05 Maret 2016

Jokowi Setujui Pembelian Sukhoi Su-35

05 Maret 2016


Pesawat Su-35 mampu membawa rudal Novator 3M-54 Klub/Kalibr rudal udara ke permukaan berdaya jangkau 300 km dengan hulu ledak 400 kg dan berkemampuan sea skimmer ini mampu melumpuhkan kapal induk (photo : Said Aminov)

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan Presiden Joko Widodo telah menyetujui pembelian pesawat tempur asal Rusia, Sukhoi Su-35. Meski demikian pembelian akan dilakukan secara bertahap. "Kami pastikan dulu harga sebenarnya berapa, nanti kepastiannya akhir saat saya kunjungan kerja ke Moskow, Rusia. Baru jelas," kata Ryamizard di Balai Media Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Maret 2016.

Soal jumlah yang akan dibeli, Ryamizard mengatakan sama seperti rencana sebelumnya. "Pemerintah hanya akan membeli 8-10 unit Sukhoi Su-35 dulu, perawatan aset yang ada diutamakan," katanya.

Ryamizard mengatakan jumlah itu cukup untuk saat ini, meski diketahui bahwa kebutuhan satu skuadron TNI Angkatan Udara adalah 14-16 unit pesawat. Su-35 akan menggantikan jet buru sergap F-5 Tiger yang sudah uzur. "Yang itu sudah 30 tahun dipakai. Pilot naik juga jadi ragu 'ini jatuh tidak ya'," ujar Ryamizard berkelakar.

Ryamizard akan berkunjung ke Moskow, Rusia, akhir bulan ini. Dia diagendakan menjadi pembicara dalam sebuah acara, sekaligus menandatangani kontrak pembelian dengan produsen Sukhoi Su-35.

Sejumlah situs alat pertahanan menyebut harga satu unit Sukhoi Su-35 sebesar US$ 50-70 juta, atau Rp 680-952 miliar dengan kurs Rp 13.600 per dolar Amerika Serikat. Sukhoi Su-35 merupakan jenis pesawat tempur canggih buatan Rusia berkemampuan siluman (antiradar). 

(Tempo)

23 komentar:

  1. Kalau pembelian secara bertahap itu artinya ada pemvelian tahap kedua, ketiga dst.

    Semoga minimal satu skuadron terbeli dan dilanjutkan ketahap pembelian SU T-50 Pakfa dan diikuti pengembangan IFX kegenerasi diatasnya.

    Jadi Su-35, Ifx, Pakfa dan....

    #mantabs

    BalasHapus
  2. Kok tumben Muarif ga nongol. Padahal doi kan fanatik Su-35 hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....jangan berentem.

      Hapus
    2. Hahaha....jangan berentem.

      Hapus
    3. Haha mat rambo ane masih gondok sama tuh orang. Paling ga tahan sama org bodoh yg belagu kaya dia hehehe :D

      Hapus
  3. 8-10 unit.. Berarti blm mateng bener nih ya. Tegesin aja 8 atau 10 sih? Hehe.. Tar keburu ada fighter yang nyalip di tikungan lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... kerana saat pesawat ini tiba, maka pesawat genarasi ke 5 sudah mulai dijual. Kerana itulah presiden cuma belinya 8 @ 10 biji.

      Hapus
  4. Kita igatkan ke pak menhan pilhan partai ...Hati hati belli senjata ke rusia dengan kemampuan siluman ...bisa bisa harta jarahan dari migas dan tambang di timbun singapore dan swiss di buka ke publik lohh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungannya apa bro muarif, antara senjata rusia berkemampuan siluman dengan harta jarahan migas bisa diungkap ke publik ?

      Hapus
    2. Apaa siiih... ga mutu bngt komennya. Daripada ente komen ga mutu,mending jelasin deh yg ente maksud lapisan anti peluru utk rotor di thread ah64 apache itu apaan.. ente yg ngomong loooh, jelasiin lah kasian banyak yg bingung nanti.

      Hapus
    3. Bro muarif

      Damn man.. beli aset dari barat dkatakan antec barat, pro embargo dan korupsi.

      Beli dari rusia pula dkatakan korupsi juga. Theres no pleasing u bro. Btw the sukhoi 35 is not stealthy @ siluman.

      Hapus
  5. Seandainya bos Boleroes bisa diskusi dengan Muarif pasti seru, para ahli pengamat alutsista gituloah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rombongan barat sekutu ...Aturannya anda 2 prihatin kalau anda memang asli orang indonesia negaramu di peras barat sekutu kok malah sebaliknya fanatik ke barat ....liat bom dan teror di tanah air bikinan siapa itu ?? Aneh nya kalian kok malah pura 2 ga tahu anehh .

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Commen Di atas kabayakan rombongan barat ...biasa teror dunia sekarang mereka yg bikin nuduh nya orang baik baik , siapa pun orang nya mau kaya seperti apa bisanya sirik dan bicara kasar bakal hidup terlunta lunta tidak bahagia broo ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha bro muarif,
      anda sering nuduh orang lain antek barat. anda suka nuduh org lain koruptor. anda suka bicara kasar.
      Berarti anda sirik dan hidup anda terlunta2 tidak bahagia begitu maksudnya bro muarif??

      Hapus
    2. Antec barat atau bukan bisa di raba dan liat mereka bicara ...ancaman yata buat ke utuahan bangsa nkri antec barat memutar balik fakta sudah tahu dari duluu indonesia jadi target mau di hancurkan mereka malah pura ga tahu .anda tahu siapa pelaku teror dunia sekarang ? Dan saya yakin anda 2 pasti paham kenapa dunia tidak pernah aman .

      Hapus
    3. Is the sukhoi 35 stealthy bro muarif? Yes or no.

      Hapus
  8. TANYA DONG TEMEN TEMAN....

    Apakah bener Pesawat Su-35 mampu membawa rudal Novator 3M-54 Klub/Kalibr rudal udara ke permukaan berdaya jangkau 300 km dengan hulu ledak 400 kg dan berkemampuan sea skimmer ini mampu melumpuhkan kapal induk???

    Apakah Indonesia juga membeli RUDAL NOVATOR 3M-53 KLUB???

    #jawabdongbro

    BalasHapus
  9. Kalo bawa kayanya si bisa,cuman kayanya kita belum beli d

    BalasHapus
  10. Bubar bubar....klo ga bubar saya yg bubar...

    BalasHapus