21 November 2019

Anggaran Pertahanan Indonesia dan Batas Psikologis terhadap GDP

21 November 2019


Anggaran pertahanan dunia (graphic : SIPRI)

Prabowo Ingin Anggaran Pertahanan Lebih Dari Rp 127 Triliun

JAKARTA, KOMPAS - Pertahanan negara perlu diperkuat untuk mengantisipasi setiap perkembangan pada lingkungan strategis. Namun, sebagai konsekuensinya tambahan anggaran negara harus dapat dialokasikan pula. Meski demikian, peningkatan postur anggaran pertahanan bukan untuk menyerang, melainkan justru untuk bertahan.

"Pertahanan dan kemampuan militer kita bukan untuk menyerang, melainkan untuk bertahan. Itu doktrin pertahanan Indonesia" kata Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Senin (11/11/2019), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Dalam rapat itu, Prabowo didampingi Wakil Menhan, Wahyu Sakti Trenggono.


Anggaran pertahanan dunia terhadap PDB (graphic : SIPRI)

Anggaran pertahanan terhadap prosentase PDB

Dalam rapat kerja tersebut Prabowo, secara resmi mengajukan usulan penambahan anggaran untuk tahun anggaran 2020. Dari informasi yang diperoleh Kompas, Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengharapkan kenaikan anggaran pertahanan pada 2020 dialokasikan sekitar 2 persen produk domestik brito (PDB). Saat ini pemerintah telah memutuskan alokasi anggaran pertahanan mencapai Rp 127 trilliun atau sekitar 0,9 persen dari PDB.


Sejauh ini, lebih dari 10 tahun anggaran pertahanan Pemerintah RI besarnya kurang dari 1 persen dari PDB. Sebagai contoh, lembaga riset SIPRI di Stockholm Swedia menyebutkan anggaran pertahanan RI pada 2017 sebesar 0,7 persen dari PDB. Sementara Malaysia 1,13 persen dari PDB dan Myanmar sebesar 2,88 persen dari PDB.


Anggaran pertahanan negara-negara Asia Pasific ( graphic : RangkingsLAB)

Sebelumnya, rapat kerja yang pertama dilakukan Kemhan berlangsung dua sesi. Pada sesi pertama dilakukan terbuka, membahas konsep pertahanan. Namun, pada sesi kedua, rapat digelar tertutup karena membahas alokasi anggaran. "Kita tidak berniat mengganggu bangsa lain. Tetapi kita juga tak akan membiarkan bangsa lain mengganggu kepentingan kita," kata Prabowo.


Prinsipnya, penguatan pertahanan terkait dengan tujuan negara yang pertama yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Menurut dia, harus diakui bahwa Indonesia masih lemah dalam segi teknologi pertahanan. Akan tetapi, Indonesia punya konsep peperangan semesta. Untuk itu, semua elemen masyarakat, termasuk akademisi, para pakar, dan industri perlu mengambil bagian dalam pertahanan.


Anggaran pertahanan terhadap belanja pemerintah (graphic : WorlBank)

Prabowo mengatakan, pertahanan negara harus kuat dan proporsional. Kekuatan pertahanan negara harus bisa mengatasi ancaman di berbagai titik. Postur pertahanan juga perlu ditingkatkan. Sistem pertahanan bahkan harus terintegrasi dengan wilayah-wilayah pertahanan dan dukungan industri pertahanan.

Bisa Mengagetkan

Menanggapi usulan Prabowo soal kenaikan anggaran, dosen Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Edy Prasetyono mengatakan, normalnya anggaran pertahanan negara berada pada rentang 2-4 persen dari PDB. Namun, selama ini anggaran pertahanan Indonesia relatif rendah.


Anggaran pertahanan negara-negara Asia Tenggara (graphic : Lokadata)

Edy mengapresiasi usulan yang diminta Prabowo. Kenaikan itu menunjukkan kesadarannya meningkatkan postur pertahanan. "Untuk saat ini, kenaikan (anggaran) itu sebaiknya menembus batas psikologis dulu yaitu sekitar 1,2 persen dari PDB. Kenaikan dramatis bisa mengagetkan semua orang," ujar Edy.

Pernyataan Prabowo mendapat apresiasi anggota Komisi I DPR, Syarief Hasan, dari Partai Demokrat. Syarief mengingatkan, Indonesia mengalami penurunan peringkat alutsista.

Tubagus Hasanuddin dari PDI P mengatakan, anggaran Kemhan harus berdasarkan hakikat ancaman yang turunannya cara penangkalan ancaman. Taufiq Abdullah dari Fraksi PKB mengatakan, salah satu masalah yang dihadapi, diantaranya standar minimal prasarana dan sarana.

(Kompas)

199 komentar:

  1. Balasan
    1. Pak Prabowo minimal anggaran pertahanan adalah 2% dari GDP pak minimal 500 T pak... Rakyat dengan segenap jiwa dan raga siap mendukung 100% pak...

      Hapus
    2. Tolong pak suporter kita dilempar flare sama beruk malon https://jateng.tribunnews.com/2019/11/20/video-detik-detik-suporter-malaysia-lempar-flare-dan-air-kencing-ke-suporter-indonesia. Tolong pak menhan kuatkan otot 2 tentara kita suatu saat kita penggal kepala malon sampai ke akar2 nya

      Hapus
    3. Menjadi kecurigaan ada pihak2 yang menjadi mata2 asing yang tidak ingin pertahanan indonesia kuat 2% dari GDP adalah standar minimum mengejar standar minimum saja banyak yang menjegal??? Yang menjegal anggaran pertahanan naik adalah Penghianat Bangsa!!

      Hapus
    4. Klo 500 T bisa demam ntar negara asean n Asia timur

      Hapus
  2. Balasan
    1. Saya bukan pro prabowo tapi saya rasa mending menhan seperti ini yang pro aktif memperjuangkan anggaran pertahanan,berarti prabowo ini sudah melek situasi dan kondisi serta tantangan ke depannya seperti apa!!!Indonesia negara besar seluas eropa,bila anggaran kita ciput bagaimana mengamankan wilayah seluas eropa ini dari ancaman pihak asing

      Hapus
    2. Menhan Rasa Presiden , wokawokawok

      Hapus
    3. Kalau malon Menhan Rasa Juru Masak 😂😂😂


      Sedap...sedap.. engine nuri masih sedap

      Hapus
    4. Menhan malon pakar kuliner 😆😆

      Hapus
    5. Masih berharap angka pertahanan kita bakal nyentuh US$ 50Bn , 😂 seperti Sokor, hal ini hanya bisa terjadi apabila tetangga utara mengaresi dulu. langsung counter attack dan hapus daribpeta dunia wkwkwkwk.....

      ya kalau Sokor bisa gede karena ada Sekutu sih, selain itu dia masih was was, karena perang korea hanya berakhir dengan gencatan senjata.

      Hapus
    6. Pantesan askar beruk malon very big fat like 🐷🐷🐷🐖🐖🐖

      Ternyata menhannya pakar culinary

      Hapus
    7. @Papa Yufi

      karena pak probowo sering baca koment di DS ini
      jadi beliau berusaha mengabulkan cita2 forumer2 disini

      saya AMIIN kan saja semoga yg diusahakan pak prabowo lancar dan segera terealisasi sesuai harapan

      Hapus
    8. menjaga kedaulatan negara seluas eropa barat jangan berjibaku asal proyek jalan perahu kcr bisa gumpet ga bisa begitu ..perintah president program desain poros maritime dunia blue water navy harus di bangun air power mumpuni bro .

      Hapus
  3. Sudah waktunya memang anggaran pertahanan kita minimal 2% dari PDB,pak jokowi sudah saatnya harus memperhatikan anggaran pertahanan,pembangunan pertahanan keamanan harus juga diperhatikan disamping pembangunan fisik sarana dan prasarana...ini ke sempatan anda pak presiden!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelan pelan aja bro, kalau langsung 2% tetangga selatan bakal stroke berat. dan tetangga selatan pasti terusik.

      semua ada tahapannya dan proporsionalnya

      Hapus
    2. Semoga segera terlaksana bro muttohar

      Biar Indonesia makin uber alles!!!

      Hapus
    3. 1.2 aja sdh mantaf bener. Naik 2 basic point tiap tahun, panas dingin tetangga.

      Hapus
    4. Uber Alles Die Weld.

      Beo Nazi detected, Papa Hitler Proud 😂

      Hapus
  4. 2% PDB, bisa beli Banyak tank type destroyer, kapal permukaan type destroyer, senapan type destroyer, boat type destroyer, bahkan ambulans type destroyer pun bisa kita beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambulan type destroyer???😀😁😂😄😅😆

      Hapus
    2. Ambulan gotong artileri 155mm 😍

      Hapus
    3. Mäyatnya ikut prang pastinya hahaha

      Hapus
    4. Atasnya 155mm, kiri kanan rudal anti tank, bagian depan SMB, mesin kombinasi diesel-turbin gas

      Hapus
    5. Ngeri tenan.. 😁😁😁🤣🤣🤣

      Hapus
    6. 155 mm At Gun. behemoth tank njirrr, , ,
      tembus 2 mbt itu wkwkwkwk

      Hapus
    7. Kalau segenap lapisan masyarakat indonesia sudah tahu pertahanan kita darurat alutsista modern ayo kita dukung anggaran pertahanan minimal 2% dari PDB...

      Hapus
  5. Banglasia budgetnya lebih besar daripada myanmar tapi ga perbah shopping karena RASUAH ganas, cukup Planning - RFI - Cancel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti cucunya banglasia,yaitu bangsatsia yamg meneruskan cita2 kakeknya buat shopping,sekarang utang bangsatsia malon gara2 1MFB mencapai 1087 trilyun RM

      Hapus
    2. KENAPA LIBATKAN MALAYSIA BILA INI POST BERKAITAN RI..

      Hapus
    3. Sudah derma koin belum Mr.unknown BLAH BLAH BLAH???

      Hapus
    4. @GredA YA KITA PERLU LIBATKAN JIRAN KERANA SUDAH MENJADI TRADISI DI BLOG INI

      Hapus
    5. Haruslah libatkan malaysia, soalnya tujuan invasi kedepan RI merebut Sabah dan Serawak 😂😂😂

      Hapus
    6. KOHKOHKOHKOH...., Aq cuma team hore, dana sudah cair dari blog DS 😀. Wkwk

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. "Kita tidak berniat mengganggu bangsa lain. Tetapi kita juga tak akan membiarkan bangsa lain mengganggu kepentingan kita,"

    ASHIAAAAP pak pembantu presiden 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ingat Kalo dulu BUNG KARNO berucap

      Amerika kita setrika
      Inggris kita linggis
      Malaysia kita ganyang

      Ada gak ya pemimpin sekaliber BK yang bikin dumia segan terhadap Indonesia

      Hapus
    2. ada tuh, anaknya.
      yg kegnya lebih bagusb kalau di iket di rudal antar bangsa, wkwkwk

      Hapus
  7. Kalau Anggaran Militer Indonesia menjadi 2% dari GDP USD.18-20 Billion...tamadun gradeA- bisa kita jajah...HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. 18 BILION USD? MAU MAKAN APA RAKYAT KAMU..APA ALUTSISTA ITU LEBIH PENTING DARI RAKYAT? 7BILL USD AJA RAKYAT MEREMPAT DIMANA MANA

      Hapus
    2. nunggu mereka invasi dulu. abis itu kita wipe out dari peta dunia😂😂😂

      we want no war. but we wont let other country make joke with us.

      Hapus
    3. U CAN TRY BUT WE'LL SEE HAHA...

      Hapus
    4. Dgn utang RM 1 Triliun Ringgit rakyat Malin nak makan apa lon 😆😆

      Hapus
    5. Bukan 1 trilyun om pit utang malon
      Tapi 1087 trilyun RM gara2 1MDB

      Hapus
    6. PY @ benar keh cem tuh,kalo cem tuh besarnya hutang malon aq nak cakap Omaegot,Omaegot 😆😆

      Hapus
    7. Seekor Beruk malon idiot ketakutan dan jealous 😁

      Kena GST saja beruk malon kepayahan 😁

      Hapus
    8. Serius om pit kerana 1 MDB itu

      Hapus
    9. Ya makan nasilah lon gitu aja tanya, dah miskin idiot pulak

      Hapus
  8. HAHAHAHA..IYALAHKAN BIAR ALUTSISTANYA CANGGIH DAN MODERAN TAPI RAKYAT MEREMPAT TIDAK MENGAPA BOLEH KERJA BURUH OR AMAH DI MALAYSIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyatmu banyak jadi teroris dan bandar judi dan bandar dadah merempat disini

      Hapus
    2. Ngomong aja jealous lon malons

      Hapus
    3. HAHAHA.PANAS YAA..KASIAN BUDGET MILITER CIPUT...TKI 3 JUTA ADA DISANA KARENA KEBUTUHAN AKAN PEKERJA...ITU KAN JUGA KATA TUN M,BANGSA MELAYU DI MALINGSIA PEMALAS....
      LAGI PULA MALAY TIDAK PERNAH PERANG KAN...GIVEAWAY INDEPENDENCE.

      KOH..KOH..KOH

      Hapus
    4. Lha rakyat malon besepah jual dadah di Indonesia tak ko tengok keh lon,cermin diri lon 😆😆

      Hapus
    5. Tak de rakyat Indonesia 3 juta ada di malon,no Links are hoax...terus ko gk malu dan panas dikatakan pemimpin ko Melayu tuh pemalas,aq sih maklum je ko tak malu dan tak panas kerana beruk kan gak ada otaknya 😆😆

      Hapus
    6. Malon 1,18% dari PDB anggarannya tapi itu semua 50% uang kopi rokok proyek

      Hapus
    7. Tipe beruk malon idiot nggak ngerti ilmu statistik.. 😁

      99% orang indonesia bekerja di negara nya sendiri

      99% beruk malon jadi jongos china dan bangla di negara sendiri 😁

      Hapus
    8. Nih brok tinggal dikali jumlah penduduk nanti keliatan persentasenya

      https://themalaysianreserve.com/2018/09/28/govt-plans-to-bring-home-more-malaysians-working-abroad-with-plws/

      Hapus
    9. Serawak sabah banyak yg dibawah garis kemiskinan, tidur dalam rebahan ayam. Di Kl banyak kaum fakir pribumi ygvtergerus kaum pendatang china dan bangla... 😁😁😁

      Hapus
    10. Melayu keje kilang milik cina hoho malon malon miskin tapi sombong

      Hapus
  9. HAHAHA POST TIADA KAITAN AMA MALAYSIA TAPI MALAYSIA JUGA DISEBUT SEBUT RINDU YAH WKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haruslah libatkan malaysia, soalnya tujuan invasi kedepan RI merebut Sabah dan Serawak 😂😂😂

      Hapus
    2. Iya rindu menghina malon🤣😂

      Hapus
    3. Rindulah tuk ngebully MR UNKNOWN BLAH BLAH BLAH

      Hapus
    4. Lah ko sendiri tak de kaitannya ikut komen yg gak mutu ruk..😁😁😁

      Hapus
    5. Klw gak ada hubungannya ya nanti kita hubungkan itu hanya masalah judul ,malon idiot

      Hapus
  10. HAHAHA KORANG JUGA MEREMPAT KE TANJUNG PUTEH TIDAK TAHU MALU HAHAHHAAHHHAHA

    BalasHapus
  11. 🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    🇲🇾🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾  🇲🇾       🇲🇾
    🇲🇾   🇲🇾      🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾     🇲🇾
    🇲🇾     🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾      🇲🇾   🇲🇾
    🇲🇾       🇲🇾  🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾🇲🇾

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾             
    🇲🇾         🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾             
    🇲🇾             
    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾             
    🇲🇾             
    🇲🇾             
    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾

    🇲🇾              🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾🇲🇾
    🇲🇾    🇲🇾
    🇲🇾         🇲🇾
    🇲🇾              🇲🇾

    BalasHapus
  12. liat grapik kita zig-zag gt tapi naik hore haha!👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. menhan terdahulu klo gak salah rikues 220T ato sekitar 15 milyar dolar buat anggaran 2020 supaya bisa memantapkan posisi kite sbg poros maritim duniya.
      poros maritim duniya ituw termasyuk ofensif-pasif klo kata menhan bumi datar cem2nya om smiling haha!🤭🤭🤭
      terbukti nasams pon datang uhuyy haha!👏👏👏

      menhan yg baru rikues 300T, sekitar 21 milyar dolar. walopun anggaran uda diketok 131 Trilyun utk 2020, ada yg namanya APBN-P biasanya ditengah2 tahun anggaran, dijeksi dana tambahan lagi haha!💉💉💉
      anggaran dobel yg diminta tapi visinya difens haha!😉😉😉
      apakah mungkin 21 milyar ituw kita gak agresif kelak? keknya bukan fentungan lagi urusannya, uda pasti godam yg dibeli haha!🤠🤠🤠
      S-400, THAAD, Patriot, silakan antri haha!💰💰💰

      Hapus
    2. Betul ompal,belinya udah pasti high class,gk mungkinlah Indonesia beli JF-17 cem Jiran punya 😆😆

      Hapus
    3. defensip itu bahasa diplomatik om pal.. Maklumlah jiran2 kita kan paranoid semua., Terlebih lagi tuh sMALONS LOW IQ..wkwkwkwk...

      Hapus
    4. nyoihh om pit, jau sangat kabin kopkit ama IFX kite kelak haha!📱📱📱

      Hapus
    5. nyoiihh om bagaz, trauma irama doi..ituw baruw dicubit, gimana dijitak ntar haha!🎃🎃🎃

      Hapus
    6. Ya 250 T pas lah yg penting konsisten
      Anggaran kita untuk jatah modernisasinya yg kecil.
      150 T untuk gaji,perawatan,belanja modal
      100 T nya khusus untuk beli alutsista baru..di jamin Ok Oce 😉

      Hapus
  13. klo liat grapik 10 taon gred a, kyk pluru yg ditembakan dari meriam, lama turuuuunn, balapan ama myanmar haha!💣💣💣

    tapi, herannya myanmar masi shopping soping 3 matra dalam 10 taon ini, makanya berhak masyuk tim elit shopping soping 3 matra haha!👍👍👍
    sedangkan gred a = 0, butulkann gaes haha!😇😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. XSHOPPHING PUN COME CUBA AJA TRY HAHA

      Hapus
    2. 0..LMS 2..APMM 3 BUAH..TOH HOWITZER 105MM JUGA MAU DATANG..

      Hapus
    3. TAK PERLU TRY, CHILY PON BISA KALAHKAN GGK LOL

      Hapus
    4. Kapal LMS & APMM ko tuh bkn kapal perang lon kerana ompong dan tak masuk list..APMM ko tuh bkn aset militer

      Howizher 155 mau datang,MAU aka AKAN...ntah bila2 lah tuh datangnya,maybe tahun 2100 datangnya 😆😆

      Hapus
    5. AKANnya malon nunggu DAJJAL keluar bareng kapal LeMeS

      Hapus
    6. cieeyyee shopping soping 3 matra cuy, militer gred gt haha!💂‍♂️💂‍♂️💂‍♂️

      meliputi:
      alutsista darat yg utama: tenk embiti, tenk medium, tenk amfibi, panser, mlrs, SPH, arhanud
      alutsista laut yg utama: kapal kombatan, LPD/LHD/LST, rudal
      alutsista udara yg utama: pesawat tempur, pesawat tanker/maritim/awacs/angkut, arhanud, rudal pertahanan udara, radar

      klo kapal cg ituw non-kombatan, gak masuk itungan haha!😏😏😏

      Hapus
    7. gaes, kata gred a satuw ituw: try aje, lutu haha!🤣🤣🤣

      lhaaa..kapal CCG panda aja uda mager ratusan hari jajah ZEE gred a, tak ada satupon esyen kata om gagak/MMP

      "CCG masih berkampung di Perairan Bintulu dan Beting Patinggi Ali."

      https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/posts/2383716584984677?comment_tracking=%7B%22tn%22%3A%22O%22%7D

      Hapus
  14. Menurut dia, harus diakui bahwa Indonesia masih lemah dalam segi teknologi pertahanan..DALAM POST WKWKKW..TAPI BAGUS NGAKU KAYAK MAT SABU KWKWW

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWK KAMI TAK PERNAH CLAIM PALING STRONG DI ASEAN, BAHKAN JULUKAN GRED A PON SIAPA YANG HANTAR 🤣

      Hapus
    2. Prabowo said teknologi pertahanan Indonesia masih lemah berbanding US & Rusia,tapi berbanding dgn malon pasti udah ibarat langit dan bumi,Indonesia udah sampe ke langit malon masih di bumi 😆😆

      Hapus
    3. HAHAHA IYALAH RI KAN JAGOH SEMESTA ALAM HAHAHA

      Hapus
    4. Mat sabu menghancurkan pemikiran otak beruk malon idiot yang sok kaya 😁

      Hapus
    5. Unknown,bisa dong Indonesia bermimpi kerana industri militernya dah jaguh di ASEAN berbanding malon mimpi dan mengkhayal terus sampai kiamat tak de kenyataan 😆😆

      Hapus
    6. Tak lupa PTM 6 Gen dalam masa 2 tahun je.... Wet dream kon....


      In reality kemampuan ko baru sebatas vita birahi, tumpangngsari, nyamuk 2.0, tank stread ala mainan itu... 😁😁😁




      Poor beruk malaya..😁😁😁

      Hapus
  15. Gak kebayang kalau beneran jadi 2 % GDP

    2020 Budget Defense RI = $ 8.9 Billion (0.9 GDP)
    Kalau sampai revisi ke 2 % -> $ 18.7 Billion ??

    Biyuh biyuh....
    Ambillah 30 % untuk pembelian alutsista dapat hampir sekitar $ 6 Billion !!!

    $ 6 Billion dibeliin jet F-35 @110 Million = dapet 50 Unit !!!!! alias 3 squadron..!!

    Paling ideal nih :
    2020 = 0.9 %
    2021 = 1.3 %
    2022 = 1.6 %
    2023 = 1.8 %
    2024 = 2 %

    Kenaikan gradual biar gak bikin yang lain sempoyongan, soale di tahun 2024 udah gak kebayang seberapa besar GDP RI yang pasti defense budgetnya bakalan nembus $ 25-30 Billion tahun segituan.. Ngerriyyyy.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro @Superstar...Budget Militer TNI 2% dari GDP sudah diperkirakan jauh hari oleh Jane's. Semoga saja trend ekonomi negara kita terus membaik...

      Hapus
    2. Budget militer bisa 2% apabila pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7% om...kita jgn ikut langkah India anggaran pertahanannya gede tapi rakyatnya masih banyak yg kelaparan dan kurang gizi

      Hapus
    3. Iya bro itu yg dikatakan Jokowi..kalau tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 7%, tapi itu sulit utk sekarang...tapi kalau mendesak bisa saja bro dirubah...

      Hapus
  16. Om,mau tanya

    Apa bedanya tokek sama malons

    BalasHapus
  17. Kalau digabung ame polri anggaran kita sekitar 1,5% dr gdp, sekitar 0,5% lg yg diminta prabowo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. RI dari dulu memang seperti sengaja menyamarkan budget defensenya supaya yang lain "tidak sadar" atau "tetap tenang" :-D

      TNI + Police = $ 8.9 Bil + $ 7.3 Bil = $ 16.2 Billion itu sudah jauh meninggalkan SG sebetulnya... tapi sssttt.. diem diem aja yaa jangan kenceng2 ngomongnya takut ketahuan yang laen..hehehehe

      Jadi keingetan dulu case Police beli peluncur rudal antitank yang heboh jaman pak gatot, mungkin sebenarnya memang buat TNI tapi ambilnya dari budget Police kayane..wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Info alam goib katanya prabowo minta kenaikan 0.5% l, jd sekitar 190 trliun/tahun.

      Hapus
  18. busyeeeeett... 2% dari GDP.. sekarang "cuma" 0,9% saja sudah terbesar no.2 setelah Sing.. Apalagi kalau 2%..??? Tambah stres berat MALONS LOW IQ... 😅😅😅😃

    Bayangkan.. GDP Indonesia sekarang adalah $1.100 billion dollar.. kalau 2% saja berarti kira2 ada $20 billion.. haha.. helloooooww MALOOONS miskin...

    bener kata bapaknya diatas.. jngan tiba2 naik drastis bisa jantungan jiran2.. Apalagi si miskin Melayu MALONS semenanjung auto gantung diri karena stres berat tdk bisa menerima fakta. kahkahkahkahkah.. MALOOOONS AYAM SAYUR.. 😂😂😂😂😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA SEBAB ITU TIDAK BISA DIBANDINGKAN ATAS KERTAS OM..GDPNYA DAN RAKYATNYA LEBIH BESAR RI KEBANDING MALAYSIA..JADI WAJAR AJA KALAU BAJET RI LEBIH BESAR DARI BAJET DEFENSE MALAYSIA

      Hapus
    2. Budget defence Malon miskin hanya mampu beli handy talky 😁

      Kih kih kih

      Hapus
    3. ������ nyerah kalah.....

      Hapus
    4. Bukan alasan beruk pondan, singapure negara dan rakyat nya kecil bajet pertahanan besar

      Hapus
    5. Unknown @ Singapore tuh cem mana pula, rakyatnya Ciput tapi anggaran militernya terbesar di ASEAN

      Hapus
  19. BY PLAIN COMPARISON BUDGET DEFENSE MALAYSIA DENGAN RAKYAT 30+JUTA UTK 2020 SEKITAR 3.8BILL USD..JADI UNTUK RI DENGAN RAKYAT HAMPIR 300JUTA SEHARUSNYA BAJET DEFENSE PALING BESAR DIASEAN KERANA RAKYATNYA PALING RAMAI DAN PALING LUAS KAWASANNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon beli 6 bijik heli plastick kecik pon cancel 😁

      Hapus
    2. Negara singapor pon kecik, lebih luas malon. Tapi kenapa budget militer pon kalah sama singapor, tanda orang malon bodoh2

      Hapus
    3. SINGAPORE ITU TAHU NEGARA MEREKA KECIL DIKELILINGI NEGARA BESAR..INSECURITY MAIN PERANAN..

      Hapus
    4. Eleh banyak cakap ko lon,dari Vietnam pun ko kalah😆😆

      Hapus
    5. Malaysia Kau pun main peranan kan selama ini jadi babu england 999 tahun dan jadi penjaga istana fuckingham,dapat gaji berapa Mr unknown BLAH BLAH BLAH???

      Hapus
  20. MAU NGAK MAU RI HARUS PUNYA BAJET DEFENSE LEBIH BESAR DARI MALAYSIA BUKAN KERANA PILIHAN KERANA KEBUTUHANNYA BEGITU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah masa iya dong secara luas wilayah aja malaysia ga ada apa apanya dengan RI

      Hapus
    2. Bukan mau gk mau tolol, itu tergantung penghasilan negara,,,lha singapur gimana????? Ente mikir kok pakai dengkul 🤦‍♂️

      Hapus
    3. Singapore tuh cem mana pula lon

      Hapus
  21. JADI KALAU RI ITU BAJET DEFENSENYA LEBIH BESAR DARI MALAYSIA ITU WAJAR..KALAU KES SINGAPORE ITU BEDA ONE OFF CASES KERANA SINGAPORE ITU INSECURE..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya Malon tahu diri dengan RI akan lebih santuy

      Hapus
    2. Dasar pendapat bodoh, itu tergantung pendapatan negara' kalau pendapatannya kecil yg kecil jg budget militernya agar keuangan negara tetep stabil' maksa budget militer besar tp pendapatan negara kecil ujungnya ya sreperti malon bangkraps

      Hapus
    3. Mr unknown BLAH BLAH BLAH my jiran,singapore itu menerapkan pola pertahanan sarang tawon sebagai negara kecil,jadi apabila dia diserang laksana 1000 tawon lebah akan datang menyengat

      Tapi kalon malon diserang maka 10000 banci penyuka jubor lari tebirit birit menyelamatkan diri

      Hapus
  22. ASKAR MELAYU DARURAT SENTER LED TUK RONDA MALAM DI ISTANA RATU ELI

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. Dengki,,,,malon idiot low iq, gk ada kepakaran apa pun' taunya hanya sodok dubooorrrr 😂🤣

      Hapus
    2. Yes MR.UNKNOWN BLAH BLAH BLAH TRULLY IDIOT AND LOW IQ PEOPLE

      Hapus
    3. Malon jealous kerana punya budget ciput dan tak pernah shopping 😆😆

      Hapus
  24. 👇👇👇👇👇👇
    🎯🎯🎯🎯🎯🎯

    https://www.thejakartapost.com/news/2019/11/20/wife-of-convicted-terrorist-umar-patek-granted-indonesian-citizenship.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Altantuya? Anwar ibrahim? LGBT?

      Masih banyak yg hancur di negara ko lon

      Hapus
    2. Lon umar patek itu muridnya noordin m top dan dr azahari lulusan UTM biang teroris dan sponsor utama MALAYSIA BISA

      Hapus
    3. Iya tak apa kalo Umar fatek & istrinya dah tobat dan sedar berbanding Nurdin top dan Dr Azhari teroris dari malon yg telah merusak dunia tewas sia2 kerana low IQ 😆😆

      Hapus
    4. Itu dia si nurdin m top petualang an teroris orang Malaya, akhirnya mati konyol difentung densus 88.

      Hapus
  25. Prediksiku jatuhnya anggaran tahun 2021 = 200 triliun - 220 triliun OMG 😮😮😮

    BalasHapus
  26. Kenapa gak Patokan Apbn aja sih, yg nyata kemampuan pemerintah...
    kalo pendidikan wajib 20%
    mustinya Kesehatan & Pertahanan juga bisa dipatok masing-masing 10% x 2500t...

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAH SEPERTI MALAYSIA PENDIDIKAN DAN KESIHATAN PALING BSAR 60 BILLION

      Hapus
    2. Budget pendidikan dan kesehatan Indonesia jg besar tapi budget militerpun tak lupa jg ikut naik,beza dgn malon budget kesehatan dan pendidikan besar dinaikkan kerana diambil dari budget pertahanan yg telah kena cut 😆😆

      Hapus
    3. Malon budged untuk berjudi dan wang kopi sangat besar.. makanya bangkraps 😁

      Ingat rosmah plastic

      Hapus
    4. Budget pendidikan besar berbanding terbalik dengan kemampuan produksi tempatan...maharogol berjaya di limbungan...tamingsari...mana ada produksi alutsista malon

      Hapus
  27. Voltus voltron tak ikut rembug nasional ? Mohon kontribusinya 🙏😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pindah kewarganegaraan dapat suaka dari ostrali si anak gaban voltus voltron

      Hapus
    2. Voltus voltron lg ikut ujian CPNS di Kemenhan bro 😆😆

      Hapus
  28. Berkat MALONS bikin gaduh di Ambalat membuat semua komponen masayarakat Indonesia bersatu. Terlebih anggota dewan yg terhormat. dan efeknya setiap th anggaran pertahnan selalu naik..haha..

    Ayo dong MALONS LOW IQ bikin pasal lagi dengan Indonesia...!! 😂😂😂😂😅😅..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,ada hikmah dari malon yg suka mengganas di sempadan Indonesia

      Hapus
    2. Ayo lon harap Indonesia di provokasi lagi, biar anggaran pertahanan RI melonjak naik dengan drastis.

      Hapus
    3. Silakan pilih pancing pasal di sempadan laut atau darat...., Please.....uhuk uhuk....😋😋😋

      Hapus
  29. Nek artikele muni nggene iki njur darurat opo meneh............🙆🙆🙆

    BalasHapus
  30. INDONESIA DARURAT MENHAN TYPE PRESIDEN DESTROYER WKWWKWKWK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malay Country :"poking ambalat and sebatik"
      Prabowo As Menhan : "OMAEWA MO, SHINDEIRUU......"

      *Maju Tak Gentar song intensified*

      Hapus
  31. 0.9% dahbuat jiran senam jantung opo maneh 2% yo modiar pak menhan.. auto barang nomer wahid kebeli semua... uhuy.. tapi tetap utamakan tot dan pemeliharaannya pak jangan asal beli kayak si...(isi sendiri)...mangkrak kabeh

    BalasHapus
  32. Gw berharap suatu hari pak Menhan saat rapat teriak "INDONESIA DARURAT SEMUA TYPE DESTROYER...!" Dan DPR akuur sambil standing applause 😁🤟

    BalasHapus
  33. Baru 0,9% dari PDB , myanmar aja 2% dan Malaysia sudah di atas 1% , hadeeeuh emang pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang sedang terpuruk dari 6% jadi turun ke 5%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malay lebih parah 4,4%...di bawah Indonesia 5,1% di tahun 2019.

      Hapus
    2. Udah tau pertumbuhan singa pura mas ? Coba liat pasti kaget. Skrg terjun bebas dari minus ke 0.5 percent. 😲

      Hapus
  34. "Lha wong airbus wae selow bae, pesawate arep dijenengi opo.....kok malah poro warjager nyinyir ora jelas 🙄"

    https://www.airspace-review.com/2019/11/21/dilengkapi-probe-di-brasil-c295-diberi-kode-sc-105-amazonas-sar/

    BalasHapus
    Balasan
    1. C295 panen => India, Kanada.😳

      Apik men camo wek'e Brazil..👍

      Hapus
    2. Airbus ra urus kode, sing penting payu akeh & servisan rutin..😁

      Hapus
    3. lha erbas emg gak masalah dr dolo yg fenting duwit masyuk haha!🛫🛫🛫

      akan tetapi yg namanya "NOMENKLATUR" tiap negara ntuw beza2 om smilikity haha!😎😎😎

      kyk kanada, mrk pake nomenklatur mrk.
      pespur = CF-18
      patroli maritim = CC-295

      tp disini kan beza, ada nomenklatur buat pesawat yg dilisensi tni lewat sang "fete" kalo:
      bell412 = nbell412
      bo-10 = nbo-105
      c-212 = nc-212

      tapi yg ituw tuch, secara sepihak tanfa konsultasi ama tni-au, pasang kode
      c-295 jadi cn-295
      padahal seharusnya, NC-295 mnurut petinggi2 tni-au lintas jaman haha!🤓🤓🤓
      dan para mik-jeger pon pd se-7 haha!🤠🤠🤠

      perbedaan keyakinan ini disebabkan sang "fete" ituw tuch secara sepihak, ada tulis kode yg tak biasa dipake utk pesawat linsensian yakni CN haha!😜😜😜

      Hapus
    4. knafa fete brani?mnrutu guwe sich kerna manajemen sang fete yg dolo, uda berasa yg punyak pesawat haha!😁😁😁
      kutipan dari media, klaim sang kumendan fete "Untuk wilayah Asia Pasifik, PT DI menjadi dealer utama CN 295"
      dan sang fete pon giat promosi "produksi" terbaruw mrk kemana2 termasyuk negeri2 asean cem vietnam, gred a dan filipin.
      padahal dijaman ituw, kita sendiri impor c-295 7 bijik dr 2012, 100% lgs sepanyol haha!😝😝😝

      rumusnya dibalik ama fete, dari seharusnya, 2(sepanyol)+ 7(bandung) jadi 7(sepanyol) + 2(bandung) utk kontrak angkatan udara, demikian laporan asisten babehnya om smilikity haha!😋😋😋

      Hapus
    5. tak hanya sang fete, pejabat kabinet & kedubes pon dilibatkan buat tur promosi.

      uda sekian lama promosi, dengar kabar tiba2 vietnam, filipin minat, tapi belinya lgs ke sepanyol, kocak kan haha!😅😅😅

      kesian para pejabat negara uda kluar duwit byk buat promosi keluar negeri, lenyap bok haha!😅😅😅

      Hapus
    6. ntar ada bertanya2, kok dulu fete gak diajak ngembangin c-295.
      lah kebalik, dulu kita ninggalin casa ngembangin n-250 haha!😅😅😅

      casa pon uda dilep erbas, sang fete pengen jugak keknya, tp kan gabisa..cuman berasa doank masi haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Wah ini yg bikin trauma, tapi serendah rendahnya fete or pak Habibie alm masih dapat royalti dari jasa bikin design kepala dan cockpit pesawat c 295.

      Hapus
  35. Katanya kita doktrinnya bertahan maka cocok dengan pertahanan rudal di perbanyak ... Rudal dekat sampai jarak jauh hemmm...bisa s300. s400 .pantsir .buk m3.. Iskander sekalian rudal kaliblre

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoih donk pedang, kalo hongkong bisa bikin rudal, pst ditulis tuch ama om menyan haha!😇😇😇

      Hapus
    2. Om pedang cari yg pasti pasti aja Rusia punya mantab rudal pertahanannya.....klo punya Amrik barat meragukan bagus iklannya doang...terbukti rudal patriot di aramco gagal total menahan serangan rudal jelajah dan drone

      Hapus
    3. NDARRRRRR.... DICELUK NDARRR. NDANG SOWAN MORO LELUHUR MENYAN NDAR.....


      ONO KUTANG TYPE DESTROYER NDARRR

      Hapus
    4. ya kalau Patriot bukan kapabilitasnya bang @Menyan buat ngehadang drone. Patriot itu gadakannya Pespur atau Rudal balistik, coverage radarnya sulit kalau ngelihat sasaran di bawah ufuk. kalau untuk drone makai patriot itu ibarat ngancurin kucing makai tank, bukan porsinya. itulah mengapa dibutuhkan Shorad macam Rbs 70 atau Skyshied yg bertugas ngancurin serangan jarak deket hmmmmm......

      yaidah, gw mau masarin ASTER 15 dan 30 aja biar bisa saingan sama S300 dan S400nya om Menyan

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Om palu sayang Hongkong Ndak bikin😄

      Hapus
    7. Om Van muttohar Aramco saham terbesar dimiliki mamarika pastinya sudah memikirkan parameter untuk melindungi kilang dari berbagai serangan ya kan....intinya parameter perlindungannya senjata penangkisnya jebol

      Hapus
    8. bukan gaada penangkisnya yg mumpuni, , waktubitu memang yg megang keamanan aramco dipegang oleh menteri dalam negeri, jadi pengamanan seadanya. meskipun pemegang saham pihak asing tetap saja pemerintah lokal berhak menentukan parameter keamanan.

      dan itulah salah satu kelemahan negara kalau memiki budget besar tapi SDA kualitasnya minim. merrka berfikiran ga bakal ada serangan di obvit non kombatan makanya santai" aja sebelum terjadi serangan. toh akibat isiden ARAMCO Pemerintah dimari juga lebih waspada.
      kalau jebol emang jebol, soalnya gaada perlindungan Level shorad buat nangkis drone dan litering munition.

      saran gw oke elu memuja chauvistme, dan suka senjata blok timur tapi seenggaknya bandingin sesuatu itu yang setara jangan mbandingin keg "Nabi sama Pahlawan, gan ga ngotak tuh yg bandingin Nabi sama Pahlawan"

      kalau mau lihat kurangnya S300, S400 banyak kok, ada yg gagal luncur dan malah jatuh di TEL nya sendiri, kasus kemarib juga Pantsir suriah di hancurin, hmmm apa lagi, klaim Isrrael yg mampu nembus s300 dan s400. ya semua senjata ada kalanya ga berfungsi dengan baik lah.

      kalau mao S400 tunggu ada yg bikin panas aja dulu, masih bagaikan punguk merindukan bulan kalau sekarang, entah 10 tahun lagi. toh lagian masi ada alternatif lain. percuma juga kalau rudal versi export cuma dibatesin sampe 300km ae

      Hapus
  36. Kalo misal beli senjata kloningan dari belarusia or Ukraina ? Plus terhindar dari sangsi caatsa.

    BalasHapus
  37. Tak lupa PTM 6 Gen dalam masa 2 tahun je.... Wet dream lon....


    In reality kemampuan ko baru sebatas vita birahi, tumpangngsari, nyamuk 2.0, tank stread ala mainan itu... 😁😁😁




    Poor beruk malaya..😁😁😁

    BalasHapus
  38. Ealah ada yang mau nembak drone pakai rudal berdiameter 41 cm ? Kegedean mase.

    Drone itu lawannya PSU atau disebut juga AA gun seperti oerlikon atau pantsir.

    Tapi kalo AA gunnya memble jika berhadapan dengan yang seharusnya dilawan yaitu drone maka AA gunnya itulah yang jelek.

    Antara pantsir dengan S60 saya lebih ngejagoin S60 sebab S60 sudah terbukti bisa merontokkan ratusan jet berkecepatan tinggi dibanding pantsir yang malah ditubruk drone tanpa bisa melakukan perlawanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.detik.com/news/berita/d-4794440/jokowi-ke-prabowo-dkk-soal-pengadaan-alutsista-setop-orientasi-proyek

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan supaya pengadaan atau pembelian alutsista tidak berorientasi proyek. Justru, Jokowi meminta untuk peningkatan kemandirian produksi alutsista dalam negeri.

      Hapus
    4. Untuk itu, Jokowi meminta Prabowo dkk tidak membeli alutsista yang ketinggalan zaman. Pengadaan alutsista mesti memperhitungkan corak peperangan di masa depan

      Hapus
  39. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    �� WA : +855 17640528
    �� LINE : EDENPOKER
    �� Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum
    Kami mas agus dari surabaya ingin menyampaikan kisah nyata kami siapa tau ada yg ingin seperti saya.

    Meski hidup dulu dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari salah satu restoran namun itu semua sudah berakhir semenjak covid19 karna saya di phk, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawaroh. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.

    Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.

    Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal, alhamdulillah dalam proses 3 hari 3 malam kami bisa membuktikannya.

    Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan rezeki secara halal dan tidak merugikan orang lain.

    Alhamdulillah semoga atas bantuan ki soekardjowinoto terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
    Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan seperti saya silahkan
    hubungi
    Ki Soekardjowinoto di:082-332-466-717 beliau juga bisa membantu melalui pelet, pengasihan, pemikat dan penglaris usaha/dagangan. Semoga pesan saya ini dapat bermanfaat kepada saudara(i) semua. Salam sukses semua

    BalasHapus