13 November 2019

Indonesia Jajaki Pembelian Pesawat Angkut Baru

13 November 2019


Pesawat A400M Angkatan Udara Inggris (photo : RAF)

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI Fahru Zaini, mengatakan lembaga TNI memiliki perencanaan strategis untuk membeli pesawat angkut berat untuk 2020 – 2024.

Ini akan dibahas dan diputuskan oleh Dewan Penentuan Pengadaan. Dewan ini akan membahas kebutuhan operasional dan spesifikasi teknis jenis pesawat angkut berat yang dibutuhkan.

“Kita akan lihat bujet kita di perencanaan strategis seperti apa,” kata Fahru Zaini kepada media seusai mendengarkan penjelasan dari manajemen Airbus di Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa, 12 November 2019.

Manajemen Airbus sedang menawarkan pesawat angkut kargo A400M milik Angkatan Udara Inggris ke pemerintah Indonesia. Pesawat ini tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa, 12 November 2019. Pesawat akan langsung berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia pada sore hari.

Menurut Fahru, AU mendapat sejumlah tawaran untuk membeli pesawat angkut seperti jenis Hercules, Antonov dan Ilyushin.

Kementerian BUMN dan TNI AU

Soal pesawat A400M ini, Fahru mengatakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sedang menjajaki kemungkinan membeli pesawat itu. Proses penjajakan antara kementerian BUMN dan manajemen Airbus sedang berlangsung.

Menurut dia, pesawat angkut berkapasitas besar dibutuhkan dalam program jembatan udara, yang menjadi program pemerintah. Pesawat itu akan mengangkut sejumlah kargo yang dibutuhkan di Indonesia bagian timur. Ini agar harga barang kebutuhan masyarakat di kawasan Indonesia bagian timur bisa sama dengan kawasan lain di Indonesia.

Jika pesawat ini jadi dibeli, TNI AU akan bertugas untuk mengoperasikannya. Bandara Halim Perdanakusuma juga akan menjadi pangkalan dari pesawat A400M ini.

TNI AU akan diuntungkan jika kementerian BUMN jadi membeli pesawat ini. Misalnya untuk mengangkut helikopter ke kawasan Indonesia timur secara langsung tanpa transit.

Menurut Komandan Sayap Royal Air Force Inggris, Ed Horne, yang ikut memberikan penjelasan singkat di lokasi, pesawat ini memilik kelebihan dibandingkan pesawat angkut C 130 Hercules.

“Bisa terbang lebih jauh dua kali dengan membawa kargo dua kali lebih banyak,” kata Ed Horne. Menurut dia, pesawat A400M milik AU Inggris ikut membantu memberikan bantuan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu pada 2018.

Horne juga mengatakan pesawat ini memiliki kemampuan untuk lepas landas dari landasan pendek sekitar 800 meter – 1 kilometer. Ini terbukti saat kru A400M melakukan bantuan kemanusiaan di kawasan Karibia, yang diterpa badai.

Menurut Kepala Pertahanan dan Antariksa Airbus Asia – Pasifik, John Pelissier, dia belum bisa mengungkap mengenai harga per unit pesawat A400M yang sedang ditawarkan kepada pemerintah Indonesia.

Namun, Pelissier mengatakan ada skema pembiayaan yang disiapkan oleh Airbus jika pemerintah Indonesia berminat untuk membeli pesawat ini.

Media Aviation Week melansir pemerintah Malaysia membeli 4 unit pesawat A400M ini pada 2005 dan menerima penyerahan pertama pada 2015. Mengutip seorang pejabat Malaysia, harga keempat pesawat itu disebut sekitar US$740 juta atau sekitar Rp10.4 triliun atau sekitar Rp2.6 triliun per unit.

(Tempo)

180 komentar:

  1. Mundut Mbah.....nggeh nganter piknik poro cantrikwati liburan teng antartika ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngopo kok mrono mas'e...?
      Pengen weruh gaya Beruang Kutub tha..?๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Ke antarika bro, tempat paling basah didunia....yo pasti sesi pake bikini dong ๐Ÿ˜Ž๐Ÿค—๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    3. Manut wae.. ๐Ÿคจ๐Ÿคจ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      Hapus
    4. Ojo ditiru nggih mbah...ingat dengkul..๐Ÿ˜–

      https://www.kenyan-post.com/2019/05/king-mswati-who-has-15-wives-orders-men.html?m=1

      Hapus
    5. Tenang mas ps๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  2. "..pesawat ini memilik kelebihan dibandingkan pesawat angkut C 130 Hercules.."

    Gaya bahasa sales ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Kita liat, ntar media mana yang kemakan..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ning pancen bener kok mase...yen herky kae iso momot heli puma (diprithili main rotore disik), lha yen sing iki muat heli sekelas caracal utowo nh-90.

      Singkate pesawat kelas sakduwure herky iki iso mengakomodasi kebutuhan angkutan sing menuntut kemampuan angkut volume sing bulky utowo daya angkut sing luweh gede

      Hapus
    2. Nhaa..kuwi sing poro sales ndak perlu menjelaskannya.

      Mestine bandingin sing sekelas tho yho..

      Mosok mengkomparasikan keunggulan pada kelas yang berbeda..๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Lha rak kebutuhane angkute yo bertumbuh to mase....umpamane disik dek masa jaya-jayane herky, heli kelas medium gor ukuran puma, saiki wes pepak, garek milih super puma, caracal, nh-d1n1 utowo AW. Ono meneh misale kapal selam mini sing jantho mengevakuasi kacilakan kapal silem....nggene iki rak jelas herky ora sanggup muat

      Hapus
  3. Besaran alokasi anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI tahun 2020 adalah Rp 131 triliun. Angka tersebut tidak mencapai 1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

    bagai punguk merindukan bulan, 2% pdb bisa jadi 3x anggaran sekarang. ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜

    dapet apa ?
    btw penggemar boeing serier bersabar nggeh.

    BalasHapus
  4. BREAKING NEWS !!!

    Bagi teman2 yg lg punya urusan ke kantor polisi ataupun instalasi sipil lainnya harap segera berhati2 kerana jam 08.30 WIB pagi tadi terjadi ledakan bom di kantor Polrestabes Medan yg diduga dilakukan oleh teoris teman2nya Ketua Suku aka Liang Tai Sek...mohon teman2 sekalian berhati2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keterlaluan ๐Ÿคฆ‍♂️

      Hapus
    2. Teman2nya Ketua Suku aka Liang Tai Sek lg beraksi tulang

      Hapus
    3. Terkutuk...radikalisme keterlaluan...#DUKUNG POLRI LAWAN TERORISME

      Hapus
    4. Ada korban? Moga cepat di rantasi teroris di negeri ini. Liang tai aka kepala suku yg suka mengedepankan perbedaan suku, agama, ras antar golongan dengar tentu suka dan bangga dgn TEMAN TERORIS yg melakukan tindakan ini.

      Hapus
    5. Korban 6 orang diluar tersangka. 5 anggota polisi. Dan 1 sipil. Ke 6 nya luka ringan.

      Hapus
    6. All@ teoris tdk ada hubungannya dgn agama karna teroris itu tak punya agama sehingga sanggup melakukan hal2 keji seperti itu

      Mbut Reng@ lha ketua suku itu komandanne ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Itu kan buntut si A ngirim gembongnya yg homreng kemarih...
      betapa jahad nya si A itu, brp korban dan biaya yg harus kita keluarkan

      Hapus
    8. Betul om pit...Islam pun tak pernah mengajarkan demikian...jangan sangkut pautkan Islam dengan teroris,jihad Islam bukan seperti itu

      Hapus
    9. Woo la telo.. tiongkok ae ga berani ngebom eh ini ngebom kantor pulisi. Emang bener2 musuh negara!

      Hapus
  5. Mending c17 globemaster, setengah pakai pun gpp sebab lebih teruji,,,A400 meragukan ๐Ÿคจ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul tulang,Jerman aja masih beli herkules seri J terbaru dibandingkan beli A400

      Hapus
    2. Mending banyakin hercules family aja...

      Hapus
  6. Infonya kalau jadi beli A400M maka RI akan jadi satu2nya operator sipil non militer yang pakai pesawat angkut militer ini.

    Memang reliabilitynya masih diragukan oleh Jerman sendiri.. yg jadi masalah deal model apa yang akan dipakai Airbus ke RI ? Karena palm oil RI sudah dibanned di Eropa dan RI sudah mengancam siapapun yg ngebanned palm oil (eropa) maka kecil kemungkinan ada membeli produk2 Eropa. Kecuali ada paket menarik spt semua Heli Caracal untuk pasar asia diberikan ke RI spt case CN235 dan Harimau Tank. Maybe. :-D

    C17 memang menawan meski sekenhen... tapi C59 jelas lebih enak dipakainya karena kaosnya gambarnya keren keren dan adem dipakenya plus gak luntur kalao dicuci :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mase ki mesti rung tau nyoba daster bahan waring khas kemukus siy....๐Ÿคท

      Hapus
    2. Aku suka pake sarung wae mas.. tjap gadjah ndeprok... adem rodok isis lan gampang mbuka nek arep nganu...

      Hapus
    3. Dastere kemukus ki bahane panas mase, marahi ra betah sing nganggo tur hawane gor kepingin cucul....mbuh kui idene mbah Gono kok, ora nyandak aku ๐Ÿ˜ฃ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜”

      Hapus
    4. ๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†๐Ÿ‘†
      Oom-oom nakal generasi 80an bercengkerama...๐Ÿ˜

      Hapus
    5. Gk lama lg eropa ngemis2 jg minta pasokan cpo dr indonesia, setelah pertamina produksi sekala penuh untuk cpo jd bahan bakar maka semua cpo indonesia gk bebas keluar dan kemungkinan besar kita akan tampung cpo2 dr negara lain yg artinya negara mana pun yg ingin punya kepastian dapat suplai cpo indonesia wajib berprilaku baik terhadap indonesia, india sudah melakukan hal ini jd bukan masalah khasmir aja india berpaling ke indonesia tp untuk jaminan suplai cpo ke depannya.

      Hapus
    6. Kalau indo sudah produksi B100...
      Maka gak penting lagi tu eropa mau di banned sawit juga gak ngefek.
      Skrg permintaan dari indihe meningkat & membuat harga sawit ikut naik.

      Hapus
    7. Indonesia itu sampai sekarang masih import minyak karena kebutuhan domestiknya tinggi. Beli minyak itu kalau baca di data ekonomi adalah penyumbang terbesar habisnya devisa RI shg jadi deficit.

      Penggantian solar dengan B20 tahun kemarin sudah sukses dilaksanakan (infonya Malaysia sudah mengirimkan perwakilan terknisnya ke RI untuk meniru sistem ini dan rencanaya akan dilakukan di Malaysia thn 2020), tahun depan RI naik lagi ke B30 mungkin tiap tahun naik grade 10 satuan.

      Impactnya ada dua, pertama kebutuhan impor minyak akan terus turun digantikan unsur turunan palm oil sehingga devisa tidak tekor. Dan yang kedua produksi palm oil akan dipakai di negara sendiri, tidak over supply yg menyebabkan harga berpotensi turun. Bahkan beberapa kalangan menilai bila RI sukses menerapkan B50 sampai tahun 2024 atau 2025 nanti sudah dipastikan berimpact pada naiknya harga Palm Oil dunia dan turunnya harga minyak bumi (baca info terbaru di reuter IRAN menemukan cadangan minyak baru yg diklaim lebih besar dari SAUDI).

      Hapus
    8. Usir aja tim teknis malasshit, kita kuasai sendiri aja b20, b30, b50 bahkan b100, toh itu temuan ilmuan kita, biarkan kita menguasai pasar, kalo kita yg atur pasar kan enak

      Jangan di kasih beruk malasshit ntar ngelunjak kayak anjing

      MALASSHIT KISMIN BODO AMAT!!

      Hapus
    9. https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2018/12/11/malaysia-must-achieve-use-of-b20-biodiesel-by-2020-says-dr-m/

      Hapus
    10. Bangbung@ betul bro,nanti diclaim malon pula B20 buatan malon ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    11. malon kalo mau harus beli!!! cash on delivery!!!

      Hapus
    12. Sudah saatnya produsen memonopoli pasar. Masa amerika trrus yg monopoli. Bosen

      Hapus
    13. Tendang aja tu malon, malon g bisa d kasi ati udah banyak ulah malon ke kita dari sipadan ligitan, tki, narkoba, claim tarian, batik, lagu, curi ikan,kayu dan batubara, teroris klo bisa ilangin aja dari peta

      Hapus
    14. Ngapunten ingkang katah kalean Mbah Gono n om smiling, utk order lingerie cantrikwati masih belum terbayar separuh, mohon utk d selesaikan secepatnya.... xaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    15. Waduuuuh๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ... Saget nyicil mboten? Nuwun sewu dereng gadah arto ๐Ÿคซ๐Ÿคซ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Hapus
  7. Kemaren nyela2 kita lama beli Sukro udah 3 tahun gak dateng2.. lha ini malah sepuluh taon beli pesawat angkut doang..
    Huuu... ternyata sama aja leletnya..hahahaha

    Media Aviation Week melansir pemerintah Malaysia membeli 4 unit pesawat A400M ini pada 2005 dan menerima penyerahan pertama pada 2015.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar mase, saat itu A400 masih newbie...๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Lha A 400 user gak pilih...lebih memilih herky J...yg pilih A 400 kan BUMN.

      Hapus
    3. Lagian A 400 nih lelet di beli oleh BUMN karena sawit indo di banned...indo sedang mengurangi pembelian dari eropa.
      Salah satunya adalah tidak mengganti Hawk 109/209 dengan pesawat tempur eropa.

      Hapus
    4. Saya baru tahu mas kalau Herky C-130J itu ternyata lebih panjang 15feet dari C-130 lama alias isiannya lebih gede dikit.

      Hapus
    5. Yg jelas kelebihan J dari sisi avionik..jumlah crew yg lebih sedikit..speed & daya jangkau yg bertambah..& yang paling penting teknisi sudah terbiasa memelihara herky.

      Hapus
    6. sebenernya maksud pembelian A400M yg agak lelet ini juga ada hububgannya dengan iji produksi tunggal CN 212 & CN 235. kita ketahui sendiri kedua pesawat tersebut meski keluaran lama tetapi tetap diminati, setidaknya kemaren baru ngirim beberapa biji keluar.

      saya rasa memang sudah sepatutnya kita memiliki kedaulatan atas teknologi dan ilmu pengetahuan. dan kita masih menghormati hak kekayaan intelektual bangsa lain(kagak main colong macam panda merah)

      kembali ke A400M. kenapa sales mereka giat sekali memasarkan pesawat ini?
      mungkin karena sepi peminat.

      Hapus
    7. Karena salenya kejar setoran..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    8. Om @tupez herky J avionik dan mesin sdh beda jauh dari seri A dan B. Jd teknisinya ttp saja belajar baru lg

      Hapus
    9. Walaupun berbeda om ink...paling tidak basicnya pilot & teknisi kita sudah berpengalaman...jadi tidak belajar dari NOL...makanya bisa lebih cepat mengoperasionalkan nantinya.
      Pilotnya hanya tinggal mengkonversi type aja.

      Hapus
  8. "Gawat !!!

    Gempurwaria dan pasukannya menginvasi Padang ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ"

    https://youtu.be/OChUDDvwtI8

    BalasHapus
  9. KALAU MENURUT AKU KAN KEMENTERIAN PERTAHANAN SUDAH SAING KONTRAK PEMBELIAN SUPER HERCULES DARI AMERIKA,, LEBIH BAIK JANGAN BELI EROPA KARNA MINYAK SAWIT INDONESIA DI BOIKOT,,

    BalasHapus
  10. INDONESIA DARURAT C-17 GLOBEMASTER ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿค”๐Ÿ‘๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ

      Hapus
    2. Jangan gunakan kata darurat om pit,itu hak cipta dan kekayaan IB,sekarang ada undang undangnya

      Hapus
    3. Tapi aku mw pake kata Darurat๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

      Hapus
    4. Wes talah bro wong edan ikhlaskan saja kata darurat buat IB,ganti kata lain yang lebih sopan semisal KRITIS

      Hapus
  11. Mirip case LionAir kali yaa ? Ada kesalahan software ?

    https://www.reuters.com/article/us-airbus-a400m/airbus-knew-of-software-vulnerability-before-a400m-crash-idUSKBN1D819P

    BalasHapus
  12. “Bisa terbang lebih jauh dua kali dengan membawa kargo dua kali lebih banyak,” kata Ed Horne. Menurut dia, pesawat A400M milik AU Inggris ikut membantu memberikan bantuan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu pada 2018.

    nach gt donk pada rame2 kirim pesawat angkut haha!๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค
    a400m prancis ke lombok
    a400m inggris ke palu
    a400m hongkong ke palu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha buat apa Hong Kong punya A400 ompal,apa Xi Jinping gk marah tuh Hong Kong beli A400 ompal ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Wah ada yg kepalanya panas overheat ga di sebut dari negerinya bla bla bla - ble ble ble......๐Ÿ˜€

      Hapus
    3. Mbut reng@ sopo kui yg kepalanya panas tuh bro ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. buat disewaiin om pit, nyoiih uda 2 mahluk gred a kefanasan tuch haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Media Aviation Week melansir pemerintah Malaysia membeli 4 unit pesawat A400M ini pada 2005 dan menerima penyerahan pertama pada 2015. Mengutip seorang pejabat Malaysia, harga keempat pesawat itu disebut sekitar US$740 juta atau sekitar Rp10.4 triliun atau sekitar Rp2.6 triliun per unit
      ------------------------

      nah lhoo mana yg bner ini yak,
      ternyata $740juta, kok nagihnya $2,5milyar yakk, gred a haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      cekidot:
      "Malaysia became the A400M's first (and so far only) export customer when in 2005 it signed a MYR8 billion (USD2.5 billion at the 2005 rate) contract for four aircraft
      "

      http://defense-studies.blogspot.com/2015/03/malaysia-receives-first-a400m-airlifter.html

      Hapus
    6. Wih gred a bukan cuma dapat wang kopi itu tapi mborong pabrik kopi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ rasain. Bangkraps

      Hapus
  13. Wow

    Dari list :

    https://www.instagram.com/p/B4goKpvB9po/?hl=id

    Ternyata perkembangannya :

    https://lancerdefense.com/2019/11/12/kasau-saat-ini-tinggal-dua-kontrak-lagi-yang-harus-diselesaikan/

    Untuk AURI tinggal dua kontrak lagi yang harus diselesaikan, habis itu nunggu alutsista datang...

    Pantesan Pak RR disambut tembakan meriam kehormatan sebanyak 21 kali.

    https://m.detik.com/news/berita/d-4188930/dentuman-meriam-21-kali-saat-menhan-as-sambut-ryamizard-di-pentagon

    Hayo siapa yang dulu bilang kalo periode lalu nggak beli apa2...

    Mulai tahun 2021-2026 alutsista matra udara kita akan berdatangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an yang selalu bilang AKAN AKAN AKAN masih dikasih umur sampai tahun segituan mas.. biar nyaksiin sendiri sambil ngupil dan ndomblong bin ngowoh karo ngeces ileran.

      Hapus
    2. Kalo Pak RR disambut tembakan meriam kehormatan sebanyak 21 kali.

      Kalo si Ntung Phd, manusia Gila Perang alias pendekar Halu adik si Dark Rider, disambut tanda bedes aluas topeng Nyemot......hahahaha

      Hapus
    3. Kalo si Choko disambut dokter jiwa

      Si dokter jiwa bilang "habis ngeluyur ke mana aja Cok, rambut udah gimbal lengket semua gini, kulit dekil tak pernah mandi, baju kumel juga robek semua gini. Sini minum obat dulu."

      Hapus
    4. Mereka berdua☝️๐Ÿป......aaaooooghhh so sweet ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    5. Ooh tidak...ada cinta lokasi rupanya antara tukang ngitung dan si choko..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Hapus
    6. Om choko & om Ntung di sini berlakon musuhan cem tom & Jerry di blog ini,tapi dalam lubuk hati mereka yg paling dalam om choko & om Ntung saling mencintai dan saling merindu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Cie.. Cie.. Om ntung n om choko lg marahan ya... Tadi malem "bertempurnya" kurang afdol rupanya

      Hapus
    8. Semoga samawa yaaa...๐Ÿ˜š๐Ÿ˜˜

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

      Hapus
    9. Koyo mimi lan mintuno yo mase ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

      Hapus
    10. Koyo mimi lan mintuno jare mas hari hahahahahahaha

      Hapus
  14. INDONESIA DARURAT F22 RAPTOR, AN124 MRIYA, DAN KAPAL INDUK SEKELAS NIMITZ

    BalasHapus
  15. Transal C-180 identik dgn Prancis dan German
    Embraer KC-390 identik dgn Brazil
    Ilyushin Il-96 identik dgn Rusia
    Antonov An-70 identik dgn Ukraina
    Y-20 identik dgn Cina
    Hercules C-130 & C-17 Global master identik dgn USA
    A-400 identik dgn Airbusnya negara2 Eropa
    Sudah saatnya Indonesia melalui PT DI pada project N-2130nya nanti selain dibuat untuk pesawat sipil,N-2130pun bisa dibuat versi sipilnya cem herkules nantinya yg punya ramp door di ekornya, investasi N-2130 versi militer ini tdk akan membuat PT DI rugi karna pesawat angkut sedang cem N-2130 sangat dibutuhkan TNI sampe puluhan pesawat,selain TNI-AU,TNI AD,TNI-AL & POLRI jg sangat membutuhkan pesawat angkut medium cem N-2130

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kita dukung kemandirian bangsa tak melulu harus beli dari luar...road map kita sudah benar,perbanyak TOT dan offset apabila terpaksa beli dari luar

      Hapus
    2. Betul bro,kemandirian bangsa bisa menghindarkan Indonesia dari embargo bro

      Hapus
    3. Masukan yg bagus๐Ÿง๐Ÿค”๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Hapus
  16. kalo gasalah ini terpaksa harus dibeli , biar kita dapet sertifikat untuk produksi mandiri CN-235 kan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhaps ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      makanya yg beli bukan TNI. yoh cuma buat bawa sembako

      Hapus
    2. Dibeli PT.PPI tapi kalo situasi darurat bisa dipinjam TNI

      Hapus
  17. KENAPA BELI KALAU BISA SEWA DARI HONGKONG HAHA..KALAU MAU BELI BELI TERUS SUPER GALAXY KAN TNI PUNYA BAJET GEDE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus kenapa lu yang nyocot?

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜

      Hapus
    2. US je pun masih beli engine pesawat ke Canada,US masih je beli engine rocket NASAnya ke Rusia...kalo negara yg cuma ada kepakaran tampal stiker jgn cakap banyaklah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Beruk malon Cukup lihat dan saksikan pembelian persenjataan TNI sambil makan kacang dari balik kandangmu..,demi jiran semenanjung kami siap menghibahkan N22 NOMAD apabila jiran tersayang membutuhkan

      Hapus
    4. Hahaa.. Malays blo'on ini sedang penasaran dengan hakekat pembelian alutsista Indonesia... Malays jom tengok je ya.. Jangan jealous...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜



      Poor malays..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. XJELES PUN MALAYSIA UDAH PUNYA 4 A400M..HAHAHA TNI AJA BARU MAU BELI PESWAT BESAR WKWKW

      Hapus
    6. A400 digunakan untuk angkut simen dan ๐Ÿท ke Papua lon ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Indonesia beli karna punya uang lon dan bisa suka2 milih, emang Malon negara fakir๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—

      Hapus
    8. Yg beli bukan TNI lon
      Dan sesuka kami mau beli pesawat jenis apa..

      Kami yg mau brlanja kok kalian yg ribut..jd kelihatan, jeles kan..

      Hahahaha...

      Hapus
  18. Balasan
    1. Dah sign 6 herky C-130 J bro,akhir 2020 sudah datang bro

      Hapus
    2. Setuju..
      Banyakin herkules saja
      Kalo bisa tipe yg terbaru.

      Hapus
  19. JELAS2 A400M TUDM KEPALU DIBILANG SEWA DARI HONG KONG WKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sewa dari hongkong.. Ada bukti kok...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Lha memang A400mu di sewa dan dibayar minyaknya lon

      Hapus
    3. Nebeng keren..seperti biasanya..๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. HAHAHAHAHA..TIDAK PUNYA EMANG MACAM ITU WKWKW

      Hapus
    5. Lon,A400 di Indonesia digunakan untuk angkut simen & babi ke papua,A400 di sini bukan barang mahal sehingga digunakan untuk angkut simen & babi lon ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    6. Serius tanya
      A400 kalian sdh berapa kali mision?

      Hahahah..

      Hapus
  20. INDONESIA DARURAT PESAWAT ANGKUT DESTROYER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya semua darurat dah ya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Wkwkwk...bisa bro,ntar kalo menhannya Iskandar atau IB ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. mallass moderat - modal dengkul sama urat nunggu hibahan ..cuih ..

      Hapus
  21. INDONESIA DARURAT MISIL DONG FENG & MISIL SATAN ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati2 ada copyright © nya๐Ÿง๐Ÿง๐Ÿคซ๐Ÿคซ

      Hapus
    2. Mantap dongpeng dan santan������

      Hapus
  22. SELAMAT YAH OPERASIKAN PESWAT ANGKUT GEDE..MALAYSIA UDAH MAHIR KENDALIKAN A400M..UDAH DAPAT SERTIFIKASI UTK AIR REFUELING OTW DAPAT SERTIFIKASI PENERJUNAN AIRBORNE TROOPS HAAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. A400 di gunakan untuk angkut simen dan babi ke papua,malon malah bangga dgn A400nya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Air refueling & airborne troops tuh biasa je bkn mengerunkan lon ๐Ÿ˜๐Ÿ˜...yg menggerunkan tuh bila negara ko dah boleh berjaya bina aircraft kerana hanya sedikit negara di dunia punya skill dan reti bina aircraft ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Hahahaha...si bodoh beruk malon baru dapat sertifikasi penerjun. Kasian banget baru bisa belajar terjun. Tentera malon lawak sangat lah....hahahaha

      Hapus
    4. Cuma sertifikat dibanggain..

      Ahahahahahaha....

      Lebih sering di hanggar dibandingin terbangnya..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Biasalaah..terbang hanya kalau ada misi khusus..๐Ÿ‘

      .
      .
      .
      .
      M
      I
      S
      I

      F
      O
      T
      O

      -

      F
      O
      T
      O


      Ahahahahahahahaha...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. PS@ malon cuma nostalgia om,scorpene tak boleh selam,MKM cuma 4 ekor yg boleh terbang,MD530 cancel,heli utility cancel,Paladin cancel,MICA cancel,LCS lembab 10 tahun lg baru cecah air,LMS lembab dan ompong,jadi cuma A400 ini satu2nya aset yg paling diandalkan walaupun jarang terbang kerana darurat BBM ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    6. SIAPA BILANG MENGGERUNKAN..HANYA SAJA A400M LEBIH BISA DROP LEBIH RAMAI TROOPS DIBANDING HERKY..AIR REFUELING PULA JADIKAN A400M MULTIROLE DAN VERSATIL...LAALA

      Hapus
    7. Kalo A400 lebih banyak hantar troops mana menggerunkan lon ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    8. Serius tanya
      A400 kalian sdh berapa kali mision?

      Hahahah..

      Hapus
    9. Yakin A400 malaysia bisa terbang?

      Hapus
    10. Mat Rempit..A400M memang unggul tapi juga Mahal harganya, banyak masalah seperti au jerman alami,biaya perawatan /suku ...cadang tinggi,kesiapannya rendah ,mending pilih IL-76 yg terbaru..harga tidak jauh berbeda...

      Hapus
  23. Ntung....kalo gila perang jng kumat disini ya.? Sono balik gabung sama abang mu si pengendara kegelapan alias Dark Rider, promosi bual gripen kaleng krupuk mu Ntung.

    Di blog militer manapun pada ngusir kamu Ntung. Malah dilapak sebelah sdh di banned karena suka bual ngibul melulu.....hahahahaha

    BalasHapus
  24. https://money.kompas.com/read/2019/04/22/153233026/pertamina-akan-beli-armada-airbus-seri-a-400

    BalasHapus
  25. hehehehehehehe.....another Projeck AKAN! Poor Indon

    BalasHapus
  26. Sdh dari jaman sby sdh direncanakan untuk beli A400 sampai skrg gak kebeli2, hmmm uangnya ada gak ya???

    BalasHapus
  27. Banyak forumer malon sembang membanggakan aset A400 TUDMnya karna hanya A400 aset satu2nya yg cuma bisa dibanggakan,sementara aset2 yg lain payah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜...scorpene bila tak di MRO gk bs nyelam,MKM cuma 4 biji yg boleh terbang,LMS lembab dan ompong,kedah class ompong,MD530 cancel,heli utility cancel,paladin cancel,MICA cancel,new artilerry 105mm cancel,LCS tahun 2023 baru cecah air,Mig29 grounded,Nuri tua banyak yg terhempas,cuma A400 lah yg ready walaupun jarang terbang kerana darurat BBM ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan sering terbang kalau ada yang sewa lagi...contoh penyewa => Hongkong

      Hapus
    2. Kalo ga mau yg nanggung, beli saja AN-225 mriya. Bisa bawa truk tronton 1 kelurahan ๐Ÿ˜ต

      Hapus
    3. Miskin tiada wang...pesawat militer pun terpaksa disewakan,kasihan

      Hapus
  28. Ksau bilang pesawat angkut besar itu c17,ilyusin dengan antonov...berhubung c17 susah didapat...tinggal ilyusin dan antonov...a400 susah menang karena harga over price dan kapasitas nanggung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasau mana yg bilang begitu Dek.? Adwk jng ngarang cerita. Nanti bapak betetin lambenya ya

      Hapus
    2. Eh bocah,lu lihat kompas tv kemarin sore kagak?kedatangan a400 tapi kasau malah bilang akan pertimbangkan pesawat besar antonov,ilyusin,dan hercules...

      Hapus
  29. Yg lebih menggerunkan tu manufer eject kat hangar karena saat ini hanya ada 1 negara yang bisa di dunia coba tebak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon pesan A-400 pun butuh cecah waktu 10. Dari sign 2005, di hantar 2015

      Hapus
    2. apa yang pelik janji udah smpai wkwkwkww...

      Hapus
    3. Kita liat lebih murah mana a400 indo vs a400 malon jika jadi deal

      Hapus
    4. Maid of London dan songlap tiada berpisah. Mahu bukti ? Banyak macam..... Xixixixi ๐Ÿ˜€

      Hapus
  30. Di Indonesia cukup pilot sipil buat ngoperasiin nih pesawat

    BalasHapus
  31. Ikut RAF saja, punya A400, C-30J-30 dan C-17. Yang dua pertama gampang, yang terakhir rada susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepaket chinook, apache, poseidon n pegasus.

      Masa gaada diskon ๐Ÿ˜š

      Hapus
  32. Kalau bumn beli ya silahkan,,tapi kalau tni gak bakalan deh beli ini...a400 ini serba nanggung dengan harga overprice, saya yakin kalau hercules j itu pasti karena murah,...kalau yg besar kayaknya cuma rusia yg punya,karena c17 bakalan susah dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. AND SOMEHOW THOSE IDIOT INDONS ARE LOW IQ.
      THEY DONT KNOW THE DOS AND DONTS OF THIS PLANE.
      THEY JUST TALK LIKE BLAH BLAH BLAH.

      Hapus
    2. Wkkkwkkkwkwk bangsa miskin jeles ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Hapus
    3. AND SOMEHOW THOSE IDIOT MALON ARE LOW IQ AND LOW BUDGET KAH KAH KAH

      Hapus
    4. Unknown malon@ malon jealous ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  33. Infonya A400M belum mature yaa ?
    Sudah beberapa kali crack ditemukan.

    https://www.defense-aerospace.com/articles-view/feature/5/174017/a400m-risk-grows-as-no-end-in-sight-for-troubles.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah akibat curang akibat tidak melibatkan indonesia mengembangkan A400, kasih pt.di kesempatan indonesia tuk memproduksinya dan memecahkan masalahnya pasti gk bakal ada lg masalah A400 kedepannya,,,,ya sepertinya indonesia dianggap sebelah mata, tp kalau dunia lebih detail memperhatikan kwalitas indonesia dalam ilmu pesawat pasti akan respek dan salut' contoh kasus => indonesia lah yg menemukan bahwa boeing 737 max bermasalah dan dengan pasti menyatakan boeing bermasalah, terus tidak pernah ada kasus ditemukan pada cn235 begitu jg c295 yg sepeertinya bener2 stabil dan dasar pembangunannya diambil dr cn235 dan N250, memecahkan kasus crack harus terlebih dahulu mengetahui berat maximum pesawat full load' agar bisa mengetahui beban yg dipikul pesawat termaksud dengan beban dua mesin dikedua bentang sayap, rangka sayap harus menggunakan material yg benar sesuai dengan berat maximum pesawat dan tidak boleh menggunakan material yg kerasnya tidak sesuai dengan bobot pesawat' rangka2 penyangga rangka sayap pesawat harus bener2 diperhatikan agar sayap tidak bergeser menurun sehingg bisa menimbulkan crash pada body pesawat, pt.di sangat tau bagaimana membuat pesawat anti crash, lihatlah cn235 dr pertama produksi sampai detik ini tidak pernah ditemukan masalah, kalau pun ada yg jatuh karena human eror, indonesia bisa membangun jenis pesawat seperti A400 dan c17 globemaster, dan aku rasa untuk TNI indonesia harus memilih dan membeli globemaster dan meminta kepada pihak us terutama boeing agar indonesia diberikan lisensi globemaster sebagai awal kerjasama dengan boeing dan pt.di melanjutkan produksi globemaster untuk memenuhi pasar asia, PT.DI pasti mampu, indonesia sepertinya tak mampu karena emang belum di coba dan setelah dicoba beberapa hal yg sudah dicoba kenyataanya semua yg telah dicoba ternyata mampu dilakukan indobesia, kita hanya butuh rasa optimis yg besar untuk membuktikan bahwa kita emang mampu, karena fakta mengatakan semuanya yg kita coba berjalan sukses dan bukti terakhir adalah kapal selam yg memiliki kerumitan tingkat tinggi.

      Hapus
  34. Malon darurat anti jaring ngu yen๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  35. tenang insinyur malon kesini mau belajar bikin sefty tank

    BalasHapus
  36. HELLO TO ALL IN NEED OF FUNDS FOR BUSINESS OR PERSONAL REASONS.QUICK LOAN GIVE OUT FUNDS TO BUSINESS FIRMS AND INDIVIDUALS FOR JUST 1% INTEREST RATE. CONTACT US FOR MORE DETAIL EMAIL: Quickloan4343@outlook.com

    BalasHapus
  37. Bismillah mantap jika ini berita yang benarbenar direalisasikan,namun bagaimana nasib SU.35.

    BalasHapus