13 Oktober 2017

Beechcraft King Air 350i dan Helikopter Panther AS 565 Resmi Masuk Jajaran Penerbangan TNI AL

13 Oktober 2017


Upacara peresminan pesawat Beechcraft King Air 350i dan helikopter AS 656 Panther (photo : Okezone)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., secara langsung meresmikan Pesawat Udara (Pesud) satu unit Beechcraft King Air dan dua unit Helikopter Panther AS 565 Mbe HS-4203 dan HS-4204 yang menandakan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) tersebut resmi masuk jajaran Penerbangan TNI AL, Jumat (13/10/2017) di Base Ops Lanudal Juanda, Surabaya.

Pesawat angkut VVIP Beechcraft King Air 350i (photo : Okezone)

Pesawat Beechcraft tipe King Air 350i U-6401 ini, merupakan pesawat buatan Beechcraft, Wichita, Kansas USA, yang akan melengkapi Alutsista di jajaran Penerbangan Angkatan Laut sebagai pesawat angkut personel VVIP di bawah Komando Skuadron 600 Wing Udara 1. Pesawat jenis ini memiliki mesin ganda berkekuatan 1.050 HP, Double Engine Turbotrop dan berbahar bakar Avtur.


Pesawat angkut VVIP Beechcraft King Air 350i (photo : Surya)

Selain itu Helikopter Panther AS 565 Mbe merupakan Helicopter Naval Version buatan Airbus Helicopter sehingga mampu melaksanakan operasi di laut dan mendarat di Kapal Perang. Helikopter ini merupakan Multi Role Helicopter yang memiliki kemampuan untuk Maritime Surveillance, Search and Rescue, Maritime Patrol, Medical Evacuation, and Anti Submarine Warfare. Helikopter Panther AS 565 Mbe HS-4203 dan HS-4204 akan melengkapi alutsista di jajaran Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut sebagai Helikopter Anti Kapal Selam (AKS) di bawah komando Skuadron 400 Wing Udara 1.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa, Penerbangan TNI Angkatan Laut secara bertahap mulai tahun 2015 sampai dengan 2019 akan terus mengembangkan Alutsista Pesud untuk fungsi anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan lintas helikopter, dukungan logistik taktis dan Pesud Latih. Kebutuhan pesawat tersebut tentunya untuk menjawab ancaman yang menggangu eksistensi keamanan dan kedaulatan yurisdiksi perairan nasional yang memiliki nilai strategis baik untuk kepentingan pelayaran, perdagangan, komunikasi, perikanan, pertambangan dan lain sebagainya.


Helikopter AS 565 Panther (photo : TNI AL)

“Oleh karena itu, saat ini TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan modernisasi alutsista secara bertahap. Hal ini ditandai dengan datangnya satu unit Pesud jenis King Air 350i buatan Beechcraft USA guna memperkuat pusat Peuspenerbal sebagai Pesud angkut taktis dengan Tail Number U-6401”, kata Kasal.


Helikopter AS 565 Panther (photo : Antara)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, serta para Penerbang TNI AL.

(TNI AL)

10 komentar:

  1. Balasan
    1. sengaja guwe beri buat luh mr.ius,
      soalnya guwe lg isi premium haha!

      Hapus
    2. @ tentara pingsan alias paul bego.

      Emang enak nulis panjang lebar x tinggi habis itu dibuldozer admin hahahaha... kaciaaa deh lu

      Hapus
  2. wah baru lagiiiiii haha!

    akhirnya pecah kendi jg panther...asik.

    met tugas pesud BK & heli panther, jales veva jayamahe👍

    BalasHapus
  3. Mantap tambahan alutsista lg bravo TNI stroong...

    BalasHapus
  4. yg mau liat foto delegasi angkatan liat MH 60R jgn sungkan call me nanti aku kasih fotonya...gratis kok..hehe

    BalasHapus
  5. Miris.. pantaslah kita mudah dijajah. Karna mudah diadu domba.

    BalasHapus
  6. Busyet kemaren 100-an komentar sekarang 10 komentar doang! Lagian komen pada ngehina sih! Jadi diapus deh sama admin!

    BalasHapus