21 Januari 2020

US Approved USD1.5 billion FMS to Support RAN’s Two Types Surface Combatant

21 Januari 2020


Hunter class frigates (image : Aus DoD)

The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to Australia of long lead items, engineering development activities, and other defense services to support the Australian Surface Combatant Program for an estimated cost of $1.5 billion.  The Defense Security Cooperation Agency delivered the required certification notifying Congress of this possible sale on yesterday.

The Government of Australia has requested to buy long lead items, engineering development activities, and other defense services to support the Australian Surface Combatant Program, including the modernization of the three Hobart Class Destroyers, and construction of the first three (of nine total) Hunter Class Frigates which includes: three (3) Shipsets of the AEGIS Weapon System (AWS) in the MK 6 Mod 1 configuration to support the Modernization of the Hobart Class DDGs; three (3) Shipsets of the AEGIS Weapon System (AWS) in the MK 6 Mod 1 configuration to support the New Construction of the Hunter Class FFGs; three (3) shipsets of the MK 41 Vertical Launching Systems (VLS) for installation on the Hunter Class Frigates; three (3) shipsets (2 mounts per ship) of the Close-In Weapons System (CIWS) for installation on the Hunter Class Frigates; two (2) Australia AEGIS Weapon System Computer Programs (one for Hobart Class, one for Hunter Class), and associated computer programs for AEGIS Combat System components for installation on both the Hobart and Hunter Class ships; six (6) shipsets of the Global Positioning System (GPS) - Based Positioning, Navigation and Timing Service (GPNTS) Navigation Systems and associated Advanced Digital Antenna Production (ADAP) antennas and support equipment for installation on the Hobart and Hunter Class ships; six (6) shipsets of upgraded Cooperative Engagement Capability (CEC) equipment for installation on the Hobart and Hunter Class ships; six (6) shipsets of Command and Control Processor (C2P) equipment for installation on the Hobart and Hunter Class ships; and eight (8) shipsets of Multifunctional Information Distribution System Joint Tactical Radio Set (MIDS JTRS) terminals for installation on the Hobart and Hunter Class ships.  


Hobart class destroyer (image : Hum 3D)

Also included are: three (3) shipsets of MK 34 Gun Weapon System (GWS) modification equipment to include the Electro Optical Sight System and changes supporting Naval Fires Planner and associated TacLink Control System for installation on the Hobart Class Destroyers; three (3) shipsets of MK 34 Gun Weapon System components to include the MK 160 Gun Computing System and the MK 20 Electro Optical Sight System, and the Naval Fires Planner and associated TacLink Control System for installation on the Hunter Class Frigates; three (3) shipsets of: Mode 5/S capable Identification, Friend of Foe (IFF) Systems; Gigabit Ethernet Data Multiplexing System (GEDMS); AN/WSN-7 Ring Laser Gyrocompass Inertial Navigation Systems; WSN-9 Digital Hybrid Speed Log systems; Common Data Link Management System (CDLMS); and Global Command and Control System-Maritime (GCCS-M) systems for installation on the Hunter Class Frigates; six (6) shipsets of AN/SRQ-4 Hawklink and SQQ-89 Sonobuoy processing equipment for installation on the Hobart and Hunter Class ships; defense services for development and integration of a capability upgrade for the installed AEGIS Combat System on the Hobart Class Destroyer, including Integrated Air and Missile Defense capability and growth capability for Ballistic Missile Defense; development, integration and testing support for installation of a AEGIS Combat System for installation on the Hunter Class FFG, a Global Combat Ship Type 26 (BAE) platform, including the integration of the indigenous CEAFAR 2 Phased Array Radar (CEA Industries) with the AEGIS Combat System (including Cooperative Engagement Capability) and the primary radar sensor and illuminator; integration of selected Australian provided combat system components including Undersea Warfare and Ship Self Defense for installation on the Hobart and Hunter Class ships; integration of the MH-60R helicopter into the AEGIS Combat System for installation on the Hobart and Hunter Class ships; Procurement and delivery of installation support material, special purpose test equipment, initial logistics outfitting, spares and other ancillary equipment to support the installation and integration of AEGIS Combat System equipment in the Hunter and Hobart class ship platforms; development of technical documentation to support both programs; provision of logistics and other support services to support the Hobart and Hunter Class ships; procurement, staging, delivery and installation support for AEGIS Combat System equipment for the Hobart and Hunter Class ships; provision of training support for curriculum development, training tool development, front-end analysis, and crew training for the Hobart and Hunter Class ships; U.S. Government and contractor representative engineering, logistics, and technical support services; and other related elements of logistics and program support for the Hobart and Hunter Class ships.  The total estimated cost is $1.50 billion.

This proposed sale will support the foreign policy and national security objectives of the United States.  Australia is one of our most important allies in the Western Pacific.  The strategic location of this political and economic power contributes significantly to ensuring peace and economic stability in the region.

The proposed sale will enhance Australia's Surface Combatant capability by modernizing their existing three AEGIS capable Hobart Class Destroyers with the latest technology and capability, and delivering the first three (of nine) AEGIS capable Hunter Class Future Frigates.  This sale enhances Australia's self-defense capability, while significantly improving interoperability with U.S. Navy AEGIS combatants in the region.  By deploying a surface combatant fleet that will incorporate Cooperative Engagement Capability (CEC), Australia will significantly improve network-centric warfare capability for US forces operating in the region.  Australia will have no difficulty absorbing this equipment into its armed forces.

The proposed sale of this equipment and support will not alter the basic military balance in the region.

(DSCA)

88 komentar:

  1. Yg bawah ngeri cuma.. Bnyk tiang jemuran ๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tiang jemuran mbah.. niku kerekan manuk kutut ๐Ÿคญ

      Hapus
    2. Manuk perkutut type destroyer iki๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

      Hapus
    4. Nek gambar sing nginggil kok ngagem kuluke Prabu Anglingdarmo nggih Mbah.....๐Ÿค”

      Hapus
    5. Yang atas lebih gede dari yang bawah. Apa nggak lebih ngeri?

      Hapus
    6. https://youtu.be/_XdlKuLmqG4. GaAasssss terus jangan kasih kendur.... Kunci utama penguatan alutsista adalah kecepatan untuk membuat keputusan!!

      Hapus
    7. Kecepatan dlm keputusan bagus... Ada yg lebih bagus lgi:
      1."flexibel" mengambil kptusan
      2."efisiensi" -" -
      Coba baca sejarah kenapa jumlah sorti perhari A 4 dan F 4 Israel๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฑ pilot2 nya melebihi rata2?. kenpa efisiensi dlm pemboman dan duel di udara?

      Hapus
    8. Mba gono,karena mereka giat berlatih dan minum milo setiap hari....hahahaha

      Hapus
    9. Bisa jga ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    10. Indonesia dar.......... ......Troyer

      Hapus
  2. http://garudamiliter.blogspot.com/2020/01/iran-ingin-tingkatkan-kerja-sama-dengan.html?m=1

    Welah... Aq yoo setuju nak nginiki๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿผ

      Hapus
    2. Ssstt.. diem diem bae.. jangan sampe tau pak dhe tram ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
      Klo beneran deal pasti rhan 450 750 jadiiii ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ kan klo ga salah mirip sama punya iran.. ๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ

      Hapus
    3. Harus ada "permainan cantik "nih..๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ .. Kita hrs bisa belajar minimal Rudal jenis Khorramshahr.๐Ÿคซ๐Ÿคซ๐Ÿ˜ท๐Ÿ˜ท

      Hapus
  3. Kerja sama pengembangan rudal ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. Lambat kali bah negriku ini
    Orang sudah mau kemars lha disini masih
    Berkutat dengan halu dan akan.
    NKRI darurat ompong dan konyol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lo duluan yg kemars sono, jangan balik lagi ya.. Indonesia tak membutuhkan kaum pengeluh macam lo...

      Hapus
    2. Si rudal ini bisanya cuma ngeluh doang menyedihkan

      Hapus
    3. Mbah bowo minum nya di jkgr mabok nya di mari. Mungkin kangen sm bang rusky. Cckowkw

      Hapus
    4. Wkkwkwk seng konyol yo mung cocotmu kui lapo bengok2 nang kene

      Hapus
  5. Gak penting ausi mau pakai apa. Berita hebat hari ini ialah indo bakal beli scorpene! Malaysia jg sudah punya scorpene lebih 11 thn. Malaysia dan Indonesia punya kelas kapal selam sama! Scorpene! Ini baru dipanggil sodara serumpun!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa huek soorrr!!! Waduh ngelu n muntah aku keno kata2 serumpun xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa masa manusia serumpun sama beruk,apa kata dunia!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nih ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
    2. Mlayu sek aku ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’ฉ☁☁☁☁๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’ฉ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’ฉ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

      Hapus
  6. Tak sengaja katanya loh.silumannya ke asikan dangdutan ..hhhhhhh

    https://jatim.sindonews.com/read/20656/1/tak-sengaja-jet-siluman-f35-israel-muncul-di-fasilitas-nuklir-1579568493

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah disini aja poconk kena gep plokis haha!๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป
      cmn om smilikity yg gak perna kegep wkt dines di kos2an putri malyu haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      https://regional.kompas.com/read/2019/05/27/15540931/sebelum-ditangkap-polisi-dan-pocong-sempat-kucing-kucingan

      Hapus
  7. Gembulwira ini kumpulan orang halu dan konyol,gak rela dia melihat fakta dilapangan bahwa macan Asianya masih ompong,bangun woi.gue bukan ngeluh tapi hanya membenarkan yg benar bukan menutupi yg salah seperti malengsia.
    Kebenaran itu sakit loh tapi itu lebih baik daripada menutupi kesalahan.
    NKRI darurat ompong dan konyol,ini benar dek walau sakit membacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip si duta rudal Yang kabur dari rumah sebelah ..

      Hapus
    2. Lo yang stres kaga terima reality kalau negara sdh pada trek yang benar dan pemimpin sdh sadar kalau pembangunan dan pemerataan itu hal yg utama... Jangan sok sok hebat dan ngerasa ok lo dal... Lo cari rezeki yg halal aja, jangan belaga lo disini... Lo kalo bego jangan banyak komen disini..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Sekarang gua tanya serius sama lo ruk? Apa konteks dan urugensinya kau omongin orang lain pada ke mars...
      Lo sadar dan faham gak perjalanan Negara dari rezim ke rezim, dan apa progresnya, lo faham gak keuangan negara itu berapa? dan peruntukannya kemana aja? Lo faham gak kebijakan politik negara, geopolitik negara dan regional,


      Dan gua tanya serius sama lo yang heibat ini, postur militer yang paling idealis menurut lo seperti apa? .. Dan berapa lama untuk bisa mencapai postur ideal lo terhitung dari kondisi eksisting sekarang... Coba gua mau tahu isi otak lo yang hebat itu... Kalo lo gak jawab.. Mulai detik ini lo ngomong ama monyet aja..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  8. @rudal kenapa lo kagak kerja sj sm menhan lo kira beli alutsista kaya beli petasan di pasar gembrong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiih, ono wong malon ☝️ kok tepung pasar gembrong .....mesti sabane neng gunung antang iki ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    2. Kuwi seng bakul seluar dalam jalur gemilang kang smiling

      Hapus
    3. Wooooooo.....sing gawe macet ngarep stasiun jatinegara kae ๐Ÿ˜

      Sampeyan kok tepung mas @faktanya....opo asring ketemu karo chin peng neng gunungantang ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
  9. "Weeeeeh, bathi luar-dalam ikih ๐Ÿ‘‡....wes dompete mundak kandel tur neng sirah kemepyar ๐Ÿค—๐Ÿ˜Ž๐Ÿค—"

    https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4867588/ngaku-anggota-tni-residivis-ini-tipu-janda-luar-dalam?tag_from=wpm_cb_mospopular_list

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan Janda sampean selalu terdepan..hhhhh

      Hapus
    2. Janda...
      Hmmm...jadi curiga ๐Ÿ˜


      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Yang punya name "Kemukus Empire" hayo ngaku...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. Dudu akuuuuu......๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    5. apakah kemukus empire juga membawahi Nato yaa mas@hari..?? ojo2 sing dadi liaison Officer mas@PS sama sampean๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿ˜†๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿƒ‍♂️

      Hapus
    6. "Ora mung Nato mas boy, nanging KE iku wewengkone lintas nasionaliti lan lintas benua ๐Ÿ’ช. Dadi ibarat franchise kae, sawijine best pravtice ing salah simone kawasan satelit iso ditiru ing kawasan lampu merah liyane ning tetep mengedepankan aspek budaya lokal alias Glokalisasi ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™"

      https://m.winnetnews.com/amp/10-kawasan-prostitusi-yang-paling-terkenal-di-dunia

      Hapus
    7. Jiwa sales ee bergejolak iki๐Ÿ™„☝๐Ÿค”๐Ÿคญ๐Ÿ˜„๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  10. Defense Studies darurot komenan tipe destroyer !!!

    BalasHapus
  11. Bicara benar salah,kan gue Uda bilang kebenaran itu pedih dek,tapi lebih bagus daripada menutupi kelemahan.
    Postur kekuatan itu dilihat dari rudalnya dek! Kalau aja NKRI sekarang punya rudal Sam jauh dan menegah yg cukup,baru deh bicara yg lain.
    Ini lawannya naga tapi payung udaranya lemot,pedihkan melihatnya,kok punya hati ya!kok yg dipikirin uang yg katanya pas2 an ,emang NKRI kantongnya pas2an dek,tapi sampai kapan?
    Bicara itu bukan karena uang tapi niat dan kemauan untuk buat macan nya ompong
    Jadi bertaring gak ada.alon2 asal klakon itu kamus dulu dek,Uda gak dipakai lagi sama cina tapi cepat tepat niat dan ambisi dan kemauan itu yg dipakai cina ngerti ora koe son.
    Perusuh sudah didepan mata kok disuruh alon2 pie........koe dek.kurasa biar cepat bertaring lagi macannya kalau Uda kena rudal kurasa ya,dari dulu selalu bicara uang dan uang emang NKRI betul2 bokek ya? Insfastuktur ok penting,kesehatan ok penting,kemakmuran ok penting tapi jauh jauh..........
    ...,,..........................................................................lebih penting pertahanan yg hebat dek
    Karna asing dan Aseng akan segan dan hormat kalau pertahanan negara kuat.
    Uda lah gue banyak kerjaan.
    Gini2 gue pengusaha loh OPS.,..bukan riya' ya,gue asli Batak bukan kaleng2 jadi gak usa bawa2 beruk ya ok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari awal lo dah riya ruk...jangan bawa bawa batak lo.. Gua juga batak... Marga lo apa ?

      Hapus
    2. Lo tinggal ngoceh... Keluh sana sini... Nah orang yang lo keluhin itu dia bekerja siang malam buat urus negara.. Orang disini proud sama bangsanya karena mereka merasa sebagai bangsa Indonesia, coba lo tengok jiran lain biar kata mereka miskin dan payah secara militer tetap bela negaranya sampe gak tahu malu...๐Ÿ˜„

      Nah lo mau ngajarin orang sunis dan skeptis sama progres negaranya sendiri.. Lo kalau skeptis dan sinis jangan ngajak ngajak orang lain... Lo ngaku pengusaha trus dah berasa hebat gitu.. Dah ngerasa bisa ngempanin orang lain trus lo mau ngecilin kemampuan negara lo gitu... Lo beneran pengusaha aja gua gak tahu?? Bisa aja lo ngaku ngaku doang kan...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Lo liat iran yang banyak rudalnya aja tetep aja panglimanya mati di hajar negara lain, lo liat china yang banyak rudalnya aja pada kenyataannya gak dengan mudahnya ngetreat negara kita... Karna apa? Lo jawab aja sendiri kalau punya otak... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Satu lagi yang halu itu lo.. Karna lo gak tahu hal sebenarnya seperti apa... Orang orang disini gak bego bego amay kayak lo... Faham lo ruk!!...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  12. "Yess....mantab, segera banjiri negri ini dg garam impor ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Maju terus bos edi ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช"

    https://money.kompas.com/read/2020/01/17/205528426/edhy-prabowo-soal-impor-garam-saya-pikir-ini-enggak-perlu-diributkan

    BalasHapus
  13. Dinegri ini siapa yg bicara kebenaran pasti akan dibully dan disikat ini fakta dek!orang bicara fakta kebenaran dihujat tapi kok yg menutupi kesalahan didiamkan aja,(hepeng yg mangatur nagaraon).
    Sekarang mari bicara fakta dek....
    Benar atau salah macan Asia ompong?
    Benar atau tidak disuruh berani tapi konyol.
    Lu2 pernah gak mendengar apa kata kepala bakamla ketika ditanya mata nazwa,ukuran kapal bakamla sama punya centeng cina besaran mana,kata kepala bakamla besaran punya cina,senjata kapal cina apa kata nazwa kata kepala bakamla wah lengkap ada meriamnya,ciawsnya,radarnya,kok kapal bakamla senjatanya apa kat nazwa lagi,kata kepala bakamla senjatanya keris,pedih gak dengarnya.maksud diatas itu adalah mengkritik pemerintah yg lemot soal pertahanan,karna itu tadi disuruh berani tapi konyol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ompong itu cara berfikir lo.. Lo orang yang sinis jangan banyak bacot disini... Lo dah ngarasa berbuat apa hah...???

      Hapus
  14. Kalo ada yg join grup diskusi militer,silahkan gabung di grup WA yah guys. https://chat.whatsapp.com/HmSsyWvtjQK81aH8q8YtDF

    BalasHapus
  15. Gembul waria emang Lo gak punya otak ya
    Gila low,kalau low orang Batak gak usah kayak orang gila ngomongnya,dasar sampah loe,gue gak pernah maki2 kalau komen tapi low kayak babi komennya,kau tanyak pula apa margaku alangi matemi.
    Gak usa kau balas komenku taik,Batak apa kau ngomong mu kayak Cang inam.
    Gak usah kau balas komen ku,ingat ya gak usa kau balas komenku.
    Gak Sudi aku ngomong sama kau yg gak punya tatakrama dalam berbicara,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kalo komen jangan loncat loncat ruk... Ngomong tata krama lo sendiri kayak apa???

      Hapus
    2. Nah sekarang semua tahu kan tabiat lo sebenarnya.. Saran gua lo move on ya... Sikap sikap lo yg kayak gitu gak ada gunanya biat lo.. Apalagi di forum terhormat kayak Defense studies ini... Mending lo pergi jauh sana hussshh husshhh...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  16. Malingsial ku

    Negaraku…
    Tanah tumpahnya muntahku…
    rakyat mati…
    bercerai dan runtuh…

    Rahmat sengsara…
    anjing karuniakan…
    Raja maling…
    selamat bersenggama…

    Rahmat sengsara…
    Tuhan kurniakan…
    Raja maling…
    selamat bersenggama…

    Negara ku…
    Tak berbu……daya…
    Kebudayaan orang…
    …Karuniakan untuk ku…

    Negaraku…
    Tanah gersang ku…
    Tak punya malu…
    Dan kemaluan…

    Rahmat senggama…
    Nikmat selangkangannya…
    Raja kita…
    Selamat Bercinta…

    Rahmat tuhan
    Tak bernyawa
    Mati terkutuk
    Selama lamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu kutukan kluar lgi๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜จ๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป

      Hapus
    2. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  17. "Yess....mantab, segera banjiri negri ini dg garam impor ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Maju terus bos edi ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช"

    https://money.kompas.com/read/2020/01/17/205528426/edhy-prabowo-soal-impor-garam-saya-pikir-ini-enggak-perlu-diributkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ora ngaruh aq mbah hari๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜.. Lha Wong aq sering poso mutih๐Ÿ˜Œ

      Hapus
  18. hajar terus kir tungkir jangan kasih ampun biar kapok mereka,engak tau mereka orang batak macem apa,hayo pepet terus kir salip wajik dah gitu.

    BalasHapus
  19. orang malon kehabisan pulsa apa ya?,maklum juga sih mereka lagi kere.

    BalasHapus
  20. Ehem...

    Tadi ada yang ngomongin minta rudal ya?

    Negeri ini sangaaaaaaat luas...
    Saking luasnya butuh :

    PSU (Shorad + Vshorad) di 216 titik
    MERAD di 78 titik
    LORAD di 18 titik

    Itu baru untuk AU, belum AL, belum AD.
    Itu baru untuk rudal arhanud, belum rudal anti kapal. Belum pesawat, belum kapal.

    Untuk memenuhi itu semua butuh 25 tahun anggaran!

    Kalopun anggaran pertahanan dinaikkan jadi 3% GDP seperti Singapore, itu masih makan waktu 15 tahun untuk bisa memenuhi target kuantitas dan kualitas ideal dengan standar seperti Singapore.

    Tapi ingat, Singapore bisa seperti itu karena negaranya hanya 1 kota, bikin infrastruktur 1 kota itu jauuuuh lebih singkat waktunya daripada kita negara yang punya 514 kota!

    Anggaran pertahanan dan keamanan 3% punya Singapore itu bisa didapat salah satunya karena judi dilegalkan di Singapore. Pajak mereka pun sangat tinggi.

    Selain itu Singapore lebih aman dan stabil karena tidak ada demo, sekali ada yang demo langsung masuk penjara. Tidak seperti Singapore bahkan dalam hal berbicara dan mengeluarkan pendapat kita jauuuh lebih bebas daripada Singapore. Di sini demo di mana2, hampir setiap minggu ada demo sehingga perlu pengamanan yang menguras uang negara.

    Atau mau seperti India? Alutsista banyak tapi bobrok, dalam setahun ada 10 pesawat militer yang jatuh. Udah gitu banyak rakyat yang melarat pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu maksud saya om... Saya suka gemes sama orang yg gak realistis cara berfikirnya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. yg minta nomer dilayanin gak suhu? haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
  21. yuukk kita liat beda powerr 2 kafal osi haha!๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š๐Ÿ‘Š

    kelas hunter:

    Armament:
    1 × 5-inch 54 calibre Mark 45 Mod 4 dual purpose gun
    Mark 41 Vertical Launch System, firing RIM-66 Standard 2 and RIM-162 ESSM missiles
    2 x 4-canister advanced anti-ship missiles
    2 × Phalanx CIWS
    2 × 30mm short-range gun systems
    MU90 Impact torpedoes

    Aircraft carried:1 x MH-60R ‘Romeo’ Seahawk
    Aviation facilities: Large Chinook capable flight deck
    Enclosed hangar Facilities for UAVs

    Flexible Mission Bay can hold:
    second helicopter
    4 x 11m RHIB
    10 x 20 foot containers UAVs and UUVs

    kelas hobart destro:
    Armament:
    48-cell Mark 41 Vertical Launch System
    RIM-66 Standard 2 missile
    RIM-162 Evolved Sea Sparrow missile
    2 × 4-canister Harpoon missile launchers
    1 × Mark 45 (Mod 4) 5-inch gun
    2 × Mark 32 Mod 9 two-tube torpedo launchers Eurotorp MU90 torpedoes
    1 × Phalanx CIWS
    2 × 25mm M242 Bushmaster autocannons in Typhoon mounts
    Aircraft carried: 1 x MH-60R Seahawk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan yoo..iso nduwe selevel Hobart minimal 6 ae๐Ÿ™„๐Ÿ™„๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    2. hobart:
      Length: 147.2 metres (483 ft)
      Beam: 18.6 metres (61 ft)

      hunter:
      Length: 149.9 m (492 ft)
      Beam: 20.8 m (68 ft)

      bs kliatan kelas hunter ukrn lbh gde dikit, tp daya dobraknya masi dibawah hobart.

      sayangnya hobart yg maonya masyuk kelas destro, senjatanya kurang "nendang" mnurut guwe sich haha!๐Ÿ™„๐Ÿ™„๐Ÿ™„

      hunter ini cem model kapal kombinasi antara lpd & frigat keknya yaak.

      jenis multi purpose yg katanya lg "IN" tp syg krng maksimal bkn dr sisi senjata tp panjannya, andai namba 10-20 meter lagi buat helidek haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
    3. walo dgn ukuran lbh masif dr iver, dr sisi persenjataan kalah garang keduanya haha!๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช
      ama daya angkut maksimal. keknya absalon jg sama, bs ngangkut 2 heli awewe uhuyy haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
      cmn hunter bs masukin cinok, wuidiii..

      jd pnasaran 2 jenis kapal py osi, ini gde tp isinya apaan yak dalemannya, hmmn

      Hapus
    4. Kdx purun mbah?? ๐Ÿ˜Š

      Hapus
    5. Palanx sama oerlikon ampuh mana om pal??

      Hapus
    6. eeittt gak liat ada yg ngempil haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
      dr sisi model hobart kurang asoy om gonow..walopun kekar & gagah, tp modelnya ude oldskul apalagi tiang jemurannya mana tahan haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      guwe lbh suka disain damen omega,
      ama frigat negerinya om ben.
      mangkenya dari dulu beharap banget ketika la fayette prancis pensiun 3 taon lagi, bole juga hullnya yg pada masanya terlaluw moderen haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      liat aja disain kaprang masa depan negerinya om ben kan masi mirip, kerna digedein dimensinya. masi oke khan ampe 2055 haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      vanguard 130
      https://www.navalnews.com/wp-content/uploads/2019/05/IMDEX-2019-ST-Engineering-Unveils-Vanguard-130-Multi-Role-Combatant.jpg

      formidabel
      https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/83/Singapore_Navy_guided-missile_frigate_RSS_Steadfast.jpg

      Hapus
    7. kerna kite punya milenium maka dari ituw yg laen "NO" haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
      abs gimana yak, phalanx blisik haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      katnya, dimasa depan senjata laser lbh epektip & sakti drpd yg pake pelor2 gini om haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“

      Hapus
    8. Phalank stok munisinya banyak akurasi kurang.
      Kaliber 20mm
      jarak tembak 3,5km

      Milenium munisi lebih terbatas
      akurasi cap jempol.
      Kaliber 35mm
      Jarak tembak 5 km

      Hapus
    9. Harus diperhatikan, bahwa definis destroyer R*N beda sama USN. Tujuan destroyer itu sebagai fleet escort. Mumupung ancaman terbesar adalah pesawat terbang dan rudal, fungsi utama menjadi AAW.

      Untuk tugas lain dan eskorta konvoi diserahkan ke frigate. Simpelnya, ASW dan ASuW diserahkan ke frigate tapi masih bisa dibantu destroyer. Untuk AAW sebaliknya.

      Hapus
    10. lho kok RANnya disensor om irs haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      destro osi kurang banyak rudalnya om irs, masi kala ama iver yg notebene frigat, gt haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
  22. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus
  23. Yg mo diskusi ato nambah temen formil boleh deh gabung di grup WA https://chat.whatsapp.com/HmSsyWvtjQK81aH8q8YtDF

    BalasHapus
  24. OOT,,,,di buat malu oleh forumer yg waras sihat nalar otaknya

    Malaysia Military Power
    3 hrs ·
    Ni 3 pesawat yang akan kuatkan Mendonia

    Konon Nya

    Hahahahaha

    Please laaaa

    MMP

    No photo description available.

    Story Ramato Kenapalah sibuk sgt dgn jiran sebelah. Biarlah diaorg nk beli apa pun. Yg pasti tenteranya berani halau China kat Natuna. Tentera kita hado. Peralatan perang laut pun uzur...

    Ahmad Sharizal Jimin Ekonomi mereka semakin mantap dgn byk pelaburan asing. Jgn terkejut kalau ini menjadi realiti. Kita perlu sedar kelengkapan tentera kita semakin ke belakang jika dibanding dgn negara jiran

    Hadi Taftazani Ahmad Sharizal Jimin sawit kita pun India boikot makin masyuk la kompeni sawit indon

    Abdhakim Mohd Yasak Hadi Taftazani company indo Tu kroni saka93a.. huhuhu ๐Ÿ˜๐Ÿคญ.. rakyat Dan negara rugi.. kroni Kaya Raya.. wakakakak ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Sehasta Tigabara Kita jangan ketawakan dia orang dengan mimpi dan cita2 dia orang tapi kita tangiskan menhan kita yang tak berani memperjuangkan keperluan dan mendapatkan dan pengantian aset2 penting yang perlu bagi pertahanan kita...

    Ray Syazril tak payar cerita rafale dengan su 35 la...f16v pun sampai ke hari ni tak kunjung tiba..yg ada hanya f16 block 25 tapi declare jd block 52ID..ntah yer ke idok upgrade nya tu..mcm evo 1 terus convert jd evo 7..


    Saifullah Harizan tak payah nak kutuk cita2 orang.tengok negara kita dengan depa.depa makin kedepan,kita makin kebelakang

    Erman Jeep Super tucano min oiii

    Z Agee Baling Pungpang2 mendonia pon berani lawan cina kt natuna..kita silakan masok minum kopi...siap visa free..vires free...pa cita pa cita pa cita...

    Fazrul Fahmi jangan jeles min..nnti betul2 jdi realiti,ternganga2 kita

    Muhammad Faidhi Min tlg pantau ada indon dpt top pan..pastu carut2 dekat org mesia ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜

    Malan Cmaha sebenar mendunia x ada wang, mereka terpaksa tumpu pembangunan ibu kota baru di kalimantan bina landasan kereta api di kalimantan itu aku dapat berita tahu mendunia ibu kota jakarta bakal tergelam , yg lebih memalukan kita jual 50% ladasan kereta api kita pada china itu, pertahan kereta api kita pantai timur..

    Matt Lipp Kita ada brpa jenis skrg

    Zamri Zam Satriani xbnyk n pakai hat mana yg ad jaa

    Gon'z Ngginak Tk payah ckap memburuk burukan dia org, jelekan dia org, kalo kita maseh pakai hasil produk mereka...
    urus diri kita sdh btol ke blm, sdh lbih dri dia org ke blm... !!๐Ÿค”๐Ÿค”

    Sahal Safwan Hamidon gi mana yg ini ...... apa benar kepakaran mereka ?
    kapal selam kecik ......geng2 kartel dadah mexico pun boleh buat ......malaysia ?
    kemon.......malaysiaku .....
    https://youtu.be/-mUNaavHsWs

    BalasHapus
  25. Malaysia Military Power
    7 hrs ·
    Kejap kenapa dok kecoh pasal Mendonia nak beli 48 Buah Rafale.

    Relak laa

    Macam x biasa dengan Mendonia

    Mereka Serumpun dengan Kita

    Cuma beza Mereka ini

    Mereka ini x ada kaji

    Terus Cakap nak beli

    Tapi Duit Pakai Air Liuq jaaa

    SU35 apa cerita

    Dah bayar Deposit kaa?

    MMP

    Noor Azlinda Mohamad Nor Min... mendonia skrg dah kehadapan dari kita min... pakar ekonomi luar dh ckp tahun ni depa akan kuasai pasaran saham dan matawang mereka akan melonjak naik lagi tinggi dari thailand. Mmg mereka mendonia skrg ni. Tu yg nak beli sampai 48 biji tu. X mendonia pun mcm2 nak dibelinya

    Malaysia Military Power Noor Azlinda Mohamad Nor ekonomi yaaa..military hahaha diorg pun sama mcm kita juga..beza nya semangat kenegaraaan diorg tak boleh dibawa bincang

    Hi Lo Malaysia Military Power setuju.. Semangat nasionalisme yg berlebihan.. Bab ekonomi diaorg mmg tngah rancak sekrg

    Noor Azlinda Mohamad Nor Malaysia Military Power itulah bezanya mereka dgn kita... bendera kita warganegara sendiri hina pun xde hal.. cuba kat sana... try test tgk

    Rahimi Dollah As Saujani Kita bercakap berdasar poket ..mereka poket bercakap dulu isinya belum tentu ada...teringat Thailand dulu nak beli 2 Skuadron F18 Hornet bila Malaysia beli..last batal sebab krisis kewangan Asia. Pendekata apa Malaysia nak beli orang lain nak ikut

    BalasHapus
  26. Mohd Faizul Ya, btul....terimalah hakikat yg ekonomi depa tgh boom skg sbb china dan india lbh byk beraslih beli minyak sawit dr indonesia berbanding msia. Muntri kita jugk kn yg mulut longkang, semua negara nk bashing...terutama yg suka sebut 'apa nama' tuh...

    Rahimi Dollah As Saujani Dalam sistem ekonomi GDP besar tak guna kalau Kerajaan tak mampu kutip cukai..peratusan cukai berbanding GDP yg dikutip Indo lebih rendah berbanding Malaysia...itu dipanggil Dasar Fiskal...takde guna ada lombong Arang Batu..emas jika konsesi...syt yg menguasainya milik asing

    Dodi Setiawam Rahimi Dollah As Saujani update lagi news bro tahun ini indonesia stop export komoditi mentah ke seluruh dunia
    .jokowi presiden dlm project membangun hilirisasi tambang2 emas di seluruh indonesia terutama tambang emas terbesar dunia freport untuk info tambang emas freeport sudah milik indonesia sejak 2018 lalu dari amerika melalui PT .inalum persero .untuk batubara 2021 indonesia stop export batu bara ke singapura..jokowi presiden ingin mengolah batu bara menjadi oil gas untuk kebutuhan gas sumatra dan jawa kalimantan n papua .seperti bahan mentah nikel or indonesia stop ke eropa.indonesia dalam tahapan mengola nikel or menjadi lithium bettry untuk memenuhi project car listrik tahun2025.
    Untuk kepala sawit project jokowi tahun 2025 indonesia sukses ke B-50 dlm mengola minyak klp sawit menjadi bahan bakar untuk kendaraan dan akn di teruskan di olah menjadi avtur(bahan bakar pesawat).
    Alhamdulillah tahun ini saya sudah merasakan menfaat B-30 melonjaknya harga kelapa sawit di kampung saya✌

    Khairul Safwan Ahhhhh sembang lebih la.... ������

    Dodi Setiawam Tapi indonesia bajet pertahanan hnya 0,8% saja ..sama jugak dgn malaysia����

    Khairul Safwan Ahhhhh sembang lebih la.... ������

    ู…ุญู…ุฏ ุทุงู„ุจ Byk sbnarnya yg kita bleh blajar di sebalik sikap mendonia dorang, contohnya dorang cukup hargai potensi rakyat sendiri. Baru2 ni ada mamat pomen moto cipta kpl terbang sendiri. Siap kena jemput tni au sbg tnda penghargaan. Benda ni bagus utk naikkan moral rakyat. Btw kita, power cmner pun tpi klu org atas tak suka ko siap lah ko kena tendang kebawah..dilantiknya menteri yg bengap walhal org yg kompeten byk je kat luar...huhu

    Dodi Setiawam Normah Mansur yup saya liat skrng pasar saham malaysia jatuh saya tidk tahu cara politik di negeri jiran sprti apa

    Mohamad Aliff Shafiq Azizan Dodi Setiawam byk rakan² kami terpengaruh propaganda dgn geng mata sepek hidung pesek kerana mereka (geng sepek pesek tu) sbb mereka maukan KUASA sprtimana di Singapura dan Laut Champa / Natuna Utara... Mereka sgt rakuskan KUASA...

    Jalal Athan Alhamdulillah juga lah jiran sebelah ada cita2 tinggi... Kita pula masuk angin keluar asap... Harap kaji dankaji dan kaji hingga perang..masih kena dalam kajian lagi..

    Jalal Athan Muhammad Faidhi kita cita2 lg tinggi buat kereta terbang... Silap hari bulan boleh letak peluru pepandu nuklear.. ��

    Muhd Harrith SU-35, F-16, Rafael, Iver Huitfeldt class frigate, Scorpene..dia punya sembang mcm dh setel payment tinggal tunggu barang smpai je..padahal xde sign apapun, bila nak bincang cara payment pkai bank loan, terus senyap..tapi amik pendekatan dri sudut positif, dia xde kaji2..jumpa delegasi luar negara,terus cakap nak beli

    Basri Naim Indonesia terkenal dgn jolokan 'naga yg sedang tidur' dalam kalangan investor. Sekarang depa mulai bangun. Silaplah malaysian klu merendah2kan mereka. Tgk nti, bila depa dh mcm us, kita jadi apa lak. either Jadi mcm canada atau mexico

    Izal Saizal Relex lah nati kita sewalah jet tu dari mendonia..... Nak tunggu kita beli x habis2 mengkaji...�� �� �� ��

    Sehasta Tigabara Aku tak peduli Mendonia, yang aku risau kapal perang, heli dengan pesawat juang kita ni.. Dapat menhan tak reti nak fight untuk keperluan... Dari Mazlee baik dia undur diri..

    BalasHapus

  27. Jefri Jamal hahaha dorg ni mana2 negara g semua nk beli.. pastu sembang lg mendonia, org nk beli brg dia ���� walhal sedia maklum semua brg2 dia bermasalah.. last2 dh kecoh psl chongbogo,su30,f16,c130 smua out service n problem.. masih nk percaya lg?
    beli mmg sng tp nk selenggara tu yg ssh.. a400 tu dh smpai lom.. nt xpyh jauh2 nk servis, htr je kt subang nt ����

    Shaiful Aizat Ibu negara nk baru,aset tentera nk baru,ruang laut semua nk claim,semua nk...last. .rakyat tido bwh jmbtn..

    Sam Sul releks min mendonia biasela mcm ayam,telo sebijik riuh sedunia haha..yg penting rafale dh fly kat msia. nnti tau2 je dh ade bwh garaj msia hehe..

    Ariff Sharif Ha ha kutuk2 jugak indonesia rank top 20 global firepower index...industri pertahanan mereka jauh lbh maju dr kita...

    Jentayu Merah Korang jangan kutuk2 mendonia min.Aku skarang hari2 nonton sinetroen.Pokoknya Gue mahu belajar omongan kayak indon lohh.Udah tanggal depan gue mahu kerjain di Kalimantan lohh.Bisa lumayan dong!Apa apaan sama malaysia sekarang dehh.Kerja aja enggak bisa di malaysia ini jaman.Kayaknya gue ini bisa dibilang pendatang di bumi sendiri lohh..!!

    Django Fx apa yg mustahil soft credit drp french bank mcm egypt buat beli rafale dlu malaysia pn dpt offer soft credit utk rafale tp tu la masih mengkaji smpai kajong

    Fitri Nizam Tu bezanya mendonia ngn menhan kita admin..goment kita harus mengkaji sebelum buat pembelian hingga kan kasut sekolah pon depaa buat kajian korang apa tahu ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃmintri punya keje

    Akira WP Tak mustahil kalau dana 93 billion ada .. sini baru 2.6 billion pun dah macam²

    Muhammad Hafiz Sekurang2 depa ada gak cita2 min... Kita ni, kejap nk amik kejap u-turn... Last2 X jadi... Negara kita masih Aman... Haram jadah betoii...

    Mohd Shukri Ok la tu, ada gak perancangan mendonia ni. Kita harap kertas a4 putih je la

    Mohd Najmi Bin Jailani diorang xyah Gripen, elok borong terus F-16V (kan mmg dah ada F-16)

    Saiful Ridzuan Okay lah Mendonia, daripada Malaysia ada menteri yg erhmmmm... Kalau nak defend serang guna mic je. Software & Hardware.

    Zuhairi Fitri Su 35, f 16 viper yg terbaru dassault rafale plak tinggi sungguh cita2 mendonia, kitaaaa

    Syam Silis Zuhairi Fitri kalau f 16 viper sdh di kirim sepenuhnya ke indonesia oleh america.
    Kalau SU 35, buatan rusia memang bermasalah.
    Kalau indonesia jadi membeli SU 35, indonesia bakal dpt sangsi ekonomi dari america.

    Muhammad Faidhi Syam Silis hari tu berkobar2 nk beli su35..ni dah jadi bermasalah pulak?ni kata nk beli rafale pulak..jgn lepas ni keluar ayat rafale pulak bermasalah ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normah Mansur tapi Malaysia krik.. krik.. krik..

      Azlan ok la tu..berani kejar kapal perang China..yg kita ni..hurmmm

      Ahmad Ali Kenapa Kita nak bermusuh dgn Indonesia?.. walhal musuh utama adalah pengganas communist & ltte, Dah dlm kjaan pun..

      Nizar M Zaini Hihi. Pelaburan pesawat korea selatan pn kelaut. Sampai teruk kena kutuk d korea

      Normah Mansur Nizar M Zaini rasanya diorang sebenarnya cari jalan nak keluar dari program tu. Sebab pernah terbaca keluhan engineer2 dia yang dihantar ke Korsel bahawa korsel lokek TOT, sama macam kita terkena dengan syarikat Jepon dulu pasal kereta. Korsel pon cuma pandai assembly aje. Banyak komponen beli dari luar. Kalau setakat nak belajar assembly komponen, better Join Pakistan buat JF17 block 3.

      Nazri Nordin Ok la byk jgk aset diorg yg baru2 dari kita sibuk g string๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Mat Sentul Mendonia dh tersedar dari mimpi, kita masih terlena.

      Abu Navaradeeforty mendonia bikin rudal
      mentah bikin kertas
      beza tu haha

      Farhan Masron Mendonia nk beli dgn ape? Ke barter lagi? Kerepek? Tempe? Haha

      John Kol Diorg sembang pon pakai apache..kita sembang dapat apa..nuri pencen pon..kena sewa dulu

      Roslan Omar Nak beli tu Semua org nak Cuma persoalannya mampu ke dgn harga 292m usd sebuah x 48 buah bersamaan 14.016 b usd.. blm masuk persenjataan dan lain2..
      Tgk nk beli 11 Su35 pun xlps walau dgn barter..siap nk bli Scorpene Dan Mistral lagi ๐Ÿ˜›
      Adakah Aku Bermimpi di siang hari dgn daun2 bertukar menjadi wang!!!
      Hebat
      48 Rafale
      11 Su35s
      48 F16 Viper
      2 Mistral Mrss
      2 Gowins
      2 Scorpene
      Tahniah Indonesia๐Ÿ‘kami Jiran tumpang bangga dgn kejayaan.

      Firdaus Azmi Pelik jgk aku dgn jiran kita tu..bg aku la klau dia nk improve dia pny air force,baik tmbh jer f-16 atau su-30 yg latest version.. Rafale trknl antra pswt yg mhl baik dri segi perolehan mahu pon maintenance..projek ngan Korea selatan pon nmpk terkial2 nk bayar..x fhm btul..satu je la aku nk puji ni at least ada la jgk berita utk menyedapkan rkyt2 dia yg concern psl pertahanan.. Kita ni lesu,x de prkembangan lgsg..usaha tu x nmpk..

      Akmal makin ketinggalan malaysia. harapkan fpda saje kah

      Zainul Ariffin Min wa berangan superhornet masuk tudm ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Amirul Farhan Lantak diorang lah nak berangan min... Kita ni pun kajian tak habis-habis ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus

    2. D Zul Iskandar Sebelum ni mendonia sembang gebang. La ni depa buat sungguh.

      Wan Samsuri Omar Tgh tggu gak nk tgok su35 diorg sampai

      Alif Fdzi tak mustahil... sbb ..... xpelah korang tgok jelah nnti

      Zaifullah Zailani Haha kutuk2 indo, Investor angkat kaki dari Malaysia park bisnes kt sane...

      Malan Cmaha aku dapat tahu sebab mendunia itu cuba pujuk perancis beli sawit air liur dia menteri mendunia itu.. menteri kita halau keluar menteri india tak nak jumpa menteri kita ini tak ada siapa beli sawit kita ini, aku tengok indonesia cuba pujuk perancis supaya beli sawit dia dengan beli pesawit rafele, apa rancangan menteri malaysia pujuk india telah gagal malah halau keluar oleh india "memalukan betul malaysia ini, pm kita mulut lelupah kritik pasal kasmir kalau sokong kasmir lakukan secara diam2 cukup lah ini menyusahkan orang ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Zul Sewakereta Betapa ruginya Kuasa politik melayu yg lemah sekarang ni..

      Damhoeri Nio Joe Lan duit pak arab masuk

      Shazril Shaedi Indon dah mampu Beli semua Tu....Malaysia je Masih bodoh tahap Gaban asik gaduh Dalam negara je pasal politik...bangang NAK mampus

      Patrick Boyerz Relaks la. 48 biji rafale bukan murah. Tambah pulak scorpene dgn gowind. Maintenance scorpene je beratus juta larat tah larat ke idak dia nak bayar. Mendonia kena pinjam dgn bank nak beli semua ni. Dia mesti nak nego barter trade dgn France.
      Dari aspek lagi satu, mendonia ni mungkin nak bagi tekanan pada russia utk terima deal barter trade bagi SU35. Deal dgn France ni wayang je. Klu betul diorang ni byk fulus kenapa cancel programme dgn korea. Dah la nak pakai duit bina ibu kota baru lagi. Something not right min.....

      Khalidz Mamat Indon sembang je lebih nak beli Su 35 pun nk bayar Gan keropok dan kopi buat Russia tepok dahi

      Mohd Najmi Bin Jailani dia bukan apa, pak Prancis tu terdesak sgt cari customer, awal dulu pergi kt kita, skrg mendonia dh elok sikit alih sana pulak

      Mohd Razzie Helicopter pemyerang Apache buatan Amerika dn Hind 35 buatan Russia Mendonia dah Ada.
      Msia apa yg ada..??
      Malulah sikit..Kapal Selam moden dia org pun banyak. Siap ada yg dibina sendiri dlm Negara dgn teknologi dri luar negara.
      Dia org punya budget Pertahanan terletak di tangga no. 1/.2 dlm Negara. Msia punya budget Pertahanan no.4/5 dlm Negara..๐Ÿ˜

      John Kol Mohd Razzie betul..kita nk beli helikopter tempur pon susah..ni x tau apa cerita..jd ke x

      Achtung: kalaulah pusing kepala baca bahasa melayu malon, jangan lupa minum Panadol ekstra yang kemasannya merah ; )

      Hapus
    3. Beruk malon di atas kecewa sm government nya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Gue pusing baca bahasa beruk malon
      ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

      Hapus
    5. pasukan sakit ati ampla haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus