13 November 2009

TNI AU Fokus Pada Penggantian 2 Tipe Pesawat Tempur

13 November 2009
Hawk Mk-53 TNI-AU (photo : Kusri H)

TNI AU Usul Ganti Pesawat Tempur

Jakarta, Kompas - TNI Angkatan Udara terus berupaya meningkatkan kemampuan alat utama sistem persenjataan. Salah satunya, TNI AU merencanakan penggantian pesawat tempur Hawk MK-53 dan OV 10 Bronco.

Selain itu, dua pesawat angkut Hercules sedang diperbaiki di Amerika Serikat dan Bandung. Hal itu berarti ada empat pesawat Hercules yang tahun ini diremajakan.

Demikian disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Imam Sufaat, Kamis (12/11), seusai upacara serah terima jabatan dari Marsekal Subandrio. ”Kita kirim pesawat ke sana (AS). Kita dapat bantuan sebesar 15 juta dollar dari AS lewat FMS (foreign military sales),” kata Imam.

Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dalam sambutannya sebagai inspektur upacara menggarisbawahi peran TNI AU berkaitan dengan kemampuan serangan dan dukungan udara.

Imam Sufaat menyatakan, walaupun anggaran untuk TNI AU naik pada tahun 2010, pihaknya tetap mendasarkan perencanaan pada kebutuhan pokok minimum.

Sebelumnya, dua pesawat Hercules A-130B diremajakan oleh Singapore Technology Engineering dan berubah kelasnya dari B menjadi H.

Asisten Logistik KSAU Marsekal Muda Imam Wahyudi mengatakan, Hercules yang sedang diperbaiki di AS adalah Hercules A 1323, sedangkan satu lagi diperbaiki di Bandung. Menurut dia, dua pesawat itu mendapat perbaikan yang cukup menyeluruh karena perbaikannya tergolong structure integrated program. ”Kelasnya tidak naik, tetapi ini tergolong perbaikan berat,” katanya.

Selain itu, TNI AU juga mengajukan penggantian pesawat Hawk MK-53 dan OV 10 Bronco. Kedua pesawat tersebut menjadi prioritas dibandingkan dengan F-5. ”Kami sekarang juga masih tunggu tiga Sukhoi,” ungkap Imam Sufaat, yang merupakan lulusan Akabri Bagian Udara tahun 1977. (EDN)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar