13 Januari 2020

Coast Guard dan TNI AL akan Bangun Pangkalan di Natuna

13 Januari 2020


Pulau Laut, Natuna (image : GoogleMaps)

Tokoh Masyarakat Usul Pangkalan "Coast Guard" Natuna di Pulau Laut

Batam (ANTARA) - Tokoh masyarakat dan pemerhati maritim Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rodial Huda mengusulkan agar pangkalan Coast Guard Indonesia ditempatkan di Pulau Laut, pulau terbesar di Natuna sebelah utara.

"Karena itu pulau besar yang lokasinya paling ujung. Supaya lebih cepat untuk melakukan pemantauan dan sebagainya, pangkalan coast guard sebaiknya di Pulau Laut," kata Rodial Huda, Kamis.

Saat ini, pangkalan AL dan AD berada di Ranai. Menurut dia, lokasi itu masih terlalu jauh untuk mencapai ZEE, bisa mencapai 70 mil. Bila pangkalan coast guard berada di Ranai, maka pergerakannya akan lambat.

Ia mengingatkan, pada masa tertib sipil saat ini, maka yang mesti ditampilkan paling depan adalah petugas sipil. Saat ini bukan masa darurat militer.

"Maka yang sipil adalah coast guard, karena berbicara keselamatan, harus mengawal aktivitas nelayan, ekonomi dan kapal dagang," kata pria yang pernah menjadi kapten kapal internasional itu.

Ia mengakui, saat ini Indonesia belum memiliki coast guard. Namun, secara hukum, yang paling mendekati coast guard adalah Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP). Semestinya seluruh kapal patroli disatukan menjadi coast guard.

"Kapal coast guard adalah kapal keselamatan dan keamanan maritim , tidak untuk perang tapi penegakan hukum," tuturnya.

Meski sipil, biasanya kapal juga dilengkapi senjata, tapi bukan untuk menghancurkan, melainkan hanya untuk memberhentikan dan memperingatkan saja. (AntaraNews)

Prabowo Akan Dirikan Pangkalan Militer di Natuna

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pihaknya bakal membangun sejumlah pangkalan militer. Beberapa di antaranya berada di Natuna, Kepulauan Riau, dan di wilayah Timur Indonesia.

"Tidak hanya di Natuna, kami mau bikin pangkalan di Indonesia timur dan beberapa tempat," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (9/1/2020).

Namun, ia enggan membeberkan di mana saja lokasi pastinya. "Ada di beberapa tempat strategis di seluruh Indonesia. Masak saya paparkan pertahanan untuk kalian semua," ujarnya.

Wacana pembangunan pangkalan militer di Natuna muncul seiring masuknya kapal ikan dan kapal penjaga pantai milik China. Pemerintah telah melayangkan nota protes ke China karena dianggap melanggar kedaulatan Indonesia.

Prabowo menyatakan jika soal kedaulatan, maka tidak ada kata tawar-menawar. Namun, di sisi lain ia meminta hal ini tidak diungkit-ungkit terus.


"Kami katakan kedaulatan harga mati. Tapi kita jangan panas-panasin, ya. Jadi kalau wilayah teritorial itu kedaulatan itu 12 mil, lebih dari itu adalah ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif)," ujar dia. (Kabar24)

94 komentar:

  1. Semoga sepaket sama isinya juga 🙏🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat yaa Mbah@Helmy..😁🙊

      Hapus
    2. Buat Mbah Helmy waktu dan tempat dipersilakan untuk sepatah dua patah kata 😁😁

      Hapus
    3. 1 skuadron pespur maritime strike setara F18 super hornet atau SU 34,pertahanan pantai RBS atau bastion serta pertahanan udara NASAMS dan real frigate baru bisa dikatakan pangkalan militer..

      Hapus
    4. Membangun pangkalan tapi isinya kopongan???

      Hapus
    5. Gampang undang rhoma irama dan inul daratista dijamin ga kopongan

      Hapus
    6. tambah lobster type destroyer lebih uwu

      Hapus
    7. Tapi aku mau dibelikan destroyer 😭😭😭😭😭😭😭

      Hapus
  2. Selalu Action by Response.....bukannya Action by Research...

    ===========apalagi malon...action by sembang..xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalon malon mah action by banana bro 😁😁

      Hapus
  3. "Kami katakan kedaulatan harga mati. Tapi kita jangan panas-panasin, ya. Jadi kalau wilayah teritorial itu kedaulatan itu 12 mil, lebih dari itu adalah ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif)," ujar dia.

    ----------------------

    maren yg bilang ZEE = wilayah teritori acungkan fisank haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman bisa senyum 😊
      Zee itu cuman hak kelola sumber daya alam aja bagi negara yg punyak hak zee, kapal2 negara lain boleh lewat tp untuk kelola sumber daya alamnya harus ijin ke indonesia atau yg negara yg punya hak kelola zee tersebut' jd diwalayah zee ini wajib ada patroli rutin kapal coast guard negara yg punya wilayah zee agar bisa mengawal nelayan negara tersebut dan memantau kegiatan kapal2 negara lain yg melewatinya termaksud dr kegiatan pencurian ikan yg berkedok numpang lewat' biasanya negara lain bukan kapal militer yg berpatroli di wilayah zee tp kapal coast guard' namun justru kapal militer indonesia yg berpatroli di wilayah zee natuna, kapal militer hanya berpatroli diwilayah teritori.

      👇👇👇

      https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/01/12/18162211/hikmahanto-dunia-internasional-heran-kapal-tni-bersiaga-di-perairan-natuna

      https://www.tempo.co/dw/1830/tni-al-kapal-coast-guard-cina-boleh-lintas-damai-di-zee-indonesia

      Hapus
    2. Jadi intinya benar yg diulas topik defense study diatas bahwa natuna harus punya pangkalan coast guard karena berharap 2 atau 3 kapal coast guard emang rentan penyusupan zona zee sebab kekayaan sumber daya zee natuna dr ikan sampai migas emang bikin liur negara lain menetes, enter pura2 numpang lewat rupanya kapal coast memantau diposisi yg lain ya itu kapal numpang lewat jatuh jaring pukad ikan, jd intinya emang wajib ada patroli rutin tak bercela waktu di zee natuna, untuk membuatnya tidak sekedar buang2 biaya ya push agar nelayan bener2 menggarap sumber daya ikannya dan pemerintah wajib membuat pelelangan ikan khusus natuna agar harga2 ikan nelayan memiliki harga yg layak, dan pemerintah sesegera mungkin mengelola sumber migas yg ada di sekitar zee natuna.

      Hapus
    3. Makanya yang maren ribut berisik kalau kita dah dilangkahi China itu sy pastikan gak sempet google tata cara aturan ZEE. Aliran sumbu pendek alias tukang gas... Kapal China bahkan US dan Rusia pun boleh melintasi ZEE kecuali kalau mencuri ikan.. tapi bukan berarti kalau masuk ZEE trus otomatis mereka menyerobot suatu wilayah. Kapal TNI pun boleh jalan2 di jalur ZEE Phil, viet bahkan ke China sana karena secara hukum internasional memang tidak salah.

      Hapus
    4. Saya malah kepikiran RI kerjasama bagi hasil dengan Jepang dan US dalam mengelola Natuna.. karena apa ? Karena kita tidak punya dana untuk membeli kapal2 besar. Kita kerjasama dgn mereka biar mereka yg menyediakan kapal dengan sistem syariah bagi hasil misalnya 70 persen RI sisanya Jepang atau US.

      Durasi kerjasamanya cukup 5 atau 10 thn. Nanti saat RI mampu membekali nelayan dengan kapal2 tonase besar baru kita kelola sendiri.. daripada diambil China semua dan kita gak bisa apa apa mendingan kita cari peluangnya.

      Bentar lagi pasti ada yg komen gw pro asing Ama pro asung nih ? 🤣🤪🤪🤭

      Hapus
    5. "Kalau kemarin viral kapal bakamla mengatakan, 'hei kamu masuk wilayah kedaulatan kita'. China juga sama, 'kamu yang masuk wilayah kedaulatan kita'. Cuma ngomong gitu saja. Sampai siapa duluan yang bensinnya habis. Lalu dia akan keluar, nanti kita bilang, kita telah melakukan pengusiran,"

      👆👆👆
      Wong sugeh, kapalnya pake BBM Bensin...pasti tarikannya jooss iku..😂😂😂

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Ujungnya jatuh ame jepang jg ni tuk kerjasama kelola ikan tuna natuna 🤔🕵️‍♂️🕵️‍♂️🕵️‍♂️

      Mas ps@ yg anehnya bakamala kagak jelaskan ini seharusnya mereka tau aturan zee ini, dan yg anehnya lg pemerintah jg sepertinya mengulur ngulur waktu tuk menjelaskan aturan hukum internasional tentang zee ini, kalau dibilang pemerintah kagak tau aturan ini itu imposible' sepertinya sengaja dibikin panas biar isu2 yg lain hanyut ditelan laut natuna 😂😂😂

      Hapus
    8. Karena Jepang musuh bebuyutannya china. Jepang nanti bisa diibaratkan bumper klo nanti klo coast guardnya china masuk ke perairan kita. Karena Jepang punya aset di natuna.

      Biar 2 negara itu saja yang nanti "baku hantam" dan kita duduk manis saja.

      Hapus
    9. nyumptut lah gue,maluuuuuuu gue,mana dah langsung gusuruh tembak pake jedoman lagi.Hhhhhhhhh

      Hapus
    10. ☝️Fans boy barat amatiran detect...😂😂😂

      Hapus
    11. Bung Tungkir

      TNI punya protap lhoo. Peraturan KSAL Nomor Perkasa/32/V/2009 tanggal 4 Mei 2009 tentang Prosedur Tetap Penegakan Hukum Dan Penjagaan Keamanan Di Wilayah Laut Yurisdiksi Nasional oleh TNI Al.
      Di poin 5 menyebutkan bahwa Zona Yurisdiksi dalam Hukum Laut Internasional menurut UNCLOS 1982 terdiri dari:
      - Perairan pedalaman
      - Perairan kepulauan
      - Laut territorial
      - Zona tambahan
      - ZEE
      - Landas kontinen
      - Laut lepas
      Jd TNI berhak melakukan patroli dng kapal militernya di ZEE berdasarkan itu.

      Bahkan dalam penegakan hukum TNI boleh melakukan penembakan spt yg terjadi tgl 17 Juni 2016 terhadap kapal Ikan China “Han Tan Cou” krn Tidak ada 1 ayatpun di dalam pasal2 UNCLOS 1982 yang menyebutkan larangan untuk melakukan penembakan di wilayah ZEEI.


      Hapus
    12. Masalah penembakan atau larangan patroli untuk kapal militer di zee emang tidak ada, makanya dunia internasional jg gk protes karena emang gk ada aturan yg melarangnya, patroli di sekitar area laut internasional jg gk dilarang kok untuk menegaskan kebebasan navigasi di lcs, tp yg buat dunia internasional heran itu biasnya aktifitas patroli di zee negara lain itu dilakukan oleh coast guard, yg ngusir kapal2 pencuri ikan pun coast guard karena judulnya sipil vs sipil gitu loh, moso yg tuk hadapin petugas patroli sipil china sampai nurunkan militer' mungkin dunia internasional herannya seperti itu. 🤷‍♂️

      Hapus
    13. Kalau menurutku topik artikel link ini tuk menyentil bakamala/coast guard kita 🤷‍♂️👇👇👇

      https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/01/12/18162211/hikmahanto-dunia-internasional-heran-kapal-tni-bersiaga-di-perairan-natuna

      Hapus
    14. @Raden_situngkir
      Tidak ada yg aneh dengan AL patroli zona ZEE, semua OPV gunanya buat patroli ZEE. Kalau mau contoh lain, Royal Navy Fishery Protection Squadron telah berpatroli di wilayah pra-ZEE sejak 1379.

      Apa salahnya mengusir penjaga pantai negara lain yang tidak dekat dengan pantai mereka? Apalagi kalau kerjaannya membantu maling ikan atau mengganggu kapal ikan kita.

      Hapus
    15. @Raden_Situngkir
      "Di lain pihak, ia menambahkan, fungsi kapal TNI AL di sana tidak hanya sebagai penegak kedaulatan, tetapi juga sebagai penegak hukum.” <~ kata hikmahanto

      Hapus
    16. Lha itu aku bahas topik di link yg aku tampilin dan aku meluruskannya, opv militer sebenarnya khusus untuk memantau, mendindak dan mengawasi bila ada kapal militer negara lain memasuki wilayah zee terotori kita' boleh nangkap pelaku ilegal fishing kalau pas ketemu ame pencuri ikan ya gk masalah dan sudah seharusnya ditindak' tugas khusus patroli rutin untuk dan menindak khusus ilegal fishing mengawasi atau menghadapi kapal patroli sipil negara lain ya emang bakamala/coast guard, kan seolah olah kagak ada taringnya bakamala/coast guard kita sampai tni al yg hadapi kapal coast guard china, paling banter tabrak2an sesama kapal coast guard seperti yg terjadi dinegara lain kenapa harus tni al yg turun tangan' kelas udah berbeda dan bukan level TNI al mengusir kapal coast guard china, ada tupoksi kerja masing2 militer vs militer, sipil vs sipil itu maksud kenapa dunia internasional kenapa heran' bagus dong nyentil petugas2 patroli bakamala/coast guard kita agar kedepannya lebih bertaring dan punya mental.

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    18. Kalau kita sadar sebenernya kita malu kapal TNI AL kita ditabrak ame kapal patroli coast guard vietnam, level kelasnya udah berbeda' mau ngerudal kapal coast guard vietnam itu pun gk mungkin karena status coast guard itu emang kapal patroli sipil sebuah negara' mau gk mau kapal TNI cuman bisa marah2, udah seharusnyalah kapal2 bakamala/coast guard kita besar2 agar awak patrolinya punya mental tuk main tabrak2an, gimana mau berani main tabrak2an ame kapal china wong kapal kita kecil2' jangankan main tabrak2an tuk hadapin gelombang tinggi aja takut, kapal2 besar TNI al yg masuk masa pensiun diserahkan ke bakamala/coast guard kita karena biasanya spesifikasi kapal2 militer kuat tuk main tabrak2an dan menerjang gelombang laut yg tinggi, kapal coast guard china itu adalah kapal2 militer mereka yg pensiun lalu diserahkan ke coast guard mereka makanya ada yg spesifikasinya setara destroyer.

      Hapus
    19. Masuk ke zee ke negara lain menjarah ikan dan dikawal cg yg ribuan mil dari pantainya,ya tepat di usir

      Hapus
    20. Gk nyambung, ini masalah tupoksi kerja yg sebenarnya,,,nelayan kita pun kalau emang berani ngusir ilegal fisihing ya gpp malah bagus, yg jd masalah dan pertanyaannya kenapa bakamala/coast guard kita sepertinya tidak punya taring???? Ini yg membuat dunia internasional bingung,,,yg namanya pencuri ikan bukan hanya sekedar diusir tp jg harus ditangkap.

      Hapus
  4. mending coast guard dahulukan dibangun dari markas militer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbah Gono katanya mau buka kost - kost an putri disana mas... Mau jadi kost guard alias penjaga kos katanya 😁

      Hapus
    2. Masih itung2 mas,.. Ndelok situasi😁😁.

      Hapus
    3. Kost campur gakda ta ?? Ngarep

      Hapus
    4. Lah markas militernya kan memang sudah di bangun..
      Ada lanal
      Ada lanud
      Ada yon gardapati
      Ada sastrad
      Jadi cuma perlu di tingkati kelasnya.

      Hapus
    5. Bakamla kapalnya di persenjatai...
      Ampun dah kata Ka bakamla cuma pakai keris 😁

      Hapus
  5. INDONESIA DARURAT PULAU TYPE DESTROYER
    NELAYAN INDONESIA DARURAT BANTUAN PEMERINTAH TIPE DESTROYER

    BalasHapus
  6. Tuh kan sekarang jadi ngerti apa Zee n apa wilayah kedaulatan, jadi jangan ada yg asal mangap lagi ntar laler mlebu cangkem iso mendelik kelolotan xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa coba kalau lobster xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa 🏃🏃🏃💨💨💨💨💨

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Pangkalan militer baru mau di isi apa..su35.f16v.f35.ufo(pesawat made in malon)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Viper + mbak aster 30 + mbak vera NG🤭🤭

      Hapus
    2. Aster 30 ?? Nassam aja belum nongol2 😂😂😂

      Hapus
    3. Nglindur type destroyer 😁😁😁

      Hapus
  9. Selamat Datang di ESIABET 🔥
    Agen Parlay, Slot Online Terpercaya di Indonesia 💯
    MENANG BERAPAPUN PASTI KAMI BAYAR !!

    PROMO TERBARU ESIABET :
    🚨Bonus Member Baru
    *Deposit 25.000 + Bonus 10.000
    *Deposit 50.000 + Bonus 20.000
    *Deposit 100.000 + Bonus 40.000
    *Deposit 200.000 + Bonus 80.000
    *Deposit 500.000 + Bonus 100.000
    *Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
    *Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
    *Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
    🚨 BONUS NEW MEMBER UP TO 200%
    🚨 BONUS RELOAD 3JT (LIVE CASINO & SLOT)
    🚨 BONUS DEPOSIT UP TO Rp. 8,000,000
    🚨 EVENT PARLAY & WINSTREAK
    🚨 EVENT BONUS FREESPIN PRAGMATIC SLOT
    .
    Link Alternatif ESIABET
    🌐 157,245,145,0 (koma ganti dengan titik bosku)
    🌐 www.esiabet7 .com

    Tanyakan Info Link Terbaru dan Bonus di WhatsAPP 24 JAM Kami di Nomor +62 859-3259-6161 📲

    💵 SALAM HOKI DAN SUKSES SELALU 💵

    BalasHapus
  10. masalah sudah jelas china masuk zee dan ambil ikan disana. jangan dipelintir kemana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👆👆👆 pengecut kalo ga pakai nama asli. Apa takut di tagih debt collectorkah ?

      Hapus
  11. udah boleh nich mikir2 pengadaan jaringan radar OTH agar pengawasan lebih optimum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segenap management kemukus Mendukung penuh ide njenengan😁😁

      Hapus
  12. Kok iso yoo... Israel kebanjiran?🤔🤔
    Trus Jarene ono pangkalan sing kerendem banjir barang😳😱😱😱.. Sing di salahke sopo yoo?🧐🧐😌😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airnya melawan sunatulloh...tidak mau masuk ke dalam tanah 😛😛😛

      Hapus
    2. ☝aq ndak ikut2 lhooo yaaa😁😁😁🤭🤭

      Hapus
    3. Seperti biasa yg disalahkan yo anies

      Hapus
    4. https://internasional.kompas.com/read/2020/01/13/18064711/hanggar-terendam-banjir-jet-tempur-israel-rusak...

      Ono asuransi pora iki..?

      Hapus
    5. asuransine kukut mas, iki benjamin areo kenek class action, gegara kaline ga di keruk

      Hapus
    6. Iku salahe isroil dewe mbah dikongkon kerja bakti malah Ditinggal ngopi


      😢😢

      Hapus
  13. Pemerintah kurang greget
    Seharusnya dengan kejadian ini sudah seharusnya keluar perintah woi gue malu sekarang buat kapal fregat sekelas tanjung datu sebanyak 20 unit harus selesai secepatnya dananya gak usah pikirin demi harga diri nkri,dengan syarat ada meriam otomelara 76 dan meriam otomatis 30 ,dana desa dikurangi 20%
    Dan kementrian juga dipotong 10% ,dpr 10%,istana 15%,dan daerah 5% yg gak setuju akan gue gigit. Emang kalau dilakukan kebijakan ini akan ada inflasi hello gak kale,dan jangan lupa rudalnya yaitu s350,nassam,aster,dan sm,rbs,yakhont,iver 5 ,pkr 10,kcr 60m sebanyak 45,opv 90m 50,itu baru namanya nkri harga mati dan bukan kaleng2, ini cuman bacot dan bacot yg keras tapi niat dan kemauan kosong katanya macan asia tapi kok ompong hu......hu..... Malu woi direndahkan asing dan aseng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha klau ini gimana?

      https://m.detik.com/finance/industri/d-4857763/teken-kerja-sama-prabowo-incar-teknologi-alutsista-prancis?tag_from=wpm_nhl_17

      Hapus
    2. Ketoke bakal kasembadan panyuwune mas dboy.....borong fregat Anitahara dibonusi fregat siluman lafayette 🙏👍💪

      Hapus
    3. Fregat berhala 😨😨😨😨😨

      Hapus
    4. hehe.. inget wae mas@hari iki👆 ngemeng ngemeng, tuh lafayette itungane isik MILFs opo wes Mature yoo..🤔🤔😁🤣🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️

      Hapus
    5. Horny granny xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa 🏃💨💨💨💨💨

      Hapus
    6. Belanjanya kurang greget mungkin ada benarnya...will se 2020.
      Apa yg di borong.😁

      Hapus
  14. Sekarang seharusnya president konferensi fers bersama kementrian dan dpr dan mpr bahwa akan mengambil kebijakan ini dengan memotong dana kementrian dll dan semua uangnya akan buat pertahanan gak ada neko2 titik yg gak suka dan gak setuju gue gigit beres,dan mulai besok harus teken kontrak titik,ini perintah panglima tertinggi nkri.
    Baru ini mantap dan macannya pun akan langsung bangun dan menguam bangga huam... Sudah saatnya taring dan cakar gue siaga huam... Huam...mosok macan ompong diadu sama naga yg ada cakarnya dan semburan api lucu gak woi,untung aja itu macan gak mentalak 3 kah...kah..kah... Karna selalu dibiarkan dan dibuat kaleng2

    BalasHapus
  15. Kurangi bacot dan banyakin niat dan kemauan
    Huam...huam...huam... Kata macan woi yg gue lawan itu naga(cina) ular ( vietnam) singa kurap( siupil)
    Beruk lubang taik ( malengsia) jangkrik ( australilin) paman sodom (as) dll mana cakar dan taring gue mana kata macannya lu semua banyak bacot dan gak ada kemauan uang gak dibawa mati woi tapi harga diri akan tertulis sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Riset rudal kita kapan jadinya ya

      Hapus
    2. Kalo para jamaah malonyet di forum MDR FB mayoritas malah berharap TNI AL menembak CCG karena para beruk budukan bodoh tidak tau SOP antara kapal grey dan white. juga tindakan oleh TNI di Natuna hanyalah propaganda pemerintah Indonesia pada rakyatnya.

      Hapus
  16. http://amp.kontan.co.id/news/gara-gara-pernyataan-mahathir-india-setop-impor-cpo-dari-malayasia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salesman terbaik Indonesia 😂😂😂

      Hapus
    2. Jiaahhh mending jd sales yg penting halal, dr pada koar2 kagak nyambung 😂😂😂😜😝

      Hapus
    3. Cpo malon murahan,,menyedihkan 😂😂😜😝

      Hapus
    4. Cpo indonesia meski mahal tetep laris manis 😂😜😝

      Hapus
    5. Tuhan maha adil.
      Cpo indo masuk ke indihe di kenakan pajak 10%.
      Cpo malon hanya di kenakan 5% akibat loby2 uang kopi.
      Jadi persaingan menjadi tidak sehat di indihe.
      Skrg CPO malon di tolak..syukurin 😁

      Hapus
  17. Strategi jitu cina,nyuri kemana2..serang laut dan susupkan proxy dari dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naganya lagi pemanasan...
      Belum menyemburkan api 😁

      Hapus
  18. Memahami cina, cina adalah negara tak ber Tuhan,ideologi lakukan apa saja demi uang dilakukan,makanya mereka jual sabu,judi,korupsi di negara bapak tiri,nipu lewat numpang partai,dll pokoknya duit duit..,go to hell with right rule

    BalasHapus
    Balasan
    1. Republik of China bertuhan koq. Bahkan tuhannya banyak. Sayang pemerintahannya tidak diakui dunia.

      Kalau maksud anda PRC/RRC, setahu saya judi dan korupsi ilegal disana. Kalau rakyatnya mau judi, harus keluar negeri. Kalau tidak salah yg boleh judi di Macau itu expat saja.

      Hapus
    2. Cina adalah musuh yg nyata bagi indo...bagi yg melihat 😁

      Hapus
  19. Tempo.." cina memberikan visa gratis bagi semua keturunan cina diluar negeri,dan memanggil mereka untuk investasi di dalam negeri dengan segala fasilitas kemudahan khusus"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Arab dengan keturunan Arab di luar negeri gimana brow ?

      Hapus
    2. Kalau d Malon gmn??????? Genting Highlands is the biggest ini SEA dmn judi n prostitusi legal n d lindungi oleh negara, lha katanya negara Islam yg menegakkan syariat Islam, lha judi n prostitusi kok d bolehkan????????? Nih yg somplak siapa ya??????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  20. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  21. andaikan dinosaurus masih hidup mungkin akan jadi santapan istimewa rakyat china

    BalasHapus
  22. dari dulu pangkalan mulu ..seumpama pangkalan sudah jadi alat perang mana ?
    natuna butuh kapal patroli rutin kekuatan yata laut dan udara ..penguasa di jakarta ga usah muter 2 ga karuan bersikap jantan mengakui gagal menjaga kekayaan orang daerah bisa nya yolong merampok buat kepentingan nanak cucu doang bro

    BalasHapus