24 November 2018

Armada II Bentuk Satuan Udara Koarmada II

24 November 2018


Wilayah kerja yang luas menjadi latar belakang pembentukan Satuan Udara ini (photo : Tempo)

Pangkoarmada II Resmikan Satuan Udara Koarmada II

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., meresmikan Satuan Udara Koarmada II (Satudkoarmada II) dan melantik Komandan Satuan Udara Koarmada II (Dansatudkoarmada II) Letkol Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han), dalam suatu upacara Militer, bertempat di Dermaga Madura, Mako Koarmada II. Surabaya. Jum’at (23/11/2018).

Dalam amanatnya Pangkoarmada II menyampaikan upacara peresmian satuan udara koarmada II merupakan realisasi dari kebijakan pemimpin TNI tentang gelar satuan, sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam gelar kekuatan TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

Pembentukan Satuan Udara Koarmada II, didasarkan kepada analisa kebutuhan pelaksanaan tugas pokok Koarmada dengan beban wilayah kerja yang luas ditinjau dari pelaksanaan fungsi pertahanan yang menyangkut aspek penegakan kedaulatan dan hukum di laut, maupun dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis.

Lebih jelas Pangkoarmada II menjelaskan ada dua pertimbangan pokok yang mendasari terbentuknya Satuan Udara Koarmada II, yaitu pertama, perkembangan lingkungan strategis dan wilayah tugas Koarmada yang sangat luas serta kompleksitas permasalahan yang dihadapi perlu diantisipasi dengan baik.

Kedua, dinamika perkembangan organisasi dan tuntutan reformasi birokrasi pemerintah serta untuk mewujudkan visi pemerintah Indonesia sebagai poros maritim dunia, dirasakan perlu adanya validasi organisasi sebagai salah satu mekanisme untuk melakukan revitalisasi kedudukan, tugas dan fungsi yang disesuaikan dengan tuntutan tugas, dimana pembentukan satuan udara yang dimaksud bukan semata- mata sebagai pengembangan kekuatan, akan tetapi sebagai upaya untuk meningkatkan peran komando dan pengendalian sehingga satuan gelar ke depan dapat melaksanakan tugas secara optimal.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka pembentukan satuan udara Koarmada II merupakan kebutuhan yang diharapkan mampu menunjang kepentingan pertahanan di laut.

Tak lupa pula Pangkoarmada II mengucapkan  selamat atas kepercayaan pemimpin TNI Angkatan Laut sebagai Komandan Satuan Udara Koarmada II kepada Letkol Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han).

Pangkoarmada II berharap kepada Komandan Satuan Udara Koarmada II pengamanan dan latihan di wilayah kerja Koarmada II akan lebih optimal, sehingga dapat menjamin penggunaan laut untuk kepentingan sendiri dan mencegah penggunaan laut oleh lawan atau untuk kepentingan lawan, serta dapat menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Tugas satuan udara Koarmada II diharapkan untuk mampu mengkoordinasikan, menyiapkan dan mengendalikan kesiapsiagaan tempur pesawat udara (Pesud) TNI Angkatan Laut yang di BKO kan dalam fungsi peperangan intai taktis, anti kapal selam (AKS), anti kapal permukaan (AKPS), pasukan pendarat (Pasrat) lintas helikopter, dukungan logistik cepat, dan pengamanan laut wilayah Koarmada II sebagai komponen sistem senjata armada terpadu (SSAT) dalam rangka mendukung tugas Koarmada II.

Hadir dalam acara tersebut Danpuspenerbal,  Asisten Pangkoarmada II, Pater Sahli Pangkoarmada II, Kasatker Mako Koarmada II, Komandan Unsur pangkat Kolonel yang berada di Pangkalan Surabaya.

(Armada II)

24 komentar:

  1. Hihiiii, pengen ngeliat TNI AL seperti IJN dulu, punya Kapal banyak dan kekuatan udara.

    BalasHapus
  2. Moga-moga gak ada yg ngarep bekasan Viking....πŸ™„πŸ€”πŸ™„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kmrn ada denger berita bahwa ada pket penawaran refurbish P3 Orion dan S3 Viking k korea selatan, indonesia dan brunei. klo sy pribadi yaa harus kt tekankan produk lokal donk yaa.. ada CN 212 400 dan CN 235 MPA/ASW. barangnya sdh ada, Teknologinya tinggal d terapkan

      Hapus
    2. Benul mase boy....tolong dinasehatin dong makelarnyaπŸ€—

      Sayang doi belum nongol disini...πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    3. CN235 Turki hanya muat 2 torpedo di cantelan sayap dan 10 sonobuoy.

      Viking muat 4 torpedo di weapon bay, bisa angkut 60 sonobuoy, ditambah 2 rudal di cantelan sayap. Selain itu Viking bisa menyusui pesawat lain, CN235 tidak bisa menyusui pesawat lain hanya bisa menyusu nggak pakai akhiran i.

      Pokoke Viking lah.

      Hapus
  3. Ane berharap TNI-AL punya pesawat tempur (pespur) maritim seperti USA NAVY yg punya pespur maritim...paling tidak Hawk TNI-AU di upgrade menjadi Hawk maritim dan diberikan kpd TNI-AL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi Su34 sudah ada 2 unit di Juanda milik TNI-AL.
      Yang apabila mau terbang su34 tsb, seluruh penerbangan sipil dipending 30 menit di bandara juanda.

      Dengan alasan "mohon maaf penerbangan anda terganggu karena ada aktifitas militer dibandara juanda, mohon maaf atas ketidaknyamanan penerbangan ini.....

      Hehehe...
      😁😁

      Hapus
    2. Su(ais)-34....cuma sekepalan tangan dong 😧😨😩

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Yang ngumumin alasan tsb memang sekepalan tangan su(ais)34
      😊

      Hapus
    5. Sejak kapan kita punya Su34 si cocor bebek?

      Hapus
    6. Semenjak ukuran SU34 sekepalan tangan mas@hari

      Qiqiqiqi....
      🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  4. Hati hati makan banana fruit
    Karena disinyalir banana tersebut sudah dicampur narkoba oleh para beruk anak buahnya mahathir monyet pesuruhnya yang dipertuan agong setan babunya mamah eli bangsat yang jenderalnya dibunuh oleh arek2 suroboyo.

    BalasHapus
  5. TNI AL memang mantap.. beda dengan Armada TLDM beruk malon yang 98% kapalnya ompong hanya gunships tanpa missile macam armada abad 18 😁😁😁😁

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah disodom Anwar Ibrahim

    BalasHapus
  7. Armada malon bentuk skuadron armada pt 6 dipersenjatai taming sari dan vita birahi

    BalasHapus
  8. P8 Poisedon, F18 Super Hornet, SU 34, PENERBAL untuk Armada II

    BalasHapus
  9. awas scan uring uringan kaya janda gatel gak dikasih duit...puasa belanja sampe 2055... mana tahannnnn...😊😊😊

    BalasHapus
  10. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    dewa poker

    poker88

    BalasHapus
  11. Analisa saya,dng bertambahnya jumlah penduduk dunia, maka negara yg padat penduduknya akan kewalahan memberikan makanan, nah krn Indonesia terdiri dari 13 ribu pulau dan 5 juta kilometer luas wilayah laut, perlu tambah armada Utara Khusus di kalimantan, armada selatan di NTT, armada Barat laut di Palembang atau lampung, armada Timur ke Papua, armada tengah tetap di Sulawesi, armada pusat di jawa

    BalasHapus
  12. AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
    minimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
    Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo

    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  13. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus