04 April 2015

KRI Rigel 933 Tiba di Sebelah Utara Aljazair

04 April 2015


KRI Rigel 933 selanjutnya dijadwalkan untuk singgah di Port Said (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Cochin (India), Pelabuhan Sabang-Aceh, dan berakhir di Jakarta (photo : militaryphotos)

Mediterranean Sea - Dalam pelayarannya menuju Indonesia untuk memperkuat armada TNI AL, KRI Rigel 933 saat ini telah mencapai perairan Mediterranean Sea sebelah utara Aljazair.

Saat berita ini dinaikkan posisi kapal canggih Hydro Oceanography Multi Purpose Research Vessel buatan galangan OCEA Les Sables d'Olonne, Prancis, tersebut menurut satelit ada pada koordinat 36.55252 latitude/-0.6305116 longitude dengan kecepatan 1.3 knot dan haluan 78 derajat mengarah ke Port Said (Mesir).

Dari Port Said, selanjutnya KRI Rigel 933 akan menuju Jeddah (Arab Saudi), Cochin (India), kemudian masuk Indonesia melalui Sabang dan berakhir di Jakarta.

Sebelumnya KRI Rigel 933 singgah di Pelabuhan Malaga, Spanyol, selama 3 hari (31 Maret-2 April 2015). Kamis, 2 April, tepat pukul 12.21 waktu setempat kapal ini angkat sauh meninggalkan Malaga.

Dalam persinggahannya di Malaga, KRI Rigel 933 disambut oleh Komandan Angkatan Laut Kerajaan Spanyol di Malaga, Kolonel Laut Pablo A. Lewicki Carazo, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Madrid Minister Counsellor Erie Bawono, dan Atase Pertahanan RI di Madrid Kolonel Laut (E) Agus Adriyanto, S.T., MM.

Nama KRI Rigel 933 diresmikan oleh Menhan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu 11 Maret lalu. Rigel adalah nama bintang paling terang dari gugus bintang Orion. Kapal ini menurut keterangan pers KBRI Madrid saat ini tercanggih di Asia Tenggara.

Dalam perjalanannya dari Prancis menuju Indonesia, operasi pelayaran kapal KRI Rigel 933 ini dipimpin oleh Komandan Kapal Mayor Laut (P) Muhamad Wirda Prayogo, S.T.

Total rute pelayaran KRI Rigel 933 dari Les Sables d'Olonne, Prancis, sampai Jakarta diperkirakan akan ditempuh dalam rentang waktu Maret-April.

(Detik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar