21 November 2018

Latma Safkar Indopura Resmi Ditutup

21 November 2018

Latihan Safkar Indopura 2018 (all photos : Antara)

NUSANTARANEWS.CO, Situbondo – Setelah resmi berjalan selama kurang lebih satu pekan, akhirnya pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura ke-30 antara TNI AD dan Singapores Armed Force (SAF) secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Latihan bersama ini, peserta latihan tidak hanya melaksanakan latihan tempur saja. Guna menyamakan persepsi antara kedua Angkatan Darat dan meningkatkan persahabatan, beberapa kegiatan juga turut digelar. Selain olahraga bersama, penampilan budaya dan pengenalan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Situbondo, juga dilaksanakan.

Dalam latihan bersama ini, materi -materi prosedur tehnis dan taktis tempur telah ditampilkan oleh kedua Angkatan Darat selama berlangsungnya kegiatan yang dilaksanakan di Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pasukan Angkatan Darat dalam latihan ini di bawah komando Danbrigif 16/Wira Yudha, Kolonel Inf Slamet Riadi.Sedangkan Angkatan Darat Singapura /SAF yang mengirimkan Brigade 3 SAF di bawah komando Colonel Goh Pei Ming.


Dalam Latihan bersama ini TNI AD dan SAF melatihkan materi latihan Command Post Exercise (CPX/Latihan Posko 1) dan Field Training Exercise (FTX/Latihan Lapangan), juga dilaksanakan Latihan Taktis dengan Pasukan Infanteri Mekanis dalam Operasi Lawan Insurjensi (OLI).

Dalam latihan Pos Komando (CPX/ Latihan Posko 1) merupakan latihan di mana pasukan disimulasikan. Latihan ini diikuti Komandan, Staf dan prosedur komunikasi diantara para pejabat markas komando.

Sedangkan dalam Latihan FTX, yang merupakan Latihan Lapangan, dilaksanakan dalam skala penuh, dengan menggunakan skenario rencana operasi yang melibatkan tim fungsional dan tim yang ada lapangan. Hal itu, bertujuan untuk melakukan koordinasi, komando dan kontrol pasukan. Di sini materi tehnis dan taktis tempur dilatihkan secara bertahap.

Latihan lapangan ini dilaksanakan dengan metode latihan Drill Teknis, Drill Taktis dan Drill Tempur. Drill Teknis merupakan suatu metode latihan untuk membiasakan dan mempermahir kemampuan teknis perorangan dalam satuan untuk melakukan suatu kegiatan tempur, atau dalam hal menggunakan, melayani dan mengerahkan alat, maupun perlengkapan lainnya untuk melakukan suatu tugas.


Sedangkan, Drill Taktis merupakan suatu metode latihan yang dilakukan oleh satuan untuk membiasakan dan mempermahir suatu kegiatan menurut urutan tertentu yang sudah ditetapkan secara baku dilakukan pada medan simulasi/medan yang mempunyai nilai taktis.

Selanjutnya peserta latihan melaksanakan Drill taktis, yang dilaksanakan sampai pelaku mahir melaksanakan berbagai prosedur taktis.Metode ini melatih personel TNI AD dan SAF dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan aspek taktis di medan.

Setelah mahir dalam Drill tehnis dan Taktis, Angkatan Darat kedua negara masuk dalam tahapan berikutnya yaitu pelaksanaan Drill Tempur.

Latihan tersebut bertujuan untuk membiasakan dan mempermahir kemampuan tempur satuan, baik aspek taktis maupun aspek teknisnya, dilakukan di medan sebenarnya yaitu Puslatpur 5 Marinir Baluran, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Drill Tempur yang dilaksanakan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang utuh, dimana selain melibatkan satuan Infanteri Mekanis,dalam latihan ini juga dikerahkan satuan Kavaleri dengan alutsista Tank Leopard dari Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad.

Selama berlangsungnya proses latihan tersebut, TNI AD menerjunkan 290 personel. Ratusan personel itu, terdiri dari 27 prajurit Markas Brigif 16/Wira Yudha, 117 prajurit Yonmek 521/QY, 116 prajurit Yonmek 516/CY, dan 30 personel dari Yonkav 8/2-Kostrad. Sedangkan, dari pihak SAF sendiri, melibatkan 170 prajurit yang berasal dari Batalyon 3 Singapores Army.

Latihan bersama kedua negara sudah dimulai sejak tahun 1989. Selama kurun waktu 30 tahun tersebut tercapai banyak kemajuan dalam kerjasama kedua Angkatan Darat. Latihan bersama ini merupakan salah satu upaya dalam membina hubungan kerjasama dan meningkatkan kesepahaman berbagai prosedur taktis antara kedua Angkatan Darat, serta mempererat hubungan kedua negara, Indonesia dengan Singapura.

Bahkan, keberadaan latihan bersama tersebut juga dinilai memiliki dampak yang sangat positif dalam mengantisipasi timbulnya suatu potensi konflik yang timbul di wilayah regional di masa mendatang.


Latihan tersebut juga dapat menjadi sebuah ajang kesempatan yang baik untuk dapat berbagi pengetahuan serta pengalaman yang akan berguna bagi para personelnya di masa depan.

Dalam sambutannya sebagai inspektur upacara penutupan Latma Safkar Indopura, KASAD mengatakan bahwa penyelenggaraan Latma Safkar Indopura berangkat dari kesamaan perspektif TNI AD dan AD Singapura tentang pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam organisasi kedua Angkatan Darat.

Disadari bahwa pusat kekuatan (center of gravity) militer terletak pada para personel yang dimilikinya. Untuk itu, agar Angkatan Darat mampu menghadapi ancaman dan tantangan terkini yang semakin kompleks dan dinamis, diperlukan personel-personel yang berkemampuan tinggi dan profesional di bidangnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah dengan melaksanakan latihan bersama, khususnya dengan Angkatan Darat negara sahabat.


Melalui Latma Safkar Indopura, prajurit-prajurit TNI AD dan AD Singapura dapat meningkatkan kemampuan individu dan satuan melalui interaksi yang erat, sembari bertukar pandangan, pengalaman serta keterampilan. Dengan intensitas interaksi yang berkualitas di dalam lingkup latihan yang menantang, kita akan mampu mewujudkan interoperabilitas di segala aspek sebagai kunci sinergi kerja sama operasional kedua Angkatan Darat di masa depan.

Berkaca dari pencapaian selama ini, kasad menilai bahwa kedua Angkatan Darat telah melangkah di jalur yang tepat untuk meningkatkan kemampuan masing-masing. Selama 30 tahun perjalanannya, Latma Safkar Indopura telah berkembang dan meningkat dengan pesat, mulai dari sisi materi, operasional latihan dan tujuan yang akan dicapai.

Materi latihan yang melibatkan satuan infanteri mekanis dan MBT Leopard merupakan salah satu contoh terobosan penting untuk mewujudkan kolaborasi dalam taktik perang modern. Dalam pelaksanaan latihan tahun ini, Kasad merasa bangga menyaksikan para prajurit kedua Angkatan Darat yang cakap mengolah taktik dan strategi, terampil mengoperasikan berbagai Alutsista canggih, serta tidak gagap menghadapi skenario latihan yang berkembang, dinamis dan penuh tantangan.

Selanjutnya Kasad juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang terlibat atas semangat, dedikasi, dan kesungguhan dalam mengikuti latihan bersama ini. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada seluruh panitia penyelenggara serta para pendukung yang terlibat, sehingga latihan dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan tujuan dan sasaran yang direncanakan.

(NusantaraNews)

29 komentar:

  1. 🐷🐷 Aseng agen Cina komunis belum pada nongol nich ....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya lu benci singapura..😁 tapi NKRI tuh latihan dengan singapura.. kasian faham kebencian lu ngga ada yang dukung.. makanya jangan jadi bujang lapuk hairus baukaki.. jadi strees lu 😁😁😁😁

      Hapus
    2. Emang kenapa....elu gak bisa orgasme kalo belum di bully sama warjag Indonesia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Ga bakal bisa orgy mas, wong doi dah "buntung" sak oyot-oyote..(wes notog)

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Kasian Si hairus baukaki harus di terapi tuh tuh biar normal lagi😁 pake nyamar jadi akun cewe bidababi.. pantes dia memiliki kecenderungan abnormal 😁😁😁

      Hapus
    5. Wkwkwk...si hairus baukaki ngulah lg,obatnya gk di makan2 wkwkwk

      Hapus
    6. @Bidadabi biarpun zakar lu udah di buang, jakun lu tetap keliatan wkwkwkwkwk...

      Hapus
  2. Ha,ha,ha,ha 🐷🐷 Aseng agen Cina komunis mulai Ngamuk-ngamuk. Habis sudah pada kebongkar kedoknya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuntilanak virus bau babi
      Tusuk paku kepala lo dicuri si kecoa suku kena rok ya??

      Pantensan malem2 gak bisa kelayapan jadi banci

      🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Di sini ga ada agen cina komunis yang ada agen judi halal malon yang mewek paham kebenciannya ga ada yang dukung.. kasian tuh negara idola malon.. udah di jual aset dan negaranya ke komunis china 😁😁😁😁

      Hapus
    3. Bidababi ngingetin Sudah malam nie. Sana berangkat ke taman Lawang jadi montir ganti oli...

      Hapus
    4. Breaking news!!!

      Hairus baukaki alias bidababi alias kepala suku alias anti embargo akan melakukan operasi ganti kelamin di korea.. 😁😁😁

      Hapus
    5. What.....kelaminnya mo diganti pake kran air 🀦🀦🀦

      Hapus
    6. 😁😁😁😁

      Hapus
    7. @Bidadabi kedok lu pun dah kebongkar, sebenarnya lu agen LGBT yg mau adu domba

      Hapus
    8. @bidababi demit 2000

      Mbangane awakmu, ringut wae ra due gawean...kilo tak wenehi kesibukan, lumayan yen entuk ping papat wae wes keno mbok ge ongkos operasi kelamin πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      https://youtu.be/debxOsl6XQk

      Hapus
  3. Malon kok gak diajak latihan bareng singapur...level rendah emang malon πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada males mas....soale pasukan maloner kelamaan ganti sarung

      Hapus
    2. Emang beruk bisa sarungan mas ??

      Hapus
  4. wahh.. leopardnya udah d pasangi senapan mesin d turret, lumayan bwt pertahanan sekunder

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emange pelajaran PKK, pake kebutuhan sekunder segala....ketok yen generasi ORBA mas πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  5. si gila bidadari smit yang anti aseng dan ngaku muslim nih lihat jangan plonga plongo lembab mikir

    elu kesono aja bantuin pengungsi daripada omong sampah tak berotak


    https://www.voaindonesia.com/a/pbb-perang-yaman-ciptakan-krisis-kemanusiaan-terburuk-di-dunia/4186203.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen tak tamatke...
      Bidabadi nyengit 2000 ki memper @agung swandaru πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Yen ono sing iso ngecek id-ne...

      Hapus
  6. RAKSASAPKR.NET - BANDAR DOMINO99 | AGEN BANDARQ | AGEN POKER | DOMINO ONLINE | AGEN DOMINO Raksasapkr.net Agen Bandarq & Agen Domino99 Terpercaya Indonesia RaksasaPoker Yang memberikan Pelayanan Terbaik dan mempunyai Server Yang Berkualitas Di Dalam Permainan Asli tanpa Robot .Agen Poker Dengan permainan BandarQ Yang Real Money / Uang Asli Di sini Tepatnya Anda Memilih Silakan Bergabung Bersama Kami Di Raksasapoker.net Domino99 Di Jamin Permainanya Seperti Asli Tanpa Jauh Harus Ke Luar negri Tidak Ada Robot 100% Player VS Player Minimal Deposit Rp 20.000 Minimal Withdraw Rp. 20.000 Dan Bahwa Pulang Jacpot Jutaan Rupiah Menyediakan 7 Permainan 1 User ID ; BandarQ , Domino99 ,Capsun , Sakong , Bandar Poker , Poker,AduQ Dan Banyak Bawa Pulang Kemenangan Jackpot Puluhan Juta Rupiah RaksasaPoker.net Menyediakan 7 Game Dalam 1 User ID Langsung Daftar Sekarang Juga ! (+) Bonus Rollingan(Mingguan) 0.3% (+) Bonus Refferal 20% RAKSASAPOKER Menyediakan Support Bank Local ; - BCA - BRI - BNI - MANDIRI - Danamon - CIMB Dan CS Yang Ramah & Cantik Akan Melayani Anda 24Jam Nonstop Untuk Informasi Lebih Lengkap Mengenai Daftar langsung Hubungi Kami (+) LiveChat : RaksasaPoker (Online 24jam) (+) BBM : 5C5634BB (+) Skype : RaksasaPoker Mau Jadi Bandar Disini Tempatnya ! http://defense-studies.blogspot.coma

    BalasHapus
  7. Indomalay tak level n gk pernah ada masa iya anak sd mw main futsal bareng anak sma...
    Malon bagai anak sd 🀣🀣

    BalasHapus
  8. ini baru latihan lon. gak kaya tempo hari latihan angkut air dah berasa hebat malon..

    BalasHapus
  9. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  10. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus