19 Oktober 2009

Batalyon Paskhas di Biak dan Medan Akan Segera Dibentuk

19 Oktober 2009
Pasukan Khas AU (photo : TNI-AU)

TNI-AU Tambah Dua Batalyon Paskhas

BANDUNG--MI: TNI Angkatan Udara segera menambah dua batalyon Korps Pasukan Khas (Paskhas) guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok Korps Paskhas sebagai salah satu komando utama matra udara sesuai tantangan dan ancaman yang dihadapi.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio usai memimpin peringatan HUT ke-62 Korps Paskhas di Bandung, Senin, mengatakan, pada 2010 pihaknya akan membangun Batalyon 468 di Biak, sebagai kembangan dari kompi F/BS. "Setelah itu, baru kita bentuk Batalyon 469 di Medan, kembangan dari Kompi A/Berdiri Sendiri/BS," kata Subandrio.

Sementara itu, Komandan Korps Paskhas Marsekal Pertama TNI Harry Budiono mengatakan, kesiapan pembentukan Batalyon 468 Paskhas di Biak sudah memasuki tahap penyelesaian seperti penyempurnaan infrastruktur, sarana, dan prasarana lainnya.

"Personel kan sudah ada dari satuan asalnya yakni Kompi F/BS," katanya.

Harry mengatakan, pembentukan sejumlah batalyon Korps Paskhas itu di beberapa titik di wilayah Indonesia merupakan salah satu bentuk pergelaran kekuatan Paskhas sebagai salah satu unsur kekuatan pertahanan negara.

"Saat ini telah terbentuk tujuh batalyon dan delapan kompi BS. Nah ini kan kita kaji lagi kelanjutannya sesuai kebutuhan dan eskalasi ancaman yang dihadapi," katanya.

Korps Paskhas adalah kotama (komando utama) pembinaan TNI AU yang langsung berada di bawah Kasau yang bertugas membina kekuatan dan kemampuan Paskhas dalam pertahanan pangkalan, alat utama sistem senjata, instalasi Angkatan Udara, Pengendalian Pangkalan Udara Depan, Pengedalian Tempur, SAR Tempur serta operasi lain sesuai kebijakan Panglima TNI. (Ant/OL-06)


(Media Indonesia)

4 komentar:

  1. Di atas itu foto Kopassus, bukan Korpaskhas.

    BalasHapus
  2. goblok bilang kopasus, buta warna apa!!!

    BalasHapus
  3. yee gitu aja diributin ..

    BalasHapus
  4. Berarti fotonya sudah diganti. Tahun 2009, mungkin belum dapat foto Korpaskhas sehingga yang Kopassus yang diunggah.
    Sekarang fotonya sudah sesuai, foto Korpaskhas.
    Itu yang bilang "goblok" kayaknya nggak nanya dulu apa latar belakang komentar pertama, ya? Langsung sikat aja komentar orang.

    BalasHapus