12 November 2018

Airbus Siap Pasok Pesawat Tanker dan A400 untuk Indonesia

12 November 2018


Model pesawat angkut A400M dengan logo TNI AU (photo : SkU-31)

JAKARTA - Airbus perusahaan manufaktur pesawat terbang asal Eropa, menyatakan kesiapannya menjawab kebutuhan Indonesia di bidang militer, luar angkasa, dan helikopter dengan layanan teknologi modern. 

"Indonesia merupakan pelanggan yang sangat penting untuk produk pesawat dan helikopter. Berbagai produk Airbus sudah banyak beroperasi di Indonesia melayani baik misi militer maupun sipil," kata Head of Airbus Defence and Space, South East Asia, Johan Pelissier, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Johan Pelissier menjelaskan, hubungan baik antara Indonesia dan Airbus telah terjalin sejak 40 tahun silam, tepatnya di 1976 saat PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mendapatkan lisensi untuk memproduksi pesawat ringan NC212 dan helikopter NBO-105. 

Termasuk pesawat berukuran sedang Airbus C295 yang dioperasikan oleh TNI AU untuk transportasi penumpang dan kargo. Termasuk misi-misi kemanusiaan. "Pesawat C-295 telah membantu modernisasi armada transportasi TNI AU dan membuktikan kemampuannya dalam berbagai misi militer dan kemanusiaan," katanya. 

Dia menambahkan, saat ini Airbus juga memproduksi pesawat angkut taktis A400M yang telah menunjukkan kemampuannya dalam misi transportasi dan kemanusiaan. A400M adalah pesawat paling modern di kelasnya, pesawat ini dapat terbang dua kali lebih jauh dan dapat menampung bahan bakar dua kali lebih banyak.


Pesawat tanker MRTT berbasis pesawat Airbus A330 (photo : Airliners)

"A400M juga dapat mengangkut kargo dengan beban muatan yang berat dan berukuran besar, juga memiliki kemampuan unik untuk mendarat di landasan pendek dan tidak beraspal, meski membawa muatan yang berat. Ini dibuktikan saat pesawat angkut berat ini yang dipinjamkan dari Malaysia membawa ekskavator untuk bantuan kemanusiaan di Lombok dan Palu beberapa waktu lalu," kata Johan.

Tida hanya itu, Airbus juga memproduksi A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) yang mampu melakukan misi transportasi strategis dan pengisian bahan bakar pesawat di udara. "Kita sudah tawarkan kepada Indonesia. Sepertinya, operator (TNI AU) tertarik untuk membeli pesawat ini. Namun kami belum bisa menyebutkan harga jualnya," ujarnya. 

Dia menambahkan, Airbus juga memproduksi helikopter modern seperti H225M dari keluarga Super Puma, AS565 MBe, AS550, dan AS555 aktif beroperasi bersama TNI AD, TNI AU dan TNI AL menjawab berbagai kebutuhan militer Indonesia. 

Managing Director Airbus Helicopters, Ludovic Boistot, mengatakan, Airbus unggul dalam segmen helikopter dengan lebih dari 150 helikopter sipil dan militer beroperasi di Indonesia. Ludovic menyebutkan kemampuan multiperan helikopter H225M dari keluarga Super Puma dan Helikopter ringan serbaguna bermesin ganda H145M, ini mampu menjawab kebutuhan Indonesia. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengakui, pembelian alutsista merupakan bagian dari upaya pemenuhan minimum essential force (MEF). Dia mengakui, rencana pembelian A400 adalah untuk menggantikan pesawat Hercules mengingat pesawat A400 memiliki daya angkut yang lebih besar dari Hercules yang dimiliki Indonesia.

(SindoNews)

99 komentar:

  1. Aduh...tak tega aku liat berita ini...malon tambah bengap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jom panggil dokter hewan untuk para maloner yg masuk hospital gila
      πŸ˜…πŸ€£

      Hapus
    2. kawan kita dari yurop, spanyol akhirnya "pingin" nyusul indonesia, koleksi TA-50 ama KT-1 woongbee.

      Korsel percaya banget, promosi TNI-AU bantu penjualaan pespur2 mrk. makanya kita diajak maen proyek mega cem KFX/IFX, tak sperti negeri grade A haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      “Spain ordered 27 A400M transport aircraft from Airbus but has decided not to use 13 of them, so the Spanish defense authorities have got approval from Airbus to sell the surplus products to other countries,” the source said. “Spain wants to sell four to six A400Ms to South Korea, and it buys 34 KT-1 basic trainer aircraft and 20 more T-50 supersonic trainer jets for advanced pilot training if possible.”

      yg punyak 27 A-400m aje kepingin pespur buatan korsel, tp "ada" tetangga grade A, kyknya suka nganggep remeh buatan korsel haha!😜😜😜

      South Korea and Spain seek deal to swap trainer jets for airlifters
      https://www.defensenews.com/air/2018/11/05/south-korea-and-spain-seek-deal-to-swap-trainer-jets-for-airlifters/

      Hapus
    3. ampe rela nuker 4-6 pesawat tambun a-400m haha!😊😊😊

      Hapus
  2. Kita terus diserang dan di bom oleh pembelian pembelian alutsista.
    Menhan kita rupanya tau keinginan kita2 di warung ini.

    Mantaaaaaaps bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bung essen : kebutuhan pesawat angkut berat juga sangat penting bagi mobilitas angkut logistik, contoh kemarin A 400M negara Malay yang bisa memuat eksavator dan truk BBM... A 400M WAJIB DIAKUISISI!!

      Hapus
    2. Yo'i bro πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    3. Malon diserang pemotongan anggaran....negara grade A konon

      Hapus
  3. Semoga segera terwujud. Khususnya MRTT. Untuk A400 ya bonus aja, lebih tertarik C130J.

    BalasHapus
  4. Unknown beruk malasial gila dan para maloner...Baca ya baik2,
    negara grade B itu selain bisa buat senjata sendiri juga selalu shoping2 senjata menggerunkan.
    Beda sama negara grade A yang selalu memperbanyak bengap karena hutang.

    Kahkahkahkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada duit ke... rasanya Airbus tak terima sistem barter trade... hehehehehe

      Hapus
    2. Hahaha...kata siapa ?
      Masa...xixixi

      Hapus
    3. Breaking News... telah di beritakan bahwa di tahun 2055 malay people akan tinggal di hutan serawak dan sabah karena KL dan semenanjung sdh habis di jual untuk bayar hutang yg menggunung. kemudian maloner2 disini puas hidup dengan makan pisang....🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  5. klo ada buget lebih skalian beli A320 Neo MPA/ASW yg sdg d kembangkan airbus,. biar jgn terlalu tergantung sm US. karena yaa kita dgn luas wilayah segede ini perlu platform pesawat yg punya radius tempur/patroli sperti jet d atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi rak pupune rung ono mas, nek varian mpa/asw ne A-320 NEO...

      Hapus
    2. Ehem, sawit kita masih terancam Eropa lho.

      Sebaliknya Boeing mendukung Indonesia mengembangkan bioavtur.

      Ingat dalam 20 tahun ke depan ada 2500 unit pesawat bikinan boeing yg akan kita akuisisi.

      Jika dari 2500 unit itu 5% nya saja buat militer berarti ada 125 unit pesawat militer yg mau kita beli dari boeing.

      Artinya ?

      Welcome Chinooks, Poseidons, Wedgetails, Pegasus, F15s, more Apaches..

      Hapus
    3. waduhh.. jd kepiye iki om @hari klo keterangannya om@TN udh kayaa gni.. tapii aqu sih yeess ajaa klo penggantinya dpt apache, wedgtail, ama pegasus.
      cuma yaa isunya kn commonality pegasus yg basisnya B767 dan tak d produksi lg. selain itu ada info utk varian P8 Posidon akan menggunakan Boeing 737 Max 8 yg airframenya lebih baru utk berlaga dgn Airbus A320 Neo MPA

      Hapus
    4. Om TN ,bkn nya klo kita beli barang eropa kita bs buat daya tawar sawit om...klo sawit kita d acam d sana ya ga usah beli barang sana...

      Gmans om klo gt...xixixi

      Hapus
    5. Salah ni, Insya Allah penduduk Jakarta yg bakal pindah ke kalimantan kerna Jakarta bakal tenggelam... Tidak ada senjata yg mampu melawan hukum tuhan, lihat saja di Palu, Acheh peringatan tuhan diatas sifat2 munafik,dan kesyirikan masyarakat Indon, sudah dihukum malah masih sombang dan angkuh ... emang bala bakal menyusul lagi siap sedialah warga indon ya

      Hapus
    6. manusia diberi akal & budi, pergunakan sebaik mungkin selagi hidup. manusia dapat bertahan di antartika, di pegunungan himalaya, di gurun gobi sampe di tinggal di stasiun angkasa Mir.
      orang jepang dapat hidup di negerinya yg terkenal Tsunami, orang amerika hidup di negerinya yg disebut negeri Taifun.
      om nan jugak bisa hidup dinegeri yg rame bangsa asingnya haha!🀣🀣🀣

      kalo gak mao hidup ada tantangannya nich pisank mayan sambil nemenin cuci mata di puhun haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  6. Question is??? IS INDONS CAN AFFORD TO BUY A400??

    xixixi

    90% says they CANT. And 10% say they could in exchange of PALM OIL, COFFEE, FEMALE SERVANTS and Ore.

    Kikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysian Defence Security keyboard squad from Facebook. I know who you are dude and we're all gonna terror your account

      Hapus
    2. malon jealous detected.... nih pisang lon...🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. you have no ethics, women are trafficked, You should be ashamed of your mother

      Hapus
    4. A400 malon Order dari Tahun 2005 dengan procument alutsista indonesia dari tahun 2010 aja malon miskin nggak ada apa2nya 😁😁😁

      Hapus
    5. hahahahaha... Airbus terima ke kopi luwak untuk timbal balas...??? berduit konon...

      Hapus
    6. MKM imbal minyak sawit kah...? Hahaha konon berduit...wkwkwkk

      Hapus
    7. GEMPUR GILA ni kumat lagi πŸ˜πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    8. GEMPUR GILA ni kumat lagi πŸ˜πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    9. A400 juga kemungkinan dari sawit 😁 tapi setelah sawit malon di banned di eropa.. malon jadi nggak bisa ngutang lagi dan merana 😁😁😁😁

      Hapus
    10. gempur terus bro si gempur gila itu.... dah habis pisang pula malon malon pada stres dan menggila..nih pisang lon...πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜πŸ˜‹πŸ˜Ž

      Hapus
  7. KL has numbers of A400 and F18 the most sophisticated in region.

    How about Indons????

    BalasHapus
    Balasan
    1. F18 tak ada engine kah kah kah

      Hapus
    2. f18 buluk aja bangga. lawan supertukano aja rontok ko lon...la terbang aja gak bisa .. hehee

      Hapus
    3. I acknowledge that your country is superior in heavy aircraft..

      BalasHapus

      Hapus
    4. In region A400 Only 4 😁 how about singapore aaussie thailand and indonesia .. old clasicc F-18 only 8 pieces, how about aussie super hornet , singapore F-15, indonesian su35/30 f-1652lD ,thai griffen F16, vietnam su30.
      quality and quantity make malon as rats in the Asean region. 😁😁😁😁

      Hapus
    5. Hornet lawas cuma 8 bijik je lagi...yg terbang pun hanya 6 bijik....hawk the oldest cuma 5 bijik..tetapi sukhoi emkaem tetap terbaik bengap di hanggar salam 4 bijik je...wkkwkkwkkk

      Hapus
    6. kesian perasan kuat.... sekadar F-16 biasa je tu, Su-30 Basic... sembang.... hahahahahah

      Hapus
    7. Wakakaka...pasukan beruk malon lagi onani otak
      MKM 4 biji
      Hornet 6 biji ready
      Hawk 4 biji...

      Terhebat di kawasan...wakakakka

      Salam bangkrap

      Hapus
    8. Cie.. yg SU30 custom cma 4 yg bs terbang πŸ˜‚

      Hapus
    9. hawk malon dijual jadi besi buruk karena banyak lapuk πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    10. hawk malon dijual jadi besi buruk karena banyak lapuk πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    11. adu aj lon...🍌🍌🍌

      Hapus
    12. Apa kabar hawk oman...??? Penantian berharga...malon mengharapkan hawk oman tiada kepastian....wkwkkwwk

      Hapus
    13. Su 30mk2 basic lebih dari cukup buat hajar 8 bijik hornet usang malon yang sparepartnya saja hibah dari aussie 😁 jangan cakap su30 MKM yang bakal jadi penghuni musium karena ngga ada sparepart 😁😁😁😁

      Hapus
  8. Mau punya 1000 unit yang sophisticated kek, kalo yg siap operasional jauh di bawah 50% artinya miskin.

    Tapi walo punya sedikit dan siap operasional 80%, artinya kaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah klo dah punya sedikit dan yg siap dibawah 50% namanya negara apa itu?... negara teruk bin beruk maruk...pisang buat malon...πŸ˜…πŸ˜†πŸ˜πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  9. Walau dikata punya sophisticated things tapi nggak mampu belanja spare part, apalah gunanya.

    Tapi kalo setiap 2 minggu ada berita latihan, banyaklah gunanya.

    Walau dikata miskin tapi mampu belanja lebih baik daripada berkata dirinya kaya tapi hutang segunung hingga tak mampu belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoih om woof2, latihan akan membuat segalanya peeeerrfik haha!πŸ§—‍♂️πŸ§—‍♂️πŸ§—‍♂️

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. malingsial mencoba tetap tertawa
    walaupun..
    mangis dalam hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon sakitnya di dubor.... otaknya jg dtaro deket itu...🍌🍌🍌

      Hapus
  12. klo ada yg paling d banggakan dari malaysia kepada Indonesia,. Tak lain dan tak bukan cumaa "TAHAN MAKI'!! salut bgt sy sm kalian. lanjutkan bastard..

    BalasHapus
    Balasan
    1. KwkwkwkwπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚...seperti kita dulu om,tahan hinaan dan cacian dari mereka,,sekarang KARMA berlaku buat tetangga usil,,tak tau lah mereka sadar apa tidak

      Hapus
  13. Project AKAN Lagi! Poor Indon

    BalasHapus
    Balasan
    1. I found this page so funny. Why???
      Because Indons mouth is similar to a woman who loves to talk and talk without reality.

      Hapus
    2. Ini lagi...hahhaa
      Dl akan
      Apache...jd kenyataan,akan astros jd kenyataan,dll jd kenyataan

      Malon proyek akan bangkrut ,akhirnya jd bangkrut....wahahhaa

      Hapus
    3. Udah miskin bangkraps malon tapi nggak sadar diri.. beli apache dan su35 aja belum tentu mampu..😁 ya bagaimana lagi itulah sifat beruk malon yang tak ada hotak 😁😁😁😁

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Really nice song: JEALOUSY by Queen.

    Really memorable song it will stick in your head FOREVER and EVER.

    BalasHapus
  16. Off topic.

    "Pemain industri pertahanan perlu contohi Indonesia

    Astro Awani 
    Published on 8 Nov 2018

    Pemain industri pertahanan Malaysia perlu mencontohi kemajuan yang dicapai Indonesia dalam bidang tersebut.

    Itu saranan Menteri Pertahanan, Mohamad Sabu selepas melawat pameran dan Forum Pertahanan Indonesia 2018 (Indo Defence 2018)."

    https://m.youtube.com/watch?v=0rinprpn_4Q

    BalasHapus
  17. Off topic.

    "Malaysia cuts defence budget by 10%

    Jon Grevatt, Bangkok and Craig Caffrey, London - IHS Jane's Defence Weekly

    05 November 2018

    The Malaysian government announced on 3 November a 2019 defence budget of MYR13.91 billion (USD3.3 billion), a year-on-year decline of 10%.

    The reduction means defence expenditure will decline to its lowest level as a share of the government budget since the 1980s. Spending will also fall to 0.9% of GDP having stood at 1.4% as recently as 2016, and has been cut by around 21% in nominal terms over the same four-year period.

    The new budget represents the latest in a series of military spending cuts in the country, as successive governments have pursued a process of fiscal consolidation aimed at eliminating the country's budget deficit - which will stand at 3.4% of GDP in 2019 - and reducing sovereign debts."

    https://www.janes.com/article/84264/malaysia-cuts-defence-budget-by-10

    BalasHapus
  18. Klo boleh disisakan lah A400M sbg satu-satunya kebanggaan Malaysia, kasihan. Atau dibeli sebiji terus didonasikan ke Timor Leste.

    BalasHapus
  19. ...Airbus bilang ; " Indonesia merupakan PELANGGAN yang sangat penting "


    ...kalau Malayon Beruk, penting nggak yach ?






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  20. When to deliver this to Indons?????


    2055????

    Or 2058????

    Kikiki

    Indons cant afford this A400 FOR SURE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Malayon Beruk of the JUNGLE





      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    2. When poor malon buy new Fighter plane 2055?, 2200? Or 3000??

      😁😁😁😁

      Hapus
    3. Beruk terasa tu... nak juga A400M mcm Malaysia dengki letewwww... hahahahaha bayar dulu wang program Korea tu dulu... apa ni hutang2 tak main la...

      Hapus
    4. @GEMPURWIRA Shopping dlu baru ngomong. masa ngomong dlu, trs shopping ny 2055.

      Hapus
    5. Dengki...wahahha,lawak ko lon...malon jelas2 dengki sama Indonesia,

      Kau sanggup ga bayar hutang negara kau yg sdh hampir sampai 80% dr GDP,bunga nya aja ga sanggup kau...apalagi hutangnya...wkwkwkwk

      Macam mana malon yg bawel,korea saja tak masalah...asal tau lon,bkn Indonesia ga mau bayar,Indonesia sedang negosiasi perihal TOT...

      Jng lupa sebentar lagi Januari siap2 malon bayar bunga hutang ke china...wahahhaa

      Hapus
    6. Padahal artikel Nya belum lama ada.. kfx jalan terus..baru A400 aja udah loncat2 beruk 😁 itu perhatikan pesawat tempur yang lebih penting udah kekurangan sparepart dan lapuk jumlah pun minim lon malon sadar diri lah 😁😁😁😁

      Hapus
    7. Bayar dulu bunga utang 85% GDP baru shoping kah...kah...

      Hapus
    8. Gempurgila gak tahan juga bro... makanya pindah negara aja sana pur...dah bangkrap ko..

      Hapus
    9. Malaysia bergabung dgn Tiongkok, rakyatnya akan lebih sejahtera.

      Hapus
    10. Ade baek nye negara malassia ni bergabung dg vanutu...nacam adek kakak,miripppπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  21. Alhamdulilah pesawat A400M Malaysia banyak bantu mangsa masa di palu indon... kesian tengok mangsa disana berhari2 terbiar tanpa bantuan penuh...terpaksa mereka mencuri dan sebagainya untuk meneruskan hidup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesian malassia bangkrupt. dah kumpulkan koin belum pur?

      Hapus
    2. kesian malassia bangkrupt. dah kumpulkan koin belum pur?

      Hapus
    3. Mudah.. begini saja hei beruk malon..😁 Buktikan beberapa jam apa menit siapa yang yang sampai duluan di daerah musibah malon atau TNI? Bahkan negara pertama di asean adalah singapura yang beri bantuan.. malon baru segitu sudah riuh sedunia akhirat..😁 dasar beruk inferiorty compleks 😁😁😁😁

      Hapus
    4. Namanya musibah ,saling bantu itu normal..tak perlu di besar ..besarkan . Indonesia juga ada kirim ke Jepang buat bantu korban gempa :
      "Pemerintah Indonesia memberikan bantuan dana sebesar 2 juta dollar AS serta selimut 10.000 lembar dan beberapa barang kebutuhan yang diperlukan Jepang," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat (18/3/2011). Selain bantuan dana dan barang, lanjut Michael, Indonesia juga sudah mempersiapkan 60 orang dalam satu tim untuk membantu pencarian WNI yang hilang di Jepang. Sebanyak 15 orang dari tim tersebut telah sampai di Jepang. "Tim yang disiapkan jumlahnya 60 orang. Tidak semuanya diberangkatkan bersama-sama. Yang sudah duluan 15 orang, yang lain menyusul," imbuh Michael.

      Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Kirim Bantuan ke Jepang", https://nasional.kompas.com/read/2011/03/18/13071941/Indonesia.Kirim.Bantuan.ke.Jepang.

      Jepang negara maju juga terima bantuan uang :
      Ini hal biasa dalam bernegara sebagai bagian komonitas Internasional..

      Hapus
    5. Lah itu bro pikir aja jepang aja kita tolong tanpa reserve.. ini beruk malon berlagak nya udah kaya paling hero aja 😁😁😁😁

      Hapus
    6. padahal minyak juga kita isi. kesian a400 tak ada wang guna isi minyak

      Hapus
    7. padahal minyak juga kita isi. kesian a400 tak ada wang guna isi minyak

      Hapus
    8. Gimana beli minyak.. gaji mentri malon aja di potong dan gaji polisi nunggak 😁😁😁

      Hapus
    9. ketauan gak iklas si gempur udik.. borok sikutan lo pur pur...bawa balik aja pesawat ko tuh.. kita dah punya a400 baru pula...

      Hapus
    10. Beri bantuan tapi di ungkit2 malon2 tak ikhlas ya...indo banyak beri bantuan ke negara lain tapi tak heboh seperti malon.

      Hapus
    11. Bantuan Cuma untuk riya'. Itu kelakuan monyet malon cuma cari exist di tengah bencana.

      Hapus
    12. iya makasi om gempur, tp kok cuman 4 hari doank haha!😊😊😊

      singapur donk sebulan, makanya dapet apresiasi ksau. c-130, Chukup kok haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      https://tni-au.mil.id/kasau-apresiasi-peran-rsaf-bantu-korban-gempa-sulteng/

      Hapus
    13. Maaf...ade baek nye kalau ade kes bencane alam atau ape saje yg memakan korban jgn di jadi kan bahan bully..ok!!
      Klau nak caci maki sesama kalian pribadi silah kan...

      Hapus
  22. Hahaha banyak fighter pilot tudm jadi menganggur. Pilot su-30 MKM,4 yg masih bisa terbang, pilot mig- 29 all nganggur, pilot Hawk jg mayoritas mengaggur. Mereka pada jadi pekerja cleaning service hanggar Kasiman nasib fighter pilot tudm.

    BalasHapus
  23. Poor Indon...berjuta rakyat Poor Indon merempat di Malaysia, ada hati nak beli A400M!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya harus ituw, kan daerah turis, enak jalan jalan berbulan2 bahkan bertaon2, mana dapet duwit lg haha!🀠🀠🀠
      ke malaysia aje kudu punya paspor kan. om pol punyak tak paspor?
      klo tak punyak kesian bingit hidop luh, masa kala ama yg miskin haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
    2. Kikiki banyak beruk stress yg nongol πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      MALASsial = πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

      Nih makan pisang dulu
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  24. orang indonesia,bangla,china,india sengaja dikirim ke malaysia,untuk menjajah ekonomi,karna bumiputera pemalas,dan banyak tanah yang dijual ke orang asing kikikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ni orang melayu jg,tp melayu RIAU...
      Setakat ni melayu malassia merase derajat mereke paling tinggi di banding dg melayu2 di nusantara,seakan2 ras mereke setingkat dg ras orang kulit putih/eropa...

      Hapus
  25. Bumiputera Malon secara genetik memang selalu kalah bersaing secara fair. xixixi

    BalasHapus
  26. Bosan tidak punya penghasilan lebih? coba main di Γ€gens128
    banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapatkan disini.
    dengan deposit minimal hanya 10rb untuk poker dan 50 untuk permainan menarik lainnya. bisa juga melalui aplikasi OVO serta banyak game menarik yang ada disini
    tunggu apa lagi, buruan join bersama kami sekarang juga.

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  27. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus