14 Maret 2016

Mei, Pindad Mulai Produksi Badak

14 Maret 2016


Panser Badak 6x6 (photo : Kaskus Militer)

Pindad Produksi Badak Tahun Ini

BANDUNG, (PRLM).- PT Pindad berencana mulai memproduksi 10 unit kendaraan tempur jenis Badak mulai Mei 2016 ini. Jika tak ada kendala, PT Pindad akan merampungkan 10 unit itu pada November 2016. Produksi Badak digenjot atas perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memesan 50 unit kendaraan tempur itu.

Demikian disampaikan Kepala Departemen Perakitan Kendaraan 6x6 Divisi Kendaraan Khusus, Joko Mulyono, kepada "PR" di PT Pindad, Bandung, Jumat 11 Maret 2016.

"Badak merupakan pengembangan dari panser 6x6 buatan Pindad. Perbedaannya adalah Badak dilengkapi turret kaliber 90 mm yang memiliki daya rusak luar biasa. Kendaraan itu memang dikhususkan untuk merusak, baik itu untuk tujuan menyerang atau bertahan. Kemampuan manuvernya juga sangat baik. Ketika wapres meninjau prototipe Badak, status kendaraan itu sudah tersertifikasi dan siap untuk diproduksi," katanya.

Joko menjelaskan, Badak merupakan hasil karya anak bangsa yang dapat dibanggakan. Sebab, seluruh bahan baku untuk membuat Badak berasal dari dalam negeri kecuali bagian laras meriam. Hingga saat ini, bagian tersebut masih didatangkan dari Cockerill Maintenance Ingenierie (CMI) Defence Belgia. Akan tetapi, PT Pindad terus berupaya untuk memaksimalkan seluruh bahan baku dari dalam negeri.

"Tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuatnya di Indonesia. Sebab, amunisi dan senjata saja bisa, maka tidak mustahil dalam waktu dekat PT Pindad bisa memproduksi sendiri laras meriam 90 mm," katanya.

(Pikiran Rakyat)

7 komentar:

  1. Semoga lancar & selamat buat Pindad, orderannya nambah terus.
    Kayaknya Pindad perlu tambah karyawan yang banyak nih... biar produksinya meningkat. Terutama peralatan moderen harus ditambah juga.
    Sekali lagi selamat buat pindad. Ditunggu versi 8x8 nya yang bisa gotong senjata AAW MR dan kanon yang lebih gede lagi.

    #goodjob

    BalasHapus
  2. PT Pindad hrs memikirkan utk pemberian fee utk pejabat pemerintah, karena kontran dlm perjanjian internasional mendptkan 1% sdh mrpkn kesepakan internasional dan utk itu PT Pindad juga memikirkan utk fee tsb agar para pengguna juga dpt sedikit2 utk uang bengsin....he...he...

    BalasHapus
  3. Panser badak pindad di medan tempur setangguh mbt t90 a ?? Hanya tuhan yg tahu huhu ...T90 SAA ARMY suriah bisa lolos dari sergapan rudal anti tank TOW isis buatan usa .

    BalasHapus
    Balasan
    1. I pitty u bro. The more u speak the more silly u sound. Stubborn as a mule. Rakan2 senegara kamu sendiri pernah menerangkan beza peranan diantara afsv badak dgn mbt. But no... again with the t90. Bro a t90 was destroyed by a tow missile recently. Penat bercakap dgn kamu ni bro. Fans berat russia to da max.

      Hapus
    2. http://www.presstv.ir/Detail/2016/02/27/452540/T90-TOW-Syria-Russia
      Russian tank targeted with US-made missile in Syria

      Hapus
  4. Jangan malu-maluin, panser sama MBT itu beda kelas dan fungsinya, buat MBT itu mahal dan belum tentu lebih murah bikin sendiri.
    Kalau mau komentar pikir dulu Muarif

    BalasHapus