25 April 2021

Roket R-Han 122B dan Kendaraan Peluncurnya akan Segera Diproduksi untuk Korps Marinir

25 April 2021

Setelah sekian kali uji coba, jumlah laras kendaraan peluncur roket ditetapkan sebanyak 40 laras untuk roket kaliber 122mm (photo : Delimajaya)

Kabar Gembira, Roket R-Han 122B untuk Korps Marinir Sebentar Lagi Akan Diproduksi Massal

JAKARTA - Kabar gembira, roket R-Han 122B buatan dalam negeri yang telah menjalani serangkaian uji coba akan diproduksi massal. Roket buatan Indonesia ini diproyeksikan untuk memperkuat jajaran Korps Marinir.

Seperti diketahui, roket R-Han 122B, telah melewati beberapa kali uji coba sejak tahun 2014. Kini, roket untuk Korps Marinir ini sebentar lagi memasuki proses produksi massal. PT Pindad, perusahaan plat merah yang bergerak di bidang alutsista ini yang akan memproduksi massal roket tersebut. Pihak PT Pindad saat ini tengah mempersiapkan fasilitas produksi massal bagi R-Han 122B.

Kendaraan peluncur roket dengan 40 laras untuk roket kaliber 122mm (photo : Kompas)

Roket R-Han 122B sendiri digarap oleh Konsorsium Roket Nasional dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemhan). Ada pun Konsorsium Roket Nasional terdiri dari LAPAN, PT Pindad, PT Dahana dan PT Dirgantara Indonesia, yang dikoordinasikan oleh Ristek BPPT atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Jika sudah diproduksi, roket ini akan jadi senjata utama pada alutsista Multiple Launch Rocket System (MLRS) RM70 Grad, RM70 Vampire dan Norinco Type 90B. Atau dalam kata lain, roket buatan dalam negeri ini diproyeksikan untuk memasok kebutuhan Artileri Medan Korps Marinir.

Di lihat dari spesifikasinya, R-Han 122B berbobot 64 kg, dimana 18 kg di dalamnya berupa hulu ledak. Bahan bakarnya menggunakan solid propelan. Setelah dilakukan serangkaian uji coba, R-Han 122B dapat melesat sampai kecepatan Mach 2.95. Dan dengan sudut peluncuran 50 derajat, roket ini dapat mencapai jarak tembak 30 km. Ada pun panjang roket mencapai 2.820 mm dan lebar diameter 122 mm.

Roket RHan 122B kaliber 122mm dengan jarak jangkauan 30 km (photo : Kemhan)

Kendaraan Peluncur Roket Balitbang Kemhan

Sebelumnya, Kepala Puslitbang Alpalhan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemhan), Brigjen Rosidin mengungkapkan jika kendaraan peluncur untuk roket R-HAN 122B juga telah menjalani serangkaian uji coba. Setelah diuji coba dan disempurnakan, dari sisi kecanggihan, kendaraan peluncur roket R-HAN 122B lebih unggul dibandingkan dengan produk serupa buatan luar negeri, seperti produk negara Cekoslovakia.

"Kendaran peluncur roket HAN 122B, adalah salah satu dari beberapa alutsista yang tengah dikembangkan Balitbang Kemhan," ujarnya.

Brigjen Rosidin menambahkan, roket R-HAN 122B itu sendiri memang direncanakan diproduksi untuk memperkuat kendaraan Satuan Artileri Medan Korps Marinir.

"Kendaraan peluncur roket R-HAN 122B menggunakan 40 laras dan daya luncurnya sejauh 30 kilometer," ujar Brigjen Rosidin dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, lanjut Brigjen Rosidin, kendaraan peluncur roket R-HAN 122B lebih unggul dibandingkan kendaraan peluncur roket dari Cekoslovakia. Sebab, peluncur roket buatan Cekoslowakia hanya memiliki jarak luncur 18 kilometer.

(Koran Jakarta)

75 komentar:

  1. Balasan
    1. Kesian mamakmu yang melahirkan anak seperti kamu

      Hapus
    2. Mantap 30km,nanti meningkat menjadi 300km dan lalu 3000km...bravo pindad

      Hapus
    3. Unknown25 April 2021 17.08

      Mantap 30km,nanti meningkat menjadi 300km dan lalu 3000km...bravo pindad

      Coba aja om main ke Dislitbang-AD didepan gedungnya ada roket jangkauan lebih dari 30 km lebih

      Hapus
  2. Duta rudal banyak bacot silakan nyinyir

    BalasHapus
  3. BUROKNYA DESAIN KERETA ni apakah TAKDE DESAIN lain kah Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunjukan saja malon punya disini

      Ckckckk

      Hapus
    2. Lebih burok isi otakmu deh๐Ÿ˜Œ

      Hapus
    3. Ini malon kw alias pemuja FPI wkwk

      Hapus
    4. Lebih burok muka lu... Beruk semenanjung hasil kawin silang beruk betina emak lu sama pentungan rudal vijay singh yg tusbol emak lu.. Makanya muka lu buruk rupa macam beruk liar semenanjung.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Coba bandingkan dengan design vita birahi malay punya wkwkwk

      Hapus
    6. Masih dalam suasana berkabung gini ada aja provokator...
      Dasar anak setan

      Hapus
  4. Bagus lah jdi Marinir juga pake Rancur Rhan 122B.

    Rancur Rhan122 hrus punya Nama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas jangan wungmos yah, ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Biarkan bung duta rudal yg kasih nama aja.

      Hapus
    3. Adu desain z lah jangan tiru cem hizir

      Hapus
  5. Malon cuman boleh halu dibilik jamban ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Malon kalau beli jangan pernah kasih hutang,,,mantap amunisi udah masuk produksi masal dan sekarang peluncurnya jg masuk produksi masal ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gak perlu lagi import amunisi dri luar.
      Kebutuhan amunisi Rhan 122 untuk MLRS marinir sudah bisa pesan dlm negeri sndri.

      Hapus
    2. Mandiri hukum wajib, kita pasti bisa ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
    3. Siap ditempatkan di sepanjang perbatasan sabah sewaktu2 Indonesia butuh tambahan lahan tinggal di ratakan pake rhan 122....paling malay panggil motherland inggris dan sekutunya minta bantuan wkwkwk

      Hapus
  8. Kita tunggu RX 450 nyusul jadi RHan 450 roket balistik

    Beravoo Indhan RI

    BalasHapus
  9. Malon bisa bikin apa? Kasih bukti sini

    BalasHapus
  10. Saat nya kita troll habis medsos Malon wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. PR@ pisahin bang mlys yg masih respect sm kita. Kalo yg masih ngetrol rata2 korban pilpres dari negri sendiri. Pemuja Hambalang dan keraton TMII wkwkw

      Hapus
  11. Rokete mbah Gono nganti disunggi wong 3 ...........๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

    BalasHapus
  12. Mampu kok kalau emang percaya diri, kalau gk punya rasa percaya diri sampai hari raya kuda pon tak akan mampu apalagi kalau udah di doktrin sales pengejar fee' liur pon meleleh sampai lupa niat mandiri bahkan bila perlu gk usah mandiri ๐Ÿคง๐Ÿคญ

    BalasHapus
  13. New York Times dan pentagon, "kami bersedih atas accident kapal selam Indonesia, tapi belajar dari semua itu semua puncaknya karena Indonesia tidak ada anggaran, bahkan kelabakan hadapi militia boat pancing ikan cina"
    Gaes tidak ada anggaran dik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Hahahaha pandau berhayal skali orang ini pusing pusing cerita yg sebenarnya dia orang cerita kemampuan navynya ketika ratusan nelayan merampok ikan di wilayahnya hanya bisa usir2 tak boleh tembak karna malay beli hutang bikin kapal ke china ckckck....tak punya wang kok sombong kali bilang indonesia tak ada anggaran๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  14. Sudah terjawab dik, kenapa Amerika adem ayem, dingin dingin empuk nawarin alutsista nya, bukannya gak boleh beli, tapi kayaknya pentagon sudah tau ending cerita nanti, kalau ujungnya gak ada duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
  15. Jadi gini dik kalau netijen sering ngayal.. Wow beli ini, wooo beli itu, emang lu siapa dik? Tahu diri adalah langkah bagus bagi kesehatan mental, agar hidup dalam realita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
  16. Hebat ya indonesia mampu bina roket dan peluncurnya sendiri, gk lama lg resevengenering rudal indonesia pasti tuntas dan uji tembak, begh perlahan tp pasti indonesia mulai bener2 mandiri ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
  17. Menhan Prabowo ungkap, pengadaan alutsista memang selalu penuh dilema, antara dahulukan ekonomi atau senjata, dan biasanya akhirnya senjata harus mengalah, alutsista memang sangat sangat mahal, dan posisi kemenhan akhirnya hanya bisa memberi kan rancangan, Roadmap, tapi semua keputusan akhirnya ada di presiden dan kemenku

    BalasHapus
  18. DARI CARA BER ARGUMEN DAN BEE KOMENTAE ,,SAYA INI SANGAT MEMAHAMI DAN SANGAT MENGERTI BUNG RADEN SI TUNGKIR TANG BEGITU SANGAT BERJIWA NASIOANALIS DAN BEGITU SANGAT MENCINTAI NEGARA INDONESIA,,SAYA SALUT PADA ANDA BUNG RADEN SI TUNGKIR,,,AKU BANGGA PADA ANDA,,SAYA PUN TER HARU PADA ANDA SAHABAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAAD TULISAN NYA BANYAK YANG SALAH,,TAPI AKU ACUNGI JEMPOL BUAT SAHABAT SAYA BUNG RADEN SI TUNGKIR,,,

      Hapus
  19. Program resevengenring mesin jet sudah udah ada, resevengenering rudal lg proses pengembangan, kapal selam mini sudah ada desainnya,,,begh luar biasa indonesia ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUNG RADEN,,SAYA SANGAT TERHARU DENGAN JIWA NASIONALIS ANDA,,SAYA MEYAKINI ANDA SANGAT MENCINTAI NEGARA KITA TERCINTA INI,,

      Hapus
    2. Biasa aja,,,rasa percaya diri sudah harus kita tanamkan ke generasi berikutnya, rasa percaya diri kita sudah lama sekali dirusak oleh orang2 dan negara2 yg tak ingin nusantara ini maju' padahal mayoritas para arkelog saat ini meyakini atlatis itu adalah sundaland atau berada diwilayah nusantara, sundaland diyakini mayoritas arkelog saat ini adalah awal peradaban dunia,,,tanggung jawabku, tanggung jawabmu dan tanggung jawab kita semua untuk memulihkan rasa percaya diri, setelah rasa percaya diri itu kuat maka teknologi apa pun bisa dibuat negara ini.

      Hapus
  20. Apakah benar khayalan netijen? Rafale, f15, fregat what ever you say,.. Dik bangun ekonomi kita itu teramat parah, kalau dipaksakan pun bukan sebanyak list impian itu, tapi teramat sedikit yg bisa diwujudkan, jadi kenapa pentagon, America terkesan tak agresif tawarkan? Ya karena tau yg ditawarkan gak punya duit,, jadi buat apa buang waktu dik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANDA INI NGOMONG APA BRO,,ANDA BUKAN MENHAN DAN TNI,,KALAU ANDA TIDAK TAHU,,LEBIH BAIK DIAM SAJA,,URUSAN ALUTSISTA ITU URUSAN MENHAN BUKAN URUSAN ANDA

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
  21. Kalau ada yg sebagian alay, hayal, biasa aja, mereka cuma simpatsan sebuah organisasi yg suka ngembat APBN negara, memberikan hayalan angin surga yg tak pernah wujud,.. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
  22. Dalam 3 minggu ini menhan Prabowo akan serahkan list" Keinginan" belanja tni, dan diserahkan ke presiden, jadi belanja tdk bukan lagi kewenangan menhan, adakah digagalkan? Dicoret sebagian? Semua ditangan presiden, jadi kita lihat tontonan kedepan, zonk atau beneran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
  23. Alon2 tp pasti ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa tetap semangat meski dalam kesedihan kehilangan putra2 terbaik bangsa, para pendahulu telah memberikan contoh kepada kita semua, jangan pernah menyerah apapun rintangannya,bagaimanapun sakitnya dan selelah apapun, keringat, air mata dan darah akan menjadi senyum bahagia pada akhirnya xaxaxaxaxaxaxaxa bagi yg tidak tahu arti perjuangan nih๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Ya harus semangat, sedih boleh tp jangan sampai merusak spirit kita ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Hapus
  24. Aset mana aset???? Habis disita pemerintah ndan,,,kacian ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Lae masak aset negara di hak'i spt punya nenek moyangnya xaxaxaxaxaxaxaxa ketika satu persatu diambil alih pemerintah pada kelesotan teriak pemerintah dzolim xaxaxaxaxaxaxaxa yyyuuuhhhuuu ruw Ki Sego bungkus gelem po ora? Xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ‘

      Hapus
  25. Lumayan lah buat marinir untuk penambahan MLRS

    BalasHapus
  26. Himars kok bisa firing tanpa kaki penyangga hidrolik ya?
    Padahal kaliber roketnya nya lebih besar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ. .....Kok malah curhat to mase, wes mulai gemeter tur kesemutan piye yen pas pangkon ๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa kae opo efek soko kopi pangku Yo om smiling??? Wong mung mangku kok om PS wes ndredeg xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    3. Tekno gone mas bandar Porkas rung dipasango "penyangga hidrolis" aka "tangkur boyo ๐ŸŠ".......๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
  27. selamat menjalankan ibadah puasa

    BalasHapus
  28. Semoga bisa langsung lanjut ke kaliber yg lebih besar

    BalasHapus
  29. lumayan.... nggo tombo ati

    BalasHapus
  30. Yg bahaya itu penyusup2 di kemenkeu, mereka bisa gagalkan list dengan mudahnya ...

    BalasHapus
  31. Perlu direvisi lagi kendaraan /truk peluncurnya

    BalasHapus
  32. Sbagian dana belanja alutsista terpotong biaya tuk covid dan ini sangat berpengaruh pd belanja alutsista, blm lg hrs bayar cicilan hutang pd luar negri krn biaya infrastruktur yg sangat mahal, d 1 sisi pembangunan infrastruktur sangat penting, d 1 sisi lain, kebobolan olh biaya vaksin covid sampai bisa puluhn triliun rupiah, d 1 sisi lg urgent belanja alutsista, klo kita lbh mementingkn blanja alutsista biarkan sj covid merajalela alias bs mngurangi jumlah populasi penduduk kita yg sdh overload n tdk sebanding dgn lapangan pekerjaan yg ada, jd sebenarnya pakde dilema krn 3 hal itu sangat penting, klo pembangunan infrastruktur penting supaya terjd pemerataan ekonomi d luar pulau jawa, agar tdk jawa centris, jg pertumbuhn ekonomi bs perlahan maju dan tdk berhutang lg pd luar negri (skrg makin mnumpuk hutang negara kita), yg k 2 adl pembelian vaksin covid yg tdk murah, klo bangsa ini tdk d vaksin mk tubuh kita sulit tuk menahan virus covid, contoh spt kasus d india saat ini, dgn mudahnya org kna covid bs langsung matek d jalan² raya, dlm sehari yg mati kna covid mencapai puluhan ribu, ya apa kita mau mati konyol kna covid, jls tdk bukan, saat ini musuh yg sangat berbahaya sbnrnya bukan cina tp covid, krn covid bs merusak ekonomi dan kesehatan suatu bangsa dgn sangat cepat, tuk pulih pun memakan wkt cukup lama, yg k 3 belanja alutsista canggih modern membutuhkan biaya sangat besar, blm biaya servisnya jg tdk murah, tu untuk alutsista baru, blm lg mngirimkan tenaga usernya tuk belajar mngenai alutsista yg jd d beli, jg tdk murah, klo beli alutsista bekas yg sdh berumur lbh dr 10 taun, terlalu beresiko tinggi, suatu saat bs mencelakai usernya sendiri, mmg hrgnya lbh murah drpd yg baru gres, jd pakde jokowi dlm mngambil keputusan jg tdk mudah n sangat sulit, sbb klo salah ambil keputusan dampaknya bs jd mslh d kemudian hari, ya kita sbg warga negara yg baik hny bs berdoa spy presiden kita d berikan hikmat yg tepat dlm mngambil keputusan, kita tdk perlu terpancing emosi dgn postingn negara seblah, tdk ada gunanya hny sia², kita tdk perlu ngurusi perkataan org lain, yg penting, apa yg bs kita berikan pd bangsa n negara ini, belajarlah dr cina, mereka tdk teriak² membela bangsanya tp mereka mnunjukkan hsil pekerjaan mereka pd dunia tu yg bagus, kita jgn cm bs NATO, no action talk only alias cm bs koar² bnyk omgdo tp ga bs berbuat apapun pd bangsa ini yg terbaik, jgn spt tong kosong cm bunyinya doank yg nyaring, ayo kita bekerja n berbuatlah sesuatu tuk bangsa ini dgn peduli n menolong org lain, spy indonesia bs cepat pulih n bangkit kembali, salam damai...salam super

    BalasHapus