26 April 2021

Ranpur PTS-10 Turut Ikuti Latihan Mengemudi Laut Menkav 1 Marinir

26 April 2021

PTS-10, Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (all photos : Korps Marinir)

Komandan Resimen Kavaleri 1 Marinir (Danmenkav 1 Mar) Letkol Mar Wisnu Syogo, M.Tr.Hanla., secara langsung memerintahkan prajurit Batalyon Kapa 1 Marinir untuk mengikut sertakan Ranpur kebanggaan Batalyon Kapa yaitu PTS-10 dalam Latihan Mengemudi Laut di Kolam Uji Arung Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/04/2021).

PTS-10 atau dalam bahasa Rusia (Plavayushchij Transportyer - Sryednyj)-10 adalah kendaraan angkut amfibi ukuran sedang buatan Uni Soviet. PTS-10 dibuat oleh pabrik State Soviet Factories pada awal 1965. Dilihat dari identitasnya, jelas PTS-10 bukan masuk kategori Ranpur, di elemen Korps Marinir, PTS-10 disebut sebagai KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri). 


Kemampuan PTS-10 tidak kepalang tanggung, kendaraan super bongsor ini bisa menggotong muatan seberat 10 Ton. Dalam beragam latihan, Korps Marinir sering mendayagunakan kendaraan ini sebagai pengangkut truk Unimog/truk REO dan kanon 105 mm dari LST (Landing Ship Tank)/LPD (Landing Platform Dock) ke bibir pantai.

Dalam latihan mengemudi laut hari ke-4 ini Danmenkav 1 Mar berkenan untuk mencoba sendiri mengemudi laut Ranpur Lapis Baja kebanggaan Yonkapa 1 Mar tersebut, harapan beliau kepada Prajurit Menkav 1 Mar selaku Komandan.


Danmenkav 1 Mar dalam hal ini membuktikan secara langsung bahwa Ranpur tua seperti PTS-10 masih layak beroperasi di darat maupun di laut maka dari itu seluruh prajurit wajib membuang rasa ragu terhadap Ranpur ini.

Selama berlangsungnya kegiatan seluruh prajurit tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai arahan Pemerintah dan Komando atas.

 (TNI)

142 komentar:

  1. Balasan
    1. Yen kuburan "kembang kuning" yo tetep rame mas.....raketung ra koyo adate ๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ternyata member tetap kembang kuning om smiling xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    3. Woe mbah.....mbah Pret, sampeyan dek emben jeh ninggal ktp nengkono lho ⚠️⚠️⚠️

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxa sory kae mabh Gono om xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
  2. Males dah
    Aset2 dah tua
    Masih d pake juga
    Kali2 anggota dewan dan pejabat pemerintah suruh naik aset2 yg dah tua
    Ato juga yg suka bikin gaduh demo2 gk jelas d naikin k kapal2 perang yg udah tua lalu maju k garis depan laut natuna
    Biar merasakan sendiri
    dan gak banyak bacot

    BalasHapus
  3. Penjelasan BIN soal Kabinda Papua yang Tewas Ditembak KKB
    Senin, 26 April 2021 | 05:40 WIB
    Komentar


    Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha, Kabinda Papua yang gugur ditembak KKB.
    Penulis: Achmad Nasrudin Yahya | Editor: Icha Rastika
    JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Badan Intelijen Negara (BIN) angkat bicara soal gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha setelah ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021).

    Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menyampaikan, Danny gugur saat terlibat kontak tembak dengan KKB.

    Kontak tembak terjadi ketika tim patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI dan Polri tengah melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet.

    Baca juga: Kepala BIN Papua Gugur Ditembak KKB di Beoga, Ini Penjelasan Awal TNI

    Pada pukul 15.50 WIT, Satgas BIN, Satgas TNI, dan Polri dihadang KKB sehingga terjadi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet.

    "Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian," ujar Wawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/4/2021).

    Wawan mengatakan, kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet merupakan dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca-aksi brutal KKB di wilayah tersebut.


    Kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu akibat kekejaman dan kebiadaban KKB.

    Wawan menyampaikan, saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian.

    Baca juga: Ini Lokasi Penembakan Kepala BIN Papua, Pernah Diserang KKB



    Rencananya, Senin pagi ini jenazah akan dibawa ke Timika yang selanjutnya diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

    "Dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral. Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap kelompok separatis dan teroris Papua tersebut," kata dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Wkwkwkkkk ru kalau masih suka kambuh balik lagi ke RS Jiwa

      Hapus
  4. Pasukan pemisah Papua kini hebat dan terlatih dalam peperangan, sebab itulah ketua agensi perisikan INDON yang ditugaskan ke Papua ditembak di kepala oleh pasukan pemisah Papua hingga mati hahahaha wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang meninggal & situ ketawain?

      Itu urusan lu sih, tapi semua orang akan ketemu mati, termasuk situ. KAPAN? entah...

      Tobatlah sebelum situ MENYESAL..

      Hapus
    2. Ane udah lama bully KL kalo mereka bikin ulah, tapi sekalipun ane ga pernah ketawain KEMATIAN..
      meskipun itu pihak KL.

      Hapus
    3. masa komando malysia tewas saat operasi lahad datu dan latihan baju kalis peluru indonesia be like hahahahaha
      jangan double standard sangat dalam hal ni sebab dua2 same je bebal

      Hapus
    4. Anak setan ngomong mulu, besok2 ambil giliran mati aja

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    6. Wajar klo yg nembak musuh, klo yang nembak teman atau bawahan saat demo upacara itu baru memalukan dan memilukan, alias double kill

      Hapus
    7. Sudah sehat otak lu ? Wkwkwkkkkkkk

      Hapus
  5. Helikopter Mi-17 milik Tentera Indonesia juga jatuh akibat ditembak oleh pasukan pemisah Papua, semua tentera Tentera Darat yang dibawa oleh helikopter terbunuh dan senjata mereka dirampas oleh pasukan pemisah Papua hahahaha wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoax tu bro
      Udah dibantah kapendam cendrawasih
      Pernah baca beeita nya nggak sih?

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    3. Kalau belum sembuh gilanya jangan pulang dulu dari RS wkwkwkwkkkk ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
  6. Dikatakan bahawa tentera INDON adalah yang terkuat dan paling canggih di rantau ini tetapi ketika mereka menghadapi pasukan pemisah Papua di hutan dan di pergunungan, mereka tidak dapat dan mengalami kesukaran untuk memusnahkan pasukan pemisah Papua ini hahahaha wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. EH BANGSAT LO MANUSIA KAYA LO NIH LEBIH BAHAYA DARI PKI, TUKANG ADU DOMBA ANTARA MALAYSIA DAN INDONESIA,

      Hapus
    2. Nnti dia yg kena musibah sndri.

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    4. Ini budak pasti waktu lahir ngga di kasih adzan kupingnya pasti langsung dikasih pisang ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
    5. Budak liwat !!! ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
  7. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, analisis awal tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 lebih pada faktor alam.

    ☝️ NGA MAJU2 KITA PAK KALO ALAM DI KAMBING HITAM KAN TERUS SETIAP KEJADIAN MUSIBAH MAU ITU DILAUT,DIDARAT,DAN DIUDARA,

    MENURUT KU ITU KASEL SYSTEM YANG SEHARUSNYA BEKERJA TAPI NGA BEKERJA GAGAL FUNGSI, SEARIDER MELIHAT LAMPU KASEL 402 DISAAT KASEL MASUK KEDALAM AIR NAMUN SECARA CEPAT LAMPU ITU MENGHILANG, DISITU AJABSUDAH JELAS TIDAK ADA BLACKOUT KARNA KASEL MENYELAM LEBIH DALAM DAN CEPAT, KEMUNGKINAN AIR MASUK DARI TABUNG TORPEDO KARNA DISAAT BERSAMAAN SETELAH KASEL MINTA IJIN MENYELAM KESEKIAN METER UNTUK LAKUKAN PENEMBAKAN TORPEDO MEREKA JUGA HARUS MELAPORKAN HASIL TEMBAKANNYA KARNA NGA KUNJUNG MELAPOR, DAN SEARIDER MULAI CURIGA KARNA PERISKOP NGA MUNCUL DAN DI KONTEK NGA JAWAB, MAKA PIHAK SEARIDER MELAPORKAN KE PUSAT KOMANDAN LATIHAN BAHWA KASEL HILANG KONTAK, KEMUNGKINAN AIR MASUK TERLALU CEPAT DAN MEMENUHI RUANGAN DEPAN,

    BalasHapus
    Balasan
    1. DAN TRRJUN BRBAS KRDASAR LAUT

      Hapus
    2. Ada Sea raider didekat 402?
      Baru tahu ane..

      Hapus
    3. sepertinya kompartemen torpedo yang masalah ya

      Hapus
    4. Ora gumun yen nembe ngerti.....lha wong sikile ijih kram, ra kuat go ngadeg jejeg ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Paling mengkhawatirkan kalau ternyata memang tabung torpedo dan telah lolos pemeriksaan sesuai SOP. Bakal perlu perubahan SOP supaya tidak bisa lolos, tetapi benar2 lulus.

      Hapus
    6. Gambarannya seperti ini mas IRS

      Ketika debat capres ada yg berucap:" Gak papalah kita mark up 10% saja dari anggaran belanja alutsista sbg upaya menekan korupsi....."

      Ini mengindikasikan betapa dahsyatnya "mark up" diinstitusi yg tak ada yg berani menyentuh ini.......udah sepeti balik ke jaman pasukan jannisari saja

      Hapus
    7. Ya Brow.terpedo sudah meledak sebelum keluar dari tabungnya ....Ya Allah sungguh mengerikan peristiwa yg terjadi. Semoga para Kesatria Bangsa mati Syahid

      Hapus
    8. Ndak ada ledakan torpedo mas......setidaknya sebelum kapal tenggelam ke kedalaman diatas 500m

      Hapus
    9. https://id.berita.yahoo.com/foto-kondisi-kapal-selam-kri-000000816.html

      Yang pasti 402 terbelah belah, kok sedahsyat itu ya lautan, besi tebel kasel aja bisa ditugel tugel

      Hapus
    10. Torpedo jika fusenya belum terpasang ya tidak meledak.....kecuali bereaksi dg bahan kimia tertentu atau terbakar

      Hapus
    11. Semakin dalam masuk ke air laut maka tekanan air akan semakin tinggi apalagi sampai kedalaman di atas 500 m penyelam z butuh peralatan khusus...jadi wajar jika tekanaan air yg makin tinggi itu bisa memecahkan kasel nanggala menjadi tiga bagian ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

      Hapus
  8. Segera ganti alutsista tua, terutama yang berkaitan dengan air dan udara

    BalasHapus
  9. http://defense-studies.blogspot.com/2020/05/excalibur-army-bersiap-perkenalkan-kapa.html?m=1

    Tunggu launching KAPA dri Excalibur army Ceko.ada jg dari dlm negeri.
    pengadaan Alusista marinir yg sekarang sedang proses Shorad,Artileri GS,

    BalasHapus
  10. Ini adalah bukti bahawa pasukan pemisah Papua berjaya menembak jatuh helikopter Mi-17 milik Tentera Indonesia dan semua senjatanya diambil oleh pasukan pemisah Papua hahahaha wkwk

    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200215163006-20-474935/tpnpb-klaim-curi-11-senjata-dari-lokasi-jatuh-heli-mi-17

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami jg bisa klaim bahwa anda bukan manusia

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    3. Sudah sehat kah penyakit gila nya ? ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
    4. Budak liwat !! ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
  11. Helikopter itu membawa tentera untuk ditugaskan untuk menjaga kawasan Sempadan Indon-Papua New Guinea tetapi helikopter itu ditembak jatuh dan semua tentera terbunuh bersama dengan 11 senjata milik tentera ini disita oleh pasukan pemisah Papua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Sudah sehat kah sakit gila nya ? ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
  12. Ya Allah, semoga pemilik akun NEGERI MALAYA husnul khotimah

    BalasHapus
  13. ada juga geng INDON yang cakap
    bahawa Helikopter Mi 17 milik Tentera Indonesia yang ditembak oleh pasukan pemisah Papua adalah tipuan wkwk tak mau menerima realiti lah tu wkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga arwahmu di terima yg maha kuasa dan dimasukkan dalam nerakanya yg paling dalam krn sdh membuat gaduh dan pertikaian antara sesama manusia

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    3. Sudah sehat kah sakit gilanya ? ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
  14. Semalam ada geng INDON yang mengatakan jika pasukan OPM kebuluran dan ditekan, di mana buktinya? malah pasukan OPM berjaya menembak agensi perisik INDON yang berkhidmat di Papua hingga mati, tak mahu cover malu lah tu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga anda mati dlm keadaan paling hina di dunia ini krn sdh mengadu domba antar ummat manusia

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    3. Sssssstttt. mbah ktp ne simbah taksih kentun teng "kramatan kembang kuning" sing blok makam pecinan.....kapan ajeng dipendet, mangke gelak sombong kaleh penunggune lho ๐Ÿ™Š

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxa sanes Kulo lho om smiling,kae Mbah Gono pas ketepaan ora gowo Duwet, alesane pean lali nari iuran bulanan nggo jogo sendal lan nggo kebersihan xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    5. Budak liwat !! ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

      Hapus
  15. "Mengenang almarhum Kolonel Harry Setyawan ๐Ÿ™"

    https://m.kumparan.com/kumparannews/momen-kebersamaan-susi-dan-kolonel-harry-setyawan-di-natuna-1vcrsAewz8G/full

    BalasHapus
  16. PEJABAT NEGARA, ANGGOTA DPR, MENTERI, GUBERNUR, dll semua berebut minta jatah kendaraan baru.

    sedangkan PRAJURIT TNI tetap disuruh menggunakan RANPUR TUA dan KUNO!!!

    #TABAH SAMPAI AKHIR#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sekarang kita keritisi pemerintah bang. Smoga tidak ada lagi para patriot negri yg jd korban kelalaian para pengambil keputusan. Amin

      Hapus
  17. walaupun INDON mempunyai kereta kebal dan kenderaan perisai serta jet pejuang dan senjatanya seperti peluru berpandu, kenapa mereka tidak pernah digunakan untuk memusnahkan tentera OPM? Adakah mungkin untuk menjimatkan wang kerana korang tidak mempunyai wang untuk membelinya lagi? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Kenapa TNI blm pakai alusistanya buat melawan OPM....artinya anda bloon kurang ilmu cuma nyampah ngtrol murahan disini.....ini tipe manusia penghianat bangsa...

      Hapus
  18. saya ucqpkan terima kasih kepada negara tetangga yg sudah membantu mencari kri nanggala semoga kalian diberi keselamatan ..amin

    BalasHapus
  19. Yu kita ber doa bareng2 bismilah pemilik akun negeri Malaya smoga di panggil lebih cepat atas kelakuan nya sama alloh ,amin

    BalasHapus
  20. Hari ini kita sedang berduka cita atas gugurnya kru 402,tetapi saat ini ada oknum-oknum mengaku atau netizen jiran sedang mentertawakan kita atas kejadian ini. Cukup Allah sebagai pembela kita dan biarkan Allah yg akan membalas. Selama ini mereka menzalimi kita dengan memindahkan patok batas negara, mencuri kekayaan alam kita dan menghina kita. Semoga Allah memberikan hinaan dan derajat kepada yg berhak. Amin yaa robbal alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila menuduh tu lihat dan siasat ya.... jangan menuduh sesuka hati... kecuali jika kamu sudah sedia menamatkan gencatan Troll ya...

      siapa menzalimi kamu....???

      Hapus
    2. INDON selalu suka memfitnah orang lain tanpa bukti apapun tak berubah perangai dari dulu sampai sekarang wkwk

      Hapus
    3. siapa yg asal-asalan menuduh pur.. noh oknum diatas ni yg perlu jadi perhatian.. ๐Ÿ‘†

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. jadi kamu pasti yang troll tu memang warga MALAYSIA...??? kamu pasti...???

      Sesiapa boleh berlakon menjadi warga MALAYSIA ... benda semudah itu pun tak boleh fikir ya


      JANGAN SUKA MENUDUH TANPA BUKTI YA....

      Hapus
    6. yah ente klo mo emosi.. emosi aja ama si negeri malaya tu bro.. ane cuma niat ngasih tau je ya..

      ane pon menghargai yg namanya gencatan..

      Hapus
    7. Emangnya kita bilang kalo itu orang KL? ๐Ÿ˜‘

      Hapus
    8. Ricochet@ kenapa kamu suruh orang lain beremosi kepada saya?

      Hapus
    9. INDON sekiranya mereka tertekan mereka menuduh atau memfitnah orang lain tanpa bukti wkwk

      Hapus
    10. Negeri malaya@ betul tak ? Wayang kalian klaim milik tempatan batik,reog ponorogo,lagu rasa sayange dll saat indonesia berduka awak dan gempur liwat terus troll tanpa henti jadi mana yg fitnah ? Betul tak

      Hapus
    11. Hati2 dengan yahudi dan kaum munafiqun provokator macam Budak Malaya yg ingin menghancurkan persaudaraan islam antara malay dan indo tunggulah saat adzab tuhan datang kaum munafiqun provokator akan menjadi bahan bakar neraka jahanam

      Hapus
  21. Ayuh, Gempurwira @ kita membully kembali geng INDON yang ada di blog ini lagi Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Budak Malaya ini yahudi dan kaum munafiqun provokator yang bertujuan memprovokasi antara muslim malay dan indo agar terus saling serang dan saling ejek,hati2 kawan ! Semoga Tuhan segera melaknatnya dengan laknat yg maha pedih serta menjadikannya bahan bakar di neraka jahanam amin 3x

      Hapus
  22. Siapa yang tertawa om..kita juga ikut belasungkawa dan jadi pengajaran buat kita dan utk semua..kalau punya kasel itu harus juga punya kapal penyelamat kasel..kalau alutsista itu emang sudah seharusnya pensiun yah pensiunkan aja ngak usah remajakan segala..kekuatan angkatan itu emang penting tapi nyawa angkatan itu jauh lebih penting..ngak usah mikirkan minimum esential force segala

    BalasHapus
    Balasan
    1. INDON tidak tahu balas Budi, masih untung saja TLDM mengirimkan kapal MV Mega Bakti untuk membantu kapal selam INDON yang tenggelam,padahal setiap hari geng-geng INDON mengejek negara kita...

      Hapus
    2. Bagi tau gomen krajaan korang juga.
      Indonesia punya masalah yg sama.
      Pertama korupsi
      Kedua korupsi
      dan yg ketiga korupsi.
      Korupsi di kedua negara ini menggerogoti di segala sendi.
      dari pengadaan aset pertahanan infrastruktur sampai perpajakan.
      kalian saling buly pon tiada guna karena ada kesamaan yaitu sama sama pake aset pertahanan tua yg bisa jatuh maupun tenggelam kapan saja

      Hapus
    3. Budak malaya@ ingat tak waktu pesawat korang jatuh MH370 indonesia pun membantu mencari tapi korang tetap menghina negara kami juga faham tak ? Ingat siapa yg memulai dulu troll kalian netizen malay saat negara kami ekonominya jatuh persenjataan kami banyak yg grounded kalian yg menghina dan menyerang dengan hinaan...pura" lupa kah ?

      Hapus
    4. Mat sabu@ jadi ingat saat alutsista indonesia banyak yg grounded gara" kena embargo usa kalian yg saat itu diatas angin dengan seenaknya menyerang kami dgn hinaan dan ejekan" yang menyakitkan sebelumnya pernah kah netizen indonesia menghina kalian ? Ada asap karena ada api ! Dan saat indonesia berduka adakah kalian Mat sabu@ Budak malaya@ Gempur wira@ mengucapkan sekedar belasungkawa atau ikut berduka cita ? Tidak ! Kalian malah makin troll membabi buta seolah senang dengan musibah yang dialami kru nanggala 402 saat MH370 jatuh kami stop troll dan ikut berduka cita tapi apa balasan kalian ? Kalau ingin berdiskusi dengan baik gunakan bahasa yg baik dan sopan karena saya yakin kalian juga manusia baik" yang masih punya hati dan dilahirkan dari ibu yang baik...

      Hapus
    5. Mat Sabu hati2 Budak Malaya ini yahudi dan kaum munafiqun provokator yg ingin muslim malay dan indo saling serang dan saling ejek dan tidak akur,hati2lah dan semoga Tuhan melaknatnya dengan laknat yg pedih aminnnn 3x

      Hapus
  23. Lha indonesia gk perlu bantuan malon tolol, gimana mau nolong wong manusia malon tolol2' cuman bikin repot aja, urus sono kapal selam yg tak boleh nyelam, mending beli kapal tongkang dr pada beli kapal selam tp tk boleh nyelam,,,malon tolol kebelinger ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  24. Kacian malon longor pengen cari muka tp kagak dianggap, indonesia emang tidak pernah butuh bantuan manusia tolol seperti orang2 malon ๐Ÿคง๐Ÿคญ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  25. Sudahlah.....sekarang saatnya STOP mengisi kursi menhan dari generasi jadul dan didominasi dari matra darat, tapi isilah dg sosok yg mempunyai pemikiran dan wawasan yg komprehensif lintas matra ๐Ÿค”

    BalasHapus
  26. MESKI SEDIH TAPI AKU tetep bangga dengan KRI NANGGALA 402, 40 TAHUN MENGABDI DENGAN BEKERJA KERAS MENGAWAL LUAS DAN PANJANGNYA LAUT BIBIR PANTAI INDONESIA BERSAMA KRI CAKRA 401, tak ada kapal selam sejenis yg punya beban kerja yg bisa mengimbangi beban kerja KRI NANGGALA DAN KRI CAKRA, para awak kri nanggala selalu di hati kami rakyat indonesia, selamat jalan kri nanggala dan para kru untuk statusmu yg menjadi patroli ABADI. ๐Ÿ˜”๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas kir .emang dari planing pon macam tk betul.kenapa klo cuma latihan aja di laut yg memang rawan dan ganas sedangkan di laut jawa cukup selamat utk latihan kls Nasional. Tapi apapun mungkin sudah azali.kita terpaksa telan dgn harga yh mahal atas guhurnya pahlawan tethebat di Angkatan Laut. Semoga ada keajaiban dan masih ada jalan di keselamatan walau bukan semuanya.

      Hapus
  27. Negeri malaya = GEMBUL TOLOL


    KASIHAN MALON MISKIN CUMAN BOLEH NGETROL DAN HALU DI BILIK JAMBAN, EH GEMBUL ANE TUNGGU YE BULAN AGUSTUS HELI LITTLE BIRD NYA, INGAT SISA PEMBAYARAN 65% LAGI' HARAP DILUNASI,,Yg sewa aje kagak ada duitnya ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk.... kamu mahu jadi kita teruskan

      Hapus
    2. @Raden_situngkir, user @Negeri Malaya cuman tukang provokator. Ada user dari Indonesia sendiri udah tau @Negeri Malaya cuman provokator yang mau kacau genjatan

      Hapus
    3. Jangan ikut2 menjadi yahudi dan kaum munafiqun provokator macam Budak malaya dan Gempur Wira yg ingin menghancurkan persaudaraan islam malay dan indo merekalah yang akan kekal di jahanam sebagai bahan bakarnya

      Hapus
  28. GENCATAN TROLL ditamatkan serta merta.... TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. wait2, lek dulu brader. @negeri malaya tu cuma kaki provok je. Kalau kita pon termakan,kira bodo la kita nie

      Hapus
  29. sebelah sembang kononnya akan tamatkan aset usang dan ganti dengan aset baru.. masalahnya yang aset baru pun bermasalah guys..contoh Mi-17 dan T-50 termasuk CN235

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa yang bahkan aset tersebut cuma CN 235 aja yg Malay xaxaxaxaxaxaxaxa irilah tuh xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Kaum yahudi dan munafiqun provokator yang ingin menghancurkan persaudaraan islam antara malay dan indo,semoga Tuhan melaknatmu dengan laknat yg pedih aminnnn

      Hapus
  30. Tolong komen Negeri Malaya jangan direken, ga berguna, sebaiknya bahas alutsista kita supaya ga kejadian lagi seperti 402, intinya stop beli barang bekas, dan kasih batas umur maksimal alutsista kita, termasuk Kapa kita udh uzur, udah jangan dipake di laut, mending dipake buat evakuasi bencana yang resikonya lebih rendah drpd operasi di lautan kayak latihan pendaratan amfibi, sebaiknya yg uzur2 diistirahatkan dan direkap sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang baru pun sebelah bermasalah ya..... masalah perawatan

      Hapus
    2. Kendaraan batalyon Kapa kita sebetulnya sangat terawat om Gempoor, masih bisa angkut beban 10 ton, apalagi yg umurnya lebih muda kayak BMP3F bisa nembak statis sambil lompat, yg penting yang ditembak bukan pokok pisang, dan kalo berenang bukan di kolam leilei (Lele) bruakakakakakakakaka

      Hapus
    3. Semua kembali kepada anggaran perawatan dan usia alutsista yg sudah semakin udzur dan semoga saja dengan kemandirian bangsa kita dalam memproduksi alutsista sendiri bisa sedikit mengurangi ketergantungan akan produk luar negeri

      Hapus
  31. T-50 baru berapa tahun di pakai sudah 2 buah kemalangan ya...Mi-17 bermasalah..APACHE 4 GROUNDED

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa puasa2 kok hoaks xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Om gempur puasa tak ? Punya iman islam tak ? Apa cuma pura" puasa dan pura" jadi orang islam ? Kata nabi seorang muslim itu yg keluar dari mulutnya yang baik" z

      Hapus
  32. INDON mengumpulkan peralatan pertahanan lama dan terpakai KASIHAN takde harga diri wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Negeri malaya@ puasa tak ? Islam kah ? Atau cuma pura" puasa dan pura" jadi orang islam padahal yahudi karena yg suka mengumpat dan menghina sesama muslim itu hanya yahudi dan kaum kafirun

      Hapus
  33. satu lagi sebelah ada wang ke nak beli baru...??? yang ada pun sembang NUNGGAK BAYARAN ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa adalah malah tiap tahun nambah, g sampe nunggu tahun 2055 keles xaxaxaxaxaxaxaxa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Yahudi dan kaum munafiqun provokator semoga dibulan yang suci ini Tuhan melaknatmu dengan laknat yg pedih dan mencabut lidahmu dengan rasa sakit yg tak terhingga amin 3×

      Hapus
  34. HELICOPTER Apache mereka tidak di GROUNDED bro, ia tidak digunakan dan disimpan di gudang, kerana ia mahal jika jatuh 1 semasa perang mereka tidak dapat tidur malam dan menangis di dalam bilik wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang baru pun masalah...sembang mau beli baru konon....wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Biasalah SEMBANG je yang BESAR hasil ZERO wkwk

      Hapus
    3. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    4. Yahidi dan munafiqun provokator semoga dibulan yang suci ini Tuhan melaknat kalian dengan laknat yg pedih serta membusukkan lidah dan mulut kalian amin 3x

      Hapus


  35. Raden_situngkir26 April 2021 11.14
    Negeri malaya = GEMBUL TOLOL


    KASIHAN MALON MISKIN CUMAN BOLEH NGETROL DAN HALU DI BILIK JAMBAN, EH GEMBUL ANE TUNGGU YE BULAN AGUSTUS HELI LITTLE BIRD NYA, INGAT SISA PEMBAYARAN 65% LAGI' HARAP DILUNASI,,Yg sewa aje kagak ada duitnya ๐Ÿคง๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚




    Su-35 barter dengan SAWIT BUSOK dan KERUPUK basi itu apa kabar terbarunya ? Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ๐ŸŒ๐ŸŒ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

      Hapus
    2. Provokator yahudi dan kaum munafiqun semoga Tuhan melaknatmu dengan laknat yang pedih aminnnn

      Hapus
  36. Mereka juga mahu membeli jet pejuang SU-35 buatan Rusia dengan sistem barter dengan minyak sawit BUSOK dan keropok basi, orang Rusia mahukan wang, mereka tidak mahu minyak sawit BUSOK dan keropok basi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah? Gitu doang kapasitas otak trollmu?

      Hapus
    2. Xaxaxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang di ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxaxa ����������������

      Hapus
  37. Baik nya kita bahas alutsita negara kita aja bang. Hiraukan para Heathers..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul brooo sya curiga Budak malaya dan gempuwira ini sengaja memprovokasi agar netizen malay dan indo saling bermusuhan hati2 dengan mereka dan kalau bisa acuhkan z koment2 troll mereka yg sangat memprovokasi macam yahudi dan kaum munafiqun,semoga Tuhan melaknat golongan seperti mereka aminnnn

      Hapus
  38. Sy berharap pasca bencana Nanggala 402 kita koment yg bermutu di DS ini. Kita bahas alutsista negara kita saja. Hiraukan para penghianat nasi bungkus

    BalasHapus
  39. Sabar dulu aja.tungu saat nanti balasanya.
    Seperti 2 MH yg hancur lebur dan hilang mati semua.

    BalasHapus
  40. Gempur waria peler impoten dan negri malaya jongos jubor mama elly mereka berdua lahir dari lobang jubor.. Jadi mereka pada bau taik.. Tul gk pur..?? Lobang jubor si gempur waria dan negri malaya kalau lihat kumis bangla langsung empat empot kya jubor ayam lagi betelor.. Hahaha๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  41. ahhhh,tepuk dahi. Jadi balik dahhhhhhhhhhhhhhhhh,haish

    BalasHapus
  42. Ignore @Negeri Malaya.

    @GempurWira,dah2 la tu. Ade yang termakan provokasi je tu, betulkan balik kat diorang @Negeri Malaya tu cuma provokator je.Ade yang dah tahu,tapi user macam @Raden_situngkir nie newbie so aku tak pelik dia termakan provokasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul broo ada provokator yg pengen malay dan indo bermusuhan,Budak malay ini terlihat betul provokasinya macam yahudi z yg ingin sesama negara muslim saling bermusuhan

      Hapus
  43. Ternyata Budakmalaya dan gempurwira adalah antek2 china yg ditugaskan untuk mengadu domba antara malay dan imdo agar tidak akur,hati2 kawan jangan termakan hasutan2 nya mereka berdua

    BalasHapus