27 November 2018

Pindad Demonstrates Medium Tank to PHL

27 November 2018


Harimau tank fires demo (photos : Windu Paramarta)

Indonesia's PT Pindad recently hosted members of the Philippines Army's Technical Working Group for the Light Tank acquisition Project, which are mostly members from the Mechanized Infantry Division, as PT Pindad provided a product demonstration for it's Harimau Hitam (Kaplan MT) medium tank in Indonesia.

MaxDefense previously mentioned that PT Pindad has allocated a schedule somewhere between 19-25 November 2018 for such demonstration. Based on the photos, it appears the demo did happen on 22 November.



PT Pindad is among the frontrunners for the Light Tank project, which looks at acquiring between 30 to 44 units of tracked light or medium tanks armed with a 105mm tank gun, enough to equip a battalion. The numbers still carry due to the possibility of dividing the numbers into tracked and wheeled platforms, depending on the PA MID's final decision.

(Max Defense)

222 komentar:

  1. Ayo malon jangan mau kalah keluarkan Rosmah mu!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tank hermes rosmah handbag

      😆😆😆😆😆😆

      Hapus
  2. Garbage malonsial low IQ only 3rd world country..😁
    No wonder malon no skill to built compleks military tehnology and equipment 😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. 😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    3. 😅😅😅😅😅😅😅

      Hapus
  3. Tank itu made in malaysia
    Product tempatan negeri sembilan

    Apalah indonesia ni suka mengclaim product kita orang

    BalasHapus
  4. Sudahlah jangan senang membully saudaramu setanah melayu nusantara,apa faedahnya...?hanya menambah dosa,suatu bangsa atau orang kalau sudah diatas segalanya harus tetap memperlihatkan jati dirinya yg low profile..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laaa ini ada negara kecil lagi jatuh miskin tapi sombongnya minta ampuun.
      Boro2 low profil, songong iya tapi dungu

      Hapus
    2. Sombong pada orang sombong sodakoh bro.. 😁😁😁

      Hapus
    3. Ko nasehatin dulu karib seprofesimu...si bidadari nyengit aka munaroh baihaki aka ken orok, gitu @ jonih

      Hapus
    4. Setuju, buat apa juga mengejek mereka sampai berlebihan seperti ini. Biarlah tabiat jelek mereka spt itu, jangan ditiru. Nanti tdk ada bedanya kita dengan mereka yg suka mengejek.

      Hapus
    5. Ya tetap ada bedanya nggak naif kaya lu.. kalo lu robot nggak masalah di ludahin juga diem aja wkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  5. semoga bisa membuat MBT
    tapi sebelum itu semua AFV dari pindad maupun dari industri swasta dalam negeri yang lain seperti Panser 6X6 Anoa, IFV Badak, Panser 4X4 Komodo dan Panser 4X4 Turanggan, dan Medium Tank Harimau harus dikembangkan dan di tingkatkan lagi teknologi dan armor nya terlebih dahulu, terutama di tingkatkan lagi komponen dalam negerinya dan kemampuan serta ketahanan dari tank harimaunya.
    armor hull bagian depan, samping, belakang dan armor turetnya di upgrade/diganti stanag level 6 atau armor komposit yang lebih kuat dari stanag level 6, berhubung kan modular jadi mudah di upgrade dan diganti, agar bisa menahan serangan ATGM dan Anti Tank Grenade.
    di kasih RCWS, dan laser designator untuk amunisi ATGM. meriam turetnya diganti menjadi meriam smothboore agar bisa menembakkan segala jenis proyektil, seperti ATGM, amunisi anti tank maupun amunisi anti vehicle yang lain.
    laser warning receiver nya di tingkatin agar mendapatkan kesadaran situasional 360° di seluruh bagian tank, supaya bisa mencari dan melacak lokasi penarget tersebut.
    Fire Control System nya di tingkatkan, agar saat kendaraan bergerak ataupun diam bisa mengunci target yang diam, bergerak maupun drone ketinggian rendah.
    kalau bisa dikembagin dengan dikasih Jammer dan APS, tapi sebelum membuat APS harus bisa membuat Missile Aproach Warning System dulu, agar bisa meluncurkan APS pada jarak yang aman untuk melindungi vehicle dari serangan ATGM maupun Anti Tank Grenade.
    setelah itu baru membuat MBT hasil pengalaman mengembangkan AFV tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu ada deal buat Pandur II dari CSG dengan Pindad, dan juga investasi CSG untuk buka cabang di Indonesia

      Hapus
    2. Iya
      Semoga teknologi pandur bisa diaplikasikan di tank harimau pindad, terutama sensor sensor dari pandur II

      Hapus
  6. Product tempatan Malaysia telah berjaya mengeksport medium tank canggih harimau kat philipine.

    Dunia tau product berkwality tinggi product tempatan daripada malaysia ini.

    Syabas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh.. Jangan skali kali claim tank itu made in malaysia.. Malaysia ngak ada tank low quality sebegitu.. Tank itu hanya untuk 3rd world countries.

      Hapus
    2. emang malaysia bisa bikin tank?kwkwkwkwkwkwk.

      Hapus
    3. Malon hanya buat kereta low quality protol yang tak laku lalu bangkraps 😁😁😁

      Hapus
    4. Lue ingat, indon bisa bikin tank.. Itu product lisensi dr turkey aja.. Indon ngimport 100%dr turkey.. Cuma pasang di indon..kemudian claim made in indon. . Lue ingt indon pintar bikin tank??... Ngak ada satu pun alutsista 100% made indon.. Semuanya lisensi..lisensi..lisensi.. Dimana produk 100% made in indon?

      Hapus
    5. Beruk malon tolol bahkan lu nggak bisa bedain mana joint development dan lisense.. coba sini kasih link tentang clausal lisensi meduim tank dari turki ke indonesia 😁😁😁

      Kalo ngga ada FIX beruk malonsial seperti lu itu goblok dan idiot 😁😁😁😁

      Hapus
    6. Malon tak de prestasi pon tak mau mengakui Indonesia berjaye bina dan bangun tank tempatan, prestasi malon ape? tak de kan? Scorpene pun kene rasuah, padahal cume beli je tak sanggup, apalagi produksi.

      Hapus
    7. Eh beruk scan...kalo ngomong asal aja luh...Gempita lo nuh jelas2 buatan turkey...cm d ganti stempel doank...mikir ruk sebelum komen...hahaha

      Hapus
    8. Nah kalau gempita malon itu baru lisensi product dari turki.. alias tambal stiker malon 😁😁😁😁

      Hapus
    9. pindad dan turkey sudah dari 2010 memulainya lon malon jelek 😀😀😀

      Hapus
    10. Kena umpan gue loo scan dongo...

      Wekwekwekwek
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    11. 🐒🐒 Scan 🦍beruk🦍 kena Jebakan batman
      Kahkahkah...
      😂🤣😂🤣😂🤣


      Hapus
    12. Scan@ tolol nih bedain nya gampang kalo produk sendiri bebas Exsport kalo product tempel sticker cem gempita tak boleh export wkwkwkwkwk....Malaysia Tolol

      Hapus
    13. Scan@ only malon beside poland using pt91 low quality zaman jepun wkwkwk

      Hapus
  7. Jangankan buat tank low IQ malon buat kereta protol saja tak laku lalu bangkraps karena terbuat dari plastik tak bermutu 😁😁😁😁

    BalasHapus
  8. Gue mahu kasi tahu semua komentar indon, rakyat indon yg tolol@bengap@mundur@mendunia...negara papua juga bisa bina pesawat, tank, apc, afv, senjata dgn lisensi dr negara lain..dgn syarat jalin lisensi, dan produce alutsista sendiri.samada untuk kegunaan sendiri atau eksport.. Tp negra2 kecil seperti papua, membina alusista sendiri adalah merugikan..lebih baik beli aja.jumlah yang diperlukan angkatan papua, sedikit aja.. Ngak berbaloi bina sendiri.... Tp bg indon yg memerlukan beratus2 tank, dapatkan lisensi dan bina sendiri adalah menguntungkan..jd lebih baik bina sendiri....sekiranya turkey,korsel,airbus,batalkan lisensi, negara lue ngak akan bisa bina alutsista... Sampai kapan pun kalian masih dibawah kuasa besar dunia.. Jgn pikir, kalian udah bisa mandiri.... Kecuali kalian bina bermula dr blueprint,produce screw, komposit,chasis dr setiap inci alutsista tersebut... .Sebab itu indon jangan jadi tolol.. Negara lue mudah2 aja diembargo ama negara lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fix kan beruk malon itu tolol low iQ hanya bisa troller bahkan nggak bisa membedakan mana produk joint development , self development, dan lisensi.. tapi selalu jealous dengan indonesia 😁😁😁😁

      Hapus
    2. Dimana produk self development dr indon?

      Hapus
    3. Nulis panjang2...malahan salah...hahaha,ketahuan bego nya loh ruk...hahaha

      Hapus
    4. Malaysia ngak pernah jelous.. Lue sendiri syok.. Malaysia ngak pernah mahu membeli produk lisensi indon kecuali pesawat cn.. Kerna itu perjanjian antara kerajaan demi membangun asean..kalo tidak,masakan pesawat cn dibarter ama kereta proton. .Mgapa malaysia tidak byar cash utk pesawat itu.

      Hapus
    5. Anoa itu self development.. medium tank itu joint development... Tu lah tololnya beruk malon nggak faham apa2 😁😁😁😁

      Hapus
    6. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    7. Lagi2 malon tolol.. CN 235 product joint development indonesia di claim malon kok lisensi??.. sia sia memang cakap dengan beruk malon low IQ 😁😁😁😁

      Hapus
    8. Scan beruk bodoh
      Senapan Serbu SS2 Pindad sudah di pakai oleh TDM masih nyangkal loo... tolol

      Hapus
    9. Scan Malon tolol CN235 VIP di pakai untuk angkut babi dan anjing cem Mahatir dan sultan Bekantan Maheraje mesum wkwkwkwkwkk....

      Hapus
    10. unknown maloners klo dah kalah cakap ngomong sembang dan gak ada yg bisa di debat lagi... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    11. Scan idiot@ kl indonesia lisensi produk weapon itu gak bisa di eksport bodoh wkwkwk...kl indonesia lisensi pastilah indonesia masuk SIPRI kerana import weapon,kl bodoh dan idiot jgn di pelihara lon wkwkwk

      Hapus
    12. @Scan, jadi singapure,swedia,juga bodoh menurut kamu karena menghasilkan senjata....?

      Hapus
  9. Negara lue bisa bikin kereta??... Ngakk...100% kereta dinegara lue dr perusahaan luar terutama jepang... Di mana kereta made in indon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta pun kalian masih belum mampu bikin.. Apatah lagi alutsista..

      Hapus
    2. Buat Kereta pun low quailty tak laku lalu di jual ke geely china kasian..😁😁😁

      Nyatanya malon beli pesawat dari indonesia digunakan untuk TUDM.. beruk malon lebih baik melancap kat bilik termenung 😁😁😁😁

      Hapus
    3. Buat kereta? Buat apa buat kereta klo busuk macam protol...hahaha
      Protol generasi pertama jg stickeran dari mitsubitshi...hahaha


      Nyatanya LPD di beli philipin...CN 235 dibeli kaum beruk...salah satu nya...wkwkwkwk

      Klo stickeran ga blh LPD,CN-235,Anoa,Komodo ikut tender di negara lain lon...

      Salam cap cus 55 ngapung sampai akhir...hahaha

      Hapus
    4. bodoh lah meneruskan projek proton tuh.

      jual murah dikreditkan ke orang malas malon. kapan untungnya lon malon hahaha..

      memang ko pikir asal ada mobil proton kelihatan bagus ??? menghabiskan uang negara untuk hal bodoh hahaha

      kalo mau profesional.. jualan mobil harus banyak pabrik spare parts.. belum lagi setiap bulan model baru ada lagi.. .

      proton tuh kalah model.. kalah stok spare parts.
      jelas kalah dengan merk popular. lon malon pikiranmu kok gak pandai hahaha

      lihat indonesia.. banyak brand otomotif membuka pabrik. dan sudah di eksport pula ke negara lain. hahaha lon malon

      Hapus
    5. wah ini https://www.inka.co.id/ SILAHKAN DI LIHAT

      Hapus
    6. Kami sudah bisa bikin pesawat,Tank, Rudal, Kapal Selam, Kapal permukaan, senapan serbu dll. semua di exspor termasuk ke malon

      dan malaysia yang pemalas hanya bisa bikin vita birahi, proton, UAS toy Drone yang tak layak exsport negara afrika pun tidak mau karena Ugly design dan terbuat dari pelastik macem Rosmah Face yg mirip Waria wkwkwkwkwkwkwkwk....

      Hapus
    7. unknown maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    8. Proton ko tuh pun tak laku di jual dan akhirnya di jual ke geely cina wkwkwk

      Hapus
  10. Balasan
    1. Tau bedanya lisensi dng Join devlopment ? Klo ga tau belajar dl gih...biar ga ketauan bego nya...hahaha

      Hapus
    2. Nah masukkan.. forum defence study buat mendidik para beruk malon low iq 😁😁😁

      Hapus
    3. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    4. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    5. Kalo indonesia lisensi mana lah indonesia boleh eksport idiot wkwkwk

      Hapus
    6. Sumber WIKI :
      negara asal Turkey dan Indonesia.

      https://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_Hitam_(tank)
      Di ranvang dari awal oleh kedua negara dan bukan meniru yang telah ada.

      Coba bandingkan dengan gempita.
      " The Gempita resembles some of the Turkey FNSS Pars design and technology."
      https://en.wikipedia.org/wiki/DefTech_AV8

      Yang mengerjakan Gempita di Malaysia adalah
      Nurol holding subsidiary FNSS.
      DefTech hanya kebagian tenaga untuk pasang screw ,bersihkan lantai dan sediakan Kopi untuk tenaga dari Turkey...

      Hapus
    7. @scan ngemut ko*tol gua aja nih.....

      Hapus
    8. 😅😅😅😅😅😅

      Ampun ampun

      Hapus
    9. 😅😅😅😅😅😅

      Ampun ampun

      Hapus
    10. 😅😅😅😅😅😅

      Ampun ampun

      Hapus
  11. ...Harimau Malayon asli tempatan






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  12. Dulu malaysia lisensi dr mitsubishi untuk bina proton.. Sekarang, 100% parts proton made in malaysia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkraps nggak laku low kuality.. sell to geely china 😁😁😁😁

      Hapus
    2. Ngarang aja loh lon...proton sebelum bangkrut pake mesin lotus...
      Bangkrut akhirnya di ambil geely...hahaha

      Hapus
    3. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    4. Wkwkwkwkwk....proton tak ada yang mau beli bahkan mahatir menawarkannya dengan imbalan bonus foto rosmah nude wkwkwkwk

      Hapus
    5. Proton ko tuh produk plastik tak laku di jual dan akhirnya proton ko tuh di jual ke cina wkwkwk

      Hapus
    6. @scan kamu tak punya malu kah? Proton sudah di jual ke china krena tak laku.... Faham kau lol??

      Hapus
    7. Ketahuan bgt SCANtot tolol ne tak punya mobil terutama protol made tempatan...
      mesin protol dri lotus je d klaim mitsubishi...aishhhh

      Dasar scan miskin tolol bodoh

      😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    8. Ketahuan bgt SCANtot tolol ne tak punya mobil terutama protol made tempatan...
      mesin protol dri lotus je d klaim mitsubishi...aishhhh

      Dasar scan miskin tolol bodoh

      😅😅😅😅😅😅

      Hapus
  13. Alutsista tank pt-91 pure buatan Malaysia. Aq percoyo itu. hore.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak.. Pt91 buatan poland..keunggulan tank tidak akan bisa bertahan lama..tak lebih 20tahun,akan muncul tank jauh lebih canggih...terpaksa beli tank baru lebih canggih..

      Hapus
    2. Masa...? Menghibur diri ko lon...klo ga punya duit biat beli yg canggih ga usah ngarang...

      M1A2 US ud brp thn lon...masih d pake am US,leopard dr pertama nongol smp skr brp thn ? Masih d pake ama negara2 lain...


      Bilang aja malon beli PT-91 twardut krn uangnya d songlap...
      Mau beli baru ga ad uang...hahaha

      Hapus
    3. 😁😁😁😁 terbaik jemawut

      Hapus
    4. Negara lain udah mula pensian leopard.. Indon aja beli..itu pun second hand..

      Hapus
    5. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    6. Negara mana scan malon low iQ? Sila jawab 😁 banyak negara yang beli leoparad bahkan singapura..😀 lucunya hanya hanya malon yang pakai tank T-72 kw3 poland tapi poland sendiri malah beli leopard bekas beruk malon memang goblog kuadrat 😁😁😁😁

      Hapus
    7. PT91 twardy dubangun dari Kerangka T72 stock Polandia yg menumpuk dan berkarat.Di bangun ulang dan di cat lagi dengan tambahan Teknologi era 90an. tapi apa daya.. PT91 Twardy low Quality... poland pun tak guna Twardy di garis hadapan..lebih memilih Leopard 2 A4 😂
      Hanya Malay yg bangga guna Twardy.. dan Hanya Malon yg mau beli..

      Hapus
    8. Benar bro kebanyakan PT-91 itu hull daur ulang T-72m yang berkarat lalu di jual kemalon 😁😁😁

      Hapus
    9. Pt 91 itu gak dipakek sama polandia lon...polandia malah makek leopard bekas

      Hapus
    10. https://jakartagreater.com/setelah-indonesia-polandia-juga-upgrade-tank-leopard-2a4/

      Hapus
    11. Baca itu lon...pt 91 hanya beruk yang makek

      Hapus
    12. Malon menghibur diri. di semua lini terjadi kemunduran jg mental para beruk jadi down, merasa rendah diri. Akhirnya menyalahkan pihak lain. Xxixixi

      Hapus
    13. Bego nya ga ketulungan...pasykan beruk malon...hahaha

      Hapus
    14. Pt 91 vs tank harimau mah jelas hancur duluan pt 91
      Belum di tembak saja sudah mogok dulu. Apa lagi ditembak

      Hapus
    15. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    16. Scan@ negara mana yg pancenkan leopard lon,poland sahaje beli leopard dan tak guna pt91 lg wkwkwk

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol.

    Really nice song: JEALOUSY by Queen.

    Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

    BalasHapus
  16. Malaysia ngak pernah jealous ama indon.. Kerna malaysia tahu indon ngak pernah bisa maju..kerna pemikiran indon itu mundur dan mendunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ofcourse JEALOUS. No doubt about it. If you aren't you won't be here posting nonsense. Lol.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    3. Mundur ko bs buat panser,tank,kapal laut,pesawat udara...hahaha

      Kaum beruk yg katanya pemikiran maju ko ga bs buat pesawat,tank,LPD...wakakakakaka

      Hapus
    4. So funny to know that INDONS MENTALITY is moving BACKWARD. So Indons must be called as IDIOT.

      Hapus
    5. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    6. Actualy Garbage malonsial low IQ only 3rd world country equals with bangladesh.. 
      No wonder malon no skill to built compleks military tehnology and equipment 😁😁😁😁

      Hapus
    7. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    8. Kalo mundur mana lah indonesia boleh eksport weapon lon wkwkwk

      Hapus
  17. masih banyak ruang utk mengupgrade armmornya ke level 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya
      Masih bisa diganti dan di upgrade lv 6 atau lebih

      Hapus
    2. tidak perlu tambah armor nanti membebani engine.. lebih baik pasang ADS buatan Rheinmetall Jerman itu lebih joooss.. 😃😃.

      Kedepan pasti akan muncul peluru penetrasi yg lebih kuat dan canggih.. jadi percuma saja kulit tebal2. cukup untuk mennghadapi peluru 30mm yg biasa dibawa ranpur 8×8 saya kira sudah ok...untuk menghadapi ATGM dan sejenisnya ya pasang ADS dan sejenisnya. 😄😄

      Kalau masih ingin menambah tebal kulit tank.. sekalian dinaikkan menjadi MBT dan ganti mesin yg lebih kuat.

      Hapus
    3. Dalam artikel kalau menambah/mengganti armor tidak nambah volume tank kok
      Kan modular, bisa diganti dan di upgrade sesuka hati

      Hapus
    4. stanag level 6 perlindungan terhadap ap 30mm, level 5 perlindungan terhadap ap 25mm
      tidak terlalu nambah beban klo ditingakatkan ke level 6 lagipula bajanya modular

      yg membawa 30mm bukan hanya Apc 8x8 dan 6x6 namun Rantis 4x4 maupun Apc pengintai juga mulai populer menggotong kubah kanon 30mm

      Hapus
    5. https://www.armorspecs.com/stanag-4569/

      Hapus
    6. Lah setuju tuhh
      Berhubung kan ini tank mending di upgrade armor stanag lv 6 + pake slat armor agar tahan serangan rpg
      Atau kalau bisa bikin armor komposit stell-cramic atau yang lain, buat bisa tahan sama atgm

      Hapus
    7. Bulshit mana ada arkor yg bisa tahan sama atgm terbaru...😶😜😜😜😜

      Tu abrams sm leo aj jebol...perlu d ingat atgm sekarang dh bisa jebol lapisan baja 1000 mm artinya tu baja tebelnya 1 meter 😲😲😲😲😲
      tank apa yg mau d pasangin baja atau komposit 1 mtr.

      Yg bener yg APS...dh jos tu

      Hapus
    8. Bulshit mana ada arkor yg bisa tahan sama atgm terbaru...😶😜😜😜😜

      Tu abrams sm leo aj jebol...perlu d ingat atgm sekarang dh bisa jebol lapisan baja 1000 mm artinya tu baja tebelnya 1 meter 😲😲😲😲😲
      tank apa yg mau d pasangin baja atau komposit 1 mtr.

      Yg bener yg APS...dh jos tu

      Hapus
  18. Dont buy Indons made plastic tank urging Philipine its in bad condition.

    Very poor quality.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    2. Indonesia will not sell tanks with high technology to malon because later they will be claimed by stupid malons 😁😁😁😁

      Hapus
    3. UAV UAS CAMAR TLDM very bad design, ugly desin.
      Malasial stupid country

      Hapus
    4. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    5. Ada poor malon yg lg jealous wkwkwk

      Hapus
  19. Pindad Tanks is powered by their new engine called TONG-TONG ENGINE. WKWKWK

    Philipine at last will going to use most sophisticated TONG-TONG ENGINE MADE by Indons. WKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    2. because low iq malon makes tank pulled with a cow 😁😁😁

      Hapus
    3. Dari pada malon tiada yang laku sama sekali

      Hapus
    4. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    5. Malon coba menghibur dgn mengarang2 cerita dan troll wkwkwk

      Hapus
  20. Dimana medium tank joint development..bahagian mana tank itu dibuat oleh pt pindad??.. Chasis, turret, canon???...

    BalasHapus
    Balasan
    1. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    2. @SCAN. Dont you know that Pindad tank is using their sophisticated TONG-TONG ENGINE to power their Pindad beautiful tank.





      WKWKWK

      Hapus
    3. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    4. Lagi2 beruk malon idiot low iq buat blunder..
      Padahal Dah biasa itu dalam industri military dunia 😁
      Pesawat F-50 korea enjin product amerika avionik dan radar bahkan amerika juga tapi tetap F-50 pesawat buatan korea.. faham tak lon industri military dunia 😁😁😁😁

      Hapus
    5. Bener om....bodoh nya kebangetan ini beruk malon...
      Liat US negara besar maju...masih oakai mesin buatan Inggris...mau bukti...hahhaa

      Hapus
    6. Nggak heran bro.. Namanya beruk malon low IQ otak di dubur 😁😁😁😁

      Hapus
    7. unknown scan maloners klo dah kalah cakap sembang dan bila gak ada yg bisa di debat lagi langsung cakap garang teruk sangat... sikap dan kultur mundur ni orang apa semua orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    8. Emang bebal otak dan kurang wawasan scan Malon. Ketagihan klo dia bukan orang tapi beruk

      Hapus
    9. Scan@ chasis,BMS,communication equipment,hull,tayar,amunition adalah buatan indonesia

      Hapus
  21. ...LISENSI itu menurut Ane, nggak penting2 amat


    yang sangat penting itu LARIS MANIS dimarketing, percuma kan berlisensi tapi nggak laku = 0 BESAR seperti MalaSsia Beruk









    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. jangan saling menghina yaa, sabar,, sabar,, sabar

    BalasHapus
  25. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

    Really nice song: JEALOUSY by Queen.

    Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

    BalasHapus
  26. Trains made in Indonesia is powered also by TONG-TONG ENGINE.


    Nice and Cute. XIXIXI

    BalasHapus
    Balasan
    1. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    2. Wow.. Malon make tank powered by rosmah plastic engine 😁😁😁

      Hapus
    3. tong-tong engine made by caterpillar....that mean this engine made in united state of america....nice engine from mr trump

      Hapus
    4. Malasial baca nih... https://m.liputan6.com/bisnis/read/2686980/malaysia-hingga-thailand-dukung-ri-jadi-pemasok-kereta-di-asean&sa=U&ved=2ahUKEwiau6PpufTeAhVQOSsKHaG7BzYQFjAFegQIAhAB&usg=AOvVaw21pDtqtZwT7W7YJPDWLla2
      Sama ini
      https://bisnis.tempo.co/read/439337/inka-ekspor-kereta-ke-singapura-dan-malaysia&sa=U&ved=2ahUKEwiau6PpufTeAhVQOSsKHaG7BzYQFjAGegQIBBAB&usg=AOvVaw3yKFphrIAxWkVURoyAtg0f

      Hapus
    5. unknown beruk klo dah kalah cakap ngomong sembang... gak ada yg bisa di debat lagi... sikap dan kultur mundur ni orang apa orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    6. Ada yg panas hati dan jealous melihat negaranya terpuruk wkwkwk

      Hapus
  27. I sense a lot of JEALOUSY here. Lol. ROTFL.

    Really nice song: JEALOUSY by Queen.

    Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

    BalasHapus
  28. "Indonesian Army’s Tiger medium tank programme moves ahead

    Christopher F Foss, Jakarta, Indonesia - Jane's International Defence Review

    26 November 2018

    An international consortium consisting of Indonesia's PT Pindad, Turkey's FNSS Savunma Sistemleri, and Belgian CMI Defence has developed the Tiger (or Harimau) medium tank (MT) for Indonesian Army.

    So far, two examples of Tiger MT have been built; Prototype 1 (P1) in Turkey and Prototype 2 (P2) in Indonesia. Both have been put through extensive firing and mobility trials in their respective countries. In the past this vehicle has also been referred to as the Kaplan Modern Medium Weight Tank (MMWT), but Indonesia refers to it as the Tiger MT."

    https://www.janes.com/article/84825/indonesian-army-s-tiger-medium-tank-programme-moves-ahead

    BalasHapus
  29. Facts about TONG-TONG ENGINE of Indons.

    Made of Aluminum not Plastic. Good job Indons!

    BalasHapus
    Balasan
    1. I sense a lot of JEALOUSY here. I like it a lot. Lol. ROTFL.

      Really nice song: JEALOUSY by Queen.

      Memorable and long lasting song it will stick on your head FOREVER and EVER.

      Hapus
    2. Why malon low iq alwayd jealous and hurt 😁😁😁

      Hapus
    3. korang cakap disini. coba korang berani gak cakap di http://defense-studies.blogspot.com/2018/11/scorpene-submarines-go-to-sabahs-east.html#comment-form

      Hapus
    4. unknown beruk klo dah kalah cakap ngomong sembang... gak ada yg bisa di debat lagi... sikap dan kultur mundur ni orang apa orang KL semenanjung aku tak tahu...??

      Hapus
    5. Ada yg panas hati dan jealous saudara wkwkwk

      Hapus
  30. ...simaklah, perbedaan DOKTRIN IDEOLOGI ;


    Ir. Soekarno

    " Berilah aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan DUNIA ini "

    lalu

    Najib dan Rosmah

    " Berilah aku 10 tua bangka, niscaya akan kubangkrutkan seluruh penjuru MalaSsia ini "










    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian tun muhatir dah tua harus mendidik kaum muda malon yang bebal dan tak ada kuality 😁😁😁

      Hapus
    2. Wakakak...beri malon mahathir 93 tahun..karena malon takde kualitas...cem scan..dein dan lainnya...keyboard warior 😂😂😂

      Hapus
  31. https://internasional.kompas.com/read/2018/11/26/17151511/mahathir-orang-malaysia-tak-mau-kerja-keras-hanya-ingin-dibantu


    KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memperingatkan negaranya bisa disalip oleh negara tetangga dari sisi ekonomi.

    Sebabnya sebagaimana diwartakan Malaysian Insight via Asia One Senin (26/11/2018), Mahathir menyebut orang Malaysia tidak mau bekerja keras.


    Pemimpin terpilih tertua di dunia itu mengatakannya dalam upacara pembukaan Dash Resort yang berlokasi di Langkawi pada Minggu (25/11/2018).

    Saat ini, kata Mahathir, warga Malaysia bergantung kepada bantuan finansial seperti Bantuan Rakyat 1Malaysia (BR1M) yang dibentuk di masa pemerintahan Barisan Nasional.

    PM berusia 93 tahun itu mengungkapkan saat ini Malaysia mendatangkan pekerja asing untuk melakukan pekerjaan yang tak ingin dilakukan warganya.

    "Pemerintah mengambil pajak dari orang asing hanya untuk dihabiskan bagi orang yang menganggap dirinya punya masalah di bidang keuangan," terangnya.

    PM berjuluk Dr M itu memprediksi negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam bakal segera menyalip mereka karena negara itu punya warga yang bersedia bekerja keras.

    Mahathir melanjutkan di Vietnam, orang-orangnya begitu tekun. "Sementara di sini, orang tak ingin bekerja karena pemerintah bakal memberi uang," tuturnya.

    PM yang pernah berkuasa pada periode 1981-2003 itu juga meminta para pejabatnya tidak fokus kepada kegiatan komersial semata.

    Dia menegaskan tugas utama dari pemerintah adalah mengusulkan hukum supaya disahkan parlemen dan segera menerapkannya.

    Mahathir meminta agar tugas bisnis diserahkan kepada sektor swasta. "Pemerintah tak punya pengalaman menangani bisnis. Kami bisa kehilangan banyak uang nantinya," bebernya.

    "Sektor swasta jelas lebih tahu bagaimana menghasilkan uang. Mereka mempunyai banyak ide," kata PM dari koalisi Pakatan Harapan tersebut.

    Mahathir menuturkan agar pengusaha tidak dipersulit karena negara sama sekali tidak membesarkan mereka, namun bakal mendapat penghasilan sebesar 36 persen

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang MALASia dan antek-anteknya wajib baca itu sebelum komentar.

      Hapus
    2. Malon udah pemalas.. hidup dari subsidi.. belum lagi di rongrong rosmah buat beli hand bag dan operasi plastik gimana negara nggak bangkrut 😁😁😁

      Hapus
    3. Wooowww haibat malon junk...


      Syabassss

      Hapus
    4. Wooowww haibat malon junk...


      Syabassss

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Finnaly, a strong Indonesian Tiger Tank

    BalasHapus
  34. mantap pindad...jadi tidaknya filipina akuisisi harimau tidak masalah,setidaknya kita sudah berusaha ikut tender...pantang kendor dan maju terus prospek harimau menjanjikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setelah filipina jadi mengakuisisi tank harimau tank tersebut bisa di kembangkan lagi

      Hapus
  35. mantabsss lahhh...mesin bentar lagi dibuat di indonesia karna caterpillar berencana investasi bareng pt inka bangun pabrik mesin, bisa jadi segala jenis mesin disel caterpillar bakal di produksi disini guna expansi pasar permesinan di indonesia...super sekali

    BalasHapus
  36. malondog cuma bisa bual tak ada bukti...malon bangsa pemalas tak ada yang bisa di banggakan..cuma banyak cakap reality 0 besar ekekekek

    BalasHapus
  37. Siapa bilang indonesia tidak bisa membuat kendaraan sendiri, truk dan bus perkasa buatan texmaco, inobus dan komodo bus buatan pt.inka dan pt aai. Taksi putera sebagai user proton banyak kecewa dengan mobil buatan anda karena untuk membeli spare part susah

    BalasHapus
  38. Benar bro, lagian ga perlu Malon mengejar ketertinggalannya, karena secara perlahan akan menjadi provinsi daripada China mainland. Melayu Malon senang hati dgn opsi ini.

    BalasHapus
  39. beruk malon iri hati melihat indonesia lebih pandai

    BalasHapus
  40. Dealer Proton jg sudah bankrup di indonesia, di Malaysia sendiri jg sudah di beli oleh geely outonmobile

    BalasHapus
  41. http://aceh.tribunnews.com/amp/2018/11/27/gadis-aceh-utara-meninggal-di-malaysia-terhembus-informasi-akibat-pemerkosaan-dan-tindak-kekerasan para pemuda maingsia brengsek semua, pemerkosa pembunuh....

    BalasHapus
  42. Beruk malonshitss pondan banci lagi lagi kabur dengan meninggalkan ketololan wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  43. kalau jadi dipesan pinoy.. lini produksi PINDAD pasti penuh sesak nih...haha..

    bagaimana tidak...komodo masih jalan, Badak jalan, Anoa jalan, Tank harimau TNI pun pesan beratus2... blm lagi lisensi PANDUR 2, lisensi turret 105mm dari CMI.. sudah saatnya PINDAD membangun pabrik satu lagi.. karena pesanan beratus2 tank dan ranpur itu jaminan ada job selama bertahun2 yg akan datang.

    Komposisinya...pabrik di Malang khusus amunisi besar dan kecil(kaliber 5mm-155mm), pabrik di Bandung khusus produksi tank dan ranpur, calon pabrik satunya lagi khusus produk2 komersil seperti escavator, mesin pertanian, dan generator listrik.

    Maju jayaa PINDAD..!!! 😃😃😃😃👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja
      Pak menhan sudah menyiapkan lahan yang luas kok untuk pembangunan industri alutsista dalam negeri. Kemungkinan kalau filipina jadi mengakuisisi tank pindad nanti kemungkinan bakalan membangun lagi pabrik baru
      Dan kebutuhan TNI akan Tank Pindad juga masuk tahun 2020 kok, kalau tahun 2019 masih batch pertama sebanyak 20-25 unit, tapi kalau 2020 bisa sampe 50 unit. Kapasitas pembuatan tank di pabrik pindad juga sangat besar kok, bisa produksi sampe 80 unit pertahun

      Hapus
    2. Ya mungkin kalau pandur II versi indonesia mah mendingan bikin pabrik baru saja ya.. Biar nggak ribet ribet. Yang di bandung buat produksi yang lama saja sampe tank harimau. Dan juga buat ngembangkan varian terbaru serta sebagai tempat riset memoderenisasi juga

      Hapus
    3. Yg di Lampung itu ya..?? itu masih simpang-siur.. kalau jadi dibangun disitu mending lini produksi yg khusus untuk komersil yg direlokasi ke situ. khusus untuk tank dan ranpur tetap di Bandung.. sebab apa.?? karena mesin2 untuk memproduksi peralatan militer seperti tank dan ranpur itu lebih rumit dan mahal.. butuh dana dan waktu.

      Selain itu dilihat dari nilai strategis dan keamanannya.. di Bandung lebih aman karena dikelilingi markas2 tentara dan polisi. Ada kodam siliwangi, ada polda jabar, ada markas kopassus,ada markas divisi kostrad,dll. Seandainya ada kejadian yg buruk semisal ada kerusuhan massal yg diikuti penjarahan, tempat itu masih aman karena cepat dijaga oleh personel militer dan polisi.

      Hapus
    4. Kalau jadi di lampung mending dibangun pabrik yang lini produksinya komponen komponen buat ranpur dan tank saja
      Biar cepat memproduksi ranpur dan tank, karena komponennya nggak dari bandung saja, tapi dari lampung juga

      Hapus
    5. Kalau boleh saran.... Jangan ngumpul di bandung semuanyalah...
      Bandung wes sumpek, heurin ku tangtung.
      Bandung kota besar yang sempit.
      Saya setuju kalau ada pengembangan inhan ke daerah lain seperti lampung atau kalimantan atau daerah2 yang lainnya.

      Oke oceee 👌👍

      Hapus
  44. Lu orang ya, apa lu orang kagak capek capek saling ngehina satu sama lain. Mending lu orang mah tutup hape terus buka buku. Belajar yang rajin dan tekun untuk negaramu. Belajar sampe berprestasi buat dirimu dan negaramu
    Kalau lu orang masih sering olok olok macam nih mah nggak guna
    Malah lu orang yang rugi
    Sia sia waktuu
    Mending belajar atau kerja yang rajin dan tekun untuk negara dan dirimu sendiri

    BalasHapus
  45. unknown beruk klo dah kalah cakap ngomong sembang... gak ada yg bisa di debat lagi... sikap dan kultur mundur ni orang apa orang KL semenanjung aku tak tahu...??

    BalasHapus
  46. "BREAKING NEWS.. Delegasi indonesia sedang melihat2 rudal pertahanan pantai bastion.." hahahaa.. bungkuuuuusss ndaaaann..!!!! 😁😁😁

    https://scontent.fsoc1-1.fna.fbcdn.net/v/t1.0-9/fr/cp0/e15/q65/46837276_1725163150925354_3167451081294741504_o.jpg?_nc_cat=100&efg=eyJpIjoidCJ9&_nc_ht=scontent.fsoc1-1.fna&oh=982db6f7004bcc75d1cd6fc81ab7136a&oe=5C72D1AA

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa.. cakep kumendaaann.!!! 😄😄😄😄

      https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1725163484258654&id=181276675314017&fs=0&focus_composer=0

      Hapus
    2. Ada situsnya bos ?? Malah pernah masuk ke wikipedia kalo bastion

      Hapus
    3. Sayangnya bastion cuman buat permukaan aja...knpa gak sekalian pantsir kalo bukan s400

      Hapus
    4. kalau udara keknya ngk bakalan ambil dari Rusia bung... Kalau pertahanan pantai ok lah dari Rusia.. 😃😃. Sebenarnya masih ada NSM yg versi pantai.. itu juga ok.. haha..

      Hapus
    5. Mau ambil punya malon gak...tamingsari..jangkauan 2000 km..amunisi pisang tapi 😂😂😂

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. "Wani tohan piro mas bagaz@.....🤗🤗🤗"

      https://lancerdefense.com/2018/11/27/mtc-ke-14

      Hapus
  47. Scan,
    You protes ke Jane's sono, bilang kalo mereka salah buat berita MedTank ini.
    Bisa/gak omong ke mereka?

    Kalo ga bisa, artinya you bencong, bisanya cuman teriak-teriak dimari..

    Hwakakakakak..😂😂😂

    BalasHapus
  48. Tidak ada kah negara yang mau develop or join dengan malaysia?? Jawabnya karena ke tololan malaysia sudah mendunia pemalas, bodoh, tiada kepintaran hanya bisa claim bahkan tuan britishnya saja mengajak Indo untuk tender bukan malon yg udah susah payah jagain Istana Buckingham wkwkwkwkwk....Idiot Malaysia

    BalasHapus
  49. Malaysia pun dah dapat tander alutsista untuk planet Namex, Otak orang2 malon bukan sebatas bumi tetapi sudah antar Galaxy wkwkwkwkwkwkwk....

    BalasHapus
  50. "Makin suram nih masadepan barter sukhoi....🤔🤔🤔"

    https://m.detik.com/news/internasional/d-4320186/kapal-ukraina-ditahan-politikus-eropa-serukan-sanksi-baru-untuk-rusia?_ga=2.74289428.763145280.1536407432-310139143.1534700992

    BalasHapus
  51. Malay bukan negara perbandingan, kemunduran kalo patokannya beruk malaya :)

    BalasHapus