04 Januari 2020

Program Mat Sabu untuk Transparansi dalam Pengadaan

04 Januari 2020


Mat Sabu mengalokasikan RM540 juta untuk melengkapi armada 257 AV8 Gempita 8x8 (photo : Daily Sabah)

KUALA LUMPUR - Dianggap sebagai sarangnya penyimpangan, korupsi dan ketidakmampuan telah mengganggu Departemen Pertahanan selama beberapa dekade. 

Dan Mohamad Sabu, sebagai Menteri Pertahanan memperhatikan benar hal ini, terutama dalam memerangi korupsi yang melibatkan akuisisi, yang sampai ke penegak hukum terbesar di negara itu.

Banyak akuisisi pertahanan yang menguntungkan dilaporkan telah dibeli dengan harga yang melambung tinggi oleh pejabat yang tidak bermoral, yang meraup miliaran dengan dana dari pembayar pajak, tetapi tidak dapat memenuhi komitmen mereka.

'Selain membangun kekuatan yang kredibel, kami ingin memastikan Angkatan Bersenjata kami mampu menjaga keamanan nasional dan melawan ancaman eksternal terhadap kedaulatan kami.'

Dia mengatakan kementerian membutuhkan alokasi keuangan yang stabil dan berkelanjutan untuk memiliki kekuatan yang kredibel. Untuk tujuan ini, di bawah Anggaran 2020, pemerintah telah meningkatkan alokasi pertahanan menjadi RM15,6 miliar untuk tahun depan dari RM13,9 miliar tahun ini, meningkat 11,92 persen. "Dari total alokasi, RM3,1 miliar untuk pengembangan dan RM12,5 miliar untuk biaya operasional."

'Untuk memberdayakan industri pertahanan lokal, kami telah menerapkan lima program alih teknologi, mengkomersialkan beberapa produk pertahanan, dan mendaftarkan empat produk industri pertahanan sebagai kekayaan intelektual.


"Selain itu, kami telah memberdayakan penelitian dan inovasi dalam sains dan teknologi pertahanan melalui tiga perjanjian kerja sama dengan Lembaga Penelitian Pemerintah."

Akuisisi dan Kamp Baru

Mohamad mengatakan kementeriannya sedang mempertimbangkan mengalokasikan RM540 juta untuk melengkapi armada 257 DefTech-FNSS AV8 Gempita 8x8 kendaraan tempur lapis baja dan RM350 juta untuk program Littoral Combat Ships.

Dalam memperkuat keamanan di Sabah dan Sarawak, ia mengatakan Tentara Darat telah membentuk Markas Pemerintahan Medan Timur yang bermarkas di Kamp Muara Tuang di Kuching, Sarawak.


Mat Sabu mengalokasikan RM350 juta untuk kapal Littoral Combat Ships (photo : Lowyat)

'Di bawah komando ini adalah dua divisi infantri - satu di Sabah dan satu di Sarawak.'

"Ini karena lokasi maritim strategis Malaysia di Asia Tenggara, dikelilingi oleh jalur komunikasi laut (di Laut Cina Selatan)."

Divisi Infantri ke-1 mengawasi keamanan di Sarawak, dan berbasis di Kamp Penrissen di Kuching.


Divisi ini bertanggung jawab atas Brigade ke-3, yang juga berbasis di Kamp Penrissen, untuk mengawasi Sarawak barat dan Brigade ke-9 di Kamp Rascom di Sibu untuk mengawasi Sarawak timur.

Di bawah Rencana Malaysia ke-12 (2021-2025), sebuah kamp baru akan dibangun di Bakun untuk menampung Brigade ke-31 yang sekarang berlokasi di Pulau Sibu, untuk mengawasi perbatasan Sarawak-Indonesia.

Divisi Infanteri ke-5 akan bertanggung jawab atas Sabah, dan berbasis di Kamp Kawi Lok di Kota Kinabalu.

Di bawah divisi ini adalah Brigade ke-5 di Kamp Paradise di Kota Belud untuk mengawasi Sabah barat dan Brigade ke-13 di Kamp Cenderawasih di Lahad Datu untuk mengawasi Sabah timur.

Brigade ke-32 baru akan dibangun di Kalabakan, Tawau, untuk mengawasi perbatasan Sabah-Indonesia.

'Tentara akan melakukan 'Operasi Teras' sendiri, 'Operasi Gabungan' dengan Indonesia dan 'Operasi Bersama' dengan RMAF dan RMN.

'Selain itu, ada forum Komite Perbatasan Umum tahunan seperti Malindo (Malaysia-Indonesia) untuk menangani keamanan bersama, menyelesaikan perselisihan secara damai dan meningkatkan diplomasi pertahanan.'

Mohamad telah mengungkapkan rencana untuk membangun pangkalan RMN baru di Bintulu, Sarawak, sebagai Markas Regional Angkatan Laut keempat, atau Mawilla 4.

'Ini akan menjadi pertanda baik untuk melindungi klaim teritorial Malaysia di Laut Cina Selatan, yaitu Shoal Luconia Utara (juga dikenal sebagai Beting Raja Jarum) dan Shoal Luconia Selatan (Beting Patinggi Ali).


"Pada saat yang sama, pangkalan baru itu akan memberikan jaminan keamanan kepada komunitas maritim lokal dan meningkatkan sosial ekonomi mereka," katanya.


Pengiriman 6 helikopter serang ringan MD530G termasuk yang akan diselesaikan oleh Mat Sabu (photo : MD helicopter)

Biaya operasi yang besar dan kontrak-kontrak yang bermasalah

Mohamad mengungkapkan besarnya biaya yang diperlukan untuk memelihara dan mengoperasikan pesawat, kapal, kendaraan, persenjataan, peralatan dan sistem pertahanan.

"Situasi diperparah oleh akuisisi yang tidak bernilai tambah dan mencurigakan, yang telah menempatkan beban keuangan yang sangat besar pada perekonomian negara."

Misalnya, RMN menghabiskan sekitar RM100 juta setahun untuk memelihara salah satu dari dua kapal selam Scorpene, termasuk layanan pendukung operasional dan logistik dan dermaga di Teluk Sepanggar, Kota Kinabalu di Sabah.

Armada RMAF untuk Sikorsky S-61A-4 Nuri telah di grounded, setelah kecelakaan serius di Kamp Gubir, Kedah, pada 2 Agustus.

Kementerian juga terganggu oleh tidak terkirimnya enam helikopter tempur ringan MD530G senilai RM300 juta dari McDonnell Douglas, dengan 35 persen dari nilai kontrak RM112,65 juta telah dibayarkan.

Sementara dua skuadron dari 18 MiG-29N Fulcrums telah di-grounded, sementara hanya empat dari 18 Su-30MKM Sukhoi Flankers yang serviceable.

Penyimpangan juga melibatkan 16 kasus 1.183ha kesepakatan pertukaran lahan senilai RM500 juta, yang melibatkan proyek-proyek senilai RM4,88 miliar, sejak 1997.

Kemudian, ada kesalahan manajemen pada Armed Forces Superannuation Fund (LTAT), yang mengumumkan dividen tahunan mengejutkan senilai dua persen, terendah yang pernah ada.

Pada tahun 1998, RM4,9 miliar dilaporkan dialokasikan ke perusahaan untuk memasok enam Offshore Patrol Vessels untuk RMN pada tahun 2006. Penundaan, pengerjaan yang buruk, dan pembengkakan biaya diyakini telah mendorong harga akhir menjadi RM6,75 miliar, dengan RM4,26 miliar sudah dibayar di muka meskipun pekerjaan yang dilakukan berjumlah RM2,87 miliar.

Pada Oktober 2013, sebuah galangan kapal lokal diketahui telah dikontrak untuk memasok enam kapal Littoral Combat Ships (LCS), dengan RM6 miliar telah dibayarkan. Dengan pengiriman yang tertunda hingga 2023, kementerian akan dikenakan tambahan biaya RM1,4 miliar.

See full article NST

159 komentar:

  1. "Semelah mbah buyut....yoo...yooo...🤗🤗🤗"

    Sang Beruk 🐒🐷🐒 04/01/2020 Reply

    Disinilah 👇 sebenarnya ketegangan di natuna bermuara 😎

    Bu Susi ini memang anomali….dari jaman orba sampai sebelum bu Susi menjabat, ada kebijakan yg mengijinkan kapal ikan asing utk mengeksploitasi hasil kekayaan laut kita dg sistim bagi hasil….walaupun aspek pengawasannya sangat lemah shg seberapa banyak ikan yg diselundupkan keluar negri tanpa bayar pajak/retribusi via praktek transhipment tidak bisa termonitor saking
    luasnya perairan kita ☝️.

    Namun diera bu Susi, penangkapan ikan ini harus kita tangani sendiri oleh nelayan nelayan kita…..barulah dibidang yg belum kita kuasai dg baik spt membangun industri pengolah ikan, bolehlah kalo mengundang investasi asing 🤗🤗🤗.

    Tampaknya sekarang ada usaha mengembalikan kondisi seperti dahulu kala…..

    Ternyata ada beda persepsi ttg arti “kedaulatan” antara seorang sipil yg hanya tamatan SMP dg mantan tentara yg sudah berubah jadi pengusaha 🙄

    https://bisnis.tempo.co/read/1291027/luhut-pandjaitan-cina-boleh-ambil-ikan-di-natuna-asal

    Sang Beruk 🐒🐷🐒 04/01/2020 Reply

    “Cina kumat tengilnya karena menyadari dalam kabinet sendiri tidak satu suara dalam hal pengelolaan laut kita 🕵️🕵️🕵️”

    https://m.kumparan.com/kumparannews/pemerintah-jangan-sampai-lemah-soal-natuna-karena-investasi-china-1sZjd3IaPAu

    BalasHapus
    Balasan
    1. @smilinghari212 Mau Gimana Lagi Kumendan, kan Opung dan Jenderal Mantan kan masih lingkaran Orba juga. Jadi yah gitu deh.

      Hapus
    2. https://m.bisnis.com/amp/read/20191129/9/1175657/pakar-ekonomi-sebut-luhut-untungkan-china-rugikan-indonesia

      Hapus
    3. Para pahlawan bangsa yang gugur dialam sana pasti akan menangis masih saja ada penghianat bangsa... Masih teringat jenderal besar Sudirman yang dikhianati dengan memberikan bocoran ke sekutu lokasi persembunyian Pak Sudirman, dan yang paling mengenaskan orang itu pengawal pak Sudirman sendiri orang Indonesia penghianat bangsa

      Hapus
    4. Waduh...bisa rame nih tungkir.. siapin jagung bakar sama kopi dulu

      Hapus
    5. Aku yo seneng sik nyemek mas @khoytrad.......🤗

      Hapus
    6. 😂😂😂.....selera kita sama bro 🤝

      Hapus
    7. Iya mas, aku yoo percoyo yen sampeyan ki wong alim, ora seneng slewengan tur gemati marang keluarga....buktine mas khoytrad ki kagungan putra 3, mbarep kabeh .....😹😹😹

      Hapus
    8. Sek joko aku iki umur jek 16 taon fitnah iku 😖🙍😖🙍

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Horaaa ngaku....16 taun ki rikolo anak mbarep sing sepisanan lahir 😹😹😹

      Hapus
    11. 😭😭😭😭😭 wes raono seng percoyo karo aku😭😭😭😭

      Hapus
    12. 🐎💨💨💨....musyrik, percoyo karo wong edan 🙊🙊🙊

      Hapus
    13. Wah wis mulai manggil2 nama opung nih.. Siap2 ada yg ngetrol 200 coment nih

      Hapus
    14. Lho aku iki murid gak resmie mbah gono lho wes nglakoni poso rondo 40 dino 😍😍

      Hapus
    15. Wong sing biasa bengok2 rasis rasis kok ora ketok yoo

      Hapus
    16. Aku ra melu2 mas unknown 😪😪😪😪😪 tak slimutan sek

      Hapus
    17. Slimutan tonggo.....🐎💨💨💨💨

      Hapus
    18. wuiidiii 80% dari komeng diatas 👆 akunnya milik 1 olang, Ssstt...haha!🤫🤫🤫

      Hapus
    19. Waow... kok bisa satu orang komen banyak 🤣🤣🤣

      Hapus
    20. Mung goro2 nggo bohoso jowo dikiro sak wong, ladalah..

      Hapus
  2. Sudah sudah cukup membandingkan NKRI dengan Diraja Malay, mereka bukan bandingan lagi.

    sudah saatnya kita berkaca pada China sebagai perbandingan sekarang.
    kita mungkin belum bisa menyamai china, tapi setidaknya kita punya kemampuan untuk mengantisipasi kekuatan china.

    insiden Natuna telah menjadi tolok ukur, bahwa didalam negeri sendiri masih perlu banyak berbenah.

    Malay adalah sampah, tapi China adalah ancaman nyata.

    ingat kita bukan teman dekat Rusia, atau anggota NATO oleh sebab itu kita wajib waspada dengan ancaman china, karena tidak ada yang berdiri dibelakang RI kalau sampai pecah Perang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan bung van....malondog adalah sampah masyarakat...cino adalah ancaman nyata

      Hapus
    2. Bisa jadi para jenderal tersebut tahu bahwa kita masih jauuuh dalam hal daya tawar sehingga bakal kalah jika harus berhadapan sendirian.

      Oleh sebab itu saran saya utamakan akuisisi alutsista yang kita belum bisa bikin dalam jumlah yang cukup banyak walaupun itu bekas yang penting ready stock dan ready to use, yang penting bisa meningkat drastis dalam hal jumlahnya. Kalau belum ready to use dan harus refurbished dulu ya pinjem atau sewa dulu yang udah ready.

      Kalaupun kita bisa bikin sendiri tapi mungkin kita cukup kesulitan untuk memenuhi jumlah kebutuhannya dalam waktu singkat. Jadi akuisisi alutsista bekas hanya sebagai stop gap sampai kita bisa memenuhi jumlah yang dibutuhkan dari hasil produksi sendiri.

      Stop dulu pembuatan kapal2 kecil, beralih ke kapal2 60 meter ke atas.

      Pemenuhan jumlah kapal opv 80 dan 110 meter bisa dibuat tidak hanya di satu galangan tetapi di beberapa galangan. Kalo targetnya dulu di tahun 2024 adalah 4 unit 110 meter dan 10 unit 80 meter bisa ditingkatkan jadi dua kali lipatnya.

      PT PAL stop dulu bikin KCR 60, yang udah terlanjur sedang dibangun diteruskan tetapi kalo udah jadi segera beralih konsentrasi bikin kapal 138-140 meter. Order kapal KCR 60 meter bisa dialihkan ke swasta. Yang penting kapalnya yang ukuran 138-140 meter jadi dulu, minimal jadi opv dulu, untuk soal radar dan senjata bisa belakangan dipasangnya.

      Hapus
    3. Lha nek gak due radar, njur piye le ndeteksi kapal liyo....opo kudu sangu kotjo benggolo master 🤔

      Hapus
    4. Ya nganggo radar surveillance 48 nm dhisik ta...

      Hapus
    5. Jaman saiki.. Nak ndeteksi kapal liyo pkai mbah Google, gampang kok 😇😇.kotjo benggolo kalah Cepet... 😁😁

      Hapus
    6. Kelamaan bangun kapal. Langsung beli atau pinjem patriot am si Trump.

      Hapus
  3. https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparannews/mahfud-sebut-kedatangan-putin-ke-indonesia-diundur-tak-jadi-februari-1sTsBABk0OC
    ��
    https://m.detik.com/news/berita/d-4830102/mahfud-vladimir-putin-akan-kunjungi-indonesia-pertengahan-tahun-2020

    ������������ apakah putin tau bakal ada insiden ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insiden apaan om?

      taon laluw sas-sus katanya mo dateng pertengahan 2019 biar bareng esyu x yak haha!👏👏👏
      trus diundur 2020..mo pebruari-juni terserah opa puting ehhh putin dech..
      cuaca lg ekstrim prediksi bmkg,
      balas dendem imbas kekeringan taon kemaren keknya haha!⛈🌧🌧

      Hapus
    2. apa jgn2 esyu 35 bneran dateng juni, asekkk haha!👍👍👍

      Hapus
    3. Kayaknya bener deh rumor itu.....denger2 sukhoi nya mo disetirin sendiri sama paman putin, sekalian direyen 😎

      Hapus
    4. ho'ohh..bawa aqua galon ama termos kan buat nge-mie.
      tak lufa, pk pempers haha!😆😆😆

      Hapus
  4. Kepalang nyebur .. kalo berani datang bikin onar ya mau gimana lagi, masa iya di injak diam , TNI tentara pejuang, rakyat juga pasti tidak tinggal diam , cuma nanti eskalasinya seperti apa ngga ada yg tau .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo proporsional saja....perlakukan maling ikan sbg maling ikan, jangan malah dianggap sbg sahabat karena mana ada sahabat yg melindungi praktek pencurian ikan 🤗🤗🤗

      Hapus
    2. Uhhukk ... uhuuukk
      Keliatan mana yg PRO ya mbah 😁

      Hapus
    3. Nyantai. Kelihatannya.

      Tapi langsung beli kapal perang fregat.

      https://www.facebook.com/327547250664120/posts/2658269717591850/

      Iver huitfield.

      Hapus
    4. Mumpung cino belum punya 5-6 Kapal induk..kita berpacu denfan waktu untuk perkuat terus alutsista.
      Karena kalau sudah punya 5-6 bijik kapal induk..si Naga akan lebih ganas.

      Hapus
    5. Setuju mas tupes👍.. Nak nduwe sampek 6 amit2 jabang bayi.. Iso2 kali brantas di akoni. Alesane ono history pernah rono 🧐🧐😔

      Hapus
    6. Ora simetris antara pembelian IVER dg kebijakan penggelolaan laut nusantara.....lha yen pemerintah ngijinke meneh KIA beroperasi nangkepin ikan neng laut nusantara, ateges IVER e gor iso planga-plongo nyawang hasil laut dikeruk bongso aseng 🤦🤦🤦

      Hapus
    7. Ojo iver thook... ( malah aq ke pikiranne sing serba gawean Israel.. Mboh kuwi rudal, radar Kepepet eee) 🤭🤭🤭🤷‍♂🤷‍♂🏃🏃🏃

      Hapus
    8. Weeeeh....mossad wes nyusupi kemukus 🕵️🕵️🕵️

      Hapus
    9. 🤫🤫🤷‍♂🤷‍♂

      Hapus
    10. Maksute kui tumbas iver paket komplit to mbah gono ora kopongan, yen kopongan masio tumbas sak lusin yo luwih becik mundur alon2

      Hapus
    11. Okelah tuku 12 biji ono isiane.. Nak ora di tunjang karo multi layer defense ( radar jarak jauh,ASW,karo sejenis bastion gawe pesisir, spyder🤭, lora🤭) kurang sreg ngono lhoo😝😝

      Hapus
    12. Ben leluhur tenang 😇😇

      Hapus
    13. #belajarperangsuriah🧐🧐

      Hapus
    14. Yoooo..yo... Nanging duite nutut po ora? Mengko tiwase yen kakean seng arep ditumbas malah dadine suwiiiiiii kelakone

      Hapus
    15. coba klw tni mau beli alutsista yg banyak ke rusia,,minta sebagian di produksi di indonesia seprti india,,pasti indonesia udh bisa bikin pesawat tempur,,meskipun bukan pesawat tempur generasi ke 5,,minimal indonesia bisa buat su-27 sja udh cukup

      Hapus
    16. Masiyo arep nggadekke kemukus nggo nutup kekurangane...🤔

      Hapus
    17. Nyicil lah mas edan.. Ora breng ngono.

      Hapus
    18. Ya moga2 tahun ini 2 iver + 2 PKR sign kontrak.
      Viper juga sign min 1 skadron 16 unit dulu jg gpp.

      Hapus
    19. Noh ono kliping anyar...

      Modernisasi AL China, Pensiunkan 4 Kapal Destroyer Type 051 Dengan Destroyer Canggih Type 052D!



      Keempat kapal selam itu adalah CNS Kaifeng (109), CNS Dalian (110), CNS Zunyi (134) dan CNS Guilin (164) upacara penonaktifan kapal yang telah mengabdi selama 30 tahun di lakukan di Pelabuhan Militer Lyusuhun di Provinsi Liaoning. Keempat kapal tua tersebut akan digantikan posisinya oleh kapal Destroyer yang lebih baru yaitu Type 052D atau Type 055.



      Sebagai informasi Destroyer kelas Luda atau Type 051 mulai dibangun pada tahun 1970 mengikuti pakem dari Destoyer era Soviet yaitu Kelas Neustrashimy, selama pengembangannya China berhasil membangun sebanyak 17 unit kapal ini dengan 4 sub kelas yaitu Luda I-IV.

      Berbobot 3.670 ton dan panjang 132 meter kapal ini sudah dianggap berotot pada eranya karena sudah dilengkapi dengan 16 pucuk rudal anti kapal P 15 Termit (SS-N 20 Styx), 8 pucuk rudal anti kapal HQ 7 (Crotale versi China) , dual purpose canon 130 mm dan senjata anti pesawat kaliber 37 mm.
      😁😁 di tuku piye.. Lumayan 4 gawe tambah2 ben cepet

      Hapus
    20. Wegaaaah!!!

      Tuku barang bekas kok menyang Cino..

      Nek Ticonderoga ya gelem langsung borong 13 unit.

      Hapus
    21. Gawe tubruk2 an thook kok😜😜

      Hapus
    22. hadeuu tiko lagi tiko lagi..lah kan blom pasti pengsiun om woof2 haha!🙄🙄🙄

      noh klo minat sekanan yg pasti2 pengsiun aje, ada tuch frigat OHP bodi panjang. 2019 bahrain sikat 1 haha!👍👍👍
      sisanya masi banyaakkk, asal kuwat banyak ngisi drum buat LM2500 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    23. Apa kurang cantelan baju kok naksir sama Oliver Hazar Perry ? ������


      kan ada VJ tua bangka yg mau di pensiunin, mesinnya masi bagus tuh, tinggal cat putih sleret merah tulisi IDNCG dah jadi deh. ututu.


      Awan awan ngipi jancik, gegoro kurang kapal, birokrat keparat, karo tonggo clutak.

      Hapus
    24. Hamilton class masih ada stok apa nggak ya?

      Hapus
  5. Musuh kita dilautan sekarang china dan vietnam..malaysia sampah lautan...jadi ga ada alasan tidak beli alutsista krn ga bakalan perang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelagatnya si Naga sudah mulai nampak..dari bangun pulau hingga buat alutsista yg banyak.

      Hapus
  6. HARGA DIRI BANGSA itu mahal harganya sudah masuk ke halaman rumah dan mengklaim sepihak... Presiden dan DPR dimana harga diri kalian... Perkuat TNI AU dan TNI AL!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 KRI parchim class + 1 kapal bakamla sudah on the spot natuna.
      2 KRI john lee & Usman harun + 1 support tanker OTW natuna.
      1 patmar B737 + 1 patmar NC212 sudah di natuna.
      2 skadron tempur 12&16 standby siaga 1 Pekanbaru.
      Joss gandhos usir CG cino dari halaman rumah kita 😎

      Hapus
    2. kata anggota dpr, kerjasama ame rrc bisa ditunda ato "BATAL" haha!😅😅😅

      https://en.tempo.co/read/1291175/dpr-cooperation-with-china-may-be-delayed-or-cancelled

      Hapus
    3. sangat disayangankan kelas VS dipengsiunkan seblom kita punya frigat sekelas iver.
      mana gak diambil bakamla pulak, padahal mesin mayan baruw + meriam otmel 76mm mayan kan bikin bolong CG sono haha!🤣☠☠

      Hapus
    4. kaselnya gak diumumin yak om tupz, senyap gt haha!👻👻👻

      Hapus
    5. Bener om...harus nya sementara Bakamla pake aja dl Vs Class...

      Hapus
    6. Yup si tua bangka Vs masih bertaring buat bakamla.

      tapi masalahnya bakamla gada duit buat beli solar.

      Hapus
    7. KS itu operasi paling rahasia om pal...setiap pergelaran operasi harus silent...
      KS di kasih tau kalau ada parade aja😁

      Hapus
    8. VS tidak hanya jeroannya tapi CMS nya juga Ok..tidak kalah dengan diponegoro maupun bung tomo class..ya paling tidak bakamla ambil 2 bijik sebelum akhirnya bener2 pensiun selamanya.

      Hapus
  7. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. RI darurat MMD (Menhan Mental Destroyer).....💪💪💪

      #salamahlinya-ahli

      Hapus
    2. 👆👆
      Kembali ke titik nol a.k.a : kumat.

      😂😂😂😂

      Hapus
    3. RI darurot titik nol tipe destroyer. ...💪💪💪

      Hapus
    4. Iku neng artikel sakdurunge nganti meh tembus 300 komen....do ngrembug opo to mas @PS, aku ra iso mbukak seko HP yen wes nyandak 200 komen je 🙆🙆🙆

      Hapus
    5. Oooohhh jadi semua pertempuran laut itu pasti bisa di menangkan oleh kapal type destroyer toh? baru ngeh saya, selama ini saya pikir yang paling strong itu sampan buluh type mblegedestroyer ..😉😋

      Hapus
    6. Darurat kapal perang type transgender 💪💪💪

      Hapus
    7. Piye mlakune nak kapal transgender type destroyer? 🙄🤔🤔... Rudal warna pink kabeh mesti😙😙😚😚😚

      Hapus
    8. Destroyer type transgender ngarep mburi ono rudale ngrudal seneng dirudal luwih seneng 😜😜😜

      Hapus
    9. Ono2 wae.. Wong edan iki😁😁😁

      Hapus
    10. Dudu klambi anyar seng ono ing lemariku nanging destroyer anyar seng dikarepke bangsaku 🎤🎤🎤

      Hapus
    11. Weeeh, kok yo demes syaire....🎼🎵🎶

      Hapus
    12. Kesurupan godfather of brokenheart 🙏🙏

      Hapus
    13. mau gak mau indonesia harus anggarkan pertahanan yg besar untuk beli alutsista yg mumpuni,,sprti rudal iskander dan rudal scud,,beli dari rusia dan korea utara untuk hadapi china,,pasti china gentar

      Hapus
    14. ☝waduh ada yg lebih parah lgi.. 🧐😲😲😱🤭🤭

      Hapus
    15. Cino jauh dri gentar klau cuma iskandar eeh iskander dan scud.. ( non au topik).Kapal selam kita bnykin untuk menghadapi armada permukaan mreka, rudal pesisir, sejenis nasam/aster/s350/spyder, jaringan intelijen type destroyer ( tiru mossad) di perkuat di utara( ini biasa nya lepas dri komentar temen2) . Intel type destroyer ini berfungsi menyadap/merusak/mengecoh /" Semua Jaringan" Baik armament, ora sarana, sdm dll...

      Hapus
    16. Milo meniko mbah, kulo usul supados poro cantrikwati pun latih elmu intelejen lan persandian.....🙏🙏🙏

      Hapus
    17. Sampek belepotan ngetik ku😁😁

      Hapus
    18. INDONESIA DARURAT LOBSTER DESTROYER

      Hapus
    19. Indonesia darurot agen kemukus type destroyer😌😌😌😌

      Hapus
  8. Indonesia darurat pimpinan type destroyer

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Wis arep turuu pho? Ndelok jam wae🙄🤔

      Hapus
    2. Mboten mbah ...niki sek nenggo wayahe memedi do klitih 😹😹😹

      Hapus
    3. Kui mbujok mbah gono wes sarungan karo gawe autan siap2 turu kui

      Hapus
    4. Wah meden medeni bapak ki ..kulo sampun nate nyawang memedi teng Alexis ..jur e udo sedoyo 😍😍😍

      Hapus
    5. Aku yo pengen ndelok barang mudo masio setan ra po2 nangdi?

      Hapus
    6. Mbiyen teng Alexis Pak ..sak niki pun tutup kalih gluebenere wan aibon kae ..😎

      Hapus
    7. nduwe driji malem minggu gor kanggo "ngeremet2' keypad HP tok.. mesakke cah🤣🤣😁

      mbok di ngo ngelus bojo, pacar, sleketanne..

      Hapus
  10. Dari artikel yg tadi sampe artikel yg ini kok sibuk nyinyir nyinyir pak menhan wae yoo. Kalo pingin diangkat jg jd staf khusus menhan mbok yaa sono ngajukan diri ke kantor menhan. Tp jng cuma modal BH karo cocot doank. Ora payu lek...🏃🏃🏃...💨💨💨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha mbok kiro dunhil karo suryo P kae modal opo dek jaman pilpres 🤔

      Hapus
    2. https://lancerdefense.com/2020/01/03/menhan-hadiri-rapat-tingkat-menteri-di-kemenko-polhukam-bahas-perairan-natuna/

      Hapus
    3. Yg jelas bukan modal dodolan BH tok paklek. Monggo numpak gojek menghadap beliau. Mungkin pemikir2 spt njenengan bisa menjadi solusi di Natuna. Siapa tau bisa menyingkirkan si Safrie....🏃🏃🏃...💨💨💨

      Hapus
    4. Nek istilah daerahku modal konco kentel koyo umbel om 😁

      Hapus
    5. Sroot ngono yoo suara ne🤧🤧🤧

      Hapus
  11. Yg perlu diwaspadai dan diawasi itu, perbatasan Malaysia dan Philipina tempat melintasnya pasukan Abu Sayap.Kalo perbatasn yg ditawau dan tebedu justru yg harus waspada adalah pihak RI krn jalur penyelundupan narkoba jenis sabu dr malaysia sering lewat 2 perbatasan ini.jika Mat Sabu memamng serius meningkatkan kerjasama pengawasan dngan RI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kan sudah sepakat om klo malonsial tu sampah masyarakat. Ya itu urusannya dinas kebersihan àj...

      Swkarang fokus sama aseng dolo...
      Ben cepet melek

      Hapus
  12. PROGRAM MAT SABU 2020:
    - BINA LONTE DI HIGLAND GENTING
    - BINA ULAMA MUNAFIK UNTUK MELEGALKAN JUDI
    - BINA TEMPAT JUDI MENJADI YG TERBESAR DAN TERMEGAH DI ASIA
    - BINA GENERASI PENERUS BANGSA UNTUK MENGELOLA PERJUDIAN
    - BINA PELAKU RASUAH UNTUK SELALU RAKUS DAN TAMAK AKAN UANG NEGARA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sudah cukup.. Malays sdh tak de lawan la.. Sekarang meningkat yg lebih utara lagi bro...😂☝☝☝

      Hapus
  13. Tungkir mana tungkir....si smilikiti rindu sama kamu kir. Disapa dulu lah biar nda ngambekan gitu krn gak jd staf khusus...🏃🏃🏃...💨💨💨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tungkir lagi ndhelik sambi ngetik surat cinta 90 halaman kanggo mas similikiti, mengko nek wis mari lagi dikopipaste nang kolom komentar.

      Hapus
    2. Cintane "tungkir_aje" rak mung kanggo mas "choko_aja".....serasi tenan 😹😹😹

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Ssssttt, podo ribut.. Tungkir ijek golek artikel ben siap ngetrol 200coment..

      Hapus
  14. Pengamat militer conie rakahundini "kasus panas kedaulatan natuna,sudah jelas harusnya arah kemana,poros maritim tapi tak segera lakukan upaya besar2an pertahanan maritime,sudah jelas kedepan mana potensial musuh,dan jelas indonesia tak bisa berdiri sendiri,.hanya satu pilihan,takluk pada cina atau mencari koalisi besar lain untuk hadang cina,dan itu tak ada pilihan lain harus jadi aliansi kuat amerika...karena bagaimanapun cina juga akan seret aliansi rusia...tinggal indonesia,gadaikan negara pada cina atau merapat ke amerika untuk dapatkan senjata2 hebat amerika untuk lawan cina

    BalasHapus
  15. Conie rakuhundini " dalam master plan pembangunan ekspansi cina,mereka pada 2030 harus lakukan cengkeraman green navy,itu masuk dalam territory wilayah 9 dash line,,,sedang dalam next step,setelah 2030 cina akan lompat pada blue oceannavy capability,dimana mereka harus kuasai kutubbumi dimana hal itu akan lewati alki kawasan indonesia,.,sah indonesia dalam incaran kekuasaan cina di masa depan....tinggal indonesia,mau bertindak seperti apa?pasrah menanti serangan cina,..atau memutuskan mencari sekutu seimbang yg bisa lawan cina,yaitu amerika

    BalasHapus
    Balasan
    1. kutub bumi? maksotnya antartika...yach jelaslah
      menhan bumi datar dari dolo uda nyaranin, kita harus klaim hak kita di kutub selatan.
      masalahnya ituw tuch, om daruw pengen mager disono haha!⛄⛄⛄

      Hapus
  16. hiddoooppp MAT SABU...SAPUU smuaaaa haha!🎊🎊🎊

    2020 = Mat Sabu mengalokasikan RM540 juta untuk melengkapi armada 257 AV8 Gempita 8x8
    2020 = Kementerian juga terganggu oleh tidak terkirimnya enam helikopter tempur ringan MD530G senilai RM300 juta dari McDonnell Douglas, dengan 35 persen dari nilai kontrak RM112,65 juta telah dibayarkan.

    2020 = Pada Oktober 2013, sebuah galangan kapal lokal diketahui telah dikontrak untuk memasok enam kapal Littoral Combat Ships (LCS), dengan RM6 miliar telah dibayarkan. Dengan pengiriman yang tertunda hingga 2023, kementerian akan dikenakan tambahan biaya RM1,4 miliar.

    artinya fiks 2020, gred a gak nambah aset baruw, duwit bayar2 proyek lama lagi haha!👏👏👏

    salam 2023 -> perbanyak selfi ama 🎈🎈🎈

    BalasHapus
    Balasan
    1. RMN menghabiskan sekitar RM100 juta setahun untuk memelihara salah satu dari dua kapal selam Scorpen,...
      Om pal itu ko salah satu...berarti atu lagi kemana om....hehehe

      Hapus
    2. hii sadiez haha!👻👻👻

      britanya rada lebay, marenan katanya cepek bedua skg cepek sendiri, yach makloum gred a klo gak lebay gak jalan proyek haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    3. Kohkohkohkohkoh....lon Malon.... mental modusin uang kerajaan tiada berpisah😀😀😀🎈🎈🎈

      Hapus
    4. Ompal,kasel malon itu kan kapal second rongsokan,moso katanya kasel baru tapi mesti di MRO dulu baru bisa nyelam,di mana2 tuh kasel baru dah bisa nyelam langsung terus tanpa di MRO dulu

      Hapus
  17. Saran saya kalo bisa di natuna instal atau beli rudal pertahanan pesisir P Bastion

    BalasHapus
  18. Cina sudah nyatakan menolak semua klaim pernyataan menlu indonesia,apa artinya?mereka tetap kukuh ngotot klaim natuna..darurat indonesia tak bisa sambil menunggu destroyer baru yang pasti lama dibuat,untuk sementara harus ada alternatif mencari destroyer yg dipensiunkan di luar negara...sambil menanti membeli destroyer baru,karena cina bisa setiap jam dan kapanpun akan masuk natuna sesuka hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi efektif dan membuat efek jera. Kita tangkap.nelayan china yg mencuri ikan di Natuna. Lalu kita gorok lehernya, buang ke laut Natuna.
      Jika msh ada lg kapal nelayan.china yg masuk ilegal, hancurkan dan hujani langsung dng RPG oleh boat patroli RI dng taktik hit n Run. Spt gaya perompak somalia.
      Dr udara gunakan CH-4B yg dibeli dr China buat menghantam kapal nelayan.dng roket dan rudal pasti gak ada komplain tentang HAm krn AS dan konco2nya sangat mendukung.....🏃🏃🏃...💨💨💨

      Hapus
  19. Mas smiling daraurot HP beru tipe destroyer.

    😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya online terus dia bung PS. Dr pagi ketemu pagi lagi. Hp baru, dpt dr subsidi lg, include dng kuota disubsidi jg. Makanya selalu on fire. Kalo Tungkir msh hrs cari wifi bebas bea masuk. Kalah fasilitas si Tungkir bung. Tp tungkir punya tulang di kabinet. Makanya Si smilikiti gak beraNi macam2. Nanti kena pasal UU IT, terpaksa fasilitas HP subsidi dan kuota subsidi jg dicabut..🏃🏃🏃...💨💨💨

      Hapus
    2. Iya mas....ko awan arep nggaduhke sapi anggi nebus HP anyar 🤧

      Hapus
  20. Maling tetap maling...investasi tetap investasi...sahabat tetap sahabat...tempatkan semuanya pada posisinya masing2...jangan campur aduk kayak opa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang repot => maling menyaru sahabat yang lagi investasi..😂

      Hapus
    2. Sing nggimunke pak Boby the Cat kok ring keprunggu suarane babagan prastowo ing natuna....

      Sing ono gor muni: "cool...coool....", ora nuduhke ketegasane rakerung gor paitan ukoro....malah nuduhke sifat bimbange : "Lha piye yo, piyek-piyekno ki yo sahabat....yo leluhur barang, mundak kualat yen galak-galak 😥😥😥"

      Hapus
    3. Cukup kembalikan bu susi...lulusan smp tegasnya ngalahin wowo sama luhut...apalagi edi...busuk tuh orang

      Hapus
  21. Si luhut... Orang pling plang masih aja di jadikan menteri, orang ini dari dulu tdk pernah beres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kae sopo sing komen nganti 300 neng artikel sakdurunge iki.....🙆🙆🙆

      Hapus
    2. Luhut belum kena batunya aja bro... Kayaknya gak lama lagi nih..

      Hapus
    3. What....juragan kuota 😱😱😱

      Belanda udah dekat niy....🐖💨💨💨

      Hapus
    4. Gek padudon karo sopo kae....😹😹😹

      Hapus
    5. Luhut & Wowo tuh sama sahaje 11 12 antek2 cina

      Hapus
    6. Setuju...bah wes sampek berjilid2...orang kenyataannya getu

      Hapus
  22. TNI kapan transparansi soal pengadaan?

    BalasHapus
  23. ESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
    .
    ⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
    ⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
    ⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
    ⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
    ⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
    ⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
    ⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
    ⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
    .
    ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
    👉Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    👉EXTRA BONUS 100% MAKSIMAL BONUS 1JT
    👉BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    👉BONUS RELOAD 8JT (SPORTBOOK)
    👉CASHBACK SPORTBOOK 15%
    👉REBATE MINGGUAN 0.8% (LIVE CASINO & SLOT)
    👉EVENT PARLAY & WIN STREAK HADIAH UANG TUNAI
    .
    Contac Person Online 24 Jam
    ☎Whatapps : 0859-3259-6161
    📱LINE : ESIABET77
    📱IG = ESIABETJITUPARLAY

    Link Alternatif ESIABET
    🌐 157,245,145,0 (koma ganti dengan titik bosku)
    🌐 www.esiabet7 .com

    Salam Hoki & JP Selalu Bosku 💪😁

    SLOT ONLINE TERBESAR & TERPERCAYA
    SBOBET ONLINE INDONESIA

    BalasHapus