01 Juni 2017

Leopard 2A4SG Kini Dilengkapi Sistem Optik ELOP COAPS

01 Juni 2017


Sistem optik ELOP COAPS (photo : Angkasa)

Leopard 2A4SG Singapura Tercanggih di Kawasan

Sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang memboyong Main Battle Tank buatan Jerman Leopard 2A4, Singapura tidak lantas berhenti.

SAF (Singapore Armed Forces) terus menerus mengupgrade Leopard 2A4SG dengan berbagai perangkat elektronik yang memastikan bahwa MBT yang mereka gunakan selalu satu langkah di depan teknologi yang digunakan oleh tetangganya, dan harus diakui, tercanggih di kawasan.

Bukti kecanggihan itu terpampang jelas dalam Army Open House 2017 yang diselenggarakan di F1 Pit pada 27-28 Mei 2017. Dalam pameran statik, terpampang dua Leopard 2A4SG yang dibeli Singapura dari perusahaan Krauss Maffei Wegmann, seolah jadi macan penjaga ke arena display statik.

Awalnya penulis biasa-biasa saja. Soalnya Leopard 2A4SG sudah cukup lama dibeli, bahkan sudah lebih 5 tahun umurnya digunakan SAF.Mau naik ke atas juga malas, karena palkanya ditutup.



Tapi tunggu dulu, saat menengok ke arah atap kubah, kok ada yang tidak biasa? Di tempat yang biasanya dihuni sistem optik panoramik untuk komandan yaitu Hensoldt PERI R-17A2, sekarang digantikan sebuah sistem optik panoramik dalam modul berukuran besar.

Buka-buka kitab rujukan, penulis terkaget-kaget karena ternyata sistem optik tersebut adalah ELOP COAPS (Commander Open Architecture Panoramic Sight) buatan Elbit Optronics Israel!

COAPS menawarkan sistem optik untuk komandan tank yang lebih baik dari PERI R-17 dengan kamera termal terintegrasi buatan Sagem-Matis-STD Perancis, kamera FLIR (Forward Looking Infra Red) kamera berwarna yang bisa di-zoom, serta laser pengukur sasaran (laser rangefinder), seluruhnya distabilisasi pada dua sumbu.

Untuk menggambarkan seberapa canggihnya COAPS, Leopard 2A4SG kini bisa mengenali sasaran berupa tank atau ranpur dalam kondisi gelap malam pada jarak 10,5 km melalui sistem FLIR yang terpasang.

Tampilannya pun bisa dilihat pada display LCD dengan resolusi HD sehingga membantu awak tank untuk mengenali sasaran secara jelas. Apabila tank yang menggunakan COAPS juga membawa amunisi berupa rudal, COAPS dapat diprogram untuk memandu sistem rudal berbasis sistem laser pandu.



COAPS juga sudah terbukti laris. Sebelum Leopard 2A4SG menggunakannya, India sudah membeli COAPS untuk dipasangkan ke program MBT dalam negeri, Arjun MK1A. Program upgrade tank medium Argentina TAM juga memilih COAPS sebagai solusi modernisasi tank yang berbasis dari sasis Marder.

Nah, kecanggihan Leopard 2A4SG juga ditampilkan pada dynamic show yang diadakan setiap hari pada pukul 10 pagi dan 4 sore. Penonton yang mengambil tempat duduk di tribun akan disuguhkan atraksi Leopard 2A4SG menari pivot dengan lincahnya, lalu tanpa ragu melindas mobil yang diletakkan di tengah-tengah panggung, tanpa ampun.

Pertunjukan semacam ini rasa-rasanya perlu juga untuk dipelajari TNI setiap kali menyelenggarakan pameran alutsista, untuk mengaduk emosi masyarakat dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

(Angkasa)

25 komentar:

  1. Just say leo 2SG as thats the name original name is the 2A4.

    BalasHapus
  2. Ya elaah mau di tambahin apa lagi tetap aja di tembak peluru mbt ujung2y juga jebol amrmory terus awaky lari terbirit-birit tunggang langgang takut modyar nama y juga manusia silat takut mati

    BalasHapus
  3. Then, when it will be installed on Leopard 2RI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo uda paket mbt revolution harusnya leo 2 ri uda kepasang SEOSS-Stabilized Electro-optical Sighting System.

      gak tau dech antara seoss sm elop coaps cakepan mana om.

      Hapus
    2. @ palu gada...kemarin waktu order upgrade leo revo...kita nggak ambil paket komplit...coba ambil paket komplit ya jadi Leo2Ri yg paling canggih di Asia

      Hapus
    3. bisa jadi, malah terbaik duniya & aherat om tupez haha!

      syg yach om, akusisi 2a6 gagal,utg AASAM berjaya terus, berkat man behind degan om, haha!

      Hapus
    4. Es Degan om sueger... 😁

      Hapus
    5. @drop zone they wouldnt because it is from israel

      Hapus
    6. degan sueger dong om, sambil dipadu tahu limaratusan, anget2 nyoih haha!
      hasilnya 10x menang d😁r d😁r d😁r

      Hapus
  4. Itu optik kalau lensa nya kena tembak atau pecahan bom..apakah masih bisa berfungsi dengan baik...?kalau rusak ya sama aja bodong...posisinya rawan terkena tembakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tank optic rawan terkena tembakan. But with the coaps the Leopard 2sg can detect an enemy at greater ranges day an night.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. @ shed for night ops..boleh lah....but for daylight and city warfare...i think not good...fragile

      Hapus
    4. @Tupez don't worry bos. Optics begitu biasannya cuma bisa dirusak sama sniper yang pake .50 cal ke atas. Kemungkinannya juga kecil.

      Hapus
    5. This idiot think his a military expert... not even once 8n his pathetic life shoot a sniper rifle before and now here he is like a idiot.

      Hapus
    6. 1. Don't need to shoot one to know what can break what. If you read, you'll know.
      2. If you don't know that, then you are the idiot. If you know that and STILL write what you wrote, you are the idiot.

      Hapus
  5. Lensa optic ny d tembak pake SPR2, buta dah tank ny. Lari terbirit2 dah isi ny,takut d tembak also AASSAM 2017.

    BalasHapus
  6. Dari saman rezim demokrat sampai sekarang menhan belli senjata kosongan duluu ...bank saku duluu . .. baru koar koar di media doktrin bella negara di galak kan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kaitan dgn coaps ataupun perolehan Leopard 2RI? Cuba terangkan. Bukan semuanya ada kaitan dgn korupsi bro.

      Hapus
  7. Jgn d herankan lah soal singapor rakan kuat dia ia lah israel..apa yg israel ada dari segi senjata kelengkapan singapor pasti ada...carbon copy...dokterin wise akan akan sama

    BalasHapus
  8. Nak hancurkan optik kereta tank tak susah...gunakan anti tank air burst pasti rosak optik tank...itu pon klu bole nampak tank tersebut..sbb susah nak nampak tank sebiji sebiji...klu ada pon dia jln in platon size d iring dgn ifv or apc....n jgn lupa ada kenderaan yg siap ada multi mikrofon utk mendeteksi tembakan dari pihak musuh...nah mcm mana nak musnahkan....payah....

    BalasHapus
  9. All infonesian idiot only know how to talk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. At least the indonesians talk with info in it. You talk with what? 0 info, only capable of trash talk. Idiot.

      Hapus
    2. Dark side...you master idiot.. Right.. Wwkkwkkk

      Hapus
  10. nich buat yg pengen tengok video pamerannya:leo2sg buat display uda terpasang elop coaps, tp yg buat aksi gak blom pake.

    Singapore Army Open House 2017 - Dynamic Defense Display and Military Tattoo

    https://www.youtube.com/watch?v=nOPRTwbFSa0

    Baby Margaretha Intip Dari Dekat MBT Leopard 2RI TNI AD
    dari penjelasannya ternyata masi pake standarnya peri 17, seoss-nya blom ada. mungkin nanti nyusul kalo ada duwit💰 kale haha!woles lah🖖
    makasi mbak baby 💜💙💚💛❤️💟

    https://www.vidio.com/watch/756263-baby-margaretha-intip-dari-dekat-mbt-leopard-2ri-tni-ad

    BalasHapus