03 Februari 2016

Dua Kapal Selam Baru TNI AL Akan Ditempatkan di Palu

03 Februari 2016


Pangkalan di Watusampu, Palu akan siap pada akhir 2016 (photo : MetroTVNews)

Akhir 2016 Palu akan Punya Dermaga Kapal Selam

PALU - Dermaga kapal selam milik TNI AL di Watusampu yang saat ini sedang dalam pembangunan ditarget akan selesai pada akhir 2016 mendatang.

Komandan Pangkalan TNI AL Watusampu Palu, Kol. Laut (P) Yanu Madawanto mengatakan, saat ini pembangunan tahap pertama dermaga kapal selam itu sedang berlangsung dengan menelan biaya lebih dari Rp21 miliar. “Tahun ini akan dilanjutkan degan tahap kedua dan ketiga sekaligus sudah selesai,” kata Yanu.

Dermaga tersebut akan melengkapi dua dermaga kapal selam lainnya di Indonesia yakni di Komando Armada Barat (Koarmabar) di Jakarta dan Komando Armada Timur (Koarmatim) di Surabaya. Dermaga di Palu nantinya direncanakan akan menjadi Komando Armada Tengah (Koarmateng).

Ia mengatakan, pembangunan dermaga tersebut sempat tertunda selama satu bulan karena proses negosiasi pembelian kapal selam di Korea Selatan dan Rusia masih berjalan. Namun saat ini negosiasi tersebut sudah selesai sehingga pembangunan dilanjutkan.

Saat ini, pembangunan yang sedang berjalan adalah penggalian untuk pembuatan dermaga dan akan selesai dalam waktu dekat ini untuk dilanjutkan ke tahap kedua.

Disebutkan, pada saat rampungnya dermaga tersebut, dua kapal selam baru yang akan memperkuat TNI AL akan ditempatkan di dermaga tersebut. “Dua kapal selam baru itu akan akan tiba di awal dan di akhir 2017, sehingga kita berharap dermaga tersebut sudah siap sebelumnya, paling tidak di akhir 2016” imbuh Danlanal.

Dalam Rencana Strategis Minimum Essential Forces (MEF), TNI AL telah direncanakan penambahan armada kapal selam yang dimiliki. Saat ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam, yaitu KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402. Dua kapal selam itu sudah tergolong sudah cukup tua dan beroperasi sejak 1980 silam.

Pemerintah lewat Kementerian Pertahanan telah menyepakati soal pembelian kapal selam jenis Changbogo berukuran lebar 6 meter dan panjang 60 meter dengan sistem transfer of technology (ToT) dari Korea dan satu lagi dari Rusia jenis Kilo berukuran lebar 6 meter dan panjang 100 meter.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu diberitakan soal rencana untuk menjadikan Watusampu sebagai pangkalan kapal selam karena dari sisi topografi kelautan sangat memungkinkan dengan kedalaman pesisir yang sangat baik.

Pengembangan menjadi pangkalan kapal selam menurut Danlanal masih membutuhkan waktu karena pangkalan tidak sekadar tersedianya dermaga buat kapal selam. Berbagai infrastruktur harus tersedia mulai dari dermaga itu sendiri, sarana penunjang seperti energi, termasuk asrama bagi personel dan sebagainya. “Tapi arahnya pada pangkalan itu,” tandanya.

(Berita Palu)

61 komentar:

  1. Sub marine classs kampung mau di taruk di mana sajaa ga ada efek getar ....hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro muarif tolong dong jelaskan maksud lapisan anti peluru untuk rotor yg anda maksud di thread ah64 apache itu kaya gmana bentuknya yaa... trus teknik aplikasinya apakah di oles kuas.. ditotol2 kapaas atau disembur2..?
      Wkwkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Lu orang mana sih baihaqi...kalo indonedia kenapa hina alutsista sendiri ??? Kalo emang malon ya bener aja

      Hapus
  2. Sub marine classs kampung mau di taruk di mana sajaa ga ada efek getar ....hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan bro hendra....
      Bro muarif tolong dong jelaskan maksud lapisan anti peluru untuk rotor yg anda maksud di thread ah64 apache itu kaya gmana bentuknya yaa... trus teknik aplikasinya apakah di oles kuas.. ditotol2 kapaas atau disembur2..?
      Wkwkwk

      Hapus
    2. Monggo bro bebei..

      Ini jg comment ane copas dr comment ente yg ada di artikel sebelumnya ttg SU-35 kita hehe..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Malon punya scorpene juga gak bisa nyelem

      Hapus
    5. Malon punya scorpene juga gak bisa nyelem

      Hapus
  3. Kelas kampungnya punya penyakit rabies dan gila... hihuhuhi...
    #branideket

    BalasHapus
  4. Paragraf krtujuh KILO CLASS kok disebutkan dipesen sama pemerintah RI...?

    Bukannya kasel kilo dibatalkan.
    Wah wartawannya pusing palabarbei.

    #berharapamurclass




    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucunya, dermaganya kurang lebar dan terlalu panjang buat Kilo class. Perbandingan panjang x lebar kedua tipe kapal selam diatas,
      Type 209-1400 : 61.2m x 6.25m
      Pr. 636 : 73.8m x 9.9m

      Hapus
  5. Maaf jangan salah paham broo....kapal selam classs kampung mau di parkir di mana sajaa ga garuh ....gak ada efek getar ...hahakwkw....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar aja lah om, santai ja tu mau di parkir dmn...
      Yg penting gk di parkir d dpn rumah om, tar klo di parkir di rumah om mlh mau di mkn sm om nanti..
      Kan ky lontong, tinggal di ksh sayur ja...
      Hihihi...

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. muarif itu orang bodoh...heheheheee.....dia melayu malaysia...ngaku ajalah....

    memangnya beli kapal selam pake daun ?, kalau beli kapal selam itu pake daun barulah kamu bisa bilang nggak ada efek gentar.....

    kalau muarif yang punya kapal selam barulah saya percaya nggak ada efek gentar karena belinya pake daun, makanya kapal selamnya dari bahan panci buat masak.

    heheheheheee

    BalasHapus
  8. muarif....iri dengki itu tanda tak mampu......biasanya begitu......heheheeee

    BalasHapus
  9. yg penting bisa TOT buat KaSel.. jadi bisa buat sebanyak mungkin lumayan latihannya terpedoin kapal maling ikan di persada nusantara..

    BalasHapus
  10. submarine malon negara beruk tak dapat menyelam, baru beli sudah di repair, tahniyah, huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada lagi forumer seperti kamu ni bro. Oh well

      Hapus
    2. Ada lagi forumer seperti kamu ni bro. Oh well

      Hapus
    3. Ne ukuran 100 meter ukuran kasel nx jenis apa gan...klo kilo gk srpanjang thu..atau kah typhoon..??

      Hapus
    4. Biarpun gitu juga mereka repair dan maintenance besarnya di galangan dalam negeri loooh.. kita masih kirim2 keluar negeri.

      Hapus
    5. Artikel gak jelas. Yg jelas cuman dua, dermaganya sedang dibuat dan tahun depan akan ada kapal selam yg di taruh disini

      Hapus
  11. bebei...kita bukan hanya repair tapi sedang persiapan bikin sendiri tuh kapal selam....jangan membanggakan malaysia, itu hanya negara kecil yang melayunya sombong berlagak kaya, padahal malaysia tuh apa...anggaran pertahanannya saja kecil, sampai hari ini saja mau beli kapal angkut LPD nggak kesampaian....dari dulu hanya punya 2 kapal LPd itupun kapal bekas dan sudah terbakar satu unit.

    beli kapal selam scorpene juga dimark up harganya paling mahal tapi kualitasnya jelek, kapal baru dibeli sudah tidak bisa menyelam, issuenya di malaysia sudah ramai bahwa ada korupsi di pembelian kapal selam scorpene malaysia.

    orang orang melayu malaysia itu berlagak kaya padahal di malaysia sebagaian besarnya hanya hidup sederhana, itupun sudah dibantu subsidi pemerintah dengan bermacam macam keistimewaan melayu.

    bikin senapan ringan saja nggak bisa...gayanya merendahkan negara orang....muarif muarif...sadar sadar negaramu itu nggak bisa apa apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Indonesia dibandingkan dgn Singapore yg penduduknya cuman 5 jutaan, sakitnya itu disini. Daripada bikin tulisan yg sifatnya inflammatory demagogue kek gini mending komen seadanya.

      Hapus
    2. Kalo Indonesia dibandingkan dgn Singapore yg penduduknya cuman 5 jutaan, sakitnya itu disini. Daripada bikin tulisan yg sifatnya inflammatory demagogue kek gini mending komen seadanya.

      Hapus
    3. Bro. Lihat ip adress bro muarif dulu bro.. He's Indonesian. Katanya hackers indonesia hebat2 belaka. Try la cek bro.

      Kami tidak mempunyai sebarang kapal LPD. KD Inderapura merupakan kapal LST bekas USS Spantarburg Caunty. KD Mahawangsa dan KD Indera Sakti pula adalah kapal MRSS. Hakikatnya aku tidak menolak kemampuan limbungan dan industri pembuatan kapal d indonesia. The SSV class is a good desgn. Affordable and on time. Aku pun hairan kenapa ianya masih tidak dtawarkan kpd kami.

      Yes. Ur defense budget is larger then ours. But have u ever question how much from that budget is use 4 development dan bukannya belanja mengurus @ operational expenditure (salary, maintanance and ect)

      Hapus
    4. Bro Rinto

      Sekadar tambahan. Bro muarif merupakan fans berat everything Russian. Dia beranggapan yang perolehan kapal selam kelas Improved CBG oleh TNI AL merupakan satu kesilapan kerana tidak mempunyai daya "gentar". He loves Kilo's, Akula's and Typhoon's.

      Hapus
    5. Bro dwiputra Utomo....kalau singapore nggak perlu difikirkan, biarkan saja karena mau seperti apapun singapore tak akan membuat negeri itu kuat.....

      Singapore itu hanyalah anak kecil yang paranoid, maklum sajalah.....

      Hapus
    6. Bro dwiputra Utomo....kalau singapore nggak perlu difikirkan, biarkan saja karena mau seperti apapun singapore tak akan membuat negeri itu kuat.....

      Singapore itu hanyalah anak kecil yang paranoid, maklum sajalah.....

      Hapus
    7. Indonesia Bangsaku Taurus 4, serius? Singapore itu, walaupun negara kecil, tapi mereka punya kapasitas dan kapabilitas militer yang jauh melebihi kita. Banyak yang ga tau kalau mereka sebenarnya sempat ngirim pasukan ke Afganistan. Bukan operasi penggebuk memang, tapi it still a military operation bukan peace keeping operation. Tolong bikin riset lebih baik Bro. Betul kata Bro Shed, dana pertahanan kita lebih banyak untuk kesejahteraan prajurit dll dari pada dana operational maupun latihan pengoperasian alutsista. Mungkin hal tersebut yang membuat pemerintah tidak akan menambah jumlah personil ke depannya, namun memaintanance jumlah yang ada.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. muarif coba sebutkan dalam industri pertahanan malaysia itu apa yang sudah dibuat ?, sebutkan biar saya kasih tau kebodohan negerimu itu......kemampuan industri pertahanan malaysia seperti apa ?, sebutkan......apa kebanggaanmu terhadap negerimu ?, biar aku kasih tau semua kebodohanmu wahai melayu malaysia.

    muarif jangan main main dengan kami, jangan pernah menyinggung harga diri kami, bangsamu itu tidak lebih baik dari kami......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bro kelas kedah/meko100 walaupun lambat kami siapkan pada jadual yg ditetapkan kami siapkan
      juga ... av8 gempita juga buatan kami dan rekaan kami bro iyanya hasil modified pars turki dan sedikit tunjuk ajar turki..dan memang kami tidak desain kenderaan ini alone..sebab itu kami membeli blueprintnya untuk memenuhi spesifikasi atm... dan byk lagi seperti westar juga membuat kenderaan militari ,senjata aug stayer yg kalian beli suatu masa dahulu dan terbaru gowind class versi malaysia akan menyusul

      Hapus
    2. Ada bro kelas kedah/meko100 walaupun lambat kami siapkan pada jadual yg ditetapkan kami siapkan
      juga ... av8 gempita juga buatan kami dan rekaan kami bro iyanya hasil modified pars turki dan sedikit tunjuk ajar turki..dan memang kami tidak desain kenderaan ini alone..sebab itu kami membeli blueprintnya untuk memenuhi spesifikasi atm... dan byk lagi seperti westar juga membuat kenderaan militari ,senjata aug stayer yg kalian beli suatu masa dahulu dan terbaru gowind class versi malaysia akan menyusul

      Hapus
  14. Gak ada gunanya merendahkan alutsista negara lain. Dan gak ada manfaatnya nangepin orang yang tinggi hati dan congkak, sebab bisa jadi yang direndahkan lebih tinggi derajatnya.

    Buat rekan rekanku santai saja dan gak usah ditanggapi. Sebab kita tahu apa yang bisa kta lakukan belum tentu mereka bisa.

    Kita sudah berusaha membuat dan bersikap tapi mereka belum apa2.
    Dan ini terbukti bahwa Kasel yang katanya anjing kampung mempunyai spesifikasi yang mirip dengan KASEL U-214 walaupun hullnya berbeda. Demikian juga persenjataan yang digotongnya tidak bisa dianggap remeh. Juga teknologinya termodern dimasanya.

    Lalu apa yang harus membuat kita emosi dengan mereka?
    Kita buktikan nanti dilapangan/ lautan kalau teknologi alutsista kita tidak seperti yang mereka kira.

    #salamdamai.



    .

    BalasHapus
  15. malaysia itu punya kapal selam hanya 2 ekor saja....itupun 2 ekor yang baru sudah sakit sakitan.....keinginan TLDM ingin membeli lagi tapi apadaya uang tak ada...itulah faktanya.

    jangan bandingkan dengan Indonesia, hari ini Indonesia sudah memiliki 2 kapal selam dan sedang proses pembangunan 3 kapal selam tambahan, dan dalam waktu dekat segera akan menambah 2 kapal selam kilo class russia. target Indonesia adalah memiliki 12 kapal selam dan sebagian besarnya dibuat sendiri di galangan kapal Indonesia.

    Aku bangga Indonesia





    BalasHapus
    Balasan
    1. And u have every right to be proud of ur country. Nothing wrong with that. Tp jika cara kamu berasa "bangga" terhadap negara kamu ialah dgn merendahkan kemampuan negara lain bagi aku (dan mungkin juga beberapa forumer indonesia di sini) ianya adalah salah.

      Yes its true. Malaysia buat masa ini hanya mengoperasikan 2 unit kapal selam sahaja. Sama seperti Indonesia pada era 80an sehingga kini yg masih mengoperasi 2 buah kapal selam kelas u 209 -1300 @ chakra class. Pembelian kapal selam cbg adalah bg menggantikan kapal selam kelas cakra. Kilo class? Hasnt been confirm yet. No LOI or LOA. Tggu dulu bro.

      The scorpenes are undergoing refit. Bukannya "sakit -sakitan" seperti yg kamu sebutkan. Ianya telah dijadualkan. If u have any knowledge about actual submarine operation and maintanance then u know what im talking about bro..

      Hapus
    2. Saya membanggakan bangsaku karena memang fakta, tapi kawan kamu muarif asal membual........tulisan saya adalah jawaban kepada temanmu itu muarif.

      kapal selam cakra class belum akan dipensiunkan, makanya dilakukan retrofit dan dimodern system persenjataannya sesuai dengan teknologi masa kini, jadi pembelian changbogo class itu adalah memang benar benar penambahan kekuatan.

      mengenai kapal selam kilo class itu memang sudah diputuskan kementerian pertahanan akan dilakukan penambahan 2 atau 3 kapal selam kilo class, bersamaan dengan rencana pembelian satu skuadron sukhoi su-35.

      ini kekuatan yang sudah mulai membesar hanya menggunakan anggaran 0.92% dari PDB Indonesia, dan asal tau saja kalau indonesia akan meningkatkan anggaran pertahanannya menjadi 1.5% dari PDB.

      kalau kalian santun, inshaa Allah kami akan santun, tapi kalau kalian tidak santun kami akan bersikap lebih keras.

      nasionalisme kami sudah teruji, nasionalisme kalian malaysia belum teruji.

      kalau mau baik baik mari kita baik baik, tapi kalau mau ribut kami juga siap untuk ribut....kalian jual kami beli.

      kalian ulurkan tangan kami sambut dengan gembira.

      terserah kalian mau berdamai atau bergaduh, karena bagi kami sama saja, karena Indonesia akan tegak berdiri dan kami akan mandiri.

      kenapa indonesia sekarang ingin membangun kekuatan ?, karena indonesia memang negara besar, dan kami adalah negara non blok yang tidak pernah dan tidak akan pernah membangun pakta pertahanan dengan negara manapun, sudah menjadi janji sejak negeri ini didirikan bahwa kami akan mempertahankan negara dengan kekuatan sendiri.

      semua orang tau kalau malaysia karena cemas dan tidak percaya diri menghadapi indonesia sampai meminta kepada bos persemakmuran untuk membentuk FPDA untuk melindungi malaysia dari ancaman indonesia.

      makanya beritahu temanmu muarif supaya tau sopan santun....sakit hatikan kalau kapal selammu yang di refit dikatakan sakit sakitan ?



      Hapus
    3. kepada para forumer malaysia kami beritahukan bahwa situs ini adalah situs resmi dan bukan situs orang orang yang asal menulis tanggapan, ini situs indonesia yang didedikasikan untuk pengetahuan dan studi militer di kawasan.

      kalau kalian sopan dan santun kami akan menghormati tapi kalau kalian tidak sopan maka kami terpaksa akan menghinakan kalian.

      Hapus
    4. Muarif bukan orang malaysia.. dan bukan jg orang indonesia kayanya. Jadi jangan mau di adu domba dan ribut gara2 orang kaya muarif, ga ada gunanya. Lebih baik kalo si muarif nongol tanya aja soal lapisan anti peluru untuk rotor dan maksudnya upgrade kapal contener jadi vesel, tar juga diem tuh anak.

      Hapus
    5. Bro rinto

      With all due respect pembelian pesawat sukhoi 35 dan kapal selam kelas kilo masih d peringkat perancangan. Aku lebih gemar jika kita menunggu terdapatnya MOU ataupun LOI mengenai perolehan ini. Until that happens ianya masih diperingkat perancangan. And why kilo's? Ianya hanya akan menambah beban logistik pihak TNI AL.

      Regarding the Chakra's. A submarine usefull @ operational life is about 30 to 35 years even with constant upgrade. Kebanyakan kapal selam "seusia" dengannya hanya akan dioperasi sebagai aset latihan. Lihat sejarah kapal selam kelas AY dan Challenger sbg contoh. Apakah kamu mahu mengikuti jejak langkah ROCN yg masih mengoperasi kapal selam kelas Guppy? Or the chinese with their ming's. Kami menjangkakan naik taraf terkini kelas chakra adalah sebagai langkah interim @ stop gap sebelum kapal selam kelas cbg beroperasi. U have to take into account that subs usualy have an operational life of 5 years (purata) selepas kerja2 naik taraf dijalankan. Perkara ini dbuktikan oleh kapal selam kelas chakra kamu sendiri. Bila kali terakhir ianya dinaik taraf oleh pihak korsel bro?

      Berkaitan dgn kelas cbg. Tidak terdapat bukti yg pembinaan kapal selam tersebut telah djalankan selain daripada penghantaran insinyur (did i say it correctly?) Kamu ke korsel. No plate cutting, no pictures no nothing. Bagaimana pula dgn kapal selam yg bakal dbuat d limbungan PT PAL? Perlu diingat bro. Purata masa pembinaan sebuah kapal selam adalah 5 ke 7 tahun. Ini belum mengambil kira tempoh masa yg diperlukan sebelum satu2 platform itu mencapai tahap foc. Jadi bila jangkaan pihak TNI AL akan mula menerima kapal selam ini?The proof is in the puding.

      Indonesia negara non block? I beg to differ.
      a) 1950s - 1960s eastern block
      b) 1970s -1990s (order baru)
      Western block
      c) 2000s? Open to ur interpretation

      Hapus
    6. Thu cuma blanjaan nx aj bung bkan berrti indo memihak blok trsebut...

      Hapus
  16. Kayanya si muarif ganti nama nih...

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. OMG I HATE TROLLERS,
    Sory shed
    we got more troll over here

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal bro. D blog Malaysia pun ramai trollers.. Im used to it now. Just dont take seriously. Pasti tidak menyakitkan hati. Anyway hows everything doing?

      Hapus
    2. Good bro, pa kabar?
      Hanya saja saya suka bingung dan cemas. We still fighting with our selfes. China already got their hand on Myanmar and Laos and this trolls make it wost. Saat ini kadang saya suka sembahyang sama Tuhan Yang Maha Esa, jangan sampai China nyerang Asean saat kondisi seperti ini. Btw, is there anything new from your country? I used to read militaryofmalaysia.net but looks like the site going dorm or something. Any sugestion for Malaysian military website? Thanks sebelumnya

      Hapus
  19. Wah mkin panas aj suasana...tenang2 malaysia tdak akan sbuah ancaman lagi mereka shbat qta...yg ancamn thu ausie..klo malay dan singapore ikut ya silahkan2 aj...singapore ckup fokus serangan artileri sahaha dah lumat...klo mlaysia gmnaa yaahh.wduh jdi kasihan aq byanginnx

    BalasHapus
  20. Semua berantem gara2 Muarif,
    Smart really smart -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan berantem bro tp cuma "bertukar - tukar" pendapat. Muarif will always be muarif. An epic troller. Aku pun sekadar menjadikan komen dia sebagai hiburan sahaja. Hes quite funny actually.

      Hapus
  21. Owh sep dah klo gt...jgn dimsukin dlam hati yaa brooo

    BalasHapus
  22. Chang bogo adalah pilihan yg salah walaupun ada TOT...korsel sendiri saja tidak memesan kapal ini lagi dan upgrade ke kelas lebih besar 3000 ton.....kapal selam ini tidak akan berbuat banyak...makannya tidak salah dikatakan anjing kampung....seharusnya indonesia sudah mempunyai sekelas kilo atau scorpene....pilihan yg salah...dirjen kemhan harus di upgrade kemampuan dalam planning...pasti ada sesuatu dengan korea

    BalasHapus
  23. Pangkalan kasel plus palu nanti ada tiga...kasel nya yg dua sdh uzur dan yg tiga anjing kampung...maka lengkaplah sudah.....yg saya baca di group tetangga...mau buat sampai 30 changbogo tidak bisa mengalahkan kasel kilo yg terkenal kesenyapannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw mank ada negara yang mau TOT setelah beli hanya 3 KS selain Korsel?

      Hapus
  24. Heran gua masih banyak aja orang indonesia sendiri tapi cinta banget sama maling, sampe komen dibelain mati matian. mungkin yang begini ini dulu zaman belanda sama kaya yang kita sebut "londo ireng" orang indonesia tapi pengkhianat...cocoknya mungkin dikasih pembelajaran dulu pasal 7A UUD 1945 “khususnya” sebagai mana yang dalam hal ini tercantum yakni:
    a. Pengkhianatan terhadap Negara adalah tindak pidana terhadap keamanan Negara sebagaiman diatur dalam Undang-Undang Mahkamah Konstitusi khususnya pasal 10 ayat (3) huruf a.cocoknya mungkin dibakar saja tapi yasudah di penjara juga gapapalah biar kapok..ayo mana lagi yang mau jadi pengkhianat? biar saya data sekalian ip addressnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasal 7a UUD 45? What the fuck are you talking about? Gw bukan presiden bego. Undang-undang Mahkamah Konstitusi di pasal 10 ayat 3 butir (a) adalah penjelasan untuk pasal 2. Dalam pasal ini diatur tentang kekuasaan mahkamah konstitusi terhadap Presiden dan Wakil Presiden RI. OMG ketahuan BEGONYA. Baru belajar buat googling ya? Baca yang jelas sebelum menuduh saya yang bukan2. Penghianat? Anda adalah penghianat yang sesungguhnya. Selalu merendahkan kemampuan bangsa sendiri itu bukan penghianat? Kalau seperti ini hasil Bela Negara yang anda klaim anda ikuti, saya rasa uang pajak saya baru saja tersia2kan. ANDA ADALAH TROLL. Tau apa itu troll? Itu adalah mahluk jadi2an dalam dongeng barat yang besar tapi dongo dan juga sangat diyakini tidak ada. Sama seperti otak anda. Tidak ada. Mau cari IP address gw. Sok cari. Kalo sudah ketemu, sini samperin gw. Saya cinta NKRI, merah darah putih tulang saya. Saya juga nanti mau buktikan kalau anda akan samperin saya, apakah benar anda berdarah merah dan bertulang putih ataukah darah sama tulang troll.

      Hapus
    2. Smeagol di Harry Potter? Ok, troll gw ga akan menanggapi komentar lw lagi. Lebih baik buat gw baca coment orang lain di sini yang bisa berpikiran terbuka dan belajar dari yang lain yang lebih bijaksana.

      Hapus