23 November 2012

Pakistan Berencana Membeli Pesawat Indonesia

23 November 2012

Pesawat CN-235 Pakistan yang dibeli dari Indonesia sebelumnya (photo : PAFwallpaer)

[ISLAMABAD] Pakistan berencana membeli pesawat buatan Indonesia yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung. Namun rencana Pakistan itu belum diketahui kapan akan direalisasikan.

Rencana Pakistan itu disampaikan staf khsus presiden bidang ekonomi Firmansyah di Islamabad, Pakistan, Kamis (22/11). Menurutnya, masalah pembelian peswat itu menjadi satu topik pembicaraan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.

 “Pertemuan semalam (Rabu malam, Red) membahas peningkatan kerjasama Indonesa dengan Pakistan di bidang pendidikan, ekonomi, persenjataan dan militer. Pakistan ingin membeli sejumlah pesawat untuk memperkuat militer mereka,” kata Firmansyah.

Ia menjelaskan belum dibicarakan detail mengenai jenis peswat yang dibeli dan berapa banyak. Pembicaraan juga belum menyentuh anggaran yang digunakan Pakistan untuk membeli pesawat tersebut. “Saya tidak mengerti jumlahnya. Tadi malam tidak sampai detail,” tuturnya.

Pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie, Pakistan pernah membeli pesawat buatan Indonesia yang diproduksi PT DI. Pesawat yang dibeli tipe CN 235 versi militer. [R-14]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar