31 Oktober 2017

Panglima : Empat Kapal PKR Pekuat Poros Maritim

31 Oktober 2017


Kapal PKR ke-2 KRI I Gusti Ngurah Rai 332 (photo : Tirto)

Panglima TNI Berharap KRI I Gusti Ngurah Rai Perkuat Poros Maritim

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap, Kapal perang I Gusti Ngurah Rai-332 (KRI GNR-332) mampu memperkuat poros maritim Indonesia.

Dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan, Kapal perang I Gusti Ngurah Rai-332 resmi diserahterimakan dari perusahaan kapal Belanda, Damen Schelde Naval Ship Building (DSNS), kepada TNI AL, di Surabaya, Senin (30/10/2017).

"Saya berharap Indonesia akan lebih kuat lagi poros maritimnya. Jadi ada 4 kapal yang akan dibuat, ini yang kedua yang sudah dibuat," ujar Gatot, di Markas Yonkav VII/Sersus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (31/10/2017).

Gatot mengungkapkan bahwa ia telah memerintahkan Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan agar industri dalam produksi selanjutnya dikerjakan secara mandiri.

Menurut Gatot, berdasarkan UU No 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, maka PT PAL harus mampu memproduksi kapal perang yang ketiga secara mandiri.

"Nah sekarang saya perintahkan kepada KSAL berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan bahwa yang ketiga nanti kita harusnya sudah mengacu pada UU No 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan sehingga mewujudkan kemandirian. Minimal yang ketiga (KRI) bisa 40 persen, yang keempat bisa 100 persen. Kita mengacu pada UU itu tadi," kata Gatot.

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Pertahanan, KRI GNR-332 merupakan jenis kapal Perusak Kawal Rudal (PKR).


Kapal PKR ke-1 KRI RE Martadinata 331 (photo : defence.pk)

KRI tersebut memiliki panjang 105,11 meter, lebar 14,02 meter dan berbobot 3.216 ton. Kecepatan maksimal mencapai 28 knot dan mampu menampung 120 kru.

KRI GNR-332 disebut mampu melakukan perang di empat matra sekaligus. Yakni, perang permukaan sesama kapal perang, perang bawah air melawan kapal selam, perang udara pesawat tempur dan perang elektronika.

Selain itu, kapal ini juga mampu membajak sistem persenjataan dan kendali dari kapal perang musuh.

Beberapa persenjataan yang dimiliki KRI ini diantaranya adalah meriam utama OTO Melara 76/62 mm super rapid gun, rudal SSM Exocet MM40 Block 3 yang jarak jangkauannya mencapai 180-200 km.

KRI GNR-332 juga memiliki rudal SAM Anti Serangan Udara Mica yang dirancang bisa dioperasikan dalam waktu singkat, di segala cuaca, serta memiliki jarak jangkauan 20-25 km dan dilengkapi dengan Terma SKWS Decoy Launching System.

Sistem persenjataan lainnya yakni torpedo AKS A-244S, yang merupakan torpedo jenis ringan berpandu yang memiliki kemampuan khusus untuk mengincar sasaran di perairan laut dangkal dan Meriam Close In Weapon System (CIWS) Millenium Gun 35mm yang berfungsi menangkis serangan udara dan ancaman permukaan jarak dekat.

Agar tak mudah terdeteksi, KRI ini juga memiliki mode siluman atau stealth. Teknologi yang melengkapinya antara lain infra red signature dan low noise signature yang menjadikan kapal sulit terdeteksi oleh radar kapal lain.

(Kompas)

44 komentar:

  1. Sememangnya harus dibina dengan jumlah yang banyak. Btw, bobotnya 3.216 ton?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak silap 2,365 tons

      http://products.damen.com/-/media/Products/Images/Clusters-groups/Naval/Sigma-Frigate/Sigma-Frigate-10514/Docs/Product_Sheet_Damen_Sigma_Frigate_10514_02_2017.pdf

      Hapus
    2. Mampu menjadi efek gentar kpd China kalau di gabung dengan Gowind..

      Hapus
    3. Betul.
      Buat batle group asik tuh, yakin deh di beking Aus+US meskipun kita ga manggil mereka. :D

      Hapus
  2. sigma dapat diubah panjang sampai 150 meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. 15015....menambah 2 blok tambahan pada posisi tengah

      Hapus
    2. 150 m...ini kapal frigat ato KRL?

      Desain light frigate sigma yang panjangnya lebih dr 105 m adalah desain lama, ketika belum ada radar 3D jangkaun medium spt smmart-s/trs-3d/sea giraffe dll.

      Jaman dulu (segerasi dg radar pd van speijk dan radar buatan thn 80'an) utk kapal sekelas frigate/light frigate/korvet menggunakan 2 jenis radar utama: radar 3D jarak pendek dan radar 2D jarak jauh/menengah.

      Contohnya ada pd korvet fatahillah class atau frigate van speijk...yang antara radar 3D dan 2D dipisahkan oleh jarak tertentu, shg konsekuensinya dimensi kapal memiliki panjang yang lumayan besar.

      Tapi setelah lahir radar 3D jarak medium yang memadukan kemampuan 2 jenis radar model lama tsb menjadi 1 tipe radar aja, maka dimensi kapal bissa diperpendek seperti pd light frigate sigma atau pd light frigate yang sekelas.

      Hapus
    3. ngapain light????kalau sudah 150 meter ya heavy fregat....radar smart L...bukan smart s.

      Hapus
    4. Cuba sini tunjukkan link terbaru damen ttg frigat 150m....

      Hapus
    5. gitula om daru-daru..nga jelas..yg jelas hanya campaign songlap nya..

      Hapus
  3. moga2 sigma selanjutnya....minim ada 2 atau 3 ciws.....fregat yg kuat itu designnya berawal dari sistem pertahanannya...apa sistem pertahanan yg kuat???ciws minim 2 titik depan belakang....kemudian sistem pertahanan udara sam jarak menengah atau jauh.......baru deh merancang sistem rudal penyerang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ru...

      Ente kalo ga pake logat tetangga sebenarnya asik jg kok.
      Ngapain sih kemaren2 sarcasm segala?

      Hapus
    2. Suwandaru kok dipanggil "ru"...ga bakalan nyahut dia, orang biasa disapa dg kata awalannya

      Hapus
    3. betul tu bro...panggil dia "su"...lebih cocok kan...

      Hapus
    4. Heeee...awalan "su" itu artinya baik, tapi akhiran "ru" artinya menegasikan kata didepannya

      Hapus
    5. om pedang setan..dia@ sudaru2 itu double standard aja bro..

      Hapus
  4. Semoga 4 itu segera jelas.

    Dan si mbah VS pun dapat menggapai masa pensiunnya.

    Banyak senjata yg bisa diwariskan tuh dari si mbah.

    Yang paling mantap modulnya Yakhont. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro adakah kapal ke 3 dalam proses pembinaan???

      Hapus
    2. Belum ada rilis resmi.
      Tapi ada info kalau materialnya sudah mulai di order.

      Sepertinya bakal kejadian kayak KCR 60 batch-2 kemarin => belum sign kontrak tapi ada perintah mulai buat, PT PAL di push :D

      Hapus
    3. ohhh... begitu....TQ infonya

      Hapus
    4. yg kcr 60 itu emang project ajaib.....kontrak belum ada sudah disuruh produksi....dan budget belum turun ke pt pal tapi sudah produksi.....inilah uniknya.....cuma jaminan pasti di beli tni he he

      Hapus
    5. Dan PT PAL gak akan mampu seperti itu kalo cash flow-nya gak baik.

      Syukurlah.

      Hapus
    6. iya materialnya order di tempatku, ini saya banyak pesanan besi...😂😂😂😘😘

      Hapus
    7. Kabar mau ngambil ligt destroyer gmana bung, ktanya tni al berencana beli kapal yg lebih besar dan berotot, calonnya dari denmark iver sama dzp dari belanda, tetap diambil atau dicancel karma penambahan pkr sigma

      Hapus
    8. @mas sengkuni

      Mas bro, cuma penasaran ni...apa ditempat kerjany mass bro ini ga produksi baja lembaran tebel 1,2~2mm yang biasa dipake utk kitchen equipment atau furniture RS (bed pasen dll)?

      Soale setauku selama ini material tsb masih impor...padahal kebutuhan dalam negri kan semakin besar dari tahun ke tahun

      Hapus
  5. jalan panjang project sigma ini sebenarnya sudah melalui perbagai uji design di institut technology sepuluh november surabaya....dulu pernah diuji design milgem...design meko dan gowind.....dalam laboratorium hydrodinamika....teruji design sigma paling stabil dalam manuver dan dalam membelah ombak...ini berefek pada kenyamanan dalam berlayar......sigma paling halus dalam menerima guncangan ombak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sumber maklumatnya bro.....??? bagi link

      Hapus
    2. sila kunjungi center R&D naval technology institut technology sepuluh november surabaya...its.....disana adalah pusat science design kapal seluruh indonesia....kapal selam pun ada.......ITS fokus technology maritime......ITB fokus technology pesawat

      Hapus
    3. ye le siap kata dah test Gowind segala sumbernya mana.... untuk menguatkan hujah... tu je...

      Hapus
    4. Ya maksutnya laboratorium buat negara/institusi/pusat desain yang belum punya laboratorium hidrodinamika sendiri....mosok DCNS/DSNS/HDW yang perusahaan kaya nun jauh di eropa sono jauh2 uji coba disini?????

      Asal tau aja ya, mereka sudah punya lab hidrodinamika sendiri, jauh2 hari sebelum ITS/BPPT punya lab ini....lha wong lab-nya aja beli perawatannya dari jerman

      Hapus
    5. Setahu saya hanya proyek korvet Meko yang akhirnya batal karena krisis ekonomi.

      :D

      Hapus
    6. Korvet meko...lha itu yang dibeli malaysia atau bbrp negara amerika latin kan platformnya dr korvet meko to om.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Maaf gw salah,

      Proyek korvet nasional dulu bukan ambil basic Meko tapi dari Itali, kalo ga salah dengan Ficantieri. Akhirnya batal.

      Hapus
    9. Kayaknya basis desain tsb (yang dr fincantieri) malah digunakan oleh bbrp negara arab yang kaya (uae/qatar/oman) sbg basis korvet mereka

      Hapus
    10. FTMesin & Dirgantara ITB, wuii mig 21 euy👍👍👍 ntar yach guwe coba menyelundup di kampus ini haha!

      https://www.youtube.com/watch?v=hhAQ1sK7qFY

      FT Kelautan ITS, bulan lalu, guwe uda mampir ke kampus dan jurusan ini, ada mesin warna biru & emas di depan pintu masuknya, bravo👍👍👍
      tp syg cmn ampe pintunye aje, kesorean haha! utg sempet kke pusat robotika nye, mantafff, cmungut mahasiswa👍

      https://www.youtube.com/watch?v=f63E-M8Gslg

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. kemandirian selanjutnya...adalah dalam bidang rudal.....lapan punya aneka project roket....ini bisa dipakai pada kapal...rudal sam atau land attack.....lapan ada rx 122,...rx 320....rx 420....rx550....rx750
    rx 122.....jarak sampai 35 km...bisa untuk mlrs,atau sam shorad
    rx 320....jarak sampai 75 km bisa untuk mlrs atau medium sam
    rx 420....jarak 100-150 km...bisa untuk long range sam....ashm
    rx 550....jarak 450-750 km....bisa untuk ashm dan land attack missile
    rx 750 ....jarak 750- 1000 km.....untuk rudal balistik land attack

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya enggalah..misi lapan tuw nak buat roket buat ke bulan om daru.


      Hapus
  8. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    .
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya
    .
    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    .
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    BalasHapus