26 Januari 2020

Presiden dan Menkeu Mendukung Modernisasi Alutsista

25 Januari 2020

Dengan berubahnya sistem pembelian berdasarkan investasi, maka Kemhan dapat membeli alutsista yang lebih mahal namun mempunyai usia pakai yang lebih tinggi, sehingga cost per tahun menjadi lebih kecil (photo : Defense Update)

Jokowi: Belanja Pertahanan Harus Diubah Menjadi Investasi Pertahanan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perubahan paradigma dalam mengelola pertahanan Indonesia, dari sebelumnya berorientasi pada belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan.

"Semua membutuhkan kebijakan perencanaan pengembangan alutsista yang tepat. Apakah pembelian ini berguna 20, 30, 50 tahun yang akan datang. Harus dihitung, dikalkulasi semuanya secara detail. Belanja pertahanan harus diubah menjadi investasi pertahanan," katanya di Kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1/2020).

Dia pun telah membicarakan pengembangan industri pertahanan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, sebagaimana di dalam UU Industri Pertahanan harus memenuhi beberapa hal yakni transfer teknologi, produksi dengan BUMN, peningkatan TKDN dan pengembangan rantai produksi.

"Yang saya lihat di negara lain, minimal industri ini harus diberikan yang namanya pesanan, order dalam 15 tahun minimal. Sehingga jangka investasinya menjadi terarah, mana yang akan dituju jelas. Tidak bisa lagi setiap tahun kita nggak bisa," tuturnya.

Lebih lanjut dia menyoroti perkembangan teknologi pertahanan yang berkembang dengan begitu cepat. Salah satunya adalah drone yang kini bisa dipersenjatai dan bisa mengejar tank maupun kendaraan militer lain, hingga menghabisi lawan dari jarak dekat maupun jauh dengan tepat sasaran.

Tak hanya itu, teknologi pertahanan juga sudah menggabungkan instrumen persenjataan dengan penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). "Termasuk pengembangan pesawat tanpa awak, kapal tanpa awak, yang dilengkapi dengan persenjataan-persenjataan modern. Hati-hati dengan ini," ujarnya.

Jokowi pun meminta agar mulai dibangun industri pertahanan yang menghasilkan peralatan militer berteknologi canggih. Apalagi, hampir semua teknologi yang ada sekarang, dimulai dari peralatan militer.

"Entah itu yang namanya GPS, yang dulu namanya HT, yang namanya handphone, yang namanya drone, dimulai, baru masuk ke dunia bisnis. Semuanya dimulai dari industri militer, semua negara, termasuk di Indonesia," ungkapnya.

Dia juga meminta agar Indonesia terus memperkuat penguasaan teknologi pertahanan. Salah satunya teknologi otomatisasi yang akan disertai dengan pengembangan sistem senjata yang otonom. Lalu teknologi sensor yang akan mengarah kepada pengembangan sistem penginderaan jarak jauh yang sudah digunakan oleh Indonesia dalam sejumlah operasi.

"Teknologi informasi (TI) seperti 5G dan komputasi kuantum yang akan mengarah ke pengembangan sistem senjata yang otonom serta pertahanan siber," pungkasnya. (SindoNews)

Ketika Sri Mulyani Dukung Penuh Prabowo Belanja Alutsista

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong proses pengadaan alat utama sistem pertahanan (alusista) Indonesia melalui proses Kekuatan Pokok Minimum atau lebih Minimum Essential Force (MEF).

"Pengadaan alutsista itu membutuhkan suatu proses yang panjang yang saya menganggap Kementerian Pertahanan dan Panglima perlu untuk duduk bersama bagaimana mengefisienkan dan menciptakan kepastian," kata Sri Mulyani seperti dikutip, Jumat (24/1/2020).

"Karena kalau tidak, waktu kami sudah mulai menyusun APBN untuk mendukung pengadaan alutsista maka kemudian proses yang panjang menimbulkan banyak sekali konsekuensi terhadap kecepatan maupun ketepatan dari pilihan alutsista tersebut," ungkap Sri Mulyani lagi.

Pengadaan alutsista yang relevan, sambung Sri Mulyani, penting karena semakin besar perkembangan Indonesia, semakin banyak yang memiliki interest terhadap republik ini. Hal itu menimbulkan konsekuensi pertahanan keamanan (hankam) yang besar juga untuk kelangsungan kedaulatan.

"Itu adalah sesuatu yang kemudian berkonsekuensi mengenai bagaimana kita mendesain pertahanan keamanan Indonesia, karena makin besar perkembangan Indonesia, makin banyak yang memiliki interest terhadap Republik ini," kata Sri Mulyani.

Hal ini didasari oleh fakta bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penduduk terbesar keempat di dunia, negara emerging yang masuk dalam G-20 dengan ukuran ekonomi sudah masuk 16 atau 15 terbesar di dunia dan pertumbuhan Indonesia di atas 5%, sementara negara lain hanya tumbuh 2%-3%.

Ia menegaskan, Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia bahkan bisa menjadi 5 besar. (CNBC)

149 komentar:

  1. Balasan
    1. Jebule sing nongol sek bedhil malon..😣

      Hapus
    2. Belum tau ya bedhil vita berair menembak 🤣🤣

      Hapus
    3. US has informed Indonesia that 32 F-16V price is US$4.5 billion. It will hit US$6 billion - US$7 billion with armaments. Also includes Link 16. It's expected Indonesia will sign LOR next year. Indonesian F-16V procurement only available via FMS. No DCS! So take it or leave it! Harga yang ditawarkan untuk F16 Viper terlalu mahal

      Hapus
    4. Sudah saatnya memilih lompatan teknologi alutsista pilhannya hanya 3 : F35, rafale atau SU57 dikarenakan harga F16 V hampir menyamai F35

      Hapus
    5. Itu harga 48 bijik viper US$ 4,5 billion

      Indihe beli 36 bijik rafale US$ 8,8 billion

      Hapus
    6. HALAH TAEK, NGRUNGOK E KOK CUWWITANE ALMAN HELVAS.

      WWONG DAPURANE DEK DESEMBER KAE MUNI "BELUM ADA KONTRAK C 130J DENGAN US" TOH NYATANYA UDAH TEKEN 5 C 130J KOK.


      JANJI WWANI DUWIT BARANG MESTI ONO. LAYAK LEK DI PECAT SEKO JANES.

      KOWWE PISAN IB, RODOK DINALAR OPO'O, IYO KONDOM TIPE DESTROYER KUI PERLU, TAPI DELOKEN M#M## BOJOMU SEDENG OPO ORA.

      Hapus
    7. ALMAN HELVAS ternyata telah di pecat dari media militer paling di percaya sampai saat ini karena laporan jurnalistik dia tak kredibel, srampangan, ambil sumber berita bukan A1. Lebih ke spekulatif amatiran.

      Hapus
    8. Beli pesawat Gripen E lebih baik karena harga juga biaya operasionalnya murah ketimbang Su-35 yang ketinggalan zaman atau Dassault Rafale yang secara teknologi sama. Apalagi Saab Menawarkan full 100% tot

      Hapus
  2. Dengan berubahnya sistem pembelian berdasarkan investasi, maka Kemhan dapat membeli alutsista yang lebih mahal namun mempunyai usia pakai yang lebih tinggi, sehingga cost per tahun menjadi lebih kecil.

    ====

    Bukan belanja kaleng-kaleng..😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini didasari oleh fakta bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penduduk terbesar keempat di dunia, negara emerging yang masuk dalam G-20 dengan ukuran ekonomi sudah masuk 16 atau 15 terbesar di dunia dan pertumbuhan Indonesia di atas 5%, sementara negara lain hanya tumbuh 2%-3%.

      MALON MANA MALON...
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Malon menatapi nasibnya bung,

      Hapus
    3. 😱😱m Essen doyan yang serba besar

      Hapus
    4. Rafale mengancam exsistensi f 16 + kfx . wwkwk, ditikung di menit" terakhir rupanya.

      Hapus
    5. Malon tersungkur kat bilik termenung... Sib nasib..🤭🤭🤭

      Hapus
  3. Apakah ini artinya RAFALE sudah positif dipinang ?

    48 ekor gicu loh 💪💪🙌🙌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali rakyat Indonesia mendukung pembelian rafale!! Jangan sampai investasi yabg teknologinya 10 tahun lagi tertinggal hanya 3 pilihan mengerucut pada SU57, F35 dan pilihan tepat rafale

      Hapus
    2. Beli pesawat Gripen E lebih baik karena harga juga biaya operasionalnya murah ketimbang Su-35 yang ketinggalan zaman atau Dassault Rafale yang secara teknologi sama. Apalagi Saab Menawarkan full 100% tot

      Hapus
  4. Balasan
    1. Darurat momok type destroyer
      🏃‍♀️💨💨💨💨

      Hapus
    2. Tolong ni🖕🖕🖕aya yang dusun ( nakal) 😆😆

      Hapus
    3. Iiiiiiiich....ceuy teteknya ☝️kelihatan 😱😱😱

      Hapus
    4. Oogiachhhh....takut ketular virus anthrax 😷😬😬

      Hapus
    5. Wes apik" gambare wedok.malah di ganti.

      Hapus
  5. Kalau udah klop, buruan beli...
    Fregat
    MRCA 4++
    Sub +AIP
    Merads n lorads
    Satmil
    Rudal selain pilihan duta rudal...

    BalasHapus
  6. Kenapa di gambar topik ini rafale, knapa nga shukoi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi 35 sdh datang. Cuma kedatangannya dikamuflasekan dengan kedatangan su27 yg kemarin di MRO di belarus.

      Hapus
    2. Tak kandani badare otak-atik yo...

      SU-35 --> 3+5=8 --> 8 ki simbol yen sukses yo sukses gede....ning yen dobol, dobole yo jeru tenan 😖😖😖

      Lha yen F-15 --> 1+5=6 --> ibarat cah sekolah rapote biru, rasah kuatir 👌

      F-16 --> 1+6=7 --> rapote biru cerah, tegese ongkos beli lan biaya ops bersahabat

      Gripen 39 --> 3+9=12 --> 1+2=3 --> telu iki ongko sing nyimbulke optimisme (arepo ra okeh sing tuku 😢😭)

      Hapus
    3. Kesuwen..
      Yen B-2 Spirit ki tegese Bojo 2 marai semangat (spirit).





      (yen ra ke blorok milihe)

      😂😂😂

      Hapus
    4. Kamongko le mbandani bojo nom, nganggo bandane bojo tuwo 😂😂😂

      Hapus
    5. Mbah hari tibane apal itungan pranata mangsa jebug kuwuk lan kuthuk koyoke tau dadi dukun iki 😀😀😀

      Hapus
    6. B2 om pedang setan aksara bha=18 +2 =20 kalebu kuwuk artie standart wae

      Hapus
    7. Dukun ki yen neng kampunge dewe ora dipercoyo je ki.....🤧😢😭

      Hapus
    8. Ben ae.....sing penting menang akeh, perkoro mari pora, pikir keri 😂😂😂

      Hapus
  7. Kalo bener jadi rafale dibeli 48 unit kira2 ada totnya nga nih, kalo dapet tot apa ya kemungkinan di dapat...menurut UUD pembelian dari luar di haruskan ada TOT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Totnya Rudal Meteor. Karena itu juga yang akan digunakan di seri ifx kita.

      Hapus
    2. Belum pasti Dibeli kok baru tertarik masa sudah ancang2 mw Tot

      Hapus
    3. makanya perlu lobbiying 😂😂😂

      ga heran rafale punya indihome mahal, biasanya ada kes wang kopi kopi.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Nasip mu beruk !!!
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Sudah jangan jeles lon miskin ya miskin aja itu nasib negaramu 😀😀😀

      Hapus
    3. NASIBMU MELAYU BABI, MELAYU SUKA KONGKE ANAKNYA, MELAYU BABI SUKA CURI,, BABI KAO MELAYU MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG

      Hapus
  9. AYO PAKDE JOKOWI SAYA DUKUNG UNTUK MEMBANGUN pertahanan dalam negri berteknologi cangih, tambah mantul nih, LOMPAT NYA NGA TANGUNG2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASAL LOMPATAN JGN KEBABLASEN..NYANG DIMENSI LAIN ( koyo gempur si hantu ayam) 😁😁😁

      Hapus
    2. Orak lah mbah..wong lompate neng kasur to

      Hapus
  10. Bu sri.. tolong danai riset rudal jelajah.. investasi jangka panjang ini.. bisa jdi alat diplomasi yg kuwat juga kdepannya 💦💦

    BalasHapus
  11. apapun alutsista nya,,aku mendukung full

    BalasHapus
  12. https://pasardana.id/news/2019/12/18/soal-gertakan-uni-eropa-terkait-cpo-hipmi-usul-indonesia-batalkan-pembelian-313-unit-airbus/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru usul 'ndar...😛

      Wong becak'an yho iso nek gur usul..😛

      Hapus
    2. saman nyindir aku kang pedang hhh hhh

      Hapus
    3. Lho 'mpeyan isih mbecak tho?
      Jare wes nge-grab car...

      yo sepurone dek...😁

      Hapus
    4. Dek tlunya ki ra iso berpaling ninggalke becak, mergo tansah lam-lamen.....karo rem becak 😱😱😱

      Hapus
    5. Sorabi intinya antalantuya seorang penarik becak katanya sih

      Hapus
    6. Ora ding, ki edan ki seneng goroh.....wong atlatunya ki wegah kelangan rem becak sing saben dino diisik-isik 🤗🤗🤗

      Hapus
    7. 😀😀😀😀😀😀 dudu aku seng ngomong

      Hapus
    8. rem nya njengatttt

      itu duluuu

      menarik

      sekarang udah naik level

      mengayuhhh hh hh hh

      Hapus
  13. Pergerakan virus Corona real-time

    https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html?fbclid=IwAR1vNyp6YdrYkjiP-uMp8zdoWb9PTW6pGgakj7dyhcnfG70uDePcZji0tCA#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6

    BalasHapus
  14. https://www.cnbcindonesia.com/market/20200126133007-17-132805/modal-asing-masuk-deras-lagi-ke-ri-kenapa

    Wouuu.. Deras Kaya pompa national klep dol.. Nyemburrrr🤩🤩🤩🤩😙😙

    BalasHapus
  15. Bisa apa kornet basi lawan viper + rafale?

    BalasHapus
    Balasan
    1. NGAWUR KAMU, HORNET MALAY BEJAYE LAH.

      DENGAN 6969 JAM TERBANG SATU HORNET KAMI TELAH BEJAYE MENGEBOM 100 MUSUH DALAM SEKALI SERANG.


      IYE, MUSUH POKOK PISANG JE, EDAN PO MUSUH CINO, WONG KARO CCG AE MENDELIK

      Hapus
  16. Korban Corona malon 1 ausy 1. Ngeri ye tu virus kaya film residen evil

    BalasHapus
  17. Beralih ke scorpene jg gpp

    http://militermeter.com/kemhan-temukan-12-masalah-di-kapal-selam-buatan-korea-selatan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah kaga ada masalah ndar, Indonesia lg ngejar aip,sm biar nembak misil ke dubur para beruk ndar..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    3. Dar jangan ambil link militermeter, mimidnya suka ngeyel asal muncrat' komentar ane yg bersifat koreksi aje kagak dimunculi 😂😂😂

      Hapus
    4. Itu berita lama dari 12, pihak korsel sudah memperbaiki, yg terakhir batray, seharusnya btray alkalin Aa, malah yg di pasang korsel batrey merk yonyang...KABURRRRRR

      Hapus
    5. Omelin saja om kir ..sampe jungkir jungkir..😆😆

      Hapus
  18. https://lancerdefense.com/2020/01/26/indonesia-akan-kembali-gunakan-sishankamrata/

    Apakah Indonesia akan ada wajib militer seperti Singapura dan Korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wes tuwo, gk kuat fisik kalau ikut wajib militer apalagi perokok berat 😂🤣😂

      Hapus
    2. Perang jaman skrng kan gak perlu hrs fisik kuat mas.
      Sambil duduk2 aja bisa ikut perang kok. Itu yg di kapal selam sama kapal perang permukaan, cuma kerjanya tekan2 tombol doank.
      Malah sniper era modern itu latihan cuma ngintip2 aja....😂😂😂

      Hapus
    3. Selamat bagi yang hobi ngintip jamon ada bakat jadi sniper 😆😆😆

      Hapus
    4. Ngintip janda muda tetangga sebelah 😂😂

      Hapus
    5. Saya,sama om tungkir bagian dapur aja.kan yg perang juga butuh makan

      Hapus
    6. Ngintip janda muda yg di sniper itunya

      😁😁😁😍😍😍

      Hapus
  19. Malon Malah sibuk dengan urusan lanun, padahal MCG itu jaguh lanun melanun di perairan orang tapi mereka bisa kecolongan sesama lanun 😑😑😑

    BalasHapus
  20. Kalo investasi pertahanan yg diterapkan, pasti industri pertahan swasta bisa tumbuh pesat. Asal barang yg dihasilkan bisa di upgrade, utk menghemat belanja pemerinta. Serta teknologinya tidak jauh tertinggal dr teknologi yg sdh berjalan. Kalo teknologinya tertinggal, susah jg pemerintah /TNI utk mengakuisisi. Disaat jamannya sdh radar 3D yg dipakai TNI, PT.LEN malah msh berkutat di 2D dng besaran objek dimensi yg msh besar jg yaitu 10 m persegi. Tentulah TNI gak mau menggunakan. Bukan berarti user gak mendukung industri dalam negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup ada 2 masalah pokok berkembanya inhan dimari.
      1. daya serap pasar yg minim.
      2. kemampuan alutsista yg terbatas.


      seringnya inhan swwasta kalah dengan inhan nasional, ini dikarenakan terbaatasnya dana dan pandangan kalau inhan swasta belum mumpuni.

      Hapus
  21. Salam 2 JF Sulfur shoping receh pun tak sampai 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  22. Iver class vs gowind class! Yah pastilah gowind menang. Kita serumpun

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERANI2 NYA KAU MENGUSIK LELUHUR KAMI! CITA2 KAMI ADALAH WARSHIP TIPE DESTROYER!! AGAR ARWAH MEREKA TENANG DI ALAM SANA 😡

      CAMKAN BAIK2 😡😡

      Hapus
    2. yowes yowes,
      sesok tak usulke gawe kapal JUNG type Cruiser ae

      Hapus
    3. Kapal keruk type destroyer lebih merakyat.

      Hapus
    4. Awokwokwok orang Indonesia ngaku Malay jelek2in negeri sendiri pula. sampah!!!

      Hapus
  23. Tunggu ratas minggu depan coy, odesen dibalik nama sama indonesia, iver di bangun di PT PAL, harapan ku itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Odesen sdh tutup mas

      Hapus
    2. pembentukan struktur korpaskhas kedepan nya akan seperti
      marinir nanti nya guys,,,mantap


      * SATUAN BRAVO '90/ANTI TEROR-BOGOR
      Detasemen 901/Intelijen-Bogor
      Detasemen 902/Aksi Khusus-Bogor
      Detasemen 903/Bantuan Teknik-Bogor
      * RESIMEN/WING 100 PELURU KENDALI
      HANUD MENENGAH/ JAUH-MAKOR PASKHAS-BANDUNG
      Detasemen Khusus Rudal (Densus Rudal)
      * PASKHAS PERISAI UDARA ISTANA NEGARA
      Yon 101 Peluru Kendali Kosekhanudnas I
      Yon 102 Peluru Kendali Kosekhanudnas II
      Yon 103 Peluru Kendali Kosekhanudnas III
      Yon 104 Peluru Kendali Kosekhanudnas IV
      Yon 105 Depo Pemeliharaan
      * RESIMEN BANTUAN TEMPUR/ MAKORPASKHAS-
      BANDUNG
      Yon Kavaleri
      Yon Armed
      Yon Zeni
      * RESIMEN BANTUAN ADMINISTRASI/ MAKORPASKHAS-
      BANDUNG
      Yon Kesehatan
      Yon Komlek
      Yon Bekpalud/Angmor
      * DIVISI I PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)
      JAKARTA
      1. Detasemen Matra-1/ Naga Pasa-Jakarta
      2. Batalyon-1 Bantuan Tempur BS Paskhas Jakarta
      * Kompi A Kavaleri
      * Kompi B Armed
      * Kompi C Zeni
      * Kompi D Kesehatan
      * Kompi E Komlek
      * Kompi F Bekpalud/Angmor
      3. Batalyon-1 Hanlan/Paskhas
      * Kompi Hanlan Jakarta
      * Kompi Hanlan Bogor
      * Kompi Hanlan Subang
      * Kompi Hanlan Yogyakarta
      * Kompi Hanlan Madiun
      * Kompi Hanlan Balikpapan
      * Kompi Hanlan Pontianak
      4. Brigade/Wing 1 Para Komando PPRC Paskhas
      1. Batalyon Komando 461/ Cakra Bhaskara-Jakarta
      2. Batalyon Komando 463/ Trisula-Madiun
      3. Batalyon Komando 467/ Hardha Dedali-Jakarta
      5. Resimen/Wing 1 Arhanud Paskhas
      1. Yon Arhanud 1 Mobile Rudal Manpad QW Jakarta
      2. Detasemen Hanud 471/ Kunta Wijayandanu-Jakarta
      3. Detasemen Hanud 474/ Kunta Wijayandanu-Jogjakarta
      4. Detasemen Hanud 475/ Lanuma Iswahyudi Madiun
      * DIVISI II PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)-
      MAKASSAR
      1. Detasemen Matra-2/Naga Pasa-Malang
      2. Batalyon-2 Bantuan Tempur BS Paskhas
      - Makasar
      * Kompi A Kavaleri
      * Kompi B Armed
      * Kompi C Zeni
      * Kompi D Kesehatan
      * Kompi E Komlek
      * Kompi F Bekpalud/Angmor
      3. Batalyon-2 Hanlan/Paskhas
      * Kompi Hanlan Menado
      * Kompi Hanlan Bali
      * Kompi Hanlan Kupang
      * Kompi Hanlan Jayapura
      * Kompi Hanlan Merauke
      * Kompi Hanlan Biak
      * Kompi Hanlan Makasar
      4. Brigade/Wing 2 Para Komando PPRC
      Paskhas
      1. Batalyon Komando 464/
      Nanggala-Malang
      2. Batalyon Komando 466/
      Pasopati-Makassar
      3. Batalyon Komando 468/
      Sarotama-Biak
      5. Resimen/Wing 2 Arhanud Paskhas
      1. Yon Arhanud 2 Mobile Rudal Manpad
      QW Malang
      2. Detasemen Hanud 472/
      Kunta Wijayandanu-Makassar
      3. Detasemen Hanud 476/ Lanuma Biak
      4. Detasemen Hanud 477/
      Lanuma Kupang
      * DIVISI III PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)-
      MEDAN
      1. Detasemen Matra-3/ Medan
      2. Batalyon-3 Bantuan Tempur
      BS Paskhas Medan
      * Kompi A Kavaleri
      * Kompi B Armed
      * Kompi C Zeni
      * Kompi D Kesehatan
      * Kompi E Komlek
      * Kompi F Bekpalud/Angmor
      3. Batalyon-3 Hanlan/Paskhas
      * Kompi Hanlan Medan
      * Kompi Hanlan Pekanbaru
      * Kompi Hanlan Palembang
      * Kompi Hanlan Padang
      * Kompi Hanlan Aceh
      * Kompi Hanlan Lampung
      * Kompi Hanlan Batam
      4. Brigade/Wing 3 Para Komando PPRC Paskhas
      1. Batalyon Komando 462/Pulanggene- Pekanbaru
      2. Batalyon Komando 465/Brajamusti- Pontianak
      3. Batalyon Komando 469/Pancawara- Medan
      5. Resimen/Wing 3 Arhanud Paskhas
      1. Detasemen Hanud 473/ Kunta Wijayandanu-Pontianak
      2. Detasemen Hanud 478/ Lanuma Pekanbaru
      3. Detasemen Hanud 479/ Lanuma Medan
      * PUSDIKLAT PASUKAN KHAS-BANDUNG
      1. Satdik Purrat
      2. Satdik Matra
      3. Satdik Hanud
      4. Satdik Khusus
      5. Satdik Banpur
      Keterangan
      1. Tiap Yonko terdiri atas tujuh kompi, tiap kompi terisi
      80-90 personel.
      2. Tiap Kompi Hanlan terisi 50-60 personel.
      3. Tiap Satrad sudah terintegrasi dengan unit2 3.
      4. Satrudal menengah/jauh Wing/ Men 100 Paskhas
      5. Tiap Den Hanud terdiri atas 3 Bateray, tiap bateray terisi 3
      Satbak
      6. Khusus Yonko adalah Spesialisasi PPRC Nasional secara
      penuh.
      7. Ditiap Lanuma ditempatkan Den Hanud sebagai Hanud
      Statis/Fix.
      8. Yon Arhanud Mobile melindungi di seluruh Lanud yang
      sewaktu-waktu membutuhkan perlindungan udara.
      9. Fasilitas dukungan Angmor angkut pasukan dan Rantis
      didukung secara penuh ditiap kompi dan bateray.
      #republika

      Hapus
    3. Sudah waktunya paskhas ditingkatkan kualitasnya dan kuantitasnya,sebagai garda pelindung payung udara bagi TNI AU arhanud paskhas haruska memiliki efek deteren tinggi

      Hapus
    4. Karmanye Vadikaraste Mafaleshu Kadatjana " KOMANDO "

      Hapus
  24. AL AS Latihan Militer, Sinyal GPS Lumpuh Di Enam Negara Bagian AS!

    The Avionist (23/1/2020)

    Woouuu... Pantesan kemukus cabang Sana podho ngeluh( customer podho bingung)🧐😳😳😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piye to mbah? Jare om hari Satelit New Palapa kebal dari Jamming ECM 🤔🤔

      Hapus
    2. Iki karo jammers Armada Keempat AS 🧐🧐😔😔😔 yoo.. Ambyar

      Hapus
    3. Niku mboten dijammer Mbah....ming mboten sengojo muter kenop jammer pas ajeng nyetel dangdut Monata 🙊🙊🙊

      Hapus
    4. jek mening eni sagita to lah lah

      Hapus
    5. Sagita asolole icik icik ehem ehem

      Hapus
  25. https://sosok.grid.id/read/412000785/menhan-malaysia-harusnya-malu-sebut-pesawat-indonesia-lambat-padahal-negerinya-sendiri-hanya-bisa-buat-senapan-buruk-rupa-dan-jadi-bahan-olok-olokan-dunia



    Its so bloon

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kliatan bloonnya sih, pesawat kitiran disamain pesawat jet.

      wkwkwk....
      menhan aja kagak ngotak apalahi rakyatnya, aduhai tak patut wkwk

      Hapus
    2. Menhan malay,wkwkwkwk, kebodohamnya di perlihatkan,

      Hapus
    3. Maklum aje, dia kan taunya gimana masak lobster destroyer biar enak 😂😂😂

      Hapus
    4. Menhan malon tak paham masalah peawat pahamnya hanya masalah masak memasak saja,harusnya dia menjadi penteri pertahanan jurusan pertahanan rumah tangga dari kelaparan

      Hapus
  26. pembentukan struktur korpaskhas kedepan nya akan seperti marinir nanti nya guys,,,mantap


    * SATUAN BRAVO '90/ANTI TEROR-BOGOR
    Detasemen 901/Intelijen-Bogor
    Detasemen 902/Aksi Khusus-Bogor
    Detasemen 903/Bantuan Teknik-Bogor
    * RESIMEN/WING 100 PELURU KENDALI
    HANUD MENENGAH/ JAUH-MAKOR PASKHAS-BANDUNG
    Detasemen Khusus Rudal (Densus Rudal)
    * PASKHAS PERISAI UDARA ISTANA NEGARA
    Yon 101 Peluru Kendali Kosekhanudnas I
    Yon 102 Peluru Kendali Kosekhanudnas II
    Yon 103 Peluru Kendali Kosekhanudnas III
    Yon 104 Peluru Kendali Kosekhanudnas IV
    Yon 105 Depo Pemeliharaan
    * RESIMEN BANTUAN TEMPUR/ MAKORPASKHAS-
    BANDUNG
    Yon Kavaleri
    Yon Armed
    Yon Zeni
    * RESIMEN BANTUAN ADMINISTRASI/ MAKORPASKHAS-
    BANDUNG
    Yon Kesehatan
    Yon Komlek
    Yon Bekpalud/Angmor
    * DIVISI I PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)
    JAKARTA
    1. Detasemen Matra-1/ Naga Pasa-Jakarta
    2. Batalyon-1 Bantuan Tempur BS Paskhas Jakarta
    * Kompi A Kavaleri
    * Kompi B Armed
    * Kompi C Zeni
    * Kompi D Kesehatan
    * Kompi E Komlek
    * Kompi F Bekpalud/Angmor
    3. Batalyon-1 Hanlan/Paskhas
    * Kompi Hanlan Jakarta
    * Kompi Hanlan Bogor
    * Kompi Hanlan Subang
    * Kompi Hanlan Yogyakarta
    * Kompi Hanlan Madiun
    * Kompi Hanlan Balikpapan
    * Kompi Hanlan Pontianak
    4. Brigade/Wing 1 Para Komando PPRC Paskhas
    1. Batalyon Komando 461/ Cakra Bhaskara-Jakarta
    2. Batalyon Komando 463/ Trisula-Madiun
    3. Batalyon Komando 467/ Hardha Dedali-Jakarta
    5. Resimen/Wing 1 Arhanud Paskhas
    1. Yon Arhanud 1 Mobile Rudal Manpad QW Jakarta
    2. Detasemen Hanud 471/ Kunta Wijayandanu-Jakarta
    3. Detasemen Hanud 474/ Kunta Wijayandanu-Jogjakarta
    4. Detasemen Hanud 475/ Lanuma Iswahyudi Madiun
    * DIVISI II PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)-
    MAKASSAR
    1. Detasemen Matra-2/Naga Pasa-Malang
    2. Batalyon-2 Bantuan Tempur BS Paskhas
    - Makasar
    * Kompi A Kavaleri
    * Kompi B Armed
    * Kompi C Zeni
    * Kompi D Kesehatan
    * Kompi E Komlek
    * Kompi F Bekpalud/Angmor
    3. Batalyon-2 Hanlan/Paskhas
    * Kompi Hanlan Menado
    * Kompi Hanlan Bali
    * Kompi Hanlan Kupang
    * Kompi Hanlan Jayapura
    * Kompi Hanlan Merauke
    * Kompi Hanlan Biak
    * Kompi Hanlan Makasar
    4. Brigade/Wing 2 Para Komando PPRC
    Paskhas
    1. Batalyon Komando 464/
    Nanggala-Malang
    2. Batalyon Komando 466/
    Pasopati-Makassar
    3. Batalyon Komando 468/
    Sarotama-Biak
    5. Resimen/Wing 2 Arhanud Paskhas
    1. Yon Arhanud 2 Mobile Rudal Manpad
    QW Malang
    2. Detasemen Hanud 472/
    Kunta Wijayandanu-Makassar
    3. Detasemen Hanud 476/ Lanuma Biak
    4. Detasemen Hanud 477/
    Lanuma Kupang
    * DIVISI III PASUKAN KHAS (KOMPOSIT)-
    MEDAN
    1. Detasemen Matra-3/ Medan
    2. Batalyon-3 Bantuan Tempur
    BS Paskhas Medan
    * Kompi A Kavaleri
    * Kompi B Armed
    * Kompi C Zeni
    * Kompi D Kesehatan
    * Kompi E Komlek
    * Kompi F Bekpalud/Angmor
    3. Batalyon-3 Hanlan/Paskhas
    * Kompi Hanlan Medan
    * Kompi Hanlan Pekanbaru
    * Kompi Hanlan Palembang
    * Kompi Hanlan Padang
    * Kompi Hanlan Aceh
    * Kompi Hanlan Lampung
    * Kompi Hanlan Batam
    4. Brigade/Wing 3 Para Komando PPRC Paskhas
    1. Batalyon Komando 462/Pulanggene- Pekanbaru
    2. Batalyon Komando 465/Brajamusti- Pontianak
    3. Batalyon Komando 469/Pancawara- Medan
    5. Resimen/Wing 3 Arhanud Paskhas
    1. Detasemen Hanud 473/ Kunta Wijayandanu-Pontianak
    2. Detasemen Hanud 478/ Lanuma Pekanbaru
    3. Detasemen Hanud 479/ Lanuma Medan
    * PUSDIKLAT PASUKAN KHAS-BANDUNG
    1. Satdik Purrat
    2. Satdik Matra
    3. Satdik Hanud
    4. Satdik Khusus
    5. Satdik Banpur
    Keterangan
    1. Tiap Yonko terdiri atas tujuh kompi, tiap kompi terisi
    80-90 personel.
    2. Tiap Kompi Hanlan terisi 50-60 personel.
    3. Tiap Satrad sudah terintegrasi dengan unit2 3.
    4. Satrudal menengah/jauh Wing/ Men 100 Paskhas
    5. Tiap Den Hanud terdiri atas 3 Bateray, tiap bateray terisi 3
    Satbak
    6. Khusus Yonko adalah Spesialisasi PPRC Nasional secara
    penuh.
    7. Ditiap Lanuma ditempatkan Den Hanud sebagai Hanud
    Statis/Fix.
    8. Yon Arhanud Mobile melindungi di seluruh Lanud yang
    sewaktu-waktu membutuhkan perlindungan udara.
    9. Fasilitas dukungan Angmor angkut pasukan dan Rantis
    didukung secara penuh ditiap kompi dan bateray.
    #republika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh ada 1 batalyon yg belum lengkap.
      - Batalyon Kompor Hook Meleduk

      Hapus
  27. Korpaskhas dengan PT Pindad membangun Commando
    Mechanize. Korpaskhas akan mendapatkan 90 unit
    kendaraan taktis dari 119 unit yang dbutuhkan. Rantis ini
    disesuaikan dengan karakteristik medan Indonesia yang
    berbeda dengan medan gurun. Batalyon Komando Mekanis
    Paskhas atau Yonkomek merupakan Batalyon Komando
    Mekanis Paskhas yang berada dibawah Komando Resimen
    Bantuan Tempur Korpaskhas di Mako Korpaskhas Bandung.
    Yonkomek Paskhas direncanakan digelar di tiap Wing
    Paskhas. Penggelaran tersebut dimaksudkan agar tiap
    Kompi dari Yonkomek Paskhas yang berada ditiap Wing
    Paskhas dapat digelar di tiap Yonko Paskhas. Tugas pokok
    dari batalyon ini adalah untuk melaksanakan pertempuran
    jarak dekat di darat dengan menggunakan kendaraan
    tempur angkut lapis baja guna mencari, mendekati,
    menghancurkan dan menawan musuh serta merebut,
    menguasai dan mempertahankan medan baik berdiri sendiri
    maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka
    sebagai bantuan tempur bagi Pasukan Batalyon Komando
    Paskhas yang berada digaris depan pertempuran. Batalyon
    Komando Mekanis Paskhas dilengkapi berbagai Kendaraan
    Tempur Lapis Baja buatan dalam negeri (Ranpur) 6X6 jenis
    Panser Anoa buatan PT. Pindad. Yonko Mekanis Paskhas,
    terdiri dari:
    1. 3 Kompi Mekanis. Tiap kompi mekanis merupakan
    satuan tersendiri yang memiliki kedudukan, tugas
    serta fungsi sebagai bantuan tempur di tiap Batalyon
    Komando Paskhas. memiliki tugas pokok untuk
    mendukung keberhasilan pelaksanaan di tiap
    Batalyon Komando Paskhas, yaitu melaksanakan
    operasi tempur & tugas pengamanan di darat dengan
    menggunakan ranpur lapis baja sebagai alutsista
    dalam rangka mewujudkan dan menunjang
    keberhasilan visi dan misi tugas Batalyon Komando
    Paskhas. Organisasi Kompi Mekanis berpedoman
    pada Top Roi Mekanis, dengan komposisi 100 Orang
    yang terdiri dari Kelompok Komando Kompi dipimpin
    oleh 1 Orang Komandan Kompi dan 3 Peleton
    Mekanis. Dengan organisasi tersebut tiap Kompi
    Mekanis memiliki alutsista berupa 1 unit Ranpur
    Komando jenis Anoa 6x6 buatan Pindad dan 12 unit
    ranpur AP jenis Anoa 6x6 buatan Pindad.
    2. Kompi Markas adalah salah satu kompi dari lima
    kompi yang ada di dalam kesatuan Yonko Mekanis
    Paskhas dengan tugas pokok sebagai unsur pelayan
    dalam mendukung tugas operasional Yonkomek
    Paskhas. Kompi Markas di pimpin oleh seorang
    perwira berpangkat Kapten berkedudukan di markas
    Batalyon.
    3. Kompi Bantuan merupakan satuan terkecil dari
    Batalyon yang memiliki keistimewaan senjata batuan
    yg terdiri dari Morse atau yang lebih dikenal dengan
    Senjata Lintas Lengkung Mortir 81 Tampela dan
    Sejata Lintas Datar berupa SLT (Senjata Lawan Tank)
    serta 1 (Satu) Regu Bakduk (Penembak Runduk).
    Kompi Bantuan merupakan kompi pendukung yang
    bertugas memberikan tembakan BANTEM (Bantuan
    Tempur) dan menganggu kosentrasi musuh saat
    anggota Regu Kompi Mekanis bergerak untuk
    menghancurkan musuh tersebut. Kompi Bantuan
    dipimpin oleh seorang Komandan Kompi (Danki Bant)
    yang berpangkat Kapten berkedudukan di markas
    Batalyon. Para anggota Kompi terbagi menjadi 2
    Pleton (Morse dan SLT), 1 Regu Bakduk dan 1
    Komando Kompi (Koki) atau unsur pelayan Kompi

    BalasHapus
  28. Struktur Organisasi Yonkomek/Paskhas
    Batalyon Komando Mekanis Paskhas terdiri dari 3 Batalyon
    yang berada ditiap Wing Paskhas sebagai pasukan bantuan
    tempur bagi Batalyon Komando Paskhas. Terdiri dari:
    1. Yonkomek 1 Paskhas Wing 1 Paskhas, Jakarta:
    1. Mako Yonkomek 1 Paskhas, Jakarta:
    1. Kompi Markas.
    2. Kompi Bantuan.
    2. Kompi Mekanis 1 Yonkomek 1 Paskhas,
    BKO Yonko 461 Paskhas Jakarta.
    3. Kompi Mekanis 2 Yonkomek 1 Paskhas,
    BKO Yonko 463 Paskhas Madiun.
    4. Kompi Mekanis 3 Yonkomek 1 Paskhas,
    BKO Yonko 467 Paskhas Jakarta.
    2. Yonkomek 2 Paskhas Wing 2 Paskhas, Makassar:
    1. Mako Yonkomek 2 Paskhas, Makassar:
    1. Kompi Markas.
    2. Kompi Bantuan.
    2. Kompi Mekanis 1 Yonkomek 2 Paskhas,
    BKO Yonko 464 Paskhas Malang.
    3. Kompi Mekanis 2 Yonkomek 2 Paskhas,
    BKO Yonko 466 Paskhas Makassar.
    4. Kompi Mekanis 3 Yonkomek 2 Paskhas,
    BKO Yonko 468 Paskhas Biak.
    3. Yonkomek 1 Paskhas Wing 3 Paskhas, Medan:
    1. Mako Yonkomek 3 Paskhas, Medan:
    1. Kompi Markas.
    2. Kompi Bantuan.
    2. Kompi Mekanis 1 Yonkomek 3 Paskhas,
    BKO Yonko 462 Paskhas Pekanbaru.
    3. Kompi Mekanis 2 Yonkomek 3 Paskhas,
    BKO Yonko 465 Paskhas Pontianak.
    4. Kompi Mekanis 3 Yonkomek 3 Paskhas,
    BKO Yonko 469 Paskhas Medan.
    4. Satdik Banpur Paskhas, Makorpaskhas Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Artileri Medan disingkat Armed merupakan kesatuan
      bantuan tempur (banpur). Pasukan ini menggunakan
      meriam sebagai bantuan tembakan jarak jauh dan
      perusakan wilayah musuh secara luas untuk
      melindungi gerak laju pasukan divisi para komando
      Paskhas. Meriam artileri yang digunakan M-101A1
      kal 105mm, Meriam M-48 kal 76mm, Meriam
      Howitzer 155mm, Roket NDL-40.
      2. Artileri Pertahanan Udara disingkat Arhanud
      merupakan kesatuan bantuan tempur (banpur).
      Pasukan ini menggunakan canon dan rudal panggul
      sebagai bantuan tembakan perlindungan udara untuk
      melindungi pasukan divisi para komando Paskhas.

      Hapus
    2. kedepan nya paskhas akan seperti marinir angkatan laut punya alutsista sperti punya infantri,, kavaleri dan artileri medan,,mantap kopaskhas

      Hapus
    3. paskhas juga bakal punya mbt-t 72 dari rusia

      Hapus
    4. Hooh....malah paspampres juga bakal beli LHD sendiri lho 😎

      Hapus
    5. Rudal Liang tai ketawa ketiwi sendiri
      seperti orang gila aja lu...

      Hapus
    6. Dia si liang tukang berkhayal ttg Jubor destroyer 😁😁😁

      Hapus
    7. Bang liang tai seng bencong ber titit 😂😂😂😂

      Hapus
    8. dia lupa ganti akun🤣😏😒😆😆😆

      Hapus
    9. Ha ha rudal aka liang tai, cuiiih....🤬😩🌚🌚😛

      Hapus
  29. Choko (ahlinya ahli)
    26 Januari 2020 19.58

    Msh ada 1 batalyon yg belum lengkap.
    - Batalyon Kompor Hook Meleduk

    ========
    👆👆👆

    Sang "Danyon PorDuk" ga trimo mergo ra mlebu list kae...😂😁

    Kir..hajar kir, wonge ra trimo..😂😂😂

    BalasHapus

  30. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus
  31. Saya kok malah jadi was2 ya... Berarti kedepan bakalan ada ancaman militer thdp Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prediksi strategis memang ada ancaman militer dari China di Natuna dan sekitarnya serta dari Australia di wilayah timur Papua dsktarnya.

      Hapus
  32. Beli pesawat Gripen E lebih baik karena harga juga biaya operasionalnya murah ketimbang Su-35 yang ketinggalan zaman atau Dassault Rafale yang secara teknologi sama. Apalagi Saab Menawarkan full 100% tot

    BalasHapus
  33. Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang Anda bantu saya peroleh hanya dalam seminggu dengan strategi opsi biner, saya sangat menyesal pada awalnya saya ragu, saya menginvestasikan $ 200 dan mendapatkan $ 2.500 hanya dalam satu minggu, dan terus berinvestasi lebih banyak, hari ini saya secara finansial berhasil, Anda dapat menghubungi dia melalui email: carlose78910@gmail.com
    Via whatsapp: (+12166263236)
    Saya menyarankan Anda jangan ragu. Dia hebat.

    BalasHapus