19 Maret 2016

DSME Siap Luncurkan Kapal Selam Pesanan Indonesia

19 Maret 2016

KRI Nagabanda 403 (photos : Korps Hiu Kencana)

Kapal selam pertama pesanan Indonesia yang dibuat oleh galangan kapal selam Korea Selatan DSME konstruksinya telah selesai dan kapal siap diluncurkan.

Kapal selam dengan nomor lambung 403 ini akan dinamakan KRI Nagabanda, urutan nama masih menyesuaikan dengan era tahun 1960-an ketika TNI AL masih mengoperasikan 12 kapal selam Whiskey class buatan Rusia.

Indonesia menanda-tangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada 20 Desember 2011, keseluruhan kapal akan diselesaikan pada semester pertama 2018. Sebanyak 2 kapal selam dibuat di Korea Selatan, sedangkan 1 kapal selam dibuat di galangan kapal PT PAL Surabaya.

Mengingat design kapal selam ini bersifat custom dan menyesuaikan dengan kebutuhan TNI AL maka pada bulan April 2013 barulah basic design dinyatakan komplet dan konstruksi dapat dimulai. Desain kapal selam berangkat dari Type 209/1200 dan spesifikasi yang disepakati menghasilkan kapal selam dengan bobot di permukaan 1.442 ton dan bobot ketika menyelam 1.572 ton.


Setelah diluncurkan kapal selam ini harus menjalani serangkaian uji coba sebelum dikirimkan, dan uji kapal selam memerlukan waktu yang lama, sebagai contoh adalah kapal selam Kilo Vietnam yang dipesan dari Rusia, untuk kapal selam kelima waktu untuk uji coba yaitu dari semenjak diluncurkan hingga berangkat pengiriman memerlukan waktu hingga 8 bulan. 

Sepertinya penyelesaian kapal selam ketiga akan mengalami keterlambatan karena fasilitas galangan kapal selam di PT PAL baru akan selesai paling cepat pada triwulan ketiga tahun ini. Kemungkinan produksi kapal selam ketiga di PT PAL baru dapat menyerahkan kapal selam pada tahun 2019. 

Dua unit kapal selam baru DSME 209/1400 diharapkan pada tahun 2017 sudah dapat beroperasi di perairan indonesia. Ketiga kapal selam ini menurut rencana akan menempati dermaga kapal selam baru milik TNI AL di Watusampu, Palu, Sulawesi. 

(Defense Studies)

73 komentar:

  1. Mantab... semoga lancar dan siap untuk dilengkapi dengan sistem senjata yang canggih. Amiin.

    Jalesveva Jayamahe

    BalasHapus
  2. bertambah bilangan alusista milik TNI. tahniah dr saya di malaysia....

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mudah2an lancar & gak ada masalah. krn setahu sy, spec ks ini beda dgn yg pny korea (chang bogo). tentu ada perhitungan teknis ulang yg njlimet. salut jg buat korea yg bisa bikin ks rasa indonesia ini.
    tapi jalan masih panjang, yg paling krusial tentu ks ketiga yg akan dirakit di Indonesia. krn menurut info dari blog sebelah, ks ketiga beda dengan 2 saudaranya yg dibuat di korea. ks ketiga lebih panjang dan lebih berat. apa aja sih isinya...hehehe...
    nggak sabar nunggu sampai jadi nih.
    Thanks utk DSME & PAL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal selam class kampung harus di perbayak supaya perahu class kcr... kcr punya temman baru di pinggir pantai nusantara maha luas hhh.

      Hapus
    2. class kampungnya di mana bro tolong jelasin dong. yg lengkap ya.
      masa sih korea bikin jg yg kelas kampung.
      klo ente gak bisa jelasin berarti ente yg kampungan. gak ada otaknya. eh sorry udh bawa2 otak ente. soalnya sy merasa ente kadang lupa bawa otak ya.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Hahaha...sabar bro..org pintar menggunakan otaknya dan demikian sebaliknya.
      jawab aja dulu bro, class kampungnya di mana...hehehe..

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Blog ini sebenarnya sangat bagus. Comment sectionnya juga bagus (Bebei, dkk.). Cuman begitu lihat commentny Muarif, masyaallah... langsung cape hati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muarif itu orang malaysia bro, dia iri....makanya nggak usah kaget dengan komentar komentarnya yang sangat tidak suka dengan Indonesia.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Aku pribumi asli suku terbesar setelah jawa dan sunda dan pulau bertabur migas tapi yg menikmati migas asing dan babi barat .buka mata kalian babi antec barat apakah masih kurang semua kekayaan alam di daearahku di hisap lintah darat kamaruk .

      Hapus
    4. aku teman muarif... biarkan saja mereka semua mencibir kamu :D I am at your side ...;)

      Hapus
    5. Muarif melayu malaysia, kasihan dia di malaysia hidupnya susah.....makanya dia nggak intelek karena orang melayu rendahan di malaysia

      Hapus
    6. Muarif melayu malaysia, kasihan dia di malaysia hidupnya susah.....makanya dia nggak intelek karena orang melayu rendahan di malaysia

      Hapus
    7. Muarif, ngaja kalau kamu orang melayu malaysia rendahan....hidup susah di malaysia.....makanya cara berfikir kamu juga cara berfikir orang rendahan...alias bodoh.

      Hapus
    8. Muarif, ngaja kalau kamu orang melayu malaysia rendahan....hidup susah di malaysia.....makanya cara berfikir kamu juga cara berfikir orang rendahan...alias bodoh.

      Hapus
    9. Dodol ....bebei dan kawan 2 antec barat probaganda sekutu fakta kalau indonesia mau belli jet su35 mereka marah dan gemetar takut anak sekutu sewaktu di hajar ...coba indonesia belli barang rongsokan f16 gurun arizona mereka memuja memuji seakan akan rakyat ga tahu apa 2 gampang di kibuli tangan asing jadi petinggi negara .

      Hapus
    10. Dasar muarif goblok mana ada barat takut sama Indonesia. Kita pake Su-35 mereka punya ribuan fighters combined included F-22 Raptor. Ga usah ngomong sok nasionalis dengan bahasa penuh hiperbola lah.

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Antec dan probganda sekutu kian hari kian anehh sajaa ...menhan besutqn rezim orde baru pesan perahu kcr kcr di perbayak tidak sesuai kebutuhan luas nya nusantara malah di puja puja ...sekarang mulai terasa kapal kcr kcr di natuna di tabrak china navy bisa menhan diam sajaa ....sudah kita igatkan dari duluu menjaga kedaulatan negara maritime bagus dari sona luar rumah kita tni al butuh kapal penjelajah DESTROYER AN REAL FREGAT supaya nkri jadi india baru bukan negara antec sekutu ..iya toh kita bicara fakta bukan megada gada alaa antec barat di media .

      Hapus
    13. Lebih baik beli banyak kcr daripada cuma 1-2 biji fregate/destroyer. Ga pernah denger istilah "don't put all your eggs in one basket" ya tong? Kalo kita nurutin mau lu, musuh cuma perlu hancurin 1-5 kapal maximum dan TNI AL ga ad kapal lagi. Dengan duit yang sama kita bisa beli banyak kcr dicampur sigma dan pkr lalu disebar. Kalau bego jangan diterus2in ya tong.

      Hapus
  6. Muarif itu orang kurang sehat akalnya, tak peduli warganegara mana, tak diakui oleh Indonesia atau Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Tobat bro. Pahalamu habis ntar.

      Hapus
  7. Kilo mana ?? , kami nunggu Kilo.....sudah dari 2008 dijanji dibeli Kilo, itu kapal selam petarung...." Indonesia beli changbogo, negara tetangga, cuek....Indonesia beli Kilo, Negara tetangga langsung gerah"

    BalasHapus
  8. Kilo mana ?? , kami nunggu Kilo.....sudah dari 2008 dijanji dibeli Kilo, itu kapal selam petarung...." Indonesia beli changbogo, negara tetangga, cuek....Indonesia beli Kilo, Negara tetangga langsung gerah"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlepas dari selera pribadi, dimana saya sendiri jg suka dg desainnya yg proven, tidak bisa di kesampingkan bahwa basic desain kilo sendiri sudah cukup tua, itu sebabnya russia mengembangkan kelas lada yg tetap memakai dasar desain dari kilo, semata2 krn desain asli kilo memang sudah sulit utk di kembangkan. Makanya kalo menurut saya sangat tepat kl pemerintah tidak membeli kilo, tapi kalo yg di incar improved kilo/lada itu baru mantap. Kilo vietnam itu masih kilo desain dasar loh, kebanyakan bagin dalamnya masih analog, jauh lebih mending CBG si anjing kampung(kata muarif) yg sudah full digital, walaupun basic designnya tipe209, tapi sudah improved dan jauh berbeda di banding tipe 209 aslinya.

      Hapus
    2. Masalah nya... Nih type 209 udah proven jga... Liat aja RIMPAC.... Sukses nenggelamin +100k ton... Dan sukses tanpa terdeteksi smpai akhir RIMPAC... Stu2 nya yg bsa bertahan smpe akhir.... Jadi msih gak proven?

      Hapus
  9. dont under estimate Korea ... mmm gahar juga yaa kelihatannya. isinya Germany vs France technology.

    BalasHapus
  10. Memang daya getar sedikit berbeda dengan ks russia. Tp niscaya taktik belajar membuat dahulu suatu awal yang baik.
    Ambil ilmu dari korea. Ambil ilmu tot kilo/ lada class. Lalu di kawinkan setiap keunggulan.
    Mungkin akan keluar versi yg jauh dari versi kedua jenis ks yg di singgung. Tenang bos2 semua.yg pasti petinggi tni dan negara lebih pintar dari kita.

    BalasHapus
  11. ini gua dukung banget lah, kalau bisa ditambahi dan dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap.
    berkahkhair

    BalasHapus
  12. Siapa bilang Chang Bogo anjing kampung? Di Rimpac, Chang Bogo Class telah membuktikan bahwa mereka satu2nya kapa selam yang tidak bisa dideteksi selama mengikuti Rimpac. 'In international exercises such as RIMPAC and Tandem Thrust, ROKN Type 209 submarines have demonstrated superiority in the detecting and attacking of powerful “enemies”.
    In 1998 the ROKS LEE JONGMOO participated in RIMPAC (as did HMAS ONSLOW). It sunk 13 warships (150,000 tons) and was the only submarine to survive until the end of the exercise.
    ROKS PARK WI participated in RIMPAC 2000 (HMAS WALLER participated also, with great success). Considering the 1998 RIMPAC achievements, “enemy” forces kept a close watch on PARK WI, making it a top priority for sinking during the exercise. However, she sank 11 enemy ships (96,000 tons) and, again, survived to the end of the exercise without being detected once by enemy forces. Admiral “Big Al” Konetzni, COMSUBPAC at the time, publicly praised the performance of the ROKN submarine.
    In 2002 ROKS NA DAEYONG participated in RIMPAC (as did HMAS SHEEAN). It sank 10 enemy ships (100,000 tons) and, matching the trend, survived to the end of the exercise.
    In 2004 it was ROKS CHANG BOGO’s turn to take part in RIMPAC (as did HMAS RANKIN). It successfully launched a total of 40 simulated torpedoes against 15 surface ships, including the nuclear aircraft carrier, USS JOHN C STENNIS, and her accompanying escorts. It survived until the end of the exercise without being counter detected and without mechanical issue'
    http://www.asiapacificdefencereporter.com/articles/244/SEA-1000-THE-LESSONS-OF-COLLINS
    Kalau mau detail latihan cari sendiri di google ya. Banyak kok. Jangan jadi Tong Kosong Nyaring Bunyinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noh si muarif yg ngomong, biasa laaah hidup di dunia nyata kurang perhatian akhirnya pelarian jd sok waaaw gt di dunia maya...:D

      Hapus
    2. :D muehehehehehe
      Tong kosong nyaring bunyinya. Teori konspirasi dan tuduhan tanpa bukti. Dia ngerti UU ITE ga ya?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. HEBAT sekali... setiap pilihan yg dibuat oleh pihak di sana pasti yg tetbaik.. sekali lagi TAHNIAH dr saya di malaysia... kami disini perlu belajar lebih banyak dr pihak yg ada di Indonisia.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. To be honest this the best for our pocket.. sure we can force our spending to buy more sophisticated but hey, there is so much mouth to feed.

      Hapus
    2. Makasih Bro, saya juga cukup kagum sama Skorpene. Just like Bro Bebei said, she is the best our money can get. :)

      Hapus
    3. thanks, seem only you and shed anuar malaysian forumer who think logicly. may be we not yet buy kilo or lada but we improve& build many things with limited budget. sometime bitter choice give sweetest result.

      Hapus
  14. HEBAT sekali... setiap pilihan yg dibuat oleh pihak di sana pasti yg tetbaik.. sekali lagi TAHNIAH dr saya di malaysia... kami disini perlu belajar lebih banyak dr pihak yg ada di Indonisia.. :)

    BalasHapus
  15. Soal kasel 209 dgn nomor lambung 401 dan 402 itu saat diproduksi di Jerman, personil TNI-AL yg akan mengawaki itu dilatih di Jerman. Setelah selesai dibuat, itu kasel 209 dibawa oleh personil TNI-AL dari Jerman ke Indonesia.

    Nah, kalau Kilo-nya Vietnam kan diantar kapal dari Rusia ke Vietnam.

    Di sini sudah terlihat soal kualitas awak kasel dan manajemen personil TNI-AL.
    Jadi, bukan cuma kualitas senjatanya yg diperhatikan, tetapi juga awaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak hanya itu, pada saat overhaul pertama kapal selam tersebut di kemudikan oleh para awak indonesia dengan kondisi kapal yg buruk dan rusak berat, beberapa peralatan navigasi otomatis rusak,satcom rusak, navigation periscope rusak dan balast bermasalah, yet it capable to reach the repair dock with all the crew alive and healthy. And all they said is, indonesian submariner are crazy bitch, since they could die unoticed anywhere in the vast ocean. Jadi soal kualitas submariner, indonesia masih di atas rata2 negara asean (setidaknya sampai saat ini).

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. PR selanjutnya buat para hantu laut adalah latihan operasi SAR unruk kapal selam. setahu saya yang sudah maju untuk latihan ini baru Singapore, mudah2an kita juga bisa kedepannya. sebab yang paling berharga itu bukan kapalnya tapi orang2 yang mengoperasikannya.

    BalasHapus
  19. God forbid that the scorpene and cbg will ever have to face one another.. tp sekiranya ianya berlaku, pastinya pengalaman, skill dan teknologi kapal selam yg akan menentukan kemenangannya. Indonesia already have the advantage of numbers. 3 is better then 2. And yes. Im not caunting the chakra's..

    BalasHapus
    Balasan
    1. awhhh, Shed don't be shy. the Cakra is old, but those old lady still can bite :D

      Hapus
    2. We've got numbers, skill, and experience. But don't worry, a war between Indonesia and Malaysia is almost an impossibilty. Unless someone like Muarif becomes the leader of either country ;)

      Hapus
    3. Tampa nama anda siapa bicara apa ? Nusantara merdeka geborontak bukan tanda tangan kontrak harus bayar pajak bulanan ke inggris sekutu barat ...kita sarankan buat rombongan antec sekutu barat jangan pernah bermimpi indonesia mau di jadikan negara antec mirip rezim orde baru ....kami lah yg akan tampil jadi peminpin masa depan nusantara bukan antec barat bisanya nimbun harta di singapore .

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Sori Muarif tapi orang bodoh dan delusional seperti anda ga akan pernah jadi pemimpin. Sampai ente masuk liang kubur pun ga akan. Alasannya sederhana. Orang Indonesia ga ada yang bodoh sebodoh anda. Kalau Indonesia cukup bodoh nyerang Malaysia, Indonesia bakal dikeroyok sama Aussie, Inggris, dll. Kecuali kita self defense karena diserang duluan. Orang yang layak memimpin tau hal begitu dan ga akan membuat notion bodoh yang abda terus koar-koar di sini.

      Hapus
    6. Oh ya tambah dikit. Indonesia masih jauh. Jadi pemimpin regional juga belum, rakyat banyak yang masih melarat. Jujur saya lebih setuju kalau kesejahteraan rakyat diurus dulu sebelum belanja alutsista jor-joran. Oh and btw. Insult yang anda punya cuma satu ya? Cuma "antec barat"? Kalau iya, ejaan EYD yang benar itu anteK bukan anteC, politIK bukan politEC. Kalau memabg anda orang Indonesia harusnya anda tahu ejaan yang benar dari bahasa anda sendiri. Unless you are just pretending to be one.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro muarif, ente kayaknya paham sekali masalah korupsi seperrti org yg sudah sering melakukannya.

      Klo memang anda tdk bisa menjelaskan kelas kampungnya tuh dimana, tolong jelaskan korupsi pengadaan kapal selam ini tuh dimana. tolong dibabar disini. jangan cm bikin fitnah.

      Hapus
    2. Saman demokrat berkuasa rata dari inport beras sampai petral bases di singapore masuk kas partai ini bukan fitnah hampir semua kabinet ketua besar di bui bui ....soal kapal selam class kampung dan hercules rongsokan dari ausi buat apa gasih tahu orang ga berguna macam fajar status ga jellas keturunan siapa ?? Hehe...

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Muarif payah lah, ngomongnya cuma muter2 aja, kasih fakta dan bukti dong neng... btw selain jelasin soal dimana kampungnya kapal selam ini, sampai sekarang anda juga belum jelaskan tuh yg anda maksud lapisan anti peluru untuk rotor itu apa? Anda sebenarnya bodoh tapi bego apa bloon tapi pura2 tolol sih..... (flaming muarif aaaah... seru tar liat jawabannya dia)

      Hapus
    5. Bebei dan fajar satu nama aslinya orang tua putus harapan . Panggil dokter bebei berobat dari pada commennt sok pinter aslinya pikun mau wassalam bertobat itu akan lebih baik dari pada koar koar jadi probaganda barat percuma sajaa kami mahir di politec ilmu politec .

      Hapus
    6. kami?
      ente sendiri kali..

      eh neng muarif, sdh laporan SPT belum?

      Hapus
    7. I doubt he's an Indonesian bro Shed. His spelling and a lot of his grammar is just unbelievably bad and wrong.

      Hapus
    8. Bro anon

      He claims to be indonesian.. ntahla ni bro. Mungkin bro muarif orang yang tidak punya negara.

      Hapus
    9. She(muarif) may suffer somekind of hiperbolic attention whores disorder.. to be honest i do feel sorry for her, from now on im goin to call muarif as "her/she".

      Hapus
    10. ambil popcorn, gorengan, martabak manis, martaba telor, cakwe dan keluarganya, duduk di pojokan sambil minum kopi nonton drama buatan Bebei. really love the drama she make Bro. ada yang mau join nonton sama saya?

      Hapus
    11. Kyknya enak juga tuh bro gorengannya.
      Tapi ini bukan makanan antec barat kan bro, soalnya ada yg sensi tuh. hehehe...

      Hapus
    12. Bro muarif,
      Ente salah kalo bicara saya tak de guna. Saya orangnya yang selalu ingatkan kamu kalau pergi kemana mana jangan lupa bawa kepalamu. Tapi kamu tak mau dengar. Jangan marah kalo orang lain bilang kamu bodoh, karena itu salahmu sendiri.hehehe...

      Bro muarif
      Kenapa sih bro nanya2 keturunan segala, naksir ya? hahahaha...




      Hapus
    13. Buat bro muarif lagi nih.
      Saya dan bung bebei bukan satu orang bro. Masa sih ente gak bisa bedain? Cuma, nama panggilannya hampir sama.
      Kalau yg di sana namanya BEBEI , tapi kalo yayang saya panggil saya BEIBE.
      Gitu bro...hehehe Puas?

      Hapus