10 Januari 2020

US Government Approves $2.75B sale of F-35Bs to Singapore

10 Januari 2020

F-35B STOVL fighter (photo : Lockheed Martin)

WASHINGTON - The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to Singapore of up to twelve (12) F-35B Short Take-Off and Vertical Landing (STOVL) aircraft and related equipment for an estimated cost of $2.750 billion. The Defense Security Cooperation Agency delivered the required certification notifying Congress of this possible sale today.

The Government of Singapore has requested to buy up to twelve (12) F-35B Short Take-Off and Vertical Landing (STOVL) aircraft (four (4) F-35B STOVL aircraft with the option to purchase an additional eight (8) F-35B STOVL aircraft); and up to thirteen (13) Pratt and Whitney F135 Engines (includes 1 initial spare). Also included are Electronic Warfare Systems; Command, Control, Communication, Computers and Intelligence/Communication, Navigation and Identification (C4I/CNI) system; Autonomic Logistics Global Support System (ALGS); Autonomic Logistics Information System (ALIS); F-35 Training System; Weapons Employment Capability and other Subsystems, Features and Capabilities; F-35 unique infrared flares; reprogramming center access and F-35 Performance Based Logistics; software development/integration; aircraft transport from Ft. Worth, TX to the CONUS initial training base and tanker support (if necessary); spare and repair parts; support equipment, tools and test equipment; technical data and publications; personnel training and training equipment; U.S. Government and contractor engineering, technical, and logistics support services; and other related elements of logistics support. The total estimated cost is $2.750 billion.

Vertical lift in the F-35B (image : Rolls Royce)

This proposed sale will support the foreign policy and national security objectives of the United States. Singapore is a strategic friend and Major Security Cooperation Partner and an important force for political stability and economic progress in the Asia Pacific region.

This proposed sale of F-35s will augment Singapore's operational aircraft inventory and enhance its air-to-air and air-to-ground self-defense capability, adding to an effective deterrence to defend its borders and contribute to coalition operations with other allied and partner forces. Singapore will have no difficulty absorbing these aircraft into its armed forces.

The proposed sale of this aircraft and support will not alter the basic military balance in the region.

The prime contractors will be Lockheed Martin Aeronautics Company, Fort Worth, Texas, and Pratt and Whitney Military Engines, East Hartford, Connecticut. There are no known offset agreements proposed in connection with this potential sale.

(DSCA)

111 komentar:

  1. Contekan dari Yak-141 ,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apes dpt no urut satu...alamat dah

      Hapus
    2. Sepuh, Budjang Lapok. atau DuDo.

      ya bagus lah, bisa jadi alasan buat nambah anggaran.

      wkwk......

      btw. $2.750 billion kalau ditukerin JF 17 sulfur dapet berapa lusin yak ...?

      Hapus
    3. "Sepuh, Budjang Lapok. atau DuDo.." => sasaran marketing mbah gono. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Memang sudah selayaknya : sdm ok, BMS ok, data link ok, duit ok, dan sohib'an ok.

      Lancar jaya, tak perlu baper karena mereka ada di level teknologi yang berbeda. 😁

      Gak terima?
      Ya usaha dong, ga perlu teriak-teriak doang, apalagi bawa bawa arwah pendahulu, makan tiwul apalagi..............lobster.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Silahkan member card club kemukusnya sila di ambil kpd Mbah gono bro 😁😁

      Hapus
    5. Selamat ulang tahun yg ke ke 85

      Hapus
    6. @van muttohar 85 biji bung 😁😁😁

      Hapus
  2. Soal lcs singapura bela cina apa bela amerika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas gak akan bela negeri semenanjung.

      😁

      Hapus
    2. PS@ nampol banget jawabannya 😁😁

      Hapus
    3. bela faifdifens pawa lah, bijimane sich om daruw gt aja masi diajarin haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Bela arwah leluhurlah πŸ˜‡

      Hapus
  3. Jealous indognesial kokokok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuri Tamat sudah ada ganti nya belum?? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Noone get jealous with this pregnant pigeon

      Hapus
    3. Jualan topi top gun dengan menebar opini hoax..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Yaah, semoga barokah laah..

      Hapus
    4. Kalau di forum mereka kesannya TNI mengganggu kegiatan Coast Guard China di Natuna, kalau skrg CCG sudah out kira kira apa cerita yang akan mereka sajikan ke pembacanya ? Apakah akan membandingkan aksi RI dengan pemerintah mereka yang membiarkan CCG berdiam hampir 4 tahunan di zona mereka tanpa gerakan apa apa ? πŸ˜ƒ

      Hapus
    5. Ko nih sehat lon,justru dgn bertambahnya aset jet pejuang Singapore sempadan udara negara ko makin di ceroboh singapore o'on 😁😁

      Hapus
    6. Baru sebentar CCG yg bandel di ZEE aja presiden langsung dateng..😁

      Lha di sebelah, CCG sampai beranak pianak rabi telu nang ZEE ne...cuman shadowing, plus kulakan kapal ke Tiongkok..

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Njiir..dumber tenan.

      Hapus
    7. Asumsi saya karena mereka tidak bisa mengusir CCG maka mereka juga berharap kita tidak bisa mengusir CCG supaya kesannya sama sama lemah... Makanya sebagian dari mereka malah berharap CCG gak mempan didatengin TNI.

      Tapi endingnya ya beda sama harapan mereka. Dari situ aja udah ketaker kok berapa kapal perang mereka yg aktif, berapa dana operasional, apa keterbatasan yg mereka alami saat ini dan yg terutama.. do they really have a balls to counter china like we did ??

      Yg biasa teriak teriak Coward pasti gak punya cermin buat ngaca disana πŸ˜πŸ˜ƒ

      Hapus
    8. Yo paling gak teriak-teriak ajakin para kroni FDPA nya latian bareng di sekitaran ZEE atau apa keek gitu...πŸ˜‚

      Malah 4 taun ndomblong tok...πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    9. PS@ sesama FPDA je pun pada berantam contohne gred A dgn negaranya om Ben gara2 air dan perbatasan,ausy lg rugi bandar dan sibuk ngurusin kebakaran negaranya,NZ sibuk membenahi infrastruktur Christchurch yg porak poranda dilanda gempa kemarin,lha majikan mereka British sibuk dgn Brexit & imigran dari timteng...gimana mau latihan bareng wong urusan dalam negerinya masing2 banyak mau ditanggulangin

      Hapus
    10. Power Rangers syukur2 Bubar😁

      Hapus
    11. Beli 32 kereta Vellfire sajalah bisa buat lawan CCG πŸ˜€

      Hapus
  4. Harusnya Serawak bisa juga nih punya F35, ikut misahin diri kayak SG πŸ€ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Td malam jd janjian sama kunti atau pocong atau memedi nih mas super.?

      Hapus
    2. Appppaa...?!! 😱😱😱




      πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bisa banget om kalo Sabah Sarawak dah merdeka dari singapore

      Hapus
    4. Bung super yang biasanya calm sama malondog, sekarang mulai ngegas 😁😁😁

      Tanya kenapa πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Malon senang digondolin umngok n ph

      Kihkihkih

      Hapus
    5. Memang lebih menguntungkan buat warga sabah dan sarawak apabila merdeka dari semenanjung malaya, apalagi ibukota indonesia yg pindah ke kalimantan

      akan jauh lebih menguntungkan apabila sabah sarawak membangun hubungan dengan indonesia di banding dengan semenanjung malaya, karena prospek cerah ekonomi indonesia yg besar akan memberi dampak yg bagus buat sabah dan sarawak

      income utama malaya berasal dari jualan minyak dan sawit, kalo sabah sarawak merdeka semenanjung malaya akan kesulitan, dari mana semenanjung malaya menghasilkan uang??

      Saatnya pemimpin sabah dan sarawak bangun macam pemimpin singapura dan brunei yg keluar dari malaya

      Kembalilah pada perjanjian awal manila accord yg menyatakan sabah dan sarawak sebagai sebuah negara, bukan sebuah negeri bagian dari malaya

      Hapus
  5. Ini berarti buat mendarat di kapal LHD. Artinya dalam waktu dekat Singapura akan mengakuisisi LHD.
    Dan itu artinya sdh dekat waktunya bagi Singapura untuk menjalankan rencana mengambil alih semenjung Malaysia yg akan dibantu China dan Philipina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kita banyakin stok popcorn & kopi buat gelar tikar sambil nonton...πŸ˜πŸ˜‚

      Mantap

      Hapus
    2. Omaego,Omaegot....aq tak kuasanya nantinya Johor bahru di ambil singapore dari malon

      Hapus
    3. Kalau melihat lokasi negaranya yg persis berdampingan begitu sih harusnya mereka yang mulai panas dingin bukan kita lah. Leopard ada, Astros, Apache, F15, F16 dan skrg F35. Tinggal digerakkan sejauh 500 KM udah nyampe semua itu.. 😁

      Hapus
    4. karena mereka sangat mengandalkan FPDA om super
      dan ga punya maruah alias ga punya harga diri

      Hapus
    5. Sing pake Himars, bukan Astros mas'e...😁

      Hapus
  6. Pasti diberi ngak ya Indonesia beli F-35B kpd om jambul kuning dgn alasan Indonesia sangat membutuhkan pesawat ini untuk menghadapi cina di LCS & di Natuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ora bakalan mas.. kecuali kita mau jadi pro Aseng... Tapi nanti kita akan dibully sama forumer disini karena kita dekat dengan US. Pokoke bagi kaum hebat spt mereka apapun yg dilakukan RI adalah salah semua.. dekat dengan US dicap pro Asing, dekat dengan China dicap pro Aseng, dekat dengan Rusia dicap pro Komunis. Mereka gak sadar Indonesia itu bagian dari komunitas Dunia dan lucunya gak boleh deket2 sama negara2 ini, bolehnya Deket sama Jepang dan Korea plus turki saja.

      Lucu kan ? πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ€£πŸ˜πŸ€ͺ

      Hapus
    2. Padahal kalo maennya jauh Turki sama bobroknya kaya Amriki 🀣

      Hapus
    3. @MR mending F-16 kita aja armament dilengkapin (mksudnya tambah Harpoon n Guide bomb yg harus minta ijin dulu)

      Sempet baca juga kalo kita mo beli 60 F-16 jaman orba dulu, ntah pakai duwit opo πŸ™„

      http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html

      Hapus
    4. Emang kok..
      Start maen Falcon kita barengan ama Sing.
      Trus kita stop karena krismon, sementara Sing lanjut melenggang.
      Dan sekarang lihatlah gap Falcon kita ama mereka...πŸ˜πŸ˜ŠπŸ˜”

      Hapus
    5. Super@ kita beli F-35 atau F-16 V bkn berarti kita antek2 Amerika,kita beli Su-35 bkn berarti kita antek2 komunis,kita beli drone CH-4 bkn berarti kita antek2 Aseng,kita negara bebas aktif & non blok,kita bebas beli senjata ke negara manapun dan kita tdk memihak ke salah satu blok manapun...opini antek2 Aseng,asing dan komunis dah diciptakan sama oposisi sejak periode pertama pak Jokowi om,opini2 dan fitnah ini diciptakan oposisi agar menjatuhkan Jokowi & Jokowi tdk terpilih ke-2nya,cara2 kotor dan tdk sehat seperti ini mereka ciptakan supaya bs merebut kekuasaan dan banyak orang yg percaya sm fitnah2 dan opini2 sesat yg diciptakan oposisi ini,salah satu contohnya Ketua Suku aka Liang Taik Seng om,ane yg muslim aja dikatain Aseng dan kafir sama dia karna ane sering bersuara lantang sama dia yg seenak jidatnya ngatain orang kafir,antek2 komunis Cina dll

      Hapus
    6. Lha ya itu MatPit yg dimaksud, yg bacot memang orang2 itu

      Hapus
    7. Helmy@ belajar dari pengalaman di natuna,moso menghadapi kapal CG cina & cina navy yg panjang kapalnya rata2 150-165 dihadapi dgn KN Tanjung datu 110 m & korvet parchim 80 m,yo ngak imbang bro,begitu jg dgn jet fighternya,cina kerahkan pesawat siluman J-21 & J-31 moso kita hadapi dgn F-16,paling tdk kita harus mengimbangi dgn jet siluman jg bro cem F-35,kalo misalnya kita mengerahkan Su-30 atau Su-35 yg dah dibeli nantinya cina gk bakalan takut bro wong mereka jg ada Su30 & Su35 dan lagian jg cina dah tahu apa kelebihan dan kekurangan pesawat Sukhoi Rusia...kita itu mestinya beli senjata yg mumpuni biar memberikan deteran effek bagi lawan bro

      Hapus
    8. PS@ singaporekan tajir melintir karna diback up orang Indonesia yg banyak nyimpan duit di sana 😁😁

      Hapus
    9. Ane kagak setuju pit ame f35, ya siluman sih tp kemampuannya sangat2 terbatas apalagi versi f35 yg dijual ke negara yg bukan skutu dekatnya pasti kemampuannya diotak atik' mending kontrak su35s ditambah unitnya untuk mengisih pespur petarung indonesia sembari menunggu sampai ifx atau pespur made in indonesia bener2 masuk jalur produksi, yakinlah bila rencana pengembangan ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya berjalan sesuai rencana dan masuk jalur produksi akan jauh lebih tangguh dr f35, karena gambaran rencana pengembangan ifx versi indonesia selanjutnya dr mesin sampai perangkat lunak dan sistem avioniknya bener2 tangguh dan matang, bila rencana joint produksi mesin saturn al-31fp trhust vectoring bener2 terealisasi pasti akan membuat ifx sangat bermanufer karena aku yakin desain ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya sedikit lebih kecil dan pasti akan lebih ringan dr su30, lalu dipadukan dengan keunggulan sistem perangkat lunak dan avionic gripen E yg emang menjadi keunggulan gripen E akan membuat ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya bener2 tangguh dr kemampuan tempur jarak jauh maupun dogfight jarak dekat, aku yakin sebenernya yg membuat proyek kfx/ifx indobesia dan korsel disebabkan keinginan insyiur kita yg mengembangkan kfx/ifx di korea selatan menginginkan indonesia keluar dr kerjasama ini lalu jalan sendiri mengembangkan versi ifx yg sesuai spesifikasi TNI AU, ya para insyiur kita yg mengembangkan kfx/ifx yg membocorkan hitungan2 bahwa kita indonesia di posisi yg dirugikan dalam proyek pengembangan kfx/ifx ini sehingga membuat dilema bagi pemerintah antara lanjut dan tidak sehingga muncul ide pengurangan share wujud dr sikap ingin mundur dan indonesia ingin jalan sendiri, kita emang dirugikan dr biaya sampai ilmu kedirgantaraan tp apa boleh buat nasi udah jd bubur' keluar jg tetep rugi sehingga jalan satu2nya pengurangan share unit untuk indonesia yg bisa membuat biaya yg ditanggung indonesia bisa berkurang dan dialihkan untuk pengembangan ifx versi indonesia selanjutnya yg bener2 menuruti sesuai spesifikasi keinginan TNI AU,,,jd intinya sabar dan kita tunggulah ifx versi kita masuk jalur produksi, f35 hanyalah pespur yg emang untuk dagang yg sengaja kemampuannya dibatasin seminimal mungkin untuk mengantisipasi bila suatu saat us bentrok dengan negara yg membeli f35, lha f35 yg dipakai us aje nyungsep saat latihan apalagi yg dipakai jepang saat patroli dilautan hilang ditelan lautan, entah gk selera aku liat desain si gembrot f35 apalagi saat tau kemampuannya sangat2 terbatas makin bikin aku gk selera 😁😁😁

      Hapus
    10. malah ditawarin , tinggal kita nya ora ono duite ???

      Hapus
    11. https://wikileaks.org/plusd/cables/08JAKARTA325_a.html

      Hapus
    12. 4. (C) Lemkin discussed several U.S. products, including:

      -- F-16s: purchase of new models would give Indonesia the
      same model that the United States used to protect its own
      security, while mid-life upgrades of older Indonesian F-16s
      could augment that capability in the medium term at reduced
      cost; the F-16s would place Indonesia in line to acquire the
      Joint-Strike Fighter in the future. (Reftels detail the F-16
      deals under consideration.)

      Hapus
    13. Situngkir@ menurut aq sih tulang mamarika itu support banget sm aksi Indonesia di LCS & di Natuna,selama Indonesia tdk ngantam ausy,Singapore dan Selandia baru pasti mamarika ngizinin F35nya di beli Indonesia bila digunakan untuk menghadapi cina di LCS wong cina jg musuh bebuyutan mamarika jg tulang...mamarika itu tau cuma Vietnam & Indonesia lah yg bisa diandalkan untuk menghadapi hegemoni cina di LCS,kalo malon Pondan,Brunei dan Philippines gk bs diharapkan tulang,oleh karena melihat itu mamarika pasti mau jual F-35nya kpd Indonesia...menurut yg aq amati setiap Indonesia beli senjata dari USA senjata yg dibeli tak pernah di down grade kemampuannya tulang,kita aja gk ada wang beli senjata yg full armament,selalu beli yg nanggung2 contohnya beli FA-50 KAIpun tanpa radar & rudal,beli F-16 block 52IDpun baru sekarang dipasang sniper podnya...kalo kita ada uang mamarika pun pasti ngizinin F-16 A/B kita yg lg di midlife kemampuannya bisa di upgrade setara F-16 V dan bisa dipasangin radar AESA kalo kita mau...kita jg dikasi beli Apache versi terbaru dgn rudal hellfirenya,padahal untuk membeli Apache bkn sembarangan,mesti di seleksi ketat parlemennya,ngak semua negara bebas beli Apache ini tulang,malon aja yg nak beli ditolak mamarika,AMRAAM C7 versi terbaru aja dikasi dibeli Indonesia,semua senjata yg dibeli Indonesia itu gk ada di down grade kemampuannya tulang,lihat Apache kita saat latihan dgn beringasnya melontarkan hellfirenya gk beda jauh dgn kemampuan Apache mamarika,kalo sebatas rudal harpoon,apache,hellfire,javelin,Maverick,AMRAAM,F35,F16V,NASAMS,sea sparow,tank Abrams,stryker,LVT7,Patriot & THAAD mamarika bakalan ngasi tulang asal jgn Indonesia minta tomahawk,Minuteman,kasel los angeles class bakalan gk dikasi tulang,sekarang tinggal uang yg berbicara tulang,ada uang ada barang 😁😁

      Tulang saya setuju Su-35 diperbanyak,bila perlu Su57pun di beli tapi penempatannya di Batam,Saumlaki,Morotai,Sorong,biak Papua dan di NTT biar bisa menghadapi F35 ausy & singapore tulang,kalo ditempatkan di natuna percuma tulang karna cina pun ada Su30 & Su35,cina jg dah tahu kelemahan & kelebihan Sukhoi Rusia tulang,untuk menghadapi pesawat teknologi Rusia counterlah dgn pesawat teknologi NATO/USA,begitu jg sebaliknya tulang

      IFX masih lama prosesnya tulang,mungkin sekitar 2025-2030 baru kelar tulang,untuk menutup gap yg lama itu patut dipertimbangkan Su57,F35 dan Gripen,gk usah full 1 skuadron belinya,5 atau 6 biji aja dah bisa tulang,kalo 11 biji Su-35 & 32 F16 dah pasti,Su57,Su-35 & F35 dijadikan pesawat combat fighter,workhose aja dan digunakan kalo ada perang,F16 dan Gripen digunakan untuk patroli perbatasan dan menggebuk malon dan Cina coast guard bila bandel lg 😁😁

      Hapus
    14. Anonymous@ Yoi bro,duite yg berbicara bro

      Hapus
    15. Kalau mau lihat fakta hubungan indo - china yg sebenarnya coba up date terus kerjasama ekonomi indo - china maka kita bisa lihat yg sebenarnya terjadi di zee natuna, ingat cuman trik ini yg bisa dilakukan untuk meredam isu mesranya hubungan indo - china, gk ada cara lain tuk menampilkan se olah2 indonesia - china punya masalah perseteruan, cuman laut natuna yg bersinggungan dengan lcs yg bisa dijadikan drama perseteruan sehingga bisa meredam isu2 mesranya hubungan indonesia - china, selama 2 bulan - 3 bulan sebelum munculnya kasus zee natuna media us/barat terus menghembuskan isu2 mesranya hubungan indonesia - china, dr kasus uighur sampai kasus blokir eksport nikel indonesia bertujuan mengeksport 100% ke china, isu2 ini sangat berbahaya bagi ekonomi indonesia untuk sentimen pasar global bila tidak diredam apalagi misi pemerintah saat ini lg gencar2nya menghadirkan investor jd isu2 ini emang wajib diredam, gk ada lg cara yg lain untuk bisa meredam isu2 yg dihebuskan media us/barat tentang mesranya hubungan indo - china,,,untuk 5 tahun kedepan selama pemerintahan ini hubungan indonesia - china akan tetep mesra dan itu bisa dilihat dr meningkatnya persentase kerja sama ekonomi kedua negara untuk 5 tahun kedepan.

      Hapus
  7. Dalam hitungan 1 Minggu kapal cina dah keluar dari laut Natuna,beza dgn sebelah selama 4 tahun CCG & 100 lebih kapal nelayan cina sedot isi laut beting Ali Sabah Sarawak,ATM & Malon CG are coward & sissy 😁😁...cekidot : www.garudamiliter.blogspot.com/kapal cina sudah keluar dari laut Natuna/10-01-2020

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. APMM dan TLDM Pondan bencong tak punya telor, malaysia di perkosa dan di obok obok cina pun pasrah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. PS & unknown@ ngatain Indonesia banci dan coward aja no 1 tanpa melihat bangsanya sendiri seperti apa

      Hapus
  8. "Proses instalasi radar
    Leonardo RT 31 DL di malaysia dan thailand ---> serupa dg radar yg akan dipasang di ngliyep, malang......πŸ‘πŸ‘πŸ‘"

    https://youtu.be/jMRgDcCXThY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njiiiirrr....ketipu gw ama om hari@ 😁😁😁

      Hapus
  9. Unknown10 Januari 2020 08.14
    Njiiiirrr....ketipu gw ama om hari@ 😁😁😁

    πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†

    Banyakin belajar lagi ya dek. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelingan aku pertamakali kebujuk biyen Asuuuuuu 🀣

      Hapus
    2. Keneng opo mase....radare gede banget yoo 😁😁😁

      Hapus
    3. Yoo..
      Kejegur bakul sepisan ki wajar.
      Kejegur pindo ki memastikan tabiat si bakul.

      Yen nganti kejegur ping telu yo arane doyan..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Aku pisan tok lho om PS 🀣 mboh wong2 liyane

      Hapus
    5. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      Anda beruntung mas helm..πŸ˜₯

      Hapus
    6. Sepisan thok sing keblondrok, sakbare iku.....tumaaaaan πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
  10. Foreign Military Sale to Singapore of up to twelve (12) F-35B Short Take-Off and Vertical Landing (STOVL) aircraft and related equipment for an estimated cost of $2.750 billion

    --------------------

    $ 2.750 Bil/12 unit : 229 juta dolar/bijik,
    begh warbyazah gak sanggop haha!😳😳😳

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar donk harga F35B gak kuku belinya ompal wong teknologinya lebih ciamik dibandingkan F35A & F35C...F35B dirancang landing & take offnya secara vertikal dan tdk membutuhkan landasan dan tanah yg luas jika mau landing/take off,di halaman rumah ompal je pun F-35B ini bs landing 😁😁...seperti kata om Ntung kalo pesawat baru itu pada awal2 produksinya agak2 mahal gitu ompal,kalo lama2 banyak yg beli harganya bisa turun ompal...gimana kalo ompal beli F35B ini 200 biji,ane 150 biji,om Super katanya dah deal beli 300,om Ntung dah deal beli 350,Mbah gono 120 pasti F-35Bnya turun harga dan kita dapat discount jg ompal berhubung Imlek jg dah dekat πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. Itu kalo itungan dibagi rata per ekor oom..😁

      Kan ada cost buat simulator, training pilot/ground crew, tools, garansi maintenance...πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    3. om pit, yg bole mendarat halaman rume guwe cuman bole si cantique AWEWE101..titik haha!😍😍😍

      Hapus
    4. Genteng atapnya mas Palu pada terbang kalo ada AWEWE101 hinggap di halaman rumah mas Palu.

      Hapus
    5. nyoih om pedang, infrastruktur pespur ini me-WAH.
      betewe ini blum tmasyuk persenjataan utama & kekeran πŸ”­ per pespur, yg dijamin bikin wadidaawww haha!😜😜😜

      kemehonganlah buat kondisi keuangan saat ini. fantesan fihak "LM" wkt ituw ngemenk "Blom Saatnye" sambil nyodorin "VIPER" haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      nach guwe baru cek2 unit, spek & hrg py jepun: 42 bijik $.238jt &
      koryo ambil: 60 bijik $.180jt.
      tambah koryo ngluarin $ 793 juta buat rudal & bom haha!πŸ’£πŸ’£πŸ’£

      ajegile senjata aje bisa seharga +/- 2 skuadron golden eagle haha!πŸ¦…πŸ¦…πŸ¦…

      Hapus
    6. eiittt om woof lufa yak, kan heli AWEWE101 dilengkapi "BILAH Donat" haha!🍩🍩🍩
      yaqeen aman dach om woof2, tp klo jemuran kagakkkkkkk haha!😝😝😝

      Hapus
  11. Bagus nih beli F-35 full spec. Semoga kapan2 bisa berkunjung buat demo. Harrier yg bisa supercruise, lebih reliable dan lebih mudah diterbangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. $2.75B => " include up to 12 F-35 Bs – four initially, with an option for another eight and 13 F135 engines, along with electronic warfare systems, the Autonomic Logistics Information System, training systems, software development, personnel training, among others.."

      ====
      Wajar atau Mahal..?

      😁

      Hapus
    2. Segitu wajar, udah termasuk stok mesin 13 unit, plus macam2 sistem dan training lagi.

      Hapus
    3. Jadi "Tidak Mahal" tooh..?

      Apalagi ini buat kedaulatan & efek detergen..😁

      Hapus
    4. February nanti mereka semingguan mas di SG. Saatnya radar Vera NG Kita di Natuna diaktifkan pak buat iseng ngetest 😁

      Hapus
    5. Wajar kalau singa beli segitu.
      Karena harus full spek & full support.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Liat desain dan kemampuan f35 yg sengaja dibatasin membuatku sesak nafas dan gk pernah selera, ngandalin siluman doang tp kemampuannya ibarat siendut lg lomba lari ya sama aje konyol' biar gimana pun sales ngomomg bla bla bla tetep aje ane kagak selera karena udah bisa dibayangkan gimana tu pespur f35 bertarung ame pespur yg jg sulit diendus tp gesit, di adu ame gripen E aje yg punya keunggulan perangkat lunak dan sistem avionik tu f35 positif keteter bahkan nyungsep' emang produsen pespur gen 4,5 seperti rafale, gripen E, su35s tidak memikirkan agar produknya sulit diendus dan bisa mengacak acak perangkat lunak pespur yg jd lawannya???? Makan tu omongan sales f35 yg ngebual gunakan modus SILUMAN, hantu aje konyol kalau kemampuan jelajahnya sangat terbatas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm yang jadi kepikiran kenapa France, Jerman n Denmark negara NATO aja nolak ini pesawat πŸ€”

      Hapus
    2. Karena mereka ndak ingin tergantung "lebih dalam lagi" ke US...😁

      Hapus
    3. Lebih baik mandiri meski butuh proses panjang tp setidaknya kita tau pasti kemampuan produk kita dan terus mengembangkan kemampuanya sehingga kekurangan produk kita itu bisa jauh lebih sempurna,,aku sangat2 mendukung rencana pengembangan ifx versi indonesia selanjutnya 😁

      Hapus
    4. Barangkali pembelian F-35 dapet ToT buat bantu ngembangin IFX ya aku setuju 100% raden..

      Hapus
    5. Yang jelas : murni beli vs beli+ToT itu beda harga, beda nego, beda bahasan kong-ngeres, dan beda konsekuensi mas'e..

      Hapus
    6. Tulang,kalo nak counter Su-35 cina pakelah F35 atau pesawat NATO versi lainnya,kalo nak counter dgn Su-35 percuma je tulang...tak de gading yg tak retak tulang,Su-57pun baru2 ini jatuh tulang begitu jg dgn Gripen pernah jatuh saat show di Thailand...ane bkn sales F35 tulang,cuma ane saranin Indonesia pertimbangkan beli Su-57,F-35 & Gripen biar Indonesia mampu mengimbangi setiap jenis pespur lawan tulang

      Hapus
    7. Jangan suka ambil resiko dan berhayal dapat tot dr pembelian f35' ingat us itu pemain lama, planing untuk teknologi ifx dr mesin sampai perangkat lunaknya udah jelas kok jd tinggal keputusan dan komitmen pemerintah aja untuk menjalankan dan menuntaskan pengembangan ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya 😊

      Hapus
    8. Pit kalau tuk counter su35 atau pun j20 china aku yakin duet su35 indonesia dan gripen E mampu kok tuk counternya, aku yakin 2 skuadron baru akan di isi gripen E tuk deal joint produksi sistem perangkat lunak dan avionic gripen E yg akan digunakan ifx versi pengembangan indonesia selanjutnya,,,kita liat ramalan mbah tungkir lg baca mantra 😁😁😁

      Hapus
    9. Beli Viper tulang...Gripen E gak usah di beli..Beli IFX juga sudah ada rasa Gripen E...wong kmrn mock up nya avioniknya mirip tipis tipis 😁

      Hapus
    10. Kalau secara software dan avionik, F-35 sebenarnya unggul terhadap Gripen. Yang bisa mengimbangi paling Su-57. F-22A saja kalah dalam bidang itu (upgrade belum disetujui congress kan?).

      Kalau lihat F-35 dan Su-35, satu unggul secara radio electronik, satu lagi unggul secara kinematik. Ini 100% tergantung man behind the gun. Kalau kedua pilot buruk, F-35 pasti menang. Kalau kedua pilot hebat, lebih susah ditebak. Tergantung kemampuan pilot Flanker menghindari jadi first kill.

      Untuk fighter China saya no comment. XD

      Hapus
    11. Yg bikin aku penasaran tu ame perangkat lunak yg dipakai gripen saat latihan dengan typhoon inggris, awalnya gripen dikadalin terus ame typhoon tp karena pilot gripen mulai jengkel langsung dech keluarkan jurus pamungkas dan tiba2 tanpa terdeteksi gripen nguntit dr belakang lalu muncul dr samping typhoon, langsung dech pilot typhoon bingung dan gelagapan πŸ€”πŸ˜πŸ˜

      Hapus
    12. @Raden_situngkir
      Itu kan namanya kemampuan pilot yg hebat.
      "Dirty tricks" macam itu tergantung seberapa tahu pilotnya sama kemampuan pesawat sendiri dan lawan. Makanya US beli Su-27 dan MiG-29.

      Banyak cara supaya tidak terlihat lawan. Makin kecil pesawat, makin gampang. F-5 dan JAS-39 lumayan kecil loh.

      Hapus
  14. Kalau malon cukup jf sulfur saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. JF Sulfur mode siluman di cat totol totol Panu biar di radar terbaca burung gudig kesrek terbang

      Hapus
    2. Tejas dah dibanned Mr Vijay 😁😁

      Hapus
    3. jangan gt ama tetangga ksayangan, si gred a "AKAN" kembali ngayal kl opa koboi jambol koneng jadi perang bok, diprediksi hrg minyak dunia buming haha!🀠🀠🀠

      Hapus
  15. itu china rampit@ penyusup gaku pribumi mau apa sih ..mat rampit ga lama lagi bakal berjalan dengan buntung kaki sebelah bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk SLB lagi sana jangan suka bolos bolos nanti di DO

      Hapus
    2. Lha bahasamu menunjukkan ko bkn orang Indonesia terus ko ngaku2 orang Indonesia,piye iki lon

      Hapus
    3. Ketua suku boso Indonesiane blepotan,gunakan Google translate bahasa malon ke Indonesia ngaku2 asli warga Indonesia padahal warga Aseng malon,malu dikit lon 😁😁

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    6. china rampit@ ga usah pura gitu bagus apa ada nya china hanya panghilan suku etnis 😁

      Hapus
    7. 😁😁...ketua suku Aseng malon ngaku2 pribumi Indonesia..sana gih kutip cukai dulu 😁😁

      Hapus
    8. Ketua suku ini kayaknya agen rahasia malon. Wkwk

      Hapus
  16. Dikepung f35...cukup andalkan pak menhan...minggir semua πŸ’†‍♂️πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus