02 Juni 2017

Lanal Tipe C Segera Dibangun di Kulonprogo

02 Juni 2017
Pembangunan Pangkalan TNI AL Kulonprogo untuk memperkuat sistem pertahanan pesisir selatan Jawa (photo : Koarmabar)

YOGYA, KRJOGJA.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta saat ini telah memiliki tiga Pos AL yang terletak di Sadeng Gunungkidul, Samas Bantul serta Karangwuni Kulonprogo. Dari jumlah itu masih kurang jika dibanding dengan panjang pantai pesisir selatan DIY yang harus dijaga. Oleh karena itu kedepan akan dibangun Lanal tipe C di Kulonprogo.

"Dari pimpinan sudah memberi lampu hijau tentang itu semua, dari Lanal juga sudah ke Pemda Kulonprgo terkait perizinan penggunaan lahan, tanah atau bangunan," ungkap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta, Letkol Laut (P) Arya Delano SE kepada KRJOGJA.com, Rabu (31/05/2017).

Dengan dibangunnya Lanal tipe C di Kulonprogo itu setidaknya bisa memperkuat tugas dari Lanal Yogyakarta sehingga sistem pertahanan pesisir selatan DIY bisa maksimal. Diungkapkannya, dalam melakukan pengamanan di pesisir selatan memang sarana pendukung masih kurang memadai, namun hal tersebut tak dijadikan hambatan personel TNI AL dalam menjalankan tugas.

Salah satu terobosan yang kini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan bersifat ilegal di pesisir selatan yakni dengan gencar menjalin kemitraan dengan masyarakat setempat. Yang tidak kalah penting prajurit TNI AL juga mendampingi dan memberdayakan nelayan hingga menjaga keselamatan wisatawan.

(KR Jogja)

8 komentar:

  1. Sebuah langkah yang sangat strategis. Mari kita berkaca pada apa yang dilakukan USA dan china. Sebelum mereka menyiapkan dan menggelar "Alutsista" disebuah daerah/wilayah/regio terdahulunya mereka telah dengan cermat mempersiapkan dan membangun infrastruktur untuk peralatan dan perlengkapan perang tersebut. Peningkatan status pos TNI AL menjadi Lanal type c tentu akan berkonsekuensi pada kemampuan dan kapasitas pelabuhan tersebut untuk menggelar perlengkapan perang, bukan hanya kapal saja, yang selayaknya di milikinya, seperti alutsista dan sdm untuk mempertahankan Lanal tersebut.
    Saya sich berharap ada dua atau tiga Lanal tipe b di pinggiran laut selatan Jawa, dan sumatra memperkuat lanal sejenis di Sumatra barat.

    BalasHapus
  2. kalo kurang ntar ditambah pasukan nyi roro kidul dari laut selatan, hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 sama pasukannya mak lampir dari puncak gunungvmerapi

      Hapus
    2. Sama laskar pasukannya om suwandaru... (joke oom) :D

      Hapus
  3. dalam melakukan pengamanan di pesisir selatan memang sarana pendukung masih kurang memadai,

    Ini serius sekian puluh tahun merdeka.utk pesisir pulau jawa aj kurang memadai.gimana ceritanya pulau lain???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mengenaskan bro. Bagusnya bahwa karakteristik laut selatan kurang lebih membantu menyulitkan perompak beroperasi. Tapi musuh kadang muncul dari arah dan tempat yang tak terduga, untuk itu peningkatan status Lanal ini menurut saya masih kurang ideal,namun mengingat anggaran ya, syukurin aja dulu dech.

      Hapus
    2. Cozna pantai selatan uda ada yg jaga.. Nyi roro kidul...kapal perang musuh masuk bisa tenggelam sendiri gak perlu di tembak..wkwkwkkkk

      Hapus
  4. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus