28 November 2019

Bell 525 Jadi Opsi Helikopter VIP/VVIP TNI AU

28 November 2019


Bell 525 Relentless sebagai pesawat angkut VIP/VVIP (photo : Bell)

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI AU masih membutuhkan helikopter VVIP baru untuk menggantikan AS-332 Super Puma yang saat ini masih dioperasikan. Helikopter H225M bikinan Airbus Helicopter (Eurocopter) muncul sebagai kandidat kuat. 

Namun belakangan, kandidat lain juga muncul, yakni datang dari pabrikan helikopter AS, Bell dengan seri 525-nya. 

Saat ini, tim dari Bell disebut tengah melakukan penjajakan dengan pihak-pihak yang terkait di Indonesia, termasuk PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang selama ini merakit dan memproduksi komponen helikopter Bell di Indonesia. 

"Ya betul, ini kan ada operational requirement dari TNI AU untuk pesawat (helikopter) VIP/VVIP, kita perlu yang semaksimal mungkin memenuhi itu," kata Gatot Mulia Pribadi, VP Business Development and Marketing PTDI. 

"Opsinya kemarin ada H225M, kita juga menjajaki yang lainnya, salah satunya Bell 525 itu," kata Gatot dijumpai KompasTekno di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Dikatakan Gatot, penjajakan ini masih dalam tahap awal, sehingga tim dari Bell akan mempresentasikan apa saja kemampuan yang dimiliki oleh Bell 525 kepada para stakeholder.


Sebagai data komparasi MTOW Bell 525 adalah 9.3 ton, H225M sebesar 11.2 ton dan AW 101 sebesar 14.6 ton (photo : Bell)

"Kalau H225M itu kan sudah diketahui (kemampuannya), sudah dioperasikan TNI AU," kata Gatot. 

TNI AU memang sudah mengoperasikan enam unit helikopter Eurocopter H225M. 

Namun semuanya memiliki spesifikasi sebagai combat SAR, bukan angkut VVIP. Kemudian pada awal 2019 lalu, 8 H225M kembali dipesan. Namun perlu diketahui, keluarga H225 pernah mengalami kecelakaan fatal pada 2016 lalu di norwegia, yang membuat regulator meminta pabrikan mengubah desain gearbox. 

David Sale, Managing Director Asia Pacific Bell pada kesempatan yang sama juga membenarkan bahwa Bell selalu mengincar segmen VVIP seperti kepala negara, di setiap negara yang menjadi pasarnya. 

"Kami selalu mengincar kepala negara, baik itu di Indonesia, Filipina, atau Thailand, kami menawarkannya (Bell 525)," ujar Sale.

Menurut Sale, Bell 525 adalah helikopter unggulan untuk transport VIP, karena dilengkapi teknologi fly-by-wire, mampu terbang dengan kencang dan lincah, sehingga menjadikannya platform yang sesuai untuk VVIP. 

Beberapa fitur Bell 525 yang ditawarkan Bell Helicopter adalah seperti kabin yang senyap, sehingga penumpang bisa berbicara tanpa harus menggunakan headphone, interior kabin yang bisa disesuaikan, pengaturan kursi tempat duduk, dan sebagainya. 

"Semua yang biasa dijumpai di jet pribadi bisa dijumpai di sini (Bell 525)," kata Sale.

(Kompas)

129 komentar:

  1. Balasan
    1. Awewe daripada gak dipake mending ditambahin 5 unit buat TNI yaa.. dijadiin angkut militer sekalian

      Hapus
    2. Aw101 kita kenapa sih? Gak ngikutin beritanya

      Hapus
    3. ada yang di songlap gan, mainan mahal itu.

      Hapus
    4. Masih belum kelar ye..
      Gapapa ta kalo gk segera dipake? Supraku ae ben isuk dipanasi...

      Hapus
    5. Masalahnya sebenarnya sudah kelar kan pelakunya sudah di tangkap.
      Cuma yg di sayangkan terlepas dari masalah mark up..ya heli seharusnya tetap di operasionalkan.
      Kalau tidak ya sama ja bodong..heehee

      Hapus
    6. Yg jadi masalah masih adanya beda pandangan.
      PT.DI minta heli sekelas itu harus beli di PT.DI.
      Sementara spek TNI AU menginginkan heli yg daya angkutnya lebih besar & mempunyai Ramp door.
      Namun ada masalah mark up jadi hilang lah sudah kepercayaan untuk membeli awewe kembali.

      Hapus
    7. Yang jadi masalah juga, Awewe merlin itu nggak sesuai spek heli angkut dan SAR.

      Yang harusnya pakai ramp door tapi yang datang hanya pintu kecil di belakang.

      Yang katanya untuk SAR tapi nggak ada hoistnya.

      Kelihatan banget kalo itu tadinya adalah heli vip yang dicopoti kursi vipnya dan diakui sebagai heli angkut sar.

      Hapus
    8. gitu ya om tung, padal di serial James Bond - Skyfall si Awewe punya ramp door yg gede bat + bisa dipasang sound system loh.

      sayang deh kalau heli macam itu mangkrak.

      Hapus
    9. Masalahnya masih gantung mas tupez....sampe sekarang KPK mentok ketika mau menyelidiki lebih jauh siapa master mind nya yg berlindung dibalik UU kerahasiaan negara....maka Pak Joko grundelan

      Hapus
    10. Iku disik Sing iso mecahke misterine ki aku lho mas @mutohar.....coba mang lacak komen-komenku neng indomiliter, artikel terkait kasus heli iki 😎

      Hapus
    11. Nickname #Bu Koni.....sing liyane gor iso tiru-tiru 🕵️🕵️🕵️

      Hapus
    12. "Umuk sithik, ben keno nggo crito neng anak-putu.......😎"

      https://www.indomiliter.com/dibalik-sengkarut-pengadaan-helikopter-aw101-dan-ec725-super-cougar/

      Hapus
    13. naaachh kan om smiling ngaku fans berat ibu menhan bumi datar haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    14. "Iku sing nickname #uling putih.....aku juga oknumnya 😂🏃💥💥💥"

      https://www.indomiliter.com/tanpa-basa-basi-helikoper-aw101-utility-tni-au-telah-mengangkasa/#more-11849

      Hapus
    15. eiittt sebentar om woof2, tni-au emg heli sar, namun mnurut renstra juga butuh heli VVIP 3 bijik jugak. kalo mau dicari akarnya, sejak MEF 1 jugak uda disebut kuoo pengadaan ini, kerna gak tekerjar maka lanjut ke renstra slanjutnya..biasa ituw haha!😝😝😝

      nach kerna sang fetedei gak sanggup & gak siap memenuhi spektek keinginan tni-au. maka dicari diluar produk tawaran fetedei.
      mnurut guwe sich gak masalah, dan diundang2 jugak diperbolehkan kok, selama dlm negeri tak tersedia. pdhl klo mao jujur fetedei "IMPOR" utuh jugak haha!😆😆😆

      Hapus
    16. Nah ini persoalan di sini om Har212...mencari dalang utama itu sangat sulit..sama seperti mencari jarum di lautan..hhaàhayy

      Hapus
    17. tambahan 6 bijik AWEWE tersebut adalah 3 versi VVIP dan 3 versi angkut berat/SAR.

      versi angkut berat & kombat sar ini nanti baru ada tali pancing om smiling ama pintuw"RAMPA" guedenyaaaaaaaa geto lokh haha!😝😝😝

      kalo om woof2 dan netijen laen bilang gak sesuai spek, lah baru 1 yg dateng kuooo jenis VVIP pulak haha!😜😜😜

      Hapus
    18. Awalnya heli aw-101 ini memang diajukan utk heli VVIP (malah pak gatot membahas pengadaan heli vvip ini dlm RDP dg komisi I), tapi setelah ditolak presiden, pengajuannya disulap jadi heli CSAR.....padahal barangnya yg itu-itu juga, cuma kelirnya dilabur jadi loreng sembari membentuk opini publik besar2an diberbagai masa media

      Hapus
    19. Nah itu tadi om tukang ngitung.
      Ada kabar nie memang heli VVIP bekas heli tolakan dari indihe..makanya speknya VVIP.
      Bukan CSAR.
      Inilah kalau pengadaan proyek..pakai lelang2 tender ke PT..rawan korupsi & mark up.
      Lebih baik pengadaan beli alutsista dari luar dengan format G to G.

      Hapus
    20. sbnernya ada kesalah pahaman mnurut guwe.
      gini jalan crita versi yg guwe tau, ciecieee haha!😆😆😆

      fetedei ituw punya kontrak pertama karakal 6 bijik dengan opsi tambahan 6 lagi.
      kerna fetedei ituw uda dijanjiin kontrak tambahan, keknya doi diomelin ama yg punya pabrik heli sewaktuw pihak "BABEH"nya om smiling ganti suplayer dan ubah spektek haha!😇😇😇
      kerna kecewa, biasa dech, lgs mewek2, gak keruan pamer bisa bikin tailbum ama bodi. padahal smua jugak tau fete uda lama dpt kontrak erbas. tp gak py kemampuan bikin heli, eeittt ada yg maara pst haha!😛😛😛

      Hapus
    21. Sampe sekarang masi teringat penyangkalan babenya om Palugada yg ga ngakuin kalo heli ini bekasan india....malah di media, bliau bilang kalo heli ini dibikin baru, sampe pengerjaannya pun ditungguin oleh personel AU siang malam 😂😂😂

      Hapus
    22. Babenya om @palugada ini adik littingnya om ku ketika sama-sama menjabat jadi kumendan di jogja....jadi tau kayak mana attitudenya

      Hapus
    23. emang klo menurut menhan bumi datar kesayangan om smiling, yg salah adalah di birokrasinya alias paperworknya.

      tp sperti yg guwe jelasin kemarin ama om yufi..di mana tuch, cari ndiri yak haha!😆😆😆
      gak mungkin kemenkeu ngluarin duwit, tanpa rekomendasi kemenhan!
      klo BABEHnya om smiling uda jelas, ada isi DIPA dsb.
      klo ada anggaran(duwit) ngucur tapi gak dibeliin barangnya, ituw malah bahaya mnurut BABEHnya om smiling.

      nach siapa dibalik sengkarut ini, sbenernya bisa dicari klo minat.

      eiitt sengkarut heli ini bukan hanya di melulu soal neng AWEWE loh, di matra laen jugak ada..ampe skrg helinya mangkrak belasan tahun haha!😱😱😱

      Hapus
    24. ahhhh kan om smiling kesayangan pake diajak naek jetski ke maladewa ehh maldives yg kerenan uhuhuyy haha!🏖🏖🏖

      Hapus
    25. Aku gak ngerti scr mendalam tapi katon yen sistim neng jero bermasalah....lan sing dadi ujungtombake yo oknum sing berperan wiwit seko alur perencanaan

      Hapus
    26. Coba seharusnya tidak ada Mark up.
      Mungkin Awewe sudah punya 6 bijik di mari.
      Harganya 1 bijik cuma sekitar 500an M di mark up jadi 700an M
      JanCuk gak tuh.heheehe
      Ya begitu lah kisah sedih neng awewe yg sampe sekarang masih single.

      Hapus
    27. Gak punya integritas nggono istilahe....yen soal alur penganggaran ki rak barang mati, tapi justru oknum sing menginput kui sing dipertanyakan 😎

      Hapus
    28. Rak ono ungkapan lawas:" Yen kepingin ngerti karakter asli seseorang.....wenehono jabatan ☝️🏻"

      Hapus
    29. klo pada baca disebelah, kan uda guwe tulis tuch. tugasnya kemhan buat apa.
      kerna tiap matra itu gak pegang kuasa pengguna anggaran(KPA) buat shopping soping alutsista okeh oceh👌👌👌

      sbnernya tinggal dicek aja link antara kemhan dan kemenkeu. gt aja kok refot haha!😅😅😅

      jadi klo om smiling kyk gitu harep maklum gaes, gak dafet jatah haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    30. Yg bermasalah pengadaan Heli Mi-2 buat penerbal ya om pal...heheeehee
      Helinya cuma di panasin gak di terbang2in.
      Jahatnya cari wang2 kopi ya begini akibatnya..hehehee

      Hapus
    31. Saben ono kasus koyo nggene iki, mesti ono pemain depan lan pemain belakang layar sing ora katon wujude ....mulo yen pemain depan ga due integritas kan luweh sayang jabatan yo bobol pertahanane 😎

      Hapus
    32. om tupz, yg dateng kan cuman 1 ekor...uda gt VVIP pula, gimana gak mehong..paketannya kan tools, pelatihan ama 2 taon sperpart haha!😆😆😆
      ditambah ini barang kan belinya kagak tunai mangkanya ada pihak lain.
      emangnye klo kagak kena bunga ape haha!🌹🌹🌹
      ituw biasa kok liat aja beli apc & sph bekas belgi liat aja siapa yg ngurusin
      blom yg laen2.

      nach kerna cuman semata wayang, buat slanjutnya harusnya bisa turun klo pada datang. apalgi wkt ituw mao total ganti suplayer. yg buat csar ato angkut berat bisa lebih banyak haha!👏👏👏
      dgn twaran teote, katnya selusin dapet gt kan

      Hapus
    33. Coba heli aw-101 nya ditawarin ke menhan....paling cuma buat kipas-kipas brosurnya 🤗🙄

      Hapus
    34. Ya dari pabrikan sono begitu janjinya beli 12 bijik heli berbagai jenis merk aw dapat Tot.
      cuma sygnya kalaupun TOT yg nampung siapa om pal..PT.DI sepertinya belum mau deh..hehehe

      Hapus
    35. Ya ga mungkin lah mas, beli "12 biji berbagai jenis" langsung dpt TOT....ga ada pabrikan yg mau begitu ☝️🏻

      Tapi maksudnya beli "12 biji dari satu tipe" aka beli 1 skadron baru dapat TOT 👌🏻

      Hapus
    36. nyoiih kesian heli mi-nya yach om tupz, pdhl di polisi operasioanal..tau gt dihibah aja dulu yak haha!😝😝😝

      Hapus
    37. ntuw dia, om tupz..mro heli py pelita kali minat haha!😋😋😋

      berawal dr yg kecil, lama2 gde jugakkk haha!🙄🙄🙄

      POLRI beli 11 bijik, ntar jugak dikirim ke pdk cabe, pas haha!👏👏👏

      Hapus
    38. nach yg lucu soal erbas a400m ntar siapa yg pegang mro-nya pelita ape sang fete haha!🤗🤗🤗

      misal teote mro yg dpt pelita, bakalan seruw nich.
      scara klo jadi yg beli kan induk semangnya mereka yg kluar duwit bkn sang fete, gigit jempol dach 👍 haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    39. bialing dech buat kifas2, yg fenting masyuk satu..peninggalan bersejarah BABEHnya om smiling hore haha!👏👏👏

      Hapus
    40. makanya guwe bilang ke om yufi kemaren ituw, blom perna ada ganti menhan ganti selera.
      yg ada, ganti kepala staf ganti selera, yg se-7 kasi jempol, like, sabsekraib dan komeng di yutub om antiembalgo hore mare haha!👋👋👋

      Hapus
    41. @smilinghari212 Yah, namamnya instansi pasti ada "oknumnya" kumendan. Karena sudah jadi budaya selama 32 tahun dibawah komando "The Smilling General". Jadi walaupun dari luar keliatan bersih dan kokoh, pasti setetlah dicek ada yang nyeleweng. Mungkin butuh waktu yang sangat panjang untuk mengakhiri budaya "KKN" ini, karena hal ini sudah mendarah daging. 😋😋😋

      Hapus
    42. Uling Putih 26/12/2016
      @ayam jago

      Bang AJ, bgmn menurut abang ttg aspek perencanaan dimatra udara…bgmn bisa pengajuan heli VVIP yang telah ditolak, diajukan kembali dg berubah spek secara tiba2 mjd heli angkut medium+sar (demi goalnya pembelian 1 unit heli ini)? Padahal PT. DI bisa menyediakan produk dg spesifikasi ini.

      Kalo kita perhatikan 2 gambar heli aw yang beredar belakangan ini, sebenarnya adl heli aw versi VVIP yang hanya dirubah catnya sesuai cammo AU.

      Lazimnya heli aw versi angkut medium&sar memiliki ramp door,1 collapsible door (disisi kiri-depan) dan 1 sliding door (dikanan-tengah)…sementara pd gambar yang beredar, sliding doornya ditiadakan (krn memang aslinya versi VVIP). Bukankah ketiadaan sliding door berukuran besar tsb, justru menurunkan spesifikasinya (sesuai tipe yang tiba2 diubah) karena menghilangkan aksesibilitas personil dan muatan serta akses hoisting pd pintu yang lebar?!!!

      Hapus
    43. Iya om Mut.........itu ☝️🏻 saya 😁😁😁

      Hapus
  2. si cantique AWEWEEEE101 semata wayang gak ada lawanlah haha!😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi syg om gak di operasionalkan.
      Seharusnya masalah ya masalah
      Ya operasional tetap operasional.

      Hapus
    2. susah om tupz, leopard aja kagak ditengok apalagi neng AWEWE, gengsi donnkkk haha!🤗🤗🤗

      Hapus
  3. Namun semuanya memiliki spesifikasi sebagai combat SAR, bukan angkut VVIP. Kemudian pada awal 2019 lalu, 8 H225M kembali dipesan. Namun perlu diketahui, keluarga H225 pernah mengalami kecelakaan fatal pada 2016 lalu di norwegia, yang membuat regulator meminta pabrikan mengubah desain gearbox
    -----------

    uda dech gak usa bawa2 kasus memilukan 2016 laluw yg bikin menhan bumi datar kesayangan om smilikity semangat haha!😜😜😜

    tp lihat yg terbaruw 2019 bulan desember, baru serpis serebu jam haha!😏😏😏

    Crashed Korean H225 Had Recent Maintenance
    https://www.ainonline.com/aviation-news/general-aviation/2019-11-04/crashed-korean-h225-had-recent-maintenance

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin H 225 jangan sering main2 ke laut..jadi mabuk laut crash dah 😁

      Hapus
    2. In the Turoy crash, a fracture in one of the main gearbox’s second-stage planet gears caused the rotorhub and the main rotors to depart the aircraft in fligh

      Hapus
    3. However, fresh safety concerns about the H225 re-emerged just last month when EASA issued an emergency airworthiness directive requiring the replacement of certain module bevel gears in the helicopter’s Safran Makila 2A and 2A1 turboshaft engines (EASA AD #2019-0247-E) following a reported in-flight engine shutdown.

      Hapus
    4. Bagian iki ☝️🏻 kok ra ono sing ngreken 🤔

      Hapus
    5. prasaan uda guwe riplei dech hhmmn kemana dia haha!🤔🤔🤔

      Hapus
    6. nach ktemu..disinilah seharusnya kaw berada meng haha!😉😉😉

      ----------
      keknya begitchu om tupz, mangkanye petronas pon ogah lg pake karakal, ngerih om haha!💀💀💀
      berdasar survei dr link diatas:

      "A 2017 survey conducted by Airbus found that 62 percent of respondents would not fly on it"

      buset klo uda sampe 62% pasti anjlok permintaan.
      logika guwe tuch, harga harus turun alias diskonlah.
      dikita kebalik, kok malah naik 👆 haha!🤭🤭🤭
      liat aja tuch, tentera gred a ditawarin py petronas geleng2 haha!😅😅😅

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. tarik kesini jugak riplei om tupz haha!😊😊😊

      ------

      Tupez 0128 November 2019 11.25

      Karena 2x jatuh di laut..ya makanya harus dipertanyakan..
      Makanya untuk safety Caracal kita sementara jangan dulu main2 di laut...biar NAS 330 Puma aja yg lebih bandel om pal..hehhee

      Hapus
    9. nyoihh om tupz, maksudnya NAS-332 kali om py fetedei, eh lisensi denk haha!🙏🙏🙏

      Hapus
    10. nyoiihh om tupz, apalagi ituw heli baru serpis 2019, gak pake desember(pembetulan diatas-red)haha!😋😋😋

      "service after completing a 1,000-hour heavy inspection."

      masi cilaka aza, dr 62% bisa naik lagi tuch repondennya "ngerih"nya haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. The accident helicopter entered service in 2016 and is one of two operated by 119. It has two more H225s on order from Airbus and also operates a pair of smaller Airbus AS365 N2s. The two-pilot flight crew was described by multiple sources as highly experienced.
      ---------------------

      wahh, seangkatan ama heli karakal kita om tupz..wedewwww seyemmm haha!👻👻👻

      warganet jugak ferluw tau, dolo heli baru kita sempat "TERLAMBAT" haha!😅😅😅

      bukan hanya kerna kontrak epektip segala seperti yg disebut om kacamata fetedei haha!😆😆😆
      yg jadi acuan om smiling di tempat2 arisan segala haha!😋😋😋

      namun, ituw heli pesanan blom siyap & lengkap.
      satu lagi yg faling penting. heli baruw ituw gak bekerja sempurna alias rusak, tebak bagian mana yg rusak?
      tp syg media gak kasi porsi liputan, soalnya lg heboh yg ono noh..yg ghoib di halim haha!😅😅😅

      menurut dispen yg baruw saat ituw, 2016 aja mangkraknya aja 3 bulan, apalagi spanjang taon 2017 haha!🙄🙄🙄

      isu soal keterlambatan model gini2lah yg bikin kesiapan tempur angkatan udara berkurang.

      klo gak siyap, kesian kepala stafnya donk ntar dimarain panglima sbg pengguna utama, begitchu temans haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    13. oleh kerna kesiapan yg rendah model2 gt ituw, slh satuw tindakan yg diambil BABEnya om smiling tau sendiri kan.
      yg baru aja ribet apalagi yg lama, ampyun dach haha!😅😅😅

      tp namanya "anak emas" mo gimana jugak sang fete pst laen dimata "CEO" negeri ini.
      beruntung saat ini kumendan fete uda dirisafel alias digeser haha!😇😇😇

      moga2 kedepan kinerja sang fete semangkin bagooosss haha!👍👍👍

      Hapus
    14. Bukan begitu om pal
      Sejak dahulu
      NAS 330 J Puma kita sudah merakit om masih zamannya IPTN
      Kita merakit 11 unit.
      NAS 332 Super Puma ini Adiknya si Puma..heehee
      Baru crot lagi adiknya si Caracal...xixixii

      Hapus
    15. Coz sy hafal om...zmn masih kecil saya suka ikut naik si Puma ataupun Twinpack di komplek...saat lat Rapling SAR.
      Heehee

      Hapus
  4. Bagaimana dengan malon lihat jirannya shoping pasti melancap kat bilik termenung, budjet kecik bagus buying layang-layang je 😂🤣😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon dah punya sendal kipas om, sebagai angkut VVIP. Sampai PM nya speechless dan terbelalak matanya.......

      Mungkin dalam hati beliau berkata “betapa hebatnya kejongkokan IQ engineer yg menciptakan barang ini”

      Wakakakak

      Hapus
  5. "Opsinya kemarin ada H225M, kita juga menjajaki yang lainnya, salah satunya Bell 525 itu," kata Gatot dijumpai KompasTekno di Jakarta, Rabu (27/11/2019).
    ------------------

    nach guwe demen VP fetedei yg seperti ini nich, nawarin semua yg ada dlm daftar menu mrk, bukan hanya satu macam ajah haha!👍👍👍
    kalo yg dulu kan PDAM mlolo haha!🤣🤣🤣

    toh bell juga uda puluhan taon mager di bandung haha!🤗🤗🤗
    untung uda ditendang2in tuch yg dolo eh digeser haha!😊😊😊

    BalasHapus
  6. Bell 525 Jadi Opsi Helikopter VIP/VVIP TNI AU
    ---------------

    tawarin ke POLRI jugak donk, kan mrk punya global ranger dr bell.
    apalagi kemarin abis borong heli 11 bijik AW-169 & AW-189 haha!👍👍👍

    https://www.airspace-review.com/2019/08/20/tahun-depan-datang-polri-beli-9-heli-aw169-dan-2-aw189/

    BalasHapus
    Balasan
    1. afa ferluw neng AWEWE dr halim digeser ke trunojoyo, bisaaaaalahh haha!👏👏👏

      Hapus
  7. Beli ini aja. Mesinnya lebih halus, lebih nyama sbg VIP yg sebenarnya. Modelnya pun bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi, soalnye AWEWE-189 uda milik trunojoyo om choko, 2 bijik haha!🤝🤝🤝

      trang aja halus, keluarga mesinnya sama cem py
      AWEWE-189,
      blekhok,
      surion,
      apache,
      cobra
      ampe AWEWE101 haha!🙏🙏🙏

      Hapus
    2. kalo mesinnya satu keluarga kyk gini, kira2 masi ada yg brani bilang, komonalitasnya kurang gak om choko haha!😋😋😋
      ituw daftar masi panjang, blom lg di kelas turboprop fetedei aja fake buat andalannya haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    3. Ala kebiasaan sih gak mau disamain bung...hahahaha
      Apalagi punya pengalaman getir dng si Awe Awe....hahahaha

      Hapus
    4. nyoih om choko, gengsii donkkk hore haha!👏👏👏

      Hapus
  8. Yang penting kalo harganya termasuk spare part lebih murah dari usd 41 juta per unit ya itu yang dipilih. Tapi kalo lebih mahal dari usd 41 juta per unit ya jangan. Mending AW 109 aja, kecil ringan dan murah.

    Kuncinya : efisien, penghematan, daya guna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh bisa naek 68% buat kombat sar itu harga, gimana bisa om woof2. bisa dijelasken haha!😱😱😱

      blom lagi buat konversi ke VVIP model AWEWE kesayangan kita smua, kata om kacamata dr fete ituw dulu, oh bisa tapi tamba lagi..coba tebak brp angka yg dia sebut om woof2 haha!😋😋😋

      Hapus
    2. Makanya aku bilang harganya harus lebih murah dari usd 41 juta.

      Hapus
    3. klo gt neng AWEWE masyuk donk, asyiikk kirimm kiriim haha!😂😂😂

      Hapus
    4. Harga heli kosongan caracal US$ 24,5 juta
      Heli Aw 101 US$ 25 juta
      Padahal harganya bety.
      Ya semoga ke depan bisa nambah AW.
      Yg caracal kan sudah di order 6(sudah ada)+8(order) mbok ngalah gantian gitu..hhehee

      Hapus
    5. niscaya, suatuw hari didepan, pasti okeh oceh om tupz haha!👌👌👌

      Hapus
  9. bagaimana kl heli listrik opsi lbh menarik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ituw barang ada bawa sini om,

      yg guwe tau mobil listrik om, cem dron impor tetangga ituw...cmn blom tau klo kena fetir gimana nasibnya haha!⛈⛈⛈

      Hapus
  10. Kok grade A gak di tawarin yak, cuma indo, pinoy ama thai aje. Kenapa sih kan kasihan tau di cuekin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru warganyet gred a maonya AWEWE101 om unknown667, sila cek toko sebelah haha!😜😜😜

      h225/karakal py petronas yg tak terpakai pon, angkatan darat gred a pon tak minat ambil.
      termasuk si heli mungil & blekhok gretongan brunei haha!😛😛😛

      dah parkir sejak:
      https://themalaysianreserve.com/2017/04/03/major-og-firms-suspend-super-puma-helicopter-contracts/

      Hapus
    2. keknya begitchu om tupz, mangkanye petronas pon ogah lg pake karakal, ngerih om haha!💀💀💀
      berdasar survei dr link diatas:

      "A 2017 survey conducted by Airbus found that 62 percent of respondents would not fly on it"

      buset klo uda sampe 62% pasti anjlok permintaan.
      logika guwe tuch, harga harus turun alias diskonlah.
      dikita kebalik, kok malah naik 👆 haha!🤭🤭🤭
      liat aja tuch, tentera gred a ditawarin py petronas geleng2 haha!😅😅😅

      Hapus
    3. Karena 2x jatuh di laut..ya makanya harus dipertanyakan..
      Makanya untuk safety Caracal kita sementara jangan dulu main2 di laut...biar NAS 330 Puma aja yg lebih bandel om pal..hehhee

      Hapus
    4. "Ga ada salahnya menyimak investigasi akhir kecelakaan heli super puma di norwegia mas @tupez....supaya kita punya persepsi yg komplit 👌🏻"

      >>>Crashed Korean H225 Had Recent Maintenance
      https://www.ainonline.com/aviation-news/general-aviation/2019-11-04/crashed-korean-h225-had-recent-maintenance

      Balas
      Balasan

      Tupez 0128 November 2019 09.50

      Mungkin H 225 jangan sering main2 ke laut..jadi mabuk laut crash dah 😁


      smilinghari21228 November 2019 10.13

      In the Turoy crash, a fracture in one of the main gearbox’s second-stage planet gears caused the rotorhub and the main rotors to depart the aircraft in fligh

      Hapus

      smilinghari21228 November 2019 10.14

      However, fresh safety concerns about the H225 re-emerged just last month when EASA issued an emergency airworthiness directive requiring the replacement of certain module bevel gears in the helicopter’s Safran Makila 2A and 2A1 turboshaft engines (EASA AD #2019-0247-E) following a reported in-flight engine shutdown.<<<

      Hapus
    5. Haahaaa itu joke om hari
      Kalau caracal kita kalau gak layak terbang pasti gak di terbangin kan ada tim inspeksinya.

      Hapus
    6. waduuu salah kamar yak guwe haha!😜😜😜
      guwe sosor keataz lg dech haha!👆👆👆

      Hapus
  11. TNI ga mau ambil Nuri kayak tetangga kita? Udh terbukti battle proven, kuat diajak nanjak ketinggian dari tahun 1967, mungkin masih akan digunakan sampai bertahun-tahun yang akan datang.
    Gimana Om? Ga mau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita uda perna punya om, spesial seri s-61V, begitchu harap sering2 baca lg yach om haha!🤝🤝🤝

      eiett om stud mumpung hadir, guwe uda jawab pertanyaan ente disini 👇

      https://defense-studies.blogspot.com/2019/11/indonesian-navy-conducts-inaugural.html

      Hapus
    2. Milenial pasti ga nyambung kalo ditawarin barang aki2 🤓

      Hapus
    3. Wah udh ada? Wkwkwkwk, aku mau ikut-ikutan bully tetangga Om.Tapi Blog nya Marhalim punya tetangga Sonora bagus ya, realistis dan ga " wet dream" kayak mayoritas forumernya yang lain.
      Siap 86!, Meluncur ke TKP!

      Hapus
    4. Om @palu gada, udh baca balasannya, diskusinya lanjut sini aja ya Om.
      Jadi kita sebenarnya mau ikut JSF juga? Lebih untung mana ya ikut JSF atau KFX/IFX ini? Aku baca di komentar akun alutsista di Instagram, katanya keuntungan dari KFX/IFX ini sedikit dibanding uang yang kita bayar, aku liat kita mau nego terus kan? Nah, dari gelagatnya sih kita ini PD kalau mau keluar dari Joint KFX/IFX, itu ya kalau aku liat Om. Kalau mau keluar juga kayaknya kita terkunci sama proyek Kasel batch 2 yang ToT nya belum tuntas kan? Tapi apa benar kita bisa lanjut sendiri? Atau itu drama yang ditunjukkan aja ke dunia, padahal proyek lanjut terus.

      Nah, selanjutnya kalau Malaysia tiba-tiba masuk karena Indonesia keluar, apa mungkin? Nilai tawar apa yang mereka bisa kasih? Apa kita ga rugi tuh? Ikut dari awal, mereka yang dapat ilmunya sama pesawat yang konon bisa dikembangkan ke genrasi 5.

      Hapus
    5. bukan mao ikyut om stud, lebih tepatnya jadi sasaran buat dikompasin ame amrik haha!🤠🤠🤠

      tp kita ama thailan kan lg bokek berat haha!😆😆😆

      Hapus
    6. gini, klo om stud uda liat cara teote kapal selam blom?
      guwe rasa ntar di pesawat modelnya gt jugak. ini adalah gaya koryo gt kerja haha!������

      tp klo pake gaya om smiling ituw laen, maonya ikyut terlibat, mendetil, menjurus kepo ampe molor haha!������
      cara gt mala grecokin ajah, hrsnya pada tau fungsi 20% ituw apa haha!������
      bukan soal duwit, tp sejau mana keterlibatan patner ada batasannya. ituw sebab turki minta penyertaan lebih tak ditanggapin.
      proyek KFX gak sperti proyek tank medium. ini proyek jau lebih sensitif, jadi wajar koryo pili2 patner jugak.
      klo gred a ituw uda kategori merah buat amrik, koryo pasti ngikutin haha!������

      lihat aja proyek JSF, amrik bgt tertutup & tangan besi, smua teknologi yg didapat gak dibagi, dgn alesan kerahasiaan haha!������

      baru2 ini hny inglis doank. entah apaan yg dikasi, lgs ngibrit bikin proyek tempe haha!������
      dan peserta sisanya tetep dapet = 0 haha!������

      dr sini ksimpulan guwe, gak ada yg mo ngasi ilmu cuma2.
      ilmu didapat hanya dgn kepintaran, beli/bayar dan sepanyol(sparo nyolong)kyk jems bon gt haha!������

      klo uda kyk gini, mnurut om stud, kita mending mana? lanjut ato gak?


      Hapus
    7. Lah,itu judulnya doang JSF? Ga ada ilmu yang dibagi?
      Kalau aku sih, ya lanjut aja. Udh kadung lama juga kita ikut. Masa balik kanan nya sekarang? Ga ada dari dulu?

      Hapus
    8. guwe tulis teknologi halimunan, klo smua peserta uda pada dapet, masing2 peserta pasti bikin pesawat halimunan sendiri om stud haha!👍👍👍

      mangkanya guwe tulis, sekutu dikompasin amrik haha!😉😉😉

      Hapus
    9. klo kita kan ibaratnya pemula tapi tau & punya pengalaman bikin pesawat komuter.
      namun jet tempur seumur2 blom haha!🤓🤓🤓

      bikin jet tempur gen-4 pon uda bagus om stud, apalagi gen-4.5 blok 1 dr kfx/ifx pon uda keren banget mnrut guwe.

      walo banyak netijen kite nyinyir ajah maonya sama persis kyk py koryo.

      ituwlah maksud koryo ttg porsi 20%.
      kerjasama ituw ada batasannya. bukan soal uang, ilmu tak mudah dibagi gt haha!🙏🙏🙏
      dan masing2 punya kebutuhan, ambisi & ancaman yg berbeda2 kan haha!👍👍👍

      contoh: seperti tank medium harimo item, ituw proyek berakhir ketika prototaip selesai dibuat dan diuji. setelah ituw pindad & fnss jalan masing2. terserah pengembangannya mao diapaain.

      lihat kemaren: jualan fnss pake turet xc-08/120mm dan pake pulat aps(aktif proteksi sistem) ituw hasil pengembangan mrk sendiri.
      sedangkan pindad kita pake turet 3105 & bms sendiri uda senang haha!🤗🤗🤗

      nach beda pengembangan begini, netijen gak ada yg nyinyir, heran kan haha!🙄🙄🙄

      Hapus
    10. Aasheeuup Om @Palu Gada. Om Prabowo S. ke Turki mau ambil mainan apa ya? Apa mungkin kita beneran kerja sama U-214? Lalu, yang ke Swedia mau ambil Gripen kah? Kan Beliau menekankan kapal perang dan pesawat tempur.

      Kok kita tiba-tiba rame gini ya kerja sama nya? Beli nya juga kayak juragan tinggal tunjuk sana sini. Sebegitu nyata nya kah ancaman dari Ti0ngk0k Om @Palu Gada?
      Terus Australia buat apa ya membesarkan ototnya? Toh ancaman nya paling mungkin cuma kita yang konon alutsistanya udah ketinggalan jaman, tapi mereka belinya barang-barang premium semua seakan-akan mau perang besok, kan sayang itu duit, bagus dibikin infrastruktur saja.

      Hapus
  12. Mirip pilem air wolf , ndelok e neng balai desa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek wes Nate nonton filem Airwolf, ning bale desa maneh.. mosok masih mau ngaku sebagai generasi milenial sih om..🤣🤣

      Hapus
    2. Yen tontonane pilem airwolf njur kampunge isih ngangge ting/teplok berarti seumuran mas d'boy 🕵️

      Hapus
    3. Lho rak tenan....sing rumongso bernostalgia masa remajane langsung nongol 🏃💥💥💥💥

      Hapus
    4. 👆ketahuan umurnya antara 40-50 tahun 😂😂😂

      Hapus
    5. @bocoralus Njenengan sisan paling kalih om PS 🤣

      Hapus
    6. Aku ra paham jowo bro Helmy 😭

      Hapus
    7. mas@bocoralus.. intinya yg comen d atas itu rombongan generasi Club Eighties. aka generasi Pager.☝️😆

      Hapus
    8. Setuju sangat om D’boys 😂 penguasaan materi menandakan generasinya 😂

      Hapus
    9. Ini ☝️🏻 pada ngomongin apa yaaaa.....🤔

      Hapus
    10. Mbah gono yo termasuk generasi 60 an😁😁😁

      Hapus
    11. Lha gmn klo serial chips,fallguy,six million Dollar man,Hulk,Sutiman sampai charlie's angels ya???????🤔🤔🤔

      Hapus
    12. Wah kalo itu saksi hidup peristiwa malari mbah 😂

      Hapus
    13. Podho crito opo iki? 🙄🤔

      Hapus
    14. Dimohon tidak membeda bedakan umur 😡😡😡

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Banyak helicopter di dunia yang sangat battele proven tapi hanya satu satu2nya helicopter di dunia yang full damage proven pengalaman dalam musibah

    ONE AND ONLY NURI LAOPOK

    BalasHapus
  15. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus