimana gitu.. apa di oles kuas, di totol2 kapas, apa di sembur2.. pleaaaseee jelasiiin ya, masa anda yg katanya paling pinter di jagad maya ga bisa jelasin siiih.. malu aaaah, banyak omong ga bisa jelasiiin
      Wkwk

      Hapus
    5. Follow Bro Bebei..
      Bro muarif tolong dong jelaskan maksud anda lapisan anti peluru utk rotor di thread ah64 apache itu apa ya? Bahannya apa gitu... teknik aplikasinya gimana gitu.. apa di oles kuas, di totol2 kapas, apa di sembur2.. pleaaaseee jelasiiin ya, masa anda yg katanya paling pinter di jagad maya ga bisa jelasin siiih.. malu aaaah, banyak omong ga bisa jelasiiin
      Wkwk

      Hapus
    6. Marah benar nampaknya bro utomo

      Hapus
  13. Agan2 sekalian, klo melihat statement Bpk Menhan kita, menurut ane sih jumlah pembelian SU-35 BM kita mank sengaja diperkecil. Tujuannya sbg jembatan para pilot kita menuju SU-35 PAKFA yg akan diborong dlm jumlah efektif ke dpn nya..

    BalasHapus
  14. Agan2 sekalian, klo melihat statement Bpk Menhan kita, menurut ane sih jumlah pembelian SU-35 BM kita mank sengaja diperkecil. Tujuannya sbg jembatan para pilot kita menuju SU-35 PAKFA yg akan diborong dlm jumlah efektif ke dpn nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya kemungkinan kita beli pakfa dlm waktu dekat kecil. Kemungkinan besar kita bakal pakai KFX/IFX dulu. Atau mungkin juga kalau beli pakfa dalam jumlah kecil dengan fungsi seperti sukhoi kita sekarang.

      Hapus
    2. Kmgkn itu benar mas. SU-35 sbg "jembatan" untuk ke PAKFA. Mgkn nanti ke depannya kita kombinasi antara PAKFA dan IFX/KFX. Semoga.

      Hapus
    3. Dlm wktu dekat memang tidak.. Tp roadmapnya sepetinya dirancang ke arah sana. First class fighter kita PAKFA sm IFX, Secondary nya bru SU-35 BM dgn peran tambahan pswt latih lanjut utk PAKFA ditambah F-16 dgn peran latih lanjut utk IFX. klo sepengamatan ane sih bgtu gans..

      Hapus
    4. Dlm wktu dekat memang tidak.. Tp roadmapnya sepetinya dirancang ke arah sana. First class fighter kita PAKFA sm IFX, Secondary nya bru SU-35 BM dgn peran tambahan pswt latih lanjut utk PAKFA ditambah F-16 dgn peran latih lanjut utk IFX. klo sepengamatan ane sih bgtu gans..

      Hapus
  15. Menhan pilihan partai santer mau di ganti ...bukan kata sayaaa broo kata para pegamat dan petinggi negara . Cuma sayaa sempat gasih saran ama orqng no satu di indonesia itu ....memeilih mentri pejqbat setingkat mentri liat dari treek recond ...anda di pilih rakyat bukan di pilih barat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. buseet, tulisan lo berantakan kaya anak TK yg ga lulus...
      Btw... saya jd pengin tanya juga nih...
      Bro muarif tolong dong jelaskan maksud anda lapisan anti peluru utk rotor di thread ah64 apache itu apa ya? Bahannya apa gitu... teknik aplikasinya gimana gitu.. apa di oles kuas, di totol2 kapas, apa di sembur2.. pleaaaseee jelasiiin ya, masa anda yg katanya paling pinter di jagad maya ga bisa jelasin siiih.. malu aaaah, banyak omong ga bisa jelasiiin

      Hapus
  16. Iki thread opo toh, judul karo sing dibahas koyok bumi karo langit...


    Hadew... Capek dueh...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa bro, kalo si muarif dah nongol pasti kaya gini..

      Hapus
    2. Biasa bro, kalo si muarif dah nongol pasti kaya gini..

      Hapus