11 Februari 2016

Kodam II/Sriwijaya Segera Miliki Batalyon ARHANUD

11 Februari 2016


Yonarhanud 12 / Satria Bhuana Prakasa (SBP),merupakan pengembangan dari Baterai Arhanud Ringan 41/Berdiri Sendiri (photo : pussenarhanud)

Kaganga.com, Palembang - Kodam II/Swj akan segera memiliki Batalyon Artileri Pertahanan Udara bernama Yonarhanud 12 / Satria Bhuana Prakasa (SBP) yang berlokasi di Jalan Lintas Raya Palembang – Betung Km 18 Ds.Sukamoro Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin (eks Markas Yonif 200/Raider – Serong).

Waka Pendam II/Swj Letkol Inf Paiman, menjelaskan bahwa Yon Arhanud 12/SBP yang sebentar lagi akan diresmikan ini merupakan pengembangan dari Raiarhanudri 41/BS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kasad nomor 60 tahun 2015 tanggal 19 November 2015 tentang pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj.

“Insya Allah dalam waktu dekat, minggu depan akan diresmikan oleh Pangdam II/Swj," tandas Paiman.

Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, sambung Wakapendam II/Swj merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). Dalam rangka pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, secara bertahap berbagai kelengkapan satuan baru baik pangkalan, perkantoran, perumahan, personel, materiil, persenjataan dan lainnya akan dipenuhi dan dilengkapi.

Perlu diketahui bahwa Tugas pokok Yon Arhanud adalah melaksanakan pertahanan udara secara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh serta mendukung terciptanya stabilitas pertahanan wilayah yang kondusif dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj.

Terkait rencana peresmian Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj ini, Rabu (10/2/2016), Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., para Asisten dan Kabalak Kodam II/Swj melakukan kunjungan dan peninjauan secara langsung ke Markas Yon Arhanud 12/SBP.

Kedatangan Pangdam II/Swj bersama sejumlah pejabat Kodam II/Swj di Markas Yon Arhanud 12/SBP, disambut dan diterima Danyon Arhanud 12/SBP Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto S.Sos, dan Komandan Raiarhanudri 41/BS Kapten Arh Andy Qomarudin serta jajar kehormatan dan sambutan yel-yel dari segenap prajurit Yon Arhanud 12/SBP.

Setelah melakukan ramah tamah, Pangdam II/Swj beserta Kasdam II/Swj dan pejabat teras Kodam II/Swj menerima paparan terkait perkembangan satuan oleh Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP. Kunjungan Pangdam II/swj diakhiri peninjauan pangkalan / markas satuan.

(Kaganga)

11 komentar:

  1. Dana hibah pertahanan dari rakyat terus meningkat $$ milyaran dolar ...apa ga bagus di ganti alutsista usang peninggalan perang dunia 2 . Ada banyak pilihan anti serangan udara berpandu radar pansir s 2 yata berkualitas tampa embargo . Lebih bagus s 400 di jamin ruang udara nkri gak bakal ada berani nerobos .
    Maaf liat foto di atas mirip pertahanan isis di suriah yaris tidak berguna menghadapi gempuran jet tempur rusia bomber su 34 fullback .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan gw ga pernah di jawab lo bro.. ngabur terus looo.. payaaaah... daaah ngaku aja deh kalo emang bloon/begooo.. jadi gw ga tanya2 lagiii...
      Nih sekali lagi gw tanya yaaa..
      Tolong jelasin yg lo maksud lapisan anti peluru untuk rotor di thread ah64 apache itu apa?apa jenis dan nama materialnya.. bagaimana teknik aplikasinya, apa di tempel, di oles, di totol2 atau di sembur2.. sebagai komentator jangan cuma berani ngomong ga bisa jelasin, itu namanya tolol kuadrat pangkat 10.. dah jawab deh pertanyaan gw atau ngaku aja kalo bego jd gw ga tanya2 lagi.

      Hapus
    2. Alasannya adalah zore enemy dan keseimbangan kawasan πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. Lanjutkan pertanyaanmu bro bebei
      Wkwkwk

      Hapus
  2. Trus berdoa biar S400 hadir dimari...

    BalasHapus
  3. Nunggu s500 kali bray..masih fresh..ngarep mode onπŸ˜„πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mungkin dikasih s500 haha. Kalau s500 keluar pasti s400 baru dilepas rusia.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Wah peningkatan 2 kali / dimensi.
    Dari baterai menjadi batalyon, dan dari ringan menjadi sedang. Apa berarti akan diberikan alutsista rudal?

    BalasHapus
  5. muarif itu orang malaysia, dia pura pura menulis ingin peduli dengan Indonesia tapi sebenarnya dia berusaha ingin menghina indonesia. itu saja.

    BalasHapus