27 April 2021

Kala Nanggala Cegah Australia Masuk Timtim Jelang Jajak Pendapat

27 April 2021

KRI Nanggala 402 (photo : AP)

Jakarta - Kapal selam KRI Nanggala-402, yang bergabung ke TNI-AL sejak 1981, telah menjalankan banyak misi untuk menjaga kedaulatan NKRI. Laksamana Muda (Purn) Frans Wuwung, yang pernah menjadi Kepala Kamar Mesin di Nanggala, menyebut kapal itu pernah menjalankan misi ke perbatasan Timor Timur-Australia menjelang jajak pendapat 1998.
Γ„da banyak kekuatan waktu yang mau masuk selain Australia. Tapi kemudian mereka ragu karena ada Nanggala di sana. Itu namanya efek deterrent," kata Frans Wuwung kepada tim Blak-blakan detikcom, Sabtu (24/4/2021).

Saat berpangkat Mayor, Frans Wuwung menjadi salah satu perwira yang dikirim ke Jerman Barat untuk mengikuti pendidikan kapal salam. Di sana dia juga terlibat langsung dalam proses uji coba Nanggala sebelum berlayar menuju Surabaya. Salah satu uji coba adalah menguji kekuatan Nanggala hingga 30 atmosfer absolut yang setara dengan kedalaman 300 meter.

Dari galangan kapal Howaldswerke Deutsche Werf di Kiel, Nanggala berlayar selama dua bulan menuju Surabaya. Pelayaran langsung oleh para awak TNI-AL ini dikomandani oleh Letkol Arman. Selain Nanggala, kala itu Indonesia membeli Cakra yang memiliki spesifikasi sama. Cakra, yang dikomandani Letkol Antonius Sugiarto, tiba lebih dulu, 4 Juli 1981.

Pembelian dua kapal selam ke Jerman Barat itu merupakan perintah langsung Presiden Soeharto. Misi pembelian dipimpin Laksamana Abdul Kadir. Jerman Barat dipilih, kata Frans Wuwung, karena waktu itu sudah dikenal reputasi dan rekam jejaknya dalam pembuatan kapal selam.

"Kapal selam tipe U-209 yang dinamai Cakra dan Nenggala merupakan yang terbaik. Negara-negara Amerika Latin, Turki, dan Israel termasuk yang membelinya," papar Frans Wuwung yang pernan menjadi atase Angkatan Laut di Washington, DC, Amerika Serikat, 1991-1994.

Selengkapnya, saksikan dalam program Blak-blakan di detikcom, Senin (26/4/2021).

65 komentar:

  1. Nama2 Ex kasel Nagabanda,Nagarangsang,Bramasta
    Calon nama KRI 406,407,408.

    BalasHapus
  2. https://www.instagram.com/p/COKzBwVHE4j/?igshid=eonqh32pronp

    OPM bikin surat cinta mnta BerundingπŸ˜…
    Takut diinvasi setelah Pak jokowi ksih perintah.
    Katanya OPM mau ngajak perang terbuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagak bakal di denger ajakan berundingnya OPM. Kalo pemerintah kau berunding sama saja mengakui OPM di tanah papua. Lebih baik OPM di basmi kayak GAM dulu dengan DOM nya.

      Hapus
    2. TNI gas poll
      Bru dnger ada operasi besar2an OPM ciut.

      Hapus
    3. Kalau di ajak berunding OPM Pemerintah mau, tambah gede kepala tuh teroris, lagipula saat berunding komandannya konsolidasi lapangan ngumpulin kekuatan lagi, yang bener sih ga usah di kasih napas, hajar hajar hajar dan hajar sampai menyerah atau musnah, TAMIL ELAM juga di sikat habis sampai musnah , pemerintah srilanka ga kena arbitrase internasional tuh, padahal LTTE lebih besar dari OPM !

      Hapus
    4. 5 Anggota KKB Tewas Tertembak di Ilaga Papua

      http://garudamiliter.blogspot.com/2021/04/5-anggota-kkb-tewas-tertembak-di-ilaga.html?m=1

      Hapus
    5. Dah mulai terdesak bawa2 Nama HAM di surat cintanya.
      Jgn kasih kendor.

      Hapus
    6. Kalo ane ingin TNI bisa tangkap hidup hidup desersi yang kemarin kabur bawa magasen 2 , kalo bisa ketangkap hidup, jempol deh TNI, tapi rasanya bakal mati tuh desersi.

      Hapus
    7. Yang namanya pemberontak jangan kasih kendor,tangkap sikat,hancurkan.urusan HAM belakangan,OPM juga melanggar HAM,banyak anak gadis diperkosa,guru dibunuh sekolah dibakar dan pembunuhan karyawan freeport apa tidak melanggar HAM juga ??bahkan OPM menarget orang pendatang dari luar papua ..udah cukup lah segerakan operasi militer skala besar

      Hapus
  3. USS San Fransisco Kapal Selam Yang Menabrak Gunung

    https://militermeter.com/uss-san-fransisco-kapal-selam-yang-menabrak-gunung/

    BalasHapus
  4. Lancarkan dom di tanah papua..!persetan dgn ham,persetan dgn barat dan amirika,karna dari dulu mereka memang menginginkan kehancuran Indonesia sampai kapanpun,kalau perlu kembangkan senjata pemusnah masal atau nuklir demi terjaganya nkri..

    BalasHapus
  5. Yg perlu di waspadai bukan hanya cina tp trutama ostralili karna negara ini seperti musang berbulu domba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ostrali memang dari dulu ga senang ada negara lain di kawasannya utamanya Indonesia lebih unggul dari mereka,ingan program peace bima sena 1 saat mendatangkan f 16 a/b betapa ostrali mengajukan protes keras ke amerika ,dan terbukti f 16 kita kena embargo dan hanya bermodal sidewinder tua dan tanpa avionik canggih

      Hapus
  6. Si Veronica Koman gimana kabarnya ya doi ? apa kita ngga bisa klandestin buat nyiduk congornya yang bikin gedek, ada jendral gugur dia diem , ada cecunguk OPM mati dia sibuk !

    BalasHapus
  7. Tapi gw masih penasaran sm almarhum KRI Nanggala 402. Kenapa latihan pd malam hari di saat semua enak tidur dan waktu sahur ya. Ada yg bisa jelaskan secara logika ? Para suhu di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalo nunggu matahari terang waktunya puasa mas 😊

      Hapus
  8. Saatnya Memecat Prabowo

    Setelah Menteri KKP Edy Prabowo ditangkap KPK, praktis kursi menteri dari Gerindra hanya tersisa satu, tersisa sang ketum Prabowo Subianto.

    Posisi Menteri KKP ini menarik karena penggantinya bukan dari Gerindra. Malah Wahyu Trenggono, non partai tapi selama ini dianggap punya kedekatan dengan PDIP. Lalu Gerindra bagaimana nasibnya? Ya sudah sisa satu.

    Beberapa hari jelang reshufle dalam rangka penggabungan kementerian, Gerindra pasti berharap agar mereka bisa kembali mendapat kursi. Terserah di kementerian apa pokoknya ada dua.

    Namun nampaknya usulan calon Menteri dari Gerindra itu tidak sesuai dengan kriteria Presiden. Sehingga Prabowo memilih ngotot menambah jumlah proxy di perusahaan BUMN. Dengan memaksakan orang-orangnya untuk menjadi Direksi sebanyak-banyaknya.

    Saya tahu, cerita tersebut cukup sensitif. Dan mungkin justru merugikan nama Presiden atau BUMN. Tapi tetap saya buka ke publik untuk menunjukkan betapa tidak negarawannya seorang Prabowo. Tamak dan rakus akan jabatan.

    Cerita tersebut diungkap dengan tujuan agar publik tahu kondisi di dalam. Sehingga misal besok Prabowo dipecat atau diganti, itu cukup beralasan karena terjadi ribut-ribut tidak produktif seperti ini.

    Pertanyaan selanjutnya, kalau Prabowo dipecat, apa resikonya?

    Dari sisi Presiden Jokowi, mestinya tidak ada masalah. Reshuffle itu biasa. Dan Prabowo nasibnya akan sama seperti Rizal Ramli atau menteri-menteri lainnya yang sudah dipecat. Tidak menarik lagi untuk dibahas.

    Bahwa Prabowo masih menyandang status sebagai ketua umum partai Gerindra, itu yang menjadi pembeda dari Rizal Ramli. Gerindra punya suara ril di masyarakat, dan punya anggota DPR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa kok sekarang nyerang prabowo om???? Padahal waktu pilpres d dukung mati2an lho,apa krn jatah nasi bungkus sdh g dapet ya om...xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Saatnya kamu ikut masuk sel mengikuti jejak habib mu ruw

      Hapus
  9. Saatnya Memecat Prabowo

    Tapi tetap saja, kalau misal Prabowo dipecat, itu tidak akan signifikan dalam mempengaruhi roda pemerintahan ke depan. Koalisi pemerintah akan tetap menjadi partai mayoritas di senayan.

    Lalu Prabowo tanpa Rizieq, Munarman, Bachtiar Nasir dan Ratna Sarumpaet saya pikir bukanlah ancaman serius. Geng tukang demonya sudah dikerangkeng. Jadi suara Prabowo tak akan terlalu nyaring di media.

    Prabowo memang nampak akan maju lagi di Pilpres 2024. Elektabilitasnya masih tinggi. Dukungan kadernya masih loyal. Selain Jokowi, rasanya berat bagi kandidat lain untuk mengalahkan Prabowo. Secara politik, jelas Prabowo lebih baik dihentikan sekarang. Dipecat. Dengan begitu, misalkan 2024 tetap maju lagi, Prabowo tak akan menuai simpati lagi. Terlebih geng radikal atau tim hore yang selama ini sangat militan padanya sudah kecewa.

    Bahwa ada ketakutan nantinya Prabowo malah tambah kuat, karena narasi dizolimi dan seterusnya. Mungkin saja. Apalagi jika melihat Anies Baswedan yang sukses menang di Pilkada DKI setelah dipecat jadi Menteri.

    Tapi mungkin perlu menjadi catatan, level menteri dan gubernur itu berbeda. Dalam logika awam, dipecat dari menteri masih cocok untuk maju sebagai gubernur. Seiman pula. Tapi kalau dipecat dari menteri lalu mau maju sebagai Presiden, ini jelas tidak tahu diri. Apalagi dipecatnya gara-gara rebutan kursi direksi BUMN.

    Pemecatan Prabowo juga akan mendapat dukungan publik. Karena Prabowo selama ini sama sekali tidak terlihat kerjanya. Bahkan tidak mau merespon isu-isu terkini seperti kasus bom di Makassar dan penyerangan di Mabes Polri.

    Satu-satunya isu yang direspon oleh Prabowo adalah tenggelamnya kapal selam Nanggala 402. Itupun cenderung lambat. Dan itu bukan sebuah prestasi, tapi catatan negatif. Karena kini publik jadi tahu bahwa peralatan kita masih kalah dari Singapura, negara kecil yang lautnya tak seberapa. Pertanyaannya, apa yang sudah dilakukan oleh Prabowo?

    Jadi pemecatan Prabowo akan menjadi catatan buruk kedua, setelah dulu dipecat dari TNI. Dan itu akan menjadi alasan bagi banyak orang untuk tidak memilihnya di Pilpres mendatang.

    Yang tertanam di benak publik adalah Prabowo sudah diberi kesempatan untuk bekerja. Diberi kekusaan. Tapi malah sibuk menempatkan orang-orangnya di kementerian dan BUMN. Dan pemecatan adalah simbol kegagalan.

    Dari sisi koalisi, Gerindra nampak tidak menarik lagi. Atau tidak sesuai komitmen awal. Sinyal itu terlihat jelas ketika menteri dari Gerindra ditangkap KPK, penggantinya bukan kader Gerindra. Bandingkan dengan Juliari Batubara yang kemudian digantikan oleh Risma, sama-sama PDIP.

    Jadi dari sisi politik, kinerja dan etika dalam lingkungan kementerian, Prabowo sudah sangat pas untuk dipecat dan dikeluarkan dari koalisi. Waktu yang diberikan sudah sangat cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa kok sekarang nyerang prabowo om???? Padahal waktu pilpres d dukung mati2an lho,apa krn jatah nasi bungkus sdh g dapet ya om...xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Biar ada lowongan d kementrian buat anak pemilik candi hambalang

      Dah ktebak kmana arah dan tujuan laskar pengemis nasi kotak

      Hapus
    3. Blm mendatangkan alutsista, sayang kl dipecat skr, selesaikan dulu tugasnya, itung2 hemat anggaran, ajudan prabowo dan mobil dinas nya kan pakai uang pribadi dia, bkn uang negara, kl menteri lain pakai uang negara

      Hapus
    4. Lagian yg disuruh kakak pembina skr adalah suruh serang demokrat biar gak jegal usulan 3 periode,ini aja blm goal kok malah nyerang gerindra yg sdh 1 suara, goblok, mending berhenti jd buzzer km

      Hapus
    5. 3 periode
      Mw pakde d uber2 seluruh rakyat indo kek presiden ke1 dan ke 2

      Hapus
  10. Kabar baik bagi uang gak puas sama KPK

    Jokowi Muak Sama KPK Soal SP3 Korupsi BLBI, Bikin Tim Sendiri yang Lebih Sadis

    oko Widodo mulai panas, lama kelamaan Joko Widodo sudah gerah dengan apa yang dikerjakan oleh KPK. KPK saat ini memang secara struktur, dipimpin oleh Irjen Firli. Tapi secara bawah sadar, KPK ini dikuasai oleh polisi Taliban yang ada Novel saudaranya Anies Baswedan.

    Banyak sekali kasus-kasus yang didiamkan dan dihentikan oleh KPK. Profesionalitas KPK sudah ada di ujung tanduk, kalau tidak mau dikata, sudah luntur dan hancur lebur berantakan seperti serpihan kaca akuarium. Kinerja KPK ini sampah. Sudah dikuatkan pan sama Revisi UU KPK, masih cacat.

    Mau sebagus apapun UU yang dibuat Jokowi untuk menguatkan KPK, nggak ada gunanya juga selama masih ada Novel Baswedan, polisi Taliban versi Bung Neta S Pane. Novel ini tersangka penembakan pencuri sarang burung walet yang sempat ditahan oleh kepolisian.

    Orang ini merasa penting dan merasa dirinya bisa menguasai KPK dan mengatur mesin korupsi yang dikerjakan di DKI Jakarta. Kita melihat bagaimana KPK ini sangat buruk dan cacat kinerjanya. Sudah gak bisa kerja, masih cari perhatian lewat pengarahan ke mahasiswa saat demo. Ketahuan.

    Setelah Antasari Azhar ditangkap, KPK banyak disisipkan orang-orang titipan penguasa pada saat itu. Makanya nggak heran, jika kasus BLBI per hari ini dihentikan. Korupsi candi Hambalang juga didiamkan. Lalu korupsi-korupsi lain yang dikerjakan kader partai berkarat, didiamkan.

    Setelah Anies jadi gubernur DKI Jakarta, KPK ini seperti tentara yang siap menjaga Anies dan memberikan izin untuk melakukan apa saja soal anggaran. Sudah banyak anggaran janggal yang dicurigai dikorupsi. Sekarang sudah jelas di depan mata, 70 hektar tanah dikorupsi oleh Direktur Sarana Jaya.

    Dikorupsi atas seizin Anies Baswedan, ditandatangani oleh dirinya. Sekali lagi, KPK diam, seolah merestuinya. Kemudian KPK pun juga kelihatan sangat berpihak kepada partai berkarat. Kasus BLBI yang melibatkan orang-orang partai berkarat pun dihentikan. Di-SP 3 kan. Bukankah ini menjijikkan?

    Kasus BLBI adalah kasus korupsi dengan nilai yang sangat besar. Untuk kita ketahui bersama, khususnya bagi yang belum paham kasus BLBI, kasus ini adalah kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Bantuan Likuiditas Bank Indonesia alias BLBI adalah skema peminjaman uang.

    Peminjaman uang bertujuan baik, yakni untuk memberikan bantuan uang untuk mereka yang mengalami kesulitan mencairkan uang karena krisis 1998. Kasus ini cukup ruwet seperti perkara Bank Century yang juga polemiknya terjadi di era partai berkarat berkuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sekarang dukung pakde xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa apa gara2 para junjungannya mulai di tangkepi ya?...xaxaxaxaxaxaxaxaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Buzzer mau dibubarkan, jd materi buzz nya ngawur, disuruh blow up usulan dukungan 3 periode , ini malah serang gerindra, demokrat aja blm kelar dipecah

      Hapus
  11. Kabar baik bagi uang gak puas sama KPK

    Jokowi Muak Sama KPK Soal SP3 Korupsi BLBI, Bikin Tim Sendiri yang Lebih Sadis

    Memahami BLBI ini agak panjang, karena harus mulai di tahun 1997 atau 1998, tahun-tahun kelam Indonesia di bawah kepemimpinan Soeharto yang di eranya bangun TMII yang dikelola oleh keluarganya.

    BLBI ini adalah bantuan keuangan untuk bank-bank yang hampir bangkrut, dan nyaris tidak memiliki uang likuid alias yang bisa langsung dicairkan pada saat nasabah ingin menariknya. Likuiditas uang di bank saat krisis moneter sangat miris, kenapa demikian?

    Jawabannya cukup sederhana. Karena banyak orang yang menarik uang mereka dari bank untuk usaha mereka. Tapi BLBI ini memiliki kejanggalan, dan rumitnya BLBI ini akhirnya harus membuat KPK menyerah. Padahal utang-utang yang ada, harus dilunasi. Kok malah dihentikan?

    Kalau bicara tentang menghentikan kasus, ada dua kemungkinan. Pertama, tidak ada bukti cukup untuk melanjutkan kasus BLBI ini. Kedua, KPK terlalu cupu untuk memahami BLBI, karena matanya terbatas. Saya yakin KPK hentikan kasus BLBI karena kemungkinan kedua. Dan ditambah kemungkinan ketiga.

    Apa itu kemungkinan ketiga? Kemungkinan ketiga, ya karena ada komando untuk menghentikannya. Inilah yang penulis rasa, menjadi penyebab Joko Widodo membuat instruksi untuk pembentukan satgas penagihan utang BLBI. Kasarnya, Jokowi muak sama kinerja Novel dan kawan-kawan.

    Tangkapannya yang kecil-kecil diviralkan. Yang gede-gede ditutup. Kesannya kok KPK ini pemburu rente saja? Kenapa nggak buru yang besar-besar? Apakah karena KPK dilindungi para pemain besar? Hmm. Semoga saja tidak demikian ya. Tapi yang pasti, Jokowi sudah muak sama KPK yang nggak bisa kerja.

    Anggaran triliunan per tahun, tangkapan hanya miliaran per tahun. Rugi bandar. Kasus triliunan kok ditutup? Dasar Novel banget! Akhirnya, Jokowi tak tahan, langsung bikin tim pemburu utang BLBI yang lebih sadis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sekarang dukung pakde xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa apa gara2 para junjungannya mulai di tangkepi ya?...xaxaxaxaxaxaxaxaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Lha nek sampeyan kiyambak Mbah ......
      dukung rondo nopo prawan kinyis-kinyis πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™Š

      Hapus
    3. Anu kulo dukung seng purun kaleh kulo om smiling, kulo boten neko2 kok om, rondo nopo prawan nggih mawon asal umur bawah 30tahun, ayu, sexy, sugih lan iki seng paling penting om...wajib wadon xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaπŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
  12. Balasan
    1. Lahir dari sisa air mani selingkuhan emaknya ya gini ini komen nya

      Hapus
  13. MANTAP

    https://www.kompas.tv/article/168903/tni-polri-sudah-kuasai-markas-kkb-papua-pimpinan-lekagak-telenggeng

    BalasHapus
  14. Munaroh eh munarman ketangkap lalu cari2 sendal sebab pengen makan sendal' sendal mana sendal???? Gk usah pakai sendal, naik aja langsung kemobil' dasar banyak cocot!!! πŸ€§πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  15. Entar lg kasus2 proyek mangkrak bapak besar jd target berikutnya, aset dan kerugian negara harus diambil kembali.0

    BalasHapus
  16. Negara hebat...
    Chang bego class submarine cost $350million per submarine.

    Ni.... singapore!!!!
    Type 218sg invincible class $900 million per submarine.

    INDOSIALAn

    BalasHapus
    Balasan
    1. info_alutsista Satu persatu..., para "Bedebah" negeri akhirnya ketangkep.

      Bila engkau tak memiliki rasa iba dan kepedulian sosial...,

      Setidaknya "diam" lebih baik untukmu.....

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      https://www.instagram.com/p/COLvVrqBMSv/comments/

      Hapus
  17. Tengelam mapos org Indonesia
    Belum perang sudah mati😡

    BalasHapus
    Balasan
    1. info_alutsista Satu persatu..., para "Bedebah" negeri akhirnya ketangkep.

      Bila engkau tak memiliki rasa iba dan kepedulian sosial...,

      Setidaknya "diam" lebih baik untukmu.....

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      https://www.instagram.com/p/COLvVrqBMSv/comments/

      Hapus
  18. Negara hebat...
    Chang bego class submarine cost $350million per submarine.

    Ni.... singapore!!!!
    Type 218sg invincible class $900 million per submarine.

    INDOSIALAn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa Indonesia dgn cost 350 million bisa rakiy sendiri, sedangkan kucing ehhh singa dgn cost 900 million hanya beli xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa bagus mana gaesss???? XaxaxaaxaxaxaxaxaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa hebat xaxaxaxaxaxaxaxa ternyata babi ya axaxaxaxaxxaxaxa

      Hapus
  19. Buat para pengkhianat negara orang Indonesia yg menyamar jadi warga Malon dan mengolok-olok Musibah KRI Nanggala 402 sebagai bahan olok-olokan, bully diminta untuk berhenti mengolok-olok dan membully karena sudah banyak Pelaku yg menjadikan Musibah KRI Nanggala 402 sebagi bahan olok-olokan akhirnya tertangkap pihak berwajib.

    Ingat Mulutmu Harimaumu. Pena lebih tajam daripada Pedang. Jejak Digital Kejam.

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    info_alutsista Satu persatu..., para "Bedebah" negeri akhirnya ketangkep.

    Bila engkau tak memiliki rasa iba dan kepedulian sosial...,

    Setidaknya "diam" lebih baik untukmu.....

    πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

    https://www.instagram.com/p/COLvVrqBMSv/comments/

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.viva.co.id/amp/militer/militer-indonesia/1367878-tni-al-ngamuk-ini-komen-miring-oknum-polisi-soal-kri-nanggala

      https://amp.kompas.com/regional/read/2021/04/26/223805678/penyesalan-capres-fiktif-nurhadi-akui-salah-unggah-kalimat-tak-pantas-soal

      https://www.beritasatu.com/amp/nasional/765871/hina-keluarga-awak-kri-nanggala-pria-di-medan-diamankan

      Hapus
  20. Seperti katak dalam trempolong 😁
    27 April 2021 23.27
    Karena kalo nunggu matahari terang waktunya puasa mas

    ==========

    Ane juga, bulan ini isone 'macul' ing rino wengi...πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨ Ming nyok-nyok yen le "macul" wayah peteng ki, "sawahe" tonggo barang ketut di"paculi"..........😬😬😬

      Hapus
    2. Ning piye meneh.....jeneng kahanan, hawong peteng ra ketok raine je 😣😣😣

      Suk bodo gari ngapuro-ngapuronan πŸ€—πŸ˜‡

      Hapus
    3. Ra sengojo ki rapopo, manuksiawi..😌

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxa edisi khilaf xaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    5. Khilaf membawa nikmat.......nggono wulangane mbah Gono 😣😣😣

      Hapus
    6. Xaxaxaxaxaxaxaxa kemukus banget xaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  21. Dah siang min
    Bangun2
    Tidur mulu
    Makanya kalo bangunin janda2 pas waktu sahur jangan lama2


    BalasHapus
  22. Bercerminlah dari sejarah
    Yg mw minta 3 periode
    Presiden indo yg pertama dan kedua dah cukup jadi pelajaran berharga

    Cuma keledai tolol yg masuk jurang 2 kali

    Mending d reset 2 generasi biar ada kemajuan bangsa ini

    BalasHapus
  23. Cukup lama juga Indo/TNIAL menjadi operator kapal selam (1959-2021), hampir 62 tahun.

    Kapal selam yg telah dioperasikan:
    - whisky class (Uni Sovyet/Rusia)=12
    - 2 U209 Cakra class (Jerman)=2
    - U209 Nagapasha class (Korea)=3

    Bravo Hiu Kencana πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
    " Tabah Sampai Akhir "

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. NihπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus