17 Oktober 2017

KASAU : Tambah Hercules C-130J, Drone, dan Skyshield

17 Oktober 2017


Hercules serie C-130 J (photo : Andy G Leonard)

Kasau: TNI AU Akan Diperkuat Hercules Tipe J

Yogyakarta- Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kekuatan di lingkungan TNI AU.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) kedua (2014-2019) ini, TNI AU akan menambah kekuatan pesawat Hercules Tipe J. Sehingga ke depannya akan berpengaruh langsung pada kesiapan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

"AU sendiri dalam renstra kedua ini akan menambah kekuatan pesawat Hercules Tipe J sehingga berpengaruh langsung pada kesiapan Pasukan Khas," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ketika ditemui sesaat setelah memimpin peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara di Taxy Way Landasan Udara (Lanud) Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/10).

Dikatakan, dengan adanya pesawat angkut Hercules Tipe J tersebut akan mengubah pelaksanaan penerjunan Paskhas karena pesawat itu sudah dilengkapi dengan oksigen.

"Pesawat tipe J dilengkapi dengan oksigen, sehingga profile penerjunan akan berubah. Sehingga pasukan bila melaksanakan kegiatan ini dengan aman karena ketika pada ketinggian lebih dari 10.000 (kaki), pesawat buka pintu oksigen juga bisa hidup karena peralatan yang ada di pesawat itu," ungkapnya.

Bila terealisasi, pesawat angkut Hercules Tipe J akan menggantikan pesawat angkut Hercules lawas (Tipe B) yang hingga kini masih digunakan TNI AU dalam menjalankan setiap operasi.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang masih menggunakan pesawat angkut Hercules tipe B. Selain Hercules Tipe B, Indonesia juga masih menggunakan pesawat angkut Hercules Tipe H. (BeritaSatu)


Radar pasif dan aktif akan digelar di pulau terluar (photo : radio.cz)

Kasau: Radar dan Drone Akan Digelar di Pulau Terluar


Perbatasan adalah garda terdepan NKRI yang harus dijaga dan dipertahankan demi keamanan nasional Indonesia, terutama pulau-pulau terluar antar negara. Penguatan sektor pertahanan yang akan diantaranya pengembangan pangkalan udara terluar menjadi Tipe B.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Udara ( Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, peningkatan tipe pangkalan udara dilakukan untuk menjawab berbagai tantangan pertahanan keamanan nasional yang semakin kompleks ke depan.

” Kita sedang kembangkan pangkalan udara di Pulau terluar, contohnya di Ranai, Tarakan dan kita juga kembangkan di Morotai, kita tingkatkan ke tipe B,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ketika ditemui sesaat setelah memimpin peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara di Taxy Way Landasan Udara (Lanud) Adi sutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/10/2017).

Pangkalan TNI AU Ranai (Natuna) merupakan pangkalan Operasi TNI AU tipe C dan berada dibawah komando dan kendali Koopsau I. Sedangkan Pangkalan TNI AU Tarakan merupakan Salah satu Pangkalan Operasi Tipe C dibawah Koopsau II.

Dengan peningkatan status Lanud tersebut, kata Kasau, selanjutnya juga akan diikuti dengan peningkatan kepangkatan jabatan dan jumlah personel pengawak lanud serta fasilitas lanud.

UAV berjangkauan 2.000km akan melengkapi pangkalan terdepan (photo : defense update)

Melalui peningkatan status ini, maka Lanud tipe C yang selama ini dipimpin Komandan berpangat Letkol, maka setelah meningkat menjadi tipe B akan dipimpin oleh seorang Komandan berpangkat Kolonel.

Demikian juga, untuk jumlah personel yang mengawaki Lanud, mengalami peningkatan. Sesuai dengan Daftar Susunan Personel (DSP) TNI AU, maka Lanud tipe B sedikitnya akan diawaki oleh 150 personel (militer dan PNS).

Kasau mengatakan, selain peningkatan tipe, di Pangkalan Udara terluar juga akan dilengkapi dengan tambahan radar. Bahkan, untuk pangkalan udara tertentu akan diperkuat pesawat tanpa awak (drone) yang memiliki kemampuan jelajah hingga 2.000 kilometer.

Untuk itu, lanjut Kasau, kekuatan Paskhas pun akan ditingkatkan, karena akan di gelar di Lanud terluar yang juga akan kita gelar radar, tambahan radar aktif dan radar pasif.

“Termasuk Tarakan maupun Ranai kita tempatkan pesawat drone yang mampu terbang 2.000 km,” ujar Kasau.

Selain itu, peningkatan kemampuan pasukan TNI AU yang bertugas di pangkalan udara juga perlu dilakukan. Semua dilakukan agar kegiatan operasi yang dilakukan dapat ditunjang oleh kemampuan personil yang bertugas.

Menurutnya, tugas dan fungsi Paskhas juga diperlukan untuk menjaga Alutsista tersebut. Saat ini TNI AU memiliki tiga wing, satu satuan bravo, batalyon.

“Kita akan bertahap sesuai dengan Renstra. Karena saat ini kita berbasis pada mininum esential force (MEF),” kata Kasau. (Tangerang Online)

Oerlikon Skyshield (photo : defence.pk)

TNI AU datangkan 11 unit penghalau serangan udara

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. TNI Angkatan Udara akan datangkan senjata Penghalau Serangan Udara (PSU) Oerlikon Skyshield. Alat utama sistem pertahanan (alutsista) ini akan menambah daya tahan objek vital dari serangan udara, 

Kepala Staff Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI AU Hadi Tjahyono mengatakan, 11 oerlikon skyshield akan ditempatkan di landasan udara yang membutuhkan.

"Penambahan Alutsista kita tambah itu orliekon, akan ada tambahan 11 oerlikon di lanud yang kita kira harus ditambah," kata Hadi seusai Menjadi inspektur upacara dalam perayaan HUT Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) ke 70 di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/10).

Oerlikon Skyshield yang diproduksi pabrikan asal Swiss ini punya efektivitas halau serangan pada jarak 4.000 meter dan ketinggian 1.000 meter.

Kapuspen TNI AU Jemi Trisonjaya pada saat yang sama menyebut penambahan Oerlikon Skyshield akan dilakukan secara bertahap.

"Kita kini punya 4 Oerlikon yang ada di Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Pontianak. Sementara yang sebelas akan diadakan secara bertahap sesuai Renstra TNI AU," kata Jemi.

Selain pengadaan Oerlikon Skyshield, rencananya TNI AU juga akan segera menambah Pesawat Hercules. Hadi menyebut Hercules yang akan didatangkan akan miliki teknologi terbaru.

"Kita akan datangkan satu Hercules Tipe J. Pesawat ini telah dilengkapi dengan oksigen, saat ketinggian 10 ribu Meter, pasukan penerjun akan aman karena masih ada oksigen dari pesawat," tambah Hadi. (Kontan)

34 komentar:

  1. Gimana dgn a400m,ga jadi diakuisi kah?

    BalasHapus
  2. Gimana dgn a400m,ga jadi diakuisi kah?

    BalasHapus
  3. asiikk Super J, biar mesinnya sama ama spartannya babeh tuch om212 haha!😄😄😄

    BalasHapus
  4. tuh kayanya ada nongol gambar radar pasif Vera E,. ada rencna d akusisi kh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya cak mimin itu sich haha!

      guwe rasa weibel bakalan dipesen lg, tarikannya panjang

      Hapus
    2. Antum pasti salah paham soal "tarikanny panjang"...@PG

      Hapus
    3. Enggak begitu bro...tarikannya panjang itu kalo mentrack obyek yg terbangnya outbound/menjauh dari radar, misalnya ketika mentracking peluncuran roket, rudal balistik dll "yg sudah diketahui lebih dulu posisi awalnya".

      Sementara kalo sdg tugas surveilance, jangkauannya aja hanya sekitar 300 km-an doang...artinya kalo mentracking obyek yg inbound/mendekat, jangkauannya lebih pendek dari angka 300 km

      Hapus
  5. Aamiin...
    Semoga dibarengi dengan peningkatan profesionalisme prajuritnya.

    BalasHapus
  6. tuh kayanya ada nongol gambar radar pasif Vera E,. ada rencna d akusisi kh??

    BalasHapus
  7. Drone dgn jangkauan 2000 km,drone apa tuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heron dari Philipine Aerospace Industries

      Hapus
    2. Antek@ gak bisa karena meraka gak hanya butuh duit dari kita..

      Hapus
  8. kalau drone nya....kayaknya buatan cina deh....karena ada team yg kesana....mencari drone attack yg bisa bawa rudal

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Indon xde duit..kena beli susu utk anak2 smd

      Hapus
    2. @scan...anjing malon...lu liat indonesia sudah brli apa saja...gak usah ngetroll disini lon...najis

      Hapus
    3. Scan tuh selalu iri hati melihat kemajuan indonesia,coba tengok di blog malon tak de berita kemajuan military malon,jd beruk scan cuma iri sahaje Wkwkwk

      Hapus
  10. HERE IS MY TESTIMONY ON HOW I GOT A RICH SUGAR MUMMY CONNECTION
    My name is Mr chong am a chinese but live in malaysia. i have been scammed by 6 different Internet Sugar Mummies Agent, they all promise to give me a connection after making me pay several fees which yield nothing and amounted to no positive result. i lost my hard earn money and it was a total of Rm23,000. One day as i was browsing through the internet with tears on my eyes i came across a testimony of a man who was also scammed Mr Mohd and eventually got linked to a legit Sugar mummy Agent called Mrs ZAAFIRAH where he finally got his own sugar mummy, so i decided to contact the same Agent and then told he my story on how i have been scammed by 6 different Agents who did nothing but to cause me more pain.I explain to the Agent by WHATSAPP on:+601136193982 and all she told me was to cry no more because i will get my Sugar Mummy in their company also i have made the right choice of contacting he. i filled the Registration form and proceeded with all that was requested of mean I was given a VIP EXECUTIVE Sugar Mummy who paid me an amount of RM5,000 for a start and here i am today happy because Mrs ZAAFIRAH has given me a Sugar mummy connection so i made a vow to my self that i will keep testifying on the internet on how i got my own sugar mummy. Do you need a Sugar Mummy urgently kindly and quickly contact Mrs ZAAFIRAH now for your own Sugar Mummy Connection via WHATSAPP +601136193982 and don't forget to testify about him too once you are hookup.

    BalasHapus
  11. HERE IS MY TESTIMONY ON HOW I GOT A RICH SUGAR MUMMY CONNECTION
    My name is Mr chong am a chinese but live in malaysia. i have been scammed by 6 different Internet Sugar Mummies Agent, they all promise to give me a connection after making me pay several fees which yield nothing and amounted to no positive result. i lost my hard earn money and it was a total of Rm23,000. One day as i was browsing through the internet with tears on my eyes i came across a testimony of a man who was also scammed Mr Mohd and eventually got linked to a legit Sugar mummy Agent called Mrs ZAAFIRAH where he finally got his own sugar mummy, so i decided to contact the same Agent and then told he my story on how i have been scammed by 6 different Agents who did nothing but to cause me more pain.I explain to the Agent by WHATSAPP on:+601136193982 and all she told me was to cry no more because i will get my Sugar Mummy in their company also i have made the right choice of contacting he. i filled the Registration form and proceeded with all that was requested of mean I was given a VIP EXECUTIVE Sugar Mummy who paid me an amount of RM5,000 for a start and here i am today happy because Mrs ZAAFIRAH has given me a Sugar mummy connection so i made a vow to my self that i will keep testifying on the internet on how i got my own sugar mummy. Do you need a Sugar Mummy urgently kindly and quickly contact Mrs ZAAFIRAH now for your own Sugar Mummy Connection via WHATSAPP +601136193982 and don't forget to testify about him too once you are hookup.

    BalasHapus
  12. Indon xde duit..kena beli susu untuk anak2 smd agar jd pintar..bukan tolol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa mas beruk malon kena stroke melihat kemajuan indonesia Wkwkwk

      Hapus
  13. Kebanyakan alutsista yg dibeli indon utk mengantikan alutsista yg lawas..jadi tiada penambahan signifikan kekuatan tni kerana alutsista baru masuk jd alutsista lama keluar..liat aja pemnelian pkr utk ganti van speijk,pembelian c130 j utk ganti c130b,pembeluan radar pasif yg mmg indon maaih tiada..sedangkan tetangga sudah lama ada yakni bera e..berbeza dgn pembelian tetangga yg bukan utk menggantikan tp utk menambahkan kekuatan..semiga dgn fakta ini forumer kamu tidak terasa hati..wakakka
    p/s-cuba check dan bilang kuantiti kapal dan kenseraan tempir indon dan banding dgn negara tetangga..ternyata selepas bnyk pembelian indon masih ketinggalan..ini juga kerna pembelian indon adalah dlm kuantiti yg kecil..belinya aja puluhan unit berbanding tetangga yg belinyabratusan unit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pada malon mengganti senjata lawas dgn mendapatkan hibah senjata bekas rongsokan dari negara luar Wkwkwk

      Hapus
    2. Pengganti senjata malon yg mn,handalan class pun tak de wang nak diganti,meko class msh ompong tak de missile,nak ganti nuri pun tak de wang,nak ganti Mig29pun tak de wang,jd senjata malon mana yg bertambah Wkwkwk

      Hapus
  14. yg mmg progam mef prioritas untuk ganti alutsista yg sudah tua dgn teknologi terbaru nanti klu udh mef selesai baru tuwh bisa merinding tetangga sebelah dan yg penting alutsista nambah lagi...hahaha

    BalasHapus
  15. prediksi kandidat buat pengantin
    c130b diganti dgn c 130J atau A 400M
    drone kandidat wingloong atau ch series yg penting bisa nembak
    radar pasif kandidat Vera atau kolukha dr Ukraina
    .....
    yg udah sah kontrak
    nassams 2
    projects akan
    tambahan oierlikhon sykshield
    su 35S buat ganti F5E
    pesawat amfibi US 2 shinwya atau Beriev
    pesawat tangker A330 MRTT
    pesawat aew kandidat erieye atau drdo
    heli angkut berat tambahan Merlin atau cari heli tipe lain..
    .....
    ttp optimis...TNI AU makin kuat g kalah sama TNI ad atau TNI Al..bravo tni

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah bertambah dan semoga selalu tambah lagi persenjataan TNI, Aamiin!

    BalasHapus